cover
Contact Name
Antonio E L Nyoko
Contact Email
antonio.nyoko@staf.undana.ac.id
Phone
+628113820077
Journal Mail Official
glory.manajemen@undana.ac.id
Editorial Address
Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana Kupang, NTT - Indonesia 85111
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
ISSN : -     EISSN : 2747125X     DOI : -
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari setiap kegiatan ilimiah tersebut, atas isu dan problematika seputar Ekonomi dan Ilmu Sosial. Artikel pada jurnal ini telah di review oleh Redaktur Ahli, Editor, dan mitra bestari (reviewers)
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial" : 20 Documents clear
PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI PADA PT.INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK) Ardianto, Saverinus; Ndoen, Wehelmina M; Foenay, Christien C; de Rozari, Petrus E
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadapa profitabiolitas (studi pada PT.Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskrptif kuantitatif. Variabel yang digunakan antara lain Perputaran Kas, Perputaran Piutang, perputaran Persediaan, Retrun On Asset dan Net Profit Margin. Jenis data yang digunakan ialah kuantitatif yaitu loaporan keuangan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dari tahun 2018-2022. Dengan sumber data skunder. Teknik analisi data yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis Pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dilihat dari rasio komponen modal kerja lalu dibandingkan dengan Retrun On Asset dan Net Profit Margin. perputran kas terhadap profitabiolitas mempunyai pengaruh dalam pertumbuhan profitabilitas, perputaran piutang terhadap terhadap profitabilitas mempunyai pengaruh dalam pertumbuhan profitabilitas, perputaran persediaan terhadap profitabilitas mempunyai pengaruh dalam pertumbuhan profitabilitas. Kata Kunci : Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Retrun On Asset, Net Profit Margin
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA PENGIRIMAN SICEPAT EXPRESS CABANG KUPANG Jema, Celina; Foenay, Christien C; Dhae, Yosefina K I D D; Fanggidae, Ronald P C
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan secara simultan Kualitas Pelayanan berupa Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati terhadap Kepuasan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan SiCepat Express Cabang Kupang. Pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non Probality Sampling dengan metode Accidental Sampling, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (Uji T) variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, dan Jaminan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, sedangkan variabel Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada SiCepat Express Cabang Kupang. Secara simultan (Uji F), Variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Pada SiCepat Express Cabang Kupang. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Konsumen
PENGHARUH BRAND TRUST TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI MINAT BELI ULANG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA NASI KONOHA DI MASA PANDEMI COVID-19) Seda Sega, Yohanes Emanuel Logho; Fanggidae, Ronald P C; Salean, Debryana Y; Bunga, Markus
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust terhadap customer loyalty melalui minat beli ulang sebagai variabel intervening dengan jenis penelitian Deskriptif-Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan menggunakan penelitian survey yang kuisionernya disebarkan secara online kepada pelanggan Nasi Konoha Kupang. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Kupang yang sudah atau pernah membeli pada Nasi Konoha Kupang dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 96 responden dengan menggunakakn teknik rumus lemeshow. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Uji validitas, uji reliabilitas dan uji t digunakan sudah terpenuhi kemudian diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi Y= 6,448 + 0,309X dimana brand trust memiliki hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty. Hasil dari uji sobel menunjukkan bahwa minat beli ulang mampu memediasi hubungan brand trust terhadap customer loyalty pada Nasi Konoha Kupang. Kata kunci : Brand Trust, Customer Loyalty, dan Minat Beli Ulang
ANALISIS DIGITAL MARKETING DALAM PENJUALAN MAJALAH KESEHATAN PADA PT. MEDIKA STAR KOTA KUPANG Keytimu, Ewaldus Sipri; Bunga, Markus; Dhae, Yosefina K I D D; Fanggidae, Apriana H J
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11610

Abstract

Perubahan teknologi digital saat ini mempengaruhi berbagai aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas bisnis. Digitalisasi bisnis merupakan proses yang mengubah komunikasi, interaksi, dan segala manfaat dalam bisnis menjadi digital. Salah satu trend dalam proses bisnis digital adalah pemasaran digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penerapan strategi digital marketing oleh PT. Medika Star Kota Kupang dalam penjualan majalah kesehatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam proses pengumpulan data pada PT. Medika Star. Hasil analisis dari penelitian ini adalah penerapan digital marketing dalam penjualan majalah kesehatan pada PT. Medika Star Kupang merupakan strategi pemasaran yang tepat dilakukan di era globalisasi saat ini karena efektif dalam meningkatkan volume penjualan. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Digital Marketing
STRATEGI PEMASARAN TENUN IKAT (STUDI KASUS PADA KELOMPOK TENUN IKAT YAKOBUS DI KAWASAN FATUMNASI, KABUPATEN TTS) Wibowo, Cristian Sebastianus Satria; Bunga, Markus; Neno, Marianus S; Fanggidae, Apriana H J
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa saja yang sudah di terapkan oleh Kelompok Tenun ikat Yakobus. Pemilihan strategi pemasaran yang tepat dapat membantu suatu usaha untuk berkembang, namun kurangnya pengetahuan akan strategi pemasaran dari kelompok tenun ikat Yakobus menjadi latar belakang permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang dimana penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari suatu penelitian. Dalam sebuah kelompok usaha strategi pemasaran berperan penting dalam meningkatkan penjualan dalam kelompok usaha tersebut. Strategi pemasaran di terapkan untuk membantu kelompok usaha dalam mencapai target penjualan dengan adanya 3 komponen yaitu Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Hasil penelitian menunjukkan kelompok usaha tenun ikat Yakobus hanya menerapkan strategi pemasaran secara langsung atau direct selling sehingga hasil penjualan yang didapatkan belum maksimal. Hal ini didasari pada penerapan bauran pemasaran (4P) yang belum efektif. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Strategi Pemasaran
PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TOKO CENTRAL PERABOT KUPANG Mauboy, Saiful; Timuneno, Tarsisius; Neno, Marianus S; Nursiani, Ni Putu
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Toko Central Perabot Kupang baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F dimana sebelum menggunakan uji ini dilakukan uji asumsi klasik. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Toko Central Perabot Kupang dan variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Toko Central Perabot Kupang. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel pelatihan dan motivasi kerja berpengaruh secara secara simultan terhadap kinerja karyawan Toko Central Perabot Kupang. Kata Kunci : Pelatihan, Motivasi Kerja dan Kinerja
PENGARUH PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI OETUNE, KOLBANO DAN OETUKE TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT Lomi Rohi, Anastasya Maria Clara Yusuf; Ndoen, Wehelmina M; Neno, Marianus S; de Rozari, Petrus E
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11671

