cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Jl. Kaligawe Raya km 4, Genuk, Semarang, Jawa Tengah, 50112
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Proyeksi: Jurnal Psikologi
ISSN : 19078455     EISSN : 26564173     DOI : 10.30659
Core Subject : Social,
Proyeksi: Jurnal Psikologi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung. Jurnal ini memuat hasil pemikiran dan studi empiris bidang psikologi atau bidang lain yang terkait dengan disiplin ilmu psikologi. Terbit setahun dua kali tiap April dan Oktober. Redaksi mengundang para penulis untuk mengirimkan artikel hasil penelitian maupun pemikiran dibidang psikologi maupun bidang lain yang terkait. Redaksi berhak mengedit naskah sepanjang tidak mengubah substansi tulisan
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022" : 10 Documents clear
PENGARUH RELIGIOUS FUNDAMENTALISM TERHADAP KEPUASAN HIDUP DENGAN OPTIMISME SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA MAHASISWA Prasojo Chandra Buana; Ujang Rohman; Nur’aini Azizah
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.72-83

Abstract

Agama dan politik menjadi topik yang cukup hangat di beberapa tahun terakhir. Fenomena tersebut bermunculan di sejumlah negara-negara di dunia yang menimbulkan ketidakstabilan politik di negara tersebut. Hal itu sangat menggelitik rasa penasaran, sehingga peneliti merasa tertarik untuk meneliti fenomena ini, terutama mengenai fundamentalisme agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh fundamentalisme agama terhadap kepuasan hidup yang dimediatori oleh optimisme. Desain penelitian ini adalah kuantitatif kausalitas dengan tiga variabel utama yakni religious fundamentalism, kepuasan hidup, dan optimisme. Subjek penelitian ini sebanyak 274 orang mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan pengambilan data dilakukan secara online menggunakan google form. Hasilnya, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara religious fundamentalism terhadap kepuasan hidup (.37>.05). Optimisme juga tidak terkonfirmasi memediasi antara religious fundamentalism dan kepuasan hidup. Namun, terdapat pengaruh yang signifikan antara religious fundamentalism dan optimisme terhadap kepuasan hidup secara simultan (.00>.05) sebesar 22,2 %.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI RESILIENSI REMAJA DI MASA PANDEMI Wisnu Sri Hertinjung; Susatyo Yuwono; Partini Partini; Andira Koza Laksita; Annisa Ayu Ramandani; Shafira Sekar Kencana
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.60-71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi regulasi emosi, optimisme, dan dukungan keluarga  dengan  resiliensi siswa pada masa pandemi Covid-19. Faktor internal siswa berupa kemampuan mengelola emosi dan rasa optimis menghadapi situasi yang sulit dan memerlukan penyesuaian tinggi, serta faktor eksternal berupa dukungan keluarga, akan menumbuhkan jiwa resilien berupa ketangguhan menghadapi kesulitan dan tidak mudah menyerah. Hipotesis mayor yang diajukan terdapat hubungan antara  regulasi emosi, optimisme, dan dukungan keluarga dengan resiliensi. Terdapat 3 hipotesis minor, yaitu adanya hubungan positif antara regulasi emosi dengan resiliensi; hubungan positif antara optimisme dengan resiliensi; dan hubungan positif antara dukungan keluarga dengan resiliensi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala regulasi emosi, skala optimisme, skala dukungan keluarga, dan skala resiliensi.  Populasi dalam penelitian  ini adalah siswa SMA dan SMK di Sukoharjo. Pemilihan subjek penelitian dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi regresi berganda. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang sangat signifikan antara regulasi emosi, optimisme, dan dukungan keluarga dengan resiliensi siswa (F=47,561; p<0,001). Uji hipotesis minor 1 diperoleh hasil r=0,607; p<0,001 artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara regulasi emosi dengan resiliensi, untuk variabel optimisme diperoleh nilai r=0,585;p<0,001 dan dapat dinyatakan terdapat korelasi positif yang sangat signifikan antara optimism dengan resiliensi, variabel dukungan keluarga menunjukan hasil r=0,431;p<0,001, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel dukungan keluarga dengan resiliensi. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan seluruhnya terbuktiAbstrak harus dibuat dalam bahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris.
INTERVENSI PELATIHAN PENGENALAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA REMAJA PENDERITA THALASSAEMIA Ema Zati Baroroh
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.13-24

Abstract

The purpose of this study is to provide new insights self-esteem for participants, and to find outcome increasing participant’s self-esteem after participating in the training. This experimental study was conducted for 6 teenagers with thalassemia who were selected based on the specific characteristics proposed. This study used a pure experimental design without control group. Data were collected through interviews and observations before and before treatment. The intervention provided was in the form of personal recognition training. This treatment uses lecture, discussion, brainstorming, and games with light methods. Lasts for 2 times with a duration of 2.5 hours. In general, almost all people who experience development and able to be creative during the material session, and allow participants to have and be able to be more confident. There was a change in the classification of participants, namely DA, DE, L, S, and W. Meanwhile, there was no change in Lu.
MAKNA KOMITMEN BAGI GURU HONORER SEKOLAH DASAR Rahma Anugrah; Muhammad Daud; Andi Nasrawati Hamid
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.95-111

