cover
Contact Name
Aprina Defianti
Contact Email
aprina.defianti@unib.ac.id
Phone
+6285268550030
Journal Mail Official
jpe.fkip@unib.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu Jl. WR Supratman, Kandang Limun, Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 28282345     DOI : https://doi.org/10.33369/ajipf
Core Subject : Science, Education,
Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied physics.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023" : 10 Documents clear
ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA FISIKA SECARA DARING/ONLINE DI SMAN 3 SELUMA Futri Dwi Ananda; Rosane Medriati; Andik Purwanto
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.957 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.83-90

Abstract

ABSTRAK        Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPA fisika secara daring/online di SMAN 3 Seluma (2) Mendeskripsikan proses dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran IPA fisika secara daring/online di SMAN 3 Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif (descriptive research). Subjek penelitian adalah guru fisika dan IPA dan siswa kelas X serta XI IPA SMAN 3 Seluma. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan analisis data angket menggunakan rating scale dan analisis data hasil wawancara. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa (1) Perencanaan pembelajaran IPA fisika secara daring/online di SMAN 3 Seluma berada pada kategori baik (2) Proses dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran IPA fisika secara daring/online di SMAN 3 Seluma berada pada tingkat baik.   Kata Kunci : Pembelajaran daring, Pembelajaran IPA, Pembelajaran Fisika   ABSTRACT   The objective of this research was to (1) describe the online science learning plan at SMAN 3 Seluma (2) to describe the process and evaluation of the implementation of online science learning at SMAN 3 Seluma. The research method used is descriptive research method (descriptive research). The research subjects were physics and science teachers and students of class X and XI science at SMAN 3 Seluma. Data collection techniques used in this study were questionnaires and interviews. The data analysis technique in this study is by analyzing questionnaire data using a rating scale and analyzing data from interviews. From the results of data processing, it was obtained that (1) the online/online planning of physics science learning at SMAN 3 Seluma was in the good category (2) The process and evaluation of the implementation of online/online physics science learning at SMAN 3 Seluma was at a good level.   Keywords:  online learning, science learning, physics learning
DESKRIPSI KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT INSTRUMENT ASSESSMENT HOTS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN SE-KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Handoyo Handoyo; Nirwana Nirwana; Iwan Setiawan
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.699 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.91-98

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan pemahaman guru fisika terhadap pengertian dan karakteristik instrument assessment HOTS di SMAN se-Kabupaten Bengkulu Tengah. Penentuan sampel menggunakan metode teknik Cluster Random Sampling, sehingga subjek penelitian ada enam guru mata pelajaran fisika dari tiga SMAN yang berbeda di Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian menunjukan hasil bahwa tingkat pemahaman guru fisika terhadap pengertian instrument assessment HOTS sudah cukup baik dengan nilai rata-rata 69,09 sehingga berada pada kategori cukup sebesar 33,33% (2 guru). Untuk tingkat pemahaman guru fisika terhadap karakteristik instrument assessment HOTS sudah cukup baik dengan nilai rata-rata 63,0 sehingga berada pada kategori cukup sebesar 16,66% (1 guru).   Kata Kunci : kemampuan guru fisika, Instrument Assessment HOTS, metode penelitian deskriptif kualitatf.   ABSTRAK   This study aims to describe the understanding of physics teachers on the understanding and characteristics of the HOTS assessment instrument in SMAN in Central Bengkulu Regency. The research method used is descriptive qualitative method. In this study, the determination of the sample used the Cluster Random Sampling technique, so that the research subjects consisted of six physics teachers from three different high schools in Central Bengkulu Regency. The results showed that the level of understanding of the physics teacher on the understanding of the HOTS assessment instrument was quite good with an average value of 69.09 so that it was in the sufficient category of 33.33% (2 teachers). For the level of understanding of the physics teacher to the characteristics of the HOTS assessment instrument, it is quite good with an average value of 63.0 so that it is in the sufficient category of 16.66% (1 teacher).   Keywords: physics teacher ability, HOTS assessment instrument, qualitative descriptive research method.
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB DENGAN MODEL ARCS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA Vivi Yuliantari; Desy Hanisa Putri; Eko Risdianto
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.986 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.99-106