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan pariwisata pantai oetune, kolbano dan oetuke terhadap pendapatan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah masyarakat setempat yang berjualan disekitar objek wisata pantai oetune, kolbano dan oetuke. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis data menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan berkembangnya objek-objek wisata yang ada dapat memberikan pengaruh positif terhadap masyarakat yang berada di sekitar objek wisata. Berkembangnya objek wisata dapat memberikan penghasilan tambahan kepada masyarakat yang berjualan di sekitar objek wisata serta dapat memberikan peluang usaha bagi masyarakat. Kata Kunci : Pariwisata, Pendapatan
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TRHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI Lani, Julliet Juneva; de Rozari, Petrus E; Makatita, Reyner F; Foenay, Christien C
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap nilai perusahaan yang dipoksikan dengan Price Book Value (PBV) dan menguji apakah Corporate Social Responbility (CSR) mampu memoderasi Kinerja keuangan terhada nilai perusahaan. Metode yang digunakan deskripsi kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling 8 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 (lima) tahun. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda data panel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja keuangan yang di proksikan ROA dan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. CSR tidak mampu memoderasi kinerja keuangan yang diproksikan ROA dan ROE terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : Return On Asset, Return On Equity, Corporate Social Responbility, Nilai Perusahaan
PENGARUH DAYA TARIK WISATA PANTAI LASIANA TERHADAP TINGKAT PREFERENSI ANAK MILLENIAL DI KOTA KUPANG Ilyas, Muhammad; Fanggidae, Apriana H J; Foenay, Christien C; Fanggidae, Ronald P C
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata pantai lasiana terhadap preferensi anak millenial di kota kupang. Jenis penelitian pada penelitian ini ialah Deskriptif-Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan menggunakan penelitian survey yang kuisionernya disebarkan kepada pengunjung pantai lasina kupang untuk pengumpulan datanya. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung pantai lasiana kupang dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 50 responden dengan menggunakan teknik sampel jenuh yang dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan dalam uji kualitas data. Uji kualitas data dan uji asumsi klasik sudah terpenuhi kemudian diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi Y = 1,867+ 0,318X dimana variabel daya tarik wisata emiliki hubungan positif dan signifikan dengan variabel preferensi anak millenia. Hasil dari uji t ditunjukkan secara simultan berpengaruh kedua variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji determinan menunjukan bahwa R Square sebesar 0,663 sehingga bisa disimpulkan bahwa daya tarik wisata mempengaruhi preferensi anak millenial sebesar 0,663 atau 66%. Sedangkan 34% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain daya tarik wisata. Kata Kunci : Preferensi, Anak Millenial Dan Daya Tarik
ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2021 (STUDI KASUS PADA PERUSAHAN PT. SOLUSI BANGUN INDONESIA TBK) Tafuli, Menci Aplonia; Foenay, Christien C; Makatita, Reyner F; Amtiran, Paulina Y
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/glory.v4i5.11684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk analisis faktor fundamental terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam bursa efek indonesia periode 2016-2021(Studi kasus pada perusahan PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk).Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data mealui studi dokumentasi dengan Sumber data berupa data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 20.00. Dari asil uji regresi linear berganda menunjukan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,807 yang artinya bahwa Faktor fundamental yang mempengaruhi Return Saham adalah sebesar 80,7% sementara sisanya 19,7% (100%-79,2%) variabel Return Saham dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti. Hasil dari penelitian ini melalui uji parsial menyimpulkan bahwa nilai variabel ROI adalah 0,00<0,05 atau 4,319>1,714, Variabel EPS adalah 0,00<0,05 atau 6,361>1,714, Variabel PER adalah 0,00<0,05 atau 4,423>1,714, Variabel NPM adalah 0,00<0,05 atau 4,163>1,714, Variabel DER adalah 0,02<0,05 atau 6,438>1,714 sehingga menunjukan bahwa ROI,EPS,PER, NPM,dan DER berpengaruh terhadap Return Saham.hasil uji secara simultan menunjukan bahwa ROI,EPS,PER, NPM,dan DER secara bersama-sama berpengaruh terhadap Return Saham pada perusahan PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk. Kata kunci: Faktor fundamental,ROI,EPS,PER, NPM,DER Return Saham

Page 1 of 2 | Total Record : 20