Abstract

Guru honorer yang berkomitmen meskipun dengan pendapatan yang rendah, ketidakpastian status pengangkatan dan kondisi kerja yang belum memadai, memiliki keberagaman arti dalam memaknai komitmen, yang berpengaruh terhadap perilaku kerja guru. Tujuan penelitian ini yaitu memahami makna komitmen yang dimiliki guru honorer. Penelitian ini menggunakan pendekatan interpretative phenomenological analysis. Pengambilan data menggunakan wawancara semi terstruktur kepada lima guru honorer dengan masa kerja tujuh hingga 14 tahun. Hasil analisis data menunjukkan bahwa komitmen dimaknai sebagai bentuk adanya harapan menjadi aparatur sipil negara, upaya mempertahankan pekerjaan, bentuk pengabdian, dan  sebagai wujud rasa cinta terhadap sekolah. Faktor positif memengaruhi keputusan guru untuk bertahan, namun faktor negatif tidak sampai memengaruhi keputusan bertahan, namun memengaruhi perilaku kerja guru. Berbagai makna komitmen menghasilkan beragam komponen komitmen, yang berpengaruh terhadap perilaku kerja guru. Guru yang memaknai komitmen sebagai wujud rasa cinta dan bentuk pengabdian umumnya melakukan usaha lebih dalam bekerja. Penelitian ini memberikan gambaran makna komitmen dan dampaknya terhadap perilaku kerja guru, sehingga dapat menjadi acuan bagi guru honorer dalam mempertahankan komitmen yang dimiliki, dan menjadi acuan bagi pihak sekolah serta dinas pendidikan dalam memerhatikan faktor yang meningkatkan komitmen guru. Kata kunci : Guru honorer, Komitmen organisasi, Sekolah
EFEKTIVITAS WORKSHOP “ACADEMIC WRITING” DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER AKHIR Ika Apriati Widya Puteri
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.112-124

Abstract

Academic resilience is an individual's response to affective, cognitive, and behavioral in the face of academic difficulties or failures that he experienced. One of the efforts that can be done so that students have academic resilience is to provide preparation for thesis work. When students already have knowledge of thesis writing techniques, students can feel more prepared, so that they will grow a feeling of optimism in working on their thesis and confidence that they will be able to complete the thesis on time. The “Academic Writing” workshop is a series of workshops to provide knowledge and training to students regarding thesis writing. The themes that will be discussed in this workshop are how to make titles and raise research problems, thesis writing techniques, using reference manager applications, and various research methods. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the "Academic Writing" workshop in improving the academic resilience of final semester students. This research method is a pre-experimental design with the one-group pretest-posttest design. Measurements were made with The Academic Resilience Scale (ARS-30) which was carried out 2 times, namely before the intervention and after the intervention. The results of the study using a paired sample t-test showed that the "Academic Writing" workshop did not significantly increase the academic resilience of final semester students (t = 0.811, p = 0.430).
STORYTELLING PADA ANAK DENGAN KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN BERBAHASA EKSPRESIF Atika Permata Sari
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.84-94

Abstract

Language development in early childhood is a foundations in both mastering academic skills and social skills. Delays in early intervention will increase the risk of children experiencing problems as adults. TDB is a kindergarten student with the age of 5 years 9 months who was identified with expressive language developmental delay. The results of the assessment showed that the development of expressive language of TDB was not in accordance with its chronological age. Intelligence test results show the level of intelligence is in the category above average. The storytelling method with puppet sticks was provided to TDB for seven sessions. In each session, the researcher did storytelling using puppet stick media and then asked TDB to repeat the story that had been told by the researcher. There are seven different stories used in each session. The results of observations on the mean length of utterance show that there is an increase in the mean length of utterance from 2.3 to 3.6. This shows that the storytelling method with puppet sticks is quite effective in increasing the development of expressive language.
TINGKAT PEMAHAMAN DAN BENTUK PERILAKU MENDUKUNG KELUARGA PENDERITA SKIZOFRENIA Vera Imanti; Nia Rumbi
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.25-34