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan e-modul materi usaha dan energi yang berbasis web dengan model ARCS di SMA. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dibatasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Tahap define terdiri atas studi literatur, analisis observasi awal dan analisis kebutuhan. Tahap design pada penelitian ini terdiri atas rancangan e-modul. Tahap development dalam penelitian ini merupakan validasi ahli serta revisi berdasarkan validasi ahli dan keterbacaan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap produk e-modul yang dihasilkan diperoleh persentase rata-rata pada aspek isi adalah 81,25% dengan kategori layak, aspek penyajian sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak, aspek bahasa sebesar 84,38% dengan kategori sangat layak, dan aspek media sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 84,78% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji keterbacaan produk diperoleh persentase skor rata-rata terhadap produk sebesar 88,19% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan yang telah dilakukan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah “sangat layak” untuk dilanjutkan pada uji coba lapangan. Karakteristik e-modul terdiri dari Self instructional, Self contained, Stand alone, Adaptif, User friendly dan Konsistensi.   Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, E-modul, Berbasis Web, ARCS, Motivasi Siswa.   ABSTRACT   This research is a research and development (R&D) aimed at producing a product and knowing the feasibility of a web-based business and energy material e-module with the ARCS model in high school. The development model used in this study is a 4D development model which is limited to 3D, namely define, design, and development. The define stage consists of literature study, analysis of initial observations and needs analysis. The design stage in this study consisted of an e-module design. The development stage in this research is expert validation and revision based on expert validation and product readability. Based on the results of expert validation of the resulting e-module product, the average percentage in the content aspect is 81,25% in the decent category, the presentation aspect is 91,6% in the very feasible category, the language aspect is 84,38% in the very category. Feasible, and the media aspect of 87,5% with a very decent category with an overall average value of 84,78% with a very decent category. Based on the product readability test, the percentage of the average score for the product was 88,19% with a very decent category. Based on the results of validation and readability tests that have been carried out by experts, it can be concluded that the e-module developed is "very feasible" to be continued in field trials. The characteristics of the e-module consist of Self instructional, Self contained, Stand alone, Adaptive, User friendly and Consistency.   Keywords: Research and Development, E-module, Web-Based, ARCS, Student Motivation.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KINEMATIKA GERAK LURUS PADA SMA MENGGUNAKAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Indah Fajria; Desy Hanisa Putri; Iwan Setiawan
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.981 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.151-160

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk, mendeskripsikan kelayakan, mendeskripsikan karakteristik dan mengetahui respons siswa terhadap LKPD kinematika gerak lurus menggunakan Learning Cycle 7E untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang di modifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Pada tahap define terdiri dari studi literatur,  analisis observasi awal dan analisis questioner awal kebutuhan guru dan siswa. Tahap design terdiri rancangan produk LKPD dan tahap development terdiri validasi ahli, revisi berdasarkan saran/masukan dari validasi ahli dan melakukan uji keterbacaan produk kepada siswa. Hasil validasi ahli yang telah dilakukan menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dalam kategori sangat layak yaitu dengan nilai 84,44 % dan respons siswa pada kategori sangat baik yaitu dengan nilai 91,11%. Karakteristik dari LKPD ini terdiri dari 5 karakteristik yaitu self instructional, self contained, stand alone, adaptif, and user friendly.   Kata kunci: Penelitian dan pengembangan (R&D), LKPD, Learning Cycle 7E, dan Keterampilan berpikir kritis   ABSTRACT   This research is a type research and development (R&D) aimed at producing products, describe worthiness, describe characteristics and determine student responses to LKPD kinematics straight motion using the learning cycle 7E to improve senior high school students critical thinking skills. This research uses a 4D development model that is modified into 3D, namely define, design, and development. At the define stage consists of a literature study, an early observational analysis and questioner an early analysis of the needs and students. The design phase consists of expert validation, a revision based on the advice/input from expert validation and conducting the study of product reading to students. The results of expert validation that have been carried out show that the LKPD developed in the very feasible category is with a score of 84,44% and student responses in the very good category, namely with a score of 91,11%. The characteristics of this LKPD consist of 5 characteristics namely self instructional, self contained, stand alone, adaptive, and user friendly.  Keywords: Research and development, LKPD, Learning Cycle 7E and Critical Thinking Skills.
ANALISIS MUATAN PENALARAN PADA BUKU TEKS FISIKA SMA KELAS X Nadya Agnaliza; Desy Hanisa Putri; Andik Purwanto
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.929 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.107-114

