cover
Contact Name
Anggi Setya Prayoga
Contact Email
anggisetyaprayoga@gmail.com
Phone
+6281313254403
Journal Mail Official
redaksi@globalmulia.ac.id
Editorial Address
Jl. Untung Suropati, Kp. Cibeureum Ds. Mekar Mukti Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi 17530
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Al-Fatih Global Mulia
ISSN : 25808036     EISSN : 27467058     DOI : 10.59729/alfatih
Core Subject : Economy,
Jurnal Al fatih Global Mulia P-ISSN 2580-8036, E-ISSN 2746-7058 published by STEBI Global Mulia Cikarang, is a peer-reviewed open access international journal published twice in a year. Jurnal Al-fatih Global Mulia welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project in the scope of Islamic Economics, Islamic Finance, and Islamic Banking, which includes, but is not limited to the following topics: Islamic economics, Islamic finance, Islamic Banking, Islamic microfinance, Islamic insurance, Islamic Agricultural fields, Halal industry, Zakah, waqf, Islamic social finance, and poverty alleviation, Islamic law and sharia issues in economics and finance, Securitization and sukuk, Islamic capital markets, Macroprudential Regulation, and Other topics related to this area. The manuscript must be original research, written in English or Indonesian, and not be simultaneously submitted to another journal or conference.
Articles 63 Documents
Konsep Pertukaran Mata Uang Dalam Islam Nazieh, Muhammad Nazieh Ibadillah
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (939.2 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i1.1

Abstract

Seiring meningkatnya interaksi, komunikasi dan kerja sama antar negara baik bilateral maupun multilateral dalam memenuhi kebutuhan hidupnya mendorong negara-negara untuk melakukan kegiatan ekonomi, misal dalam perdagangan. Hal ini didasari bahwa tidak ada suatu negara yang benar-benar hidup sendiri tanpa bantuan dari negara lain. Kegiatan ekonomi menuntut untuk adanya alat bantu sebagai alat tukar dan pengukur nilai yang dapat diterima oleh semua individu atau kelompok, yaitu uang. Uang merupakan suatu kebutuhan dan menjadi salah satu penentu stabilitas dan kemajuan perekonomian suatu negara, sehingga pertukaran mata uang sering dilakukan. Pertukaran mata uang yang baik harus dilakukan sesuai dengan kurs (nilai tukar) yang ada agar tidak terjadi kerugian bagi masyarakat dan pengambilan keuntungan (riba) oleh para penyelenggara kegiatan penukaran mata uang (money changer). Berdasarkan hal tersebut penulis mengambil penelitian dengan judul pertukaran mata uang dalam perspektif hukum Islam. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertukaran mata uang dalam perspektif hukum Islam dan peran pemerintah dalam pengawasan terhadap pertukaran mata uang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pertukaran mata uang itu diperbolehkan dalam hukum Islam sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional NO.28/DSN-MUI/III/2002 tentang Jual Beli Mata Uang (Al-Sharf). Pengawasan mengenai pertukaran mata uang dilakukan pemerintah melalui kerjasama antara Dewan Syari’ah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dengan Bank Indonesia yang dilakukan baik secara langsung yaitu dengan mendatangi langsung money changer (penyelenggara kegiatan penukaran valuta asing bukan bank) dan tidak langsung yaitu dengan cara pelaporan dari pihak money changer ke Bank Indonesia dari tingkat pusat sampai daerah kota/kabupaten. Bentuk pengawasannya berupa pengawasan pada kegiatan usaha dan kurs jual beli valuta asingnya.
Konsep Pembangunan Manusia Berdasarkan Maqashid Syariah Irwan, Irwan Habibi Hasibuan
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.784 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i1.2

Abstract

Indikator yang digunakan dalam mengukur Indeks Pembangunan Manusia yang dilakukan oleh (United Nation Development Programe) UNDP yaitu harapan hidup, pendidikan, dan standar hidup. Ini dilakukan untuk menentukan negara maju, berkembang, dan terbelakang di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat persefektif Islam dalam pembanngunan manusia, yaitu sesuai dengan adh-dhoruriyyat alkhamsah dalam maqashid syariah. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kesehatan bagian dari pemeliharaan jiwa, pendidikan bagian dari pemeliharaan akal, dan pendapatan bagian dari pemeliharaan harta. Setelah melakukan pembandingan antara kedua konsep pembangunan diatas, ternyata ada dua hal yang terlewatkan dalam konsep pembangunan yang dibuat oleh UNDP. Pertama agama, dan kedua adalah moralitas. Kedua hal ini justru merupakan hal terpenting bagi kehidupan manusia. Belajar dari umat terdahulu, justru akibat hancurnya agama dan moral bangsa-bangsa terdahulu mengakibatkan Allah binasakan mereka.
Analisis Penyaluran Pembiayaan Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu di Jababeka Cikarang Nurajizah, Nurajizah
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (900.262 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang analisis kualitatif Penyaluran Pembiayaan Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu di Jababeka Cikarang dengan fokus masalah yaitu bagaimana mekanisme penyaluran pembiayaan dan perolehan yang dicapai serta kendala yang dihadapi oleh Bank BNI Syariah kantor cabang pembantu di Jababeka Cikarang (Januari 2016 – Desember 2016). Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data tentang bagaimana mekanisme penyaluran pembiayaan, bagaimana perolehan yang mereka capai serta kendala yang terkait didalamnya. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan mekanisme pembiayaan yang mereka lakukan sudah sesuai dengan prosedur yang ada yaitu berdasarkan peraturan dan ketentuan yang sudah di tetapkan oleh Bank. Namun pada akad pembiayaan modal kerja dan investasi mereka menggunakan akad murabahah, tentu hal ini tidak sesuai dengan prinsip syariah yang menggunakan akad mudharabah dan dalam mekanisme penyaluran pembiayaannya mereka juga menetapkan agunan yaitu sebesar 125% dari pembiayaan yang mereka berikan kepada nasabah dan perolehan pembiayaan yang dicapai Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu di Jababeka Cikarang pada Januari 2016 - Desember 2016 ternyata jauh dari target yang sudah di tetapkan oleh Kantor Cabang Bank BNI Syariah Bekasi. Hal ini dikarenakan adanya perubahan sistem dari Kantor Cabang , banyaknya nasabah yang tidak bisa memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh bank, serta tenaga kerja yang masih kurang.
Pengaruh Psychological Capital Terhadap Engagement Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Bekasi Anis, Anis Nurul Khoirunnisa
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.272 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari psychological capital terhadap engagement pada perawat di ruang rawat inap RSUD Kota