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pemahaman tentang gangguan jiwa pada caregiver dan mengetahui perilaku mendukung keluarga pada penderita skizofrenia di Griya Peduli PMI Surakarta. Subjek pada penelitian ini sebanyak 22 caregiver yang mempunyai anggota keluarga dengan skizofrenia. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode mix methods atau metode penelitian kombinasi, yang berarti mengkombinasikan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan jenis sequential explanatory design, dimana pengumpulan data dan analisis data kuantitatif pada tahap pertama, diikuti dengan pengumpulan data dan analisis data kualitatif pada tahap kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman tentang gangguan jiwa pada caregiver terbagi menjadi 4 kategori, dimana 5 responden masuk kategori rendah, 11 responden dengan masuk dalam kategori sedang, 4 responden masuk dalam kategori tinggi, dan 2 responden masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan dari setiap aspek pemahaman, dengan aspek tahu mendapatkan nilai 70%, aspek paham dengan nilai 70%, aspek aplikasi 76%, aspek analisa 67%, aspek sintesis 68%, dan aspek evaluasi mendapatkan nilai 65%. Data kualitatif yang didapat memperkuat dan memperdalam data dari hasil kuantitatif.
KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN PADA RELASI DEKAT: ANALISIS JALUR DAN IMPLEMENTASI JARINGAN SARAF TIRUAN Tabah Aris Nurjaman
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.1-12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memprediksi kepercayaan dan komitmen pada relasi dekat dalam dua tahap studi. Studi 1 dilakukan untuk menguji jalur antara penyesuaian, dependensi, kepercayaan, dan komitmen pada relasi dekat dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Studi 2 dilakukan untuk memprediksi tingkat kepercayaan dan tingkat komitmen dengan menambah jenis kelamin dan jenis relasi sebagai prediktor dengan implementasi Jaringan Saraf Tiruan (JST) model Multilayer Perceptron (MLP), yang dilakukan dalam 27 percobaan (3 hidden layer x 3 learning rate x 3 epoch) untuk masing-masing tingkat kepercayaan dan tingkat komitmen. Studi 1 dan Studi 2 dilakukan terhadap 417 responden (103 pria, 314 wanita; 97 pacaran, 320 persahabatan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner adaptasi Revised Dyadic Adjustment Scale (11 aitem; α = 0,78), Investment Model Scale (15 aitem; αdependensi = 0,886; αkomitmen = 0,933), dan Trust in Close Relationship Scale (13 aitem; α = 0,917). Hasil Studi 1 menunjukkan pengaruh penyesuaian dan dependensi terhadap kepercayaan; serta pengaruh dependensi dan kepercayaan terhadap komitmen pada relasi dekat. Hasil studi 2 menunjukkan model JST terbaik untuk memprediksi tingkat kepercayaan ialah dengan konfigurasi 4 hidden layer units, 0,75 learning rate, dan 1000 epochs dengan tingkat akurasi sebesar 75,85%; sementara, model JST terbaik untuk memprediksi tingkat komitmen ialah dengan konfigurasi 4 hidden layer units, 0,75 learning rate, dan 2500 epochs dengan tingkat akurasi sebesar 79,95%.
HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN LEADER-MEMBER EXCHANGE TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN GENERASI Y Safinatul Wahidah
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.35-47

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh kepemimpinan transformasional dan leader-member exchange pada karyawan generasi Y. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknin non-probability sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 3 orang dengan karakteristik PNS di BP2MI yang lahir dalam rentang tahun 1980 – 2000. Metode pengumpulan data menggunakan Multifactor Leadership Questionnaire, Leader Member Exchange – Multi Dimensional Measures, dan  Skala Komitmen Organisasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknin analisis regresi ganda dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kepemimpinan transformasional dan leader-member exchange terhadap komitmen organisasi. Sumbangan simultan pengaruh kedua variabel terhadap komitmen organisasi adalah 56,3 %. Sumbangan partial kepemimpinan transformasional dan leader-member exchange terhadap komitmen organisasi masing-masing adalah 15,7 %, dan 40,6 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan transformasional dan leader-member exchange dapat memprediksi tingkat komitmen organisasi karyawan generasi Y, dan pengaruh yang diberikan leader-member exchange lebih besar daripada pengaruh kepemimpinan transformasional.
GRATITUDE SEBAGAI MEDIATOR ANTARA MINDFULNESS DAN PENERIMAAN DIRI Ikkyu Ikkyu; Livia Yuliawati
Proyeksi: Jurnal Psikologi Vol 17, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.17.2.48-59

Abstract

Social media nowadays has become a need of many people. One of the most used social media is Instagram.Ease of access to look into the lives of others and evaluate others contributes to the decreasing ability toaccept oneself. This study aims to examine the role of gratitude as the mediator between mindfulness and self-acceptance among Instagram users. The present study involves 121 participants, age from 18 to 24 years oldusing convenience sampling method. Gratitude Questionnaire Six Item Form (GC-6), Mindful AttentionAwareness Scale (MAAS), and Berger’s Self-Acceptance Scale are administered using online survey. Results havefound that gratitude significantly acts as the significant partial mediator between mindfulness and self-acceptance. Mindfulness and gratitude play important roles for active Instagram users to be able to acceptthemselves for what they are.

Page 1 of 1 | Total Record : 10