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan muatan penalaranpada Buku Teks Fisika SMA kelas X Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis analisis isi. Sumber data penelitian adalah pada buku fisika SMA kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 By Marthen Kanginan (Kelompok Peminatan dan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam) yang diterbitkan oleh Erlangga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik  pembacaan dan pencatatan dengan menggunakan instrumen yang telah divalidasi berupa pedoman analisis dokumen. Data penelitian dianalisis menggunakan skema Kripendorff dengan meliputi pengumpulan data, penentuan sampel, perekaman/pencatatan, reduksi, penarikan kesimpulan dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan pada bagian materi, siswa memiliki kesempatan yang besar untuk menalar dan membuktikan melalui membaca justifikasi namun memiliki kesempatan yang kecil melalui pengembangan justifikasi. Pada soal evaluasi, siswa belum memiliki kesempatan untuk menalar  melalui pengerjaan soal dengan indikator mengevaluasi argumen. Artinya, buku teks sepenuhnya belum memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar menalar.   Kata Kunci:analisis isi, penalaran, buku teks,content analysis.   ABSTRACT   This study aims to describe the content of reasoning in high school physics textbooks for class X Curriculum 2013. This study uses a qualitative descriptive approach to content analysis. The  source of the research data is the physics book for high school class X Curriculum 2013 Revised Edition 2016 By Marthen Kanginan (Speciality and Mathematics and Natural Sciences Group) published by Erlangga. Data collection techniques in this study used reading and recording techniques using validated instruments in the form of document analysis guidelines. The research data were analyzed using the Kripendorff scheme by covering data collection, sample determination, recording, reduction, drawing conclusions and narration. The results of the study show that in the material section, students have a great opportunity to reason and prove through reading justification but have a small opportunity through developing justification. In evaluation questions, students have not had the opportunity to reason through working on questions with indicators of evaluating arguments. That is, the textbook has not fully provided opportunities for students to learn to reason.   Keywords: content analysis, reasoning, textbooks, content analysis.
PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS Vera Marcelina; Iwan Setiawan; Andik Purwanto
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.004 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.115-124

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk e-modul fisika  melatihkan literasi sains  dan mendeskripsikan  hasil kelayakan pada e-modul. Metode penelitian ini adalah R&D dengan model 3D yang terdiri dari tiga tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan).  Penilaian yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket pendidik dan peserta didik, dan lembar validasi ahli yang berisikan aspek media, materi dan bahasa.  Berdasarkan hasil uji validasi ahli didapatkan skor rata-rata persentase pada aspek kelayakan isi 71%, aspek penyajian  68%, aspek bahasa 66% dan aspek literasi sains 75% serta aspek kegrafikan sebesar 69% memiliki kategori  cukup valid.   Kata kunci: e-modul, literasi sains dan fluida dinamis.   ABSTRACT   This research aimed to produce a physics e-module product to train science literacy and describe the feasibility results of the e-module. This method is R&D with a 3D model consisting of three stages is define, design, and develop. The assessments used in this study are observation sheets, questionnaires for educators and students, and expert validation sheets containing aspects of media, material and language. Based on the results of the expert validation test, the average percentage score on the content feasibility aspect is 71%, the presentation aspect is 68%, the language aspect is 66% and the science  literacy aspect is 75% and the graphic aspect is 69% which has a fairly valid category.   Keywords: e-module,science literacy and  dynamic fluid
RANCANG BANGUN SMART GREENHOUSE BERBASIS ARDUINO UNO Abdurrahman Nashih Rasyid; Dedy Hamdani; Iwan Setiawan
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.723 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.125-132

