cover
Contact Name
Baskoro Harwindito
Contact Email
p3m@polteksahid.ac.id
Phone
+62816965433
Journal Mail Official
jurnaljstp@polteksahid.ac.id
Editorial Address
Jl. Kemiri Raya No.22, Pd. Cabe Udik, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Published by Politeknik Sahid
ISSN : 2541447X     EISSN : 25414488     DOI : https://doi.org/10.56743/jstp.v8i1
Jurnal Sains Terapan Pariwisata adalah jurnal nasional terlengkap untuk semua yang peduli dengan inovasi dan pengembangan aspek pariwisata serta isu pariwisata terkini, seperti Destinasi Wisata, Perhotelan, Gastronomy dan MICE. Jurnal ini berisi penelitian teoritis dan terapan, mendorong penelitian berdasarkan berbagai metode, termasuk pendekatan kualitatif, kuantitatif dan metode campuran.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata" : 11 Documents clear
Pengaruh Kualitas Pelayanan Makanan Dan Minuman Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kantin Dan Area Jajan Sekitar Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Wijayanti Dewi Prabandari; Emenina Tarigan
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas pelayanan suatu kantin adalah sangat penting karena banyak pelanggan yang akan menikmati hidangan makanan dan minuman yang dijual di kantin dan area jajan sekitar Kampus Sekolaah Tinggi Pariwisata Trisakti, dimana selalu dituntut menyajikan makanan dan minuman yang memiliki hygienitas dan kualitas makanan yang baik.Kepuasan Pelanggan dalam hal ini juga harus diperhatikan agar dalam penjualan dan penyajian makanan dapat memenuhi selera dari pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif . Unit analisis dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester satu angkatan 2018 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dengan jumlah populasi sebesar 581 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling dengan menggunakan slovin di dapat 90 responden. Pengolahan data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji deskriptive, uji Korelasi, uji Koefisien determinasi, Uji Regresi Linear Sederhana. Diperoleh hasil penelitian Kualitas Pelayanan dengan nilai 0,337 dengan hubungan rendah terhadap Kepuasan Pelanggan.Koefisien Determinasi ditunjukkan dengan nilai 0,342 atau besarnya kontribusi. Kualitas pelayanan makanan dan minuman 11,7% terhadap kepuasan pelanggan dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan SPSS versi 22 (Santoso, 2014). Penelitian akan dilakukan bulan Oktober 2018 sampai dengan Januari 2019.
Mengenal Pelayanan Rijsttafel Sebagai Bagian Dari Warisan Kolonial Belanda Agung Subakti
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terdapat banyak sekali restoran dengan berbagai jenis pelayanan yang berbeda beda pula. Dari konsep café hingga Fine Dining. Secara interior dan eksterior pun dapat terlihat. Termasuk dari berbagai jenis makanan yang disajikan. Dari sekian banyak bentuk pelayanan. Ada satu pelayanan yang menarik untuk diangkat yaitu Rijsttafel. Rijsttafel diambil dari Bahasa belanda yang artinya adalah Rice Table atau hidangan nasi yang disajikan diatas meja Bersama dengan lauk pauknya. Rijsttafel berasal dari Indonesia, dan makanan yang disajikan adalah asli Indonesia. Namun pada kenyataannya tidak banyak restoran di Indonesia yang menerapkan sistem pelayanan ini. Penulis tertarik untuk mengenal lebih lanjut pelayanan Rijsttafel dengan menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran melalui beberapa restoran Rijsttafel di Indonesia.
The Impacts Of Leafy Green Vegetables Towards Food Safety Management System Implementation In Novotel Makassar Grand Shayla City Centre Rafika Hayati; Dewi Andriani; Nila Sartika Achmadi
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Novotel Makassar Grand Shayla City Centre adalah hotel berbintang 4 yang kepemilikannya oleh PT. Grnad Shayla Indonesia yang bekerjasama dengan Accor Group dalam operasional harian. Novotel Makassar Grand Shayla City Centre memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat meningkatkan persaingan antara bisnis perhotelan dengan kelas bintang empat yang setara. Kualitas sebuah hotel dapat memotivasi tamu untuk meningkatkan kerjasama dalam waktu lama, dalam rangka hal tersebut hotel harus mampu mempertahankan semua standar operasional prosedur, salah satunya adalah standar makanan, khususnya kualitas sayuran yang disajikan kepada tamu. Salah satu strategi yang diimplementasikan ke dalam Food Management System untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas sayuran berdaun hijau. Metode dari penelitian adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi pasif. Interview dilaksanakan dengan executive sous chef, chef de parties dan commis. Hasil penelitian menujukkan impelementasi dari food safety management system memiliki dampak yang besar kepada sayuran berdaun hijau. Terdapat beberapa cara dalam mengendalikan kualitas sayuran berduan hijau seperti: konsistensi terhadap impelentasi standarisasi prosedur saat penerimaan, persiapan bahan dan penyajian.
Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Human Resource Depatment Hotel Veranda Jakarta Darmawan Damanik; Ferderika Antonia Boimau
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hotel Veranda merupakan hasil kerja sama Perusahaan Daerah Pembangunan Sarana Jaya dengan pihak asing Breezbay Japan atau BBH Hotel Group dan pihak swasta PT Graha Pakubuwono Kusuma (Grup Pulau Intan). Hotel tersebut merupakan hotel pertama milik pemerintah provinsi daerah khusus ibu kota. Penelitian ini melihat tentang hubungan dan faktor motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Human Resource Department Hotel Veranda. Human Resource Department merupakan bagian dari hotel yang harus mengetahui kualitas dari setiap karyawan, serta memberikan motivasi kerja kepada setiap karyawan seperti memberikan arahan dan dorongan berupa pemberian kompensasi, komunikasi yang baik antar rekan kerja, mendapat jaminan kesehatan dan keselamatan, mendapatkan penghargaan, serta pujian kepada setiap karyawan yang bertujuan agar setiap karyawan bekerja sesuai dengan standar sehingga akan meningkatkan kinerja karyawan antara lain karyawan memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan bekerja dengan maksimal sehingga mendukung operasional di Human Resource Department Hotel Veranda Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengertian motivasi kerja, pengertian kinerja karyawan dan pengertian manajemen sumber daya manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanya 10 orang. Metode analisis data yang digunakan penulis yaitu korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, regresi, uji t, hipotesis. Dengan menggunakan metode korelasi pearson product moment besarnya hubungan motivasi terhadap kinerja nilai r sebesar 0,99 sedangkan pengaruh motivasi terhadap kinerja nilai koefisien determinasi sebesar 98% dan 2% berasal dari luar variabel yang diteliti seperti lama bekerja, metode regresi menghasilkan 61,468, sedangkan perhitungan uji t menghasilkan t hitung sebesar 19,851, sedangkan jika dibandingkan dengan t tabel dengan df = n-2(10-2) = 8 dan α 0,025 diperoleh t tabel sebesar 2,306. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Human Resource Depatment Hotel Veranda Jakarta.
Analisis Isi Terhadap Atribut Restoran Dengan Konsep Korean Barbecue Di Jakarta Rachel Dyah Wiastuti; Cindy Pratiwi
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kepuasan dan faktor ketidakpuasan konsumen pada restoran dengan konsep Korean Barbecue di Jakarta berdasarkan Zomato dan Qraved. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif desktiptif dengan metode analisis isi. Terdapat 30 restoran dari 11 merek yang menjadi objek penelitian, yaitu Chung Gi Wa, Mapogalmaegi Magal, Born Ga, Seorae, Gojumong, The Grill, Samwon House, Hanyang Garden, Seo Seo Galbi. Metode analisis isi dilakukan dengan menganalisis 410 ulasan yang mewakili kepuasan konsumen dan 250 ulasan yang mewakili ketidakpuasan konsumen, yang didapatkan dari dua platform restoran di Indonesia yaitu Zomato dan Qraved. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 10 faktor yang menentukan kepuasan konsumen yaitu kualitas makanan, kualitas layanan, nilai, harga, atmosfer, tempat, kebersihan, Wi-Fi, promosi dan fasilitas. Faktor utama penentu kepuasan yaitu kualitas produk dimana kualitas makanan baik, side-dish beragam, gratis dan free-flow, porsi banyak, makanan penutup gratis dan teh gratis, menu bervariasi dan halal serta kemasan makanan yang mudah dipanaskan. Sedangkan terdapat enam faktor yang menentukan ketidakpuasan konsumen yaitu kualitas layanan, kualitas makanan, nilai, harga, kebersihan dan atmosfer. Penelitian ini berkontribusi bahwa ulasan pada platform online dapat memberikan informasi bagi pihak manajemen restoran untuk mengenai faktor yang menyebabkan tamu puas maupun tidak puas yang kemudian dapat menjadi kajian untuk meningkatkan kinerja restoran.
Pemanfaatan Tepung Ubi Ungu Sebagai Substitusi Tepung Beras Untuk Pembuatan Kue Kembang Goyang Marya Yenny; Nuryadina Augus Rini; Nurlatipah
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ubi ungu (Ipomoea batatas L. Poir) adalah sejenis umbi-umbian yang memiliki keunggulan, salah satunya mengandung pigmen anthosianin yang berfungsi sebagai anti kanker, anti bakteri perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Mengandung vitamin A, B, dan C serta zat besi dan kalsium. Kandungan nutrisi ubi ungu cukup tinggi dengan komposisi lengkap dibandingkan dengan beras dan tepung terigu. Ubi ungu sangat berpotensi untuk menjadi suatu produk jika dijadikan tepung karena bernilai ekonomis. Tepung ubi ungu dijadikan Kue kembang goyang yang merupakan salah satu kue tradisisonal khas Betawi, yang bentuknya menyerupai kelopak bunga atau kembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesukaan masyarakat dan kualitas sensori (warna, aroma, tekstur dan rasa) yang dihasilkan oleh Kue kembang goyang bersubstitusi tepung ubi ungu. Proses penelitian dilakukan dari bulan April hingga Juni 2018. Bahan yang dipakai adalah tepung ubi ungu, tepung beras, gula, telur, santan dan garam. Pembuatan Kue kembang goyang dengan substitusi tepung ubi ungu 0% (kontrol), 25%, 50% dan 75%. Desain eksperimen dengan rancangan acak lengkap. Analisis statistik menggunakan ANOVA (Analysis Of Variance) dengan taraf 5% atau 0,05 dan dilanjutkan Duncan. Dari hasil uji kesukaan dan uji kualitas yang sudah dihitung, Kue kembang goyang dengan substitusi tepung ubi ungu yang paling disukai adalah 75% tepung ubi ungu. Untuk kualitas Kue kembang goyang menunjukan adanya perbedaan yang signifikan dari setiap sample yang diteliti dilihat dari indikator warna.
Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan (Studi Kasus Ritz Carlton Pacific Place Jakarta) Dewanta Fachrureza
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini pada observasi yang dilakukan oleh penulis saat melakukan observasi di bagian food and beverage di Hotel Ritz Carlton Jakarta. Pengamatan terkait, untuk beberapa masalah, mengenai kinerja karyawan yang dinilai masih jauh dari harapan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu factor apa yang paling berpengaruh dalam kinerja yang dihasilkan oleh karyawan hotel Ritz Carlton Jakarta. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah analisis penulis, observasi dan wawancara staf food and beverage Hotel Ritz Carlton Jakarta. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah penting bagi hotel untuk mencari tahu faktor mana yang paling berpengaruh dalam kinerja karyawan dan segera melakukan tindakam perbaikan guna menghasilkan kinerja yang diharapkan. Penulis juga memberikan beberapa saran yang menyatakan bahwa harus penambahan karyawan dan memperbanyak training.
Motivasi Pengunjung Ke Festival Musik Studi Kasus : Jazz Gunung Bromo 2018 Hanesman Alkhair; Arief Budiman
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian di area festival musik sudah banyak dilakukan namun masih sedikit yang menggunakan konteks geografis Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu motivasi pengunjung ke festival musik yang di selenggarakan di sebuah destinasi. Dengan menggunakan analisa faktor di dapatkan motivasi utama pengunjung festival musik di contoh kasus Jazz Gunung Bromo 2018 yaitu : Mendengarkan Musik Langsung, Venue dan Rasa Penasaran. Implikasi dari penelitian ini semoga faktor motivasi tersebut bisa menjadi fokus utama para pelaku industri pariwisata di Indonesia, khususnya di bidang festival musik.
Kawa Daun, Kopi Yang Bukan Berasal Dari Biji Kopi Nurul Sukma Lestari; Hana Dessy Natalia
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan budaya dan tradisinya dan banyak makanan dan minuman tradisional yang erat hubungannya dengan budaya, atau dapat dikatakan sudah melekat erat pada suatu daerah. Kawa Daun salah satunya,minuman tradisional yang berasal dari ranah Minangkabau. Sudah menjadi budaya bagi orang Sumatera Barat untuk mengkonsumsi Kawa Daun, yaitu minuman yang berasal dari daun kopi yang sudah dikeringkan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin menggali sejarah dari Kawa Daun dilihat dari segi gastronomi dan ingin mengetahui apakah tiramisu yang menggunakan Kawa daun dapat disukai. Penelitian dilakukan dengan cara mencari refensi sebanyak-banyaknya dan mengambil kesimpulan dari referensi yang ada. Hasilnya adalah Kawa daun sudah dikenal dari jaman penjajahan dan sampai sekarang masih banyak dikonsumsi serta cara pembuatan dan penyajian yang tidak berubah dari jaman ke jaman serta Kawa daun dapat menggantikan kopi dalam pembuatan tiramisu.
Aktivasi Promosi Pariwisata Di Media Sosial Sudi Kasus Kabupaten Belitung Tatang Rusata
Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata
Publisher : Politeknik Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan terus meningkatnya jumlah pengguna internet turut mengubah perilaku masyarakat dalam mencari informasi pariwisata. Media sosial yang merupakan media online di mana para penggunanya bisa berpartisipasi dan berbagi, dianggap lebih efektif dalam mempromosikan destinasi wisata. Pemerintah Belitung salah satu kabupaten yang juga aktif melakukan promosi destinasi wisata di media sosial. Melalui metode kualitatif penelitian ini dilakukan untuk menggali lebih dalam bagaimana Kabupaten Belitung melakukan promosi di media sosial dan apa kendala yang dihadapi. Seperti umumnya dihadapi di area birokrasi peningkatan SDM dalam bidang teknologi informasi masih menjadi kendala. Selain aktivitas promosi melalui media sosial yang belum dilakukan secara profesional. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 3 (2025): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 10 No. 2 (2025): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 9 No. 3 (2024): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 8 No. 3 (2023): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 6 No. 3 (2021): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 3 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 3 No. 3 (2018): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 3 No. 1 (2018): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 2 No. 3 (2017): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 1 No. 1 (2016): Jurnal Sains Terapan Pariwisata More Issue