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun smart greenhouse berbasis arduino uno. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Smart greenhouse yang dibangun dirancang unuk mengontrol dan memantau kondisi suhu, kelembapan tanah dan intensitas cahaya didalam smart greenhouse. Alat yang dikembangakan menggunakan Arduino uno sebagai mikrokontroler, tiga sensor, tiga aktuator serta satu modul GSM untuk memantau  kondisi didalam smart greenhouse. Sensor yang digunakan adalah YL-69 untuk mengukur kelembapan tanah, sensor DHT22 untuk mengukur suhu udara dan Sensor TEMT6000 untuk mengukur intensitas cahaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi dengan 10 butir pertanyaan yang diisi oleh 3 orang validator. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, disimpulkan bahwa rancang bangun smart greenhouse berada pada kategori sangat baik. Hal ini didasarkan pada hasil uji kelayakan alat yang divalidasi oleh 3 orang dosen ahli. Penilaian berdasarkan aspek komponen teknis adalah 100%, lalu penilaian berdasarkan aspek efisiensi adalah 95%, dari aspek ketahanan 91,66% dan aspek estetika adalah 83,33%. Sehingga dapat diambil kesimpulan dari keempat aspek tersebut bahwa media yang dikembangkan berada pada kategori baik dengan persentase rata rata hasil uji kelayakan sebesar 92,5%.   Kata kunci : Smart greenhouse, Arduino Uno, Sensor DHT22, Sensor YL-69, Sensor TEMT600, modul GSM900.   ABSTRACT   This study aims to design and build a smart greenhouse based on Arduino Uno. This type of research is development research. The smart greenhouse that was built was designed to control and monitor the conditions of temperature, soil moisture and light intensity inside the smart greenhouse. The tool developed uses Arduino uno as a microcontroller, three sensors, three actuators and one GSM module to monitor conditions inside the smart greenhouse. The sensors used are YL-69 to measure soil moisture, DHT22 sensor to measure air temperature and TEMT6000 sensor to measure light intensity. The research instrument used was a validation sheet with 10 questions filled in by 3 validators. In this study, data analysis used quantitative descriptions. Based on the data obtained, it is concluded that the smart greenhouse design is in the very good category. This is based on the results of the tool's feasibility test which was validated by 3 expert lecturers. The assessment based on the technical component aspect is 100%, then the evaluation based on the efficiency aspect is 95%, from the durability aspect it is 91.66% and the aesthetic aspect is 83.33%. So it can be concluded from these four aspects that the media developed is in a good category with an average percentage of 92.5% of the feasibility test results.   Keywords : Smart greenhouse, Arduino Uno, DHT22 sensor, YL-69, TEMT600, GSM900 module
IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X MIA DI SMA KOTA BENGKULU Risma Afrida Sari; Irwan Koto; Afrizal Mayub
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.555 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.133-140

Abstract

ABSTRAK   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) mengidentifikasi tipe gaya belajar yang dominan dari 123 siswa-siswa  kelas X SMA Negeri Kota Bengkulu ditinjau dari jenis kelamin, dan (b) menentukan kecenderungan tipe gaya belajar siswa-siswa SMA Negeri Bengkulu ditinjau dari gaya belajar KOLB. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan subjek penelitian menggunakan teknik convenient sampling. Instrumen utama untuk memperoleh data penelitian adalah (a) angket gaya belajar KOLB yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, dan (b) observasi kelas untuk mendukung data angket. Hasil analisis data angket gaya belajar menyatakan bahwa 123 siswa kelas X terdiri dari (a) 47 (38%) siswa dengan gaya belajar assimilator, (b) 26 (21%) siswa dengan gaya belajar converger, (c) 31 (25%) siswa dengan gaya diverger, dan (d) 19 (16%) siswa dengan gaya belajar accomodator. Gaya belajar siswa laki-laki dominan pada tipe diverger tetapi gaya belajar siswi perempuan lebih dominan pada tipe assimilator. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah guru perlu untuk mengetahui tipe gaya belajar yang dominan dari peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran disesuaikan dengan tipe gaya belajar dari siswa-siswanya.   Kata kunci : Gaya belajar Kolb, jenis kelamin, Siswa kelas X   ABSTRACT   The aims of this study are to (a) identify the dominant type of learning style of 123 class X students of Public High School in Bengkulu City in terms of gender, and (b) determine the preference of the learning style during physics learning in classroom. The method used in this study was descriptive quantitative and the subjects were obtained by the convenience sampling technique; the main instrument to get the data for this study was the Indonesian version of Kolb Learning Style Inventory and the classroom observation to support the KLSI data. The results of data analyses reveal that (a) the dominant learning style of male students were diverger type but the assimilator type for the female students, (b) the preferred learning style are 38% students with the assimilator learning styles; 21% students with the convergent learning styles, 25%) students with the divergent style, and 16% students with the accommodator learning style. The implication of the findings of this study is that teachers need to know the preferred learning style of their students so that learning activities and the use of learning media are adapted to the type of student’s learning style.   Keywords: david kolb's learning style, descriptive reasearch
PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA Helda Oktarina; Iwan Setiawan; Rosane Medriati
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.655 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.141-150

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berorientasi Pendekatan Saintifik pada materi suhu dan kalor untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D, namun pada penelitian ini dilakukan sampai tahp 3-D yang terdiri dari define, design, dan develop. Berdasarkan hasil validasi ahli pada aspek media diperoleh persentase sebesar 85% yang dikategorikan sangat layak, pada aspek materi diperoleh persentase sebesar 81,9% yang dikategorikan sangat layak, pada aspek bahasa diperoleh persentase sebesar 91,7% yang dikategorikan sangat layak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKPD Berorientasi Pendekatan Saintifik pada materi suhu dan kalor untuk melatihkan keterampilan berrpikir kritis siswa SMA berada pada kategori sangat layak dengan persentase rata-rata 86,2% dan hasil persepsi peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 86,06%.   Kata Kunci: LKPD, Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis.   ABSTRACT   This study aims to produce LKPD Oriented Scientific Approach on the material of temperature and heat to practice critical thinking skills of high school students. The method used in this study is the R&D (Research and Development) method with a 4-D development model, but in this study it was carried out to the 3-D stage consisting of define, design, and develop. Based on the results of expert validation on the media aspect, it was obtained a percentage of 85% which was categorized as very feasible, in the material aspect a percentage of 81.9% was obtained which was categorized as very feasible, in the language aspect a percentage of 91.7% was obtained which was categorized as very feasible. So, it can be concluded that the Scientific Approach Oriented LKPD on temperature and heat materials to train high school students' critical thinking skills is in the very feasible category with an average percentage of 86.2% and the students' perception results with an average percentage of 86.06%.   Keywords: LKPD, Scientific Approach, Critical Thinking Skills.
KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I MENGGUNAKAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK Aprina Defianti; Indra Sakti
Kumparan Fisika Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.132 KB) | DOI: 10.33369/ajipf.2.2.161-166

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran praktikum fisika dasar I menggunakan modul elektronik petunjuk praktikum berbasis pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Sebanyak 20 mahasiswa menggunakan modul elektronik untuk 4 kali praktikum dan selanjutnya diberikan tes KPS. KPS yang diujikan terdiri dari 9 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata indikator mengajukan pertanyaan terkait hipotesis percobaan adalah 8,25, indikator menentukan alat dan bahan yang digunakan serta fungsinya 5,95, indikator menentukan langkah kerja 8,25, indikator menggambar grafik dan menyusun tabel adalah 8,80, indikator untuk menginterpretasikan variabel yang digunakan berpengaruh dalam percobaan adalah 9,00, indikator untuk menghubungkan hasil percobaan dengan teori adalah 6,60, indikator untuk membuat kesimpulan dari percobaan yang dilakukan adalah 10,00, indikator untuk mengungkapkan pengamatan yang mungkin terjadi jika variabel yang berubah adalah 9,50, dan indikator untuk menggunakan konsep yang benar untuk menjelaskan hal-hal yang terjadi adalah 9,20. Berdasarkan hasil tersebut, nilai rata-rata keterampilan proses sains adalah 83,94 dengan kategori ‘Terampil’.   Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Praktikum Fisika Dasar I, Modul Elektronik, Pendekatan Saintifik   ABSTRACT   This study aims to describe students' science skills after using the e-module of first basic physics practicum guide based on a scientific approach. This research method was one shot case study. A total of 20 students used the e-module for 4 practicums and then their science process skills were tested. The Science Process Skills tested consist of 9 indikators. The results showed that the average value of the indikator for asking questions related to the experimental hypothesis was 8.25, the indikator for determining the tools and materials used and their functions was 5.95, the indikator for determining the work steps was 8.25, the indikator for drawing graphs and compiling tables was 8.80, the indikator for interpreting the variables used influential in an experiment was 9.00, indikator for connecting experimental results with theory was 6.60, indikator for making conclusions from experiments carried out was 10.00, indikator for expressing observations that might occur if the variable changed was 9.50, and indikator for using the correct concept to explain things what happened was 9.20. Based on these results, the average value of science process skills was 83.94 in the category of ‘Skilled’   Keywords: Science Process Skill, First Basic Physics, E-Module, Scientific Approach

Page 1 of 1 | Total Record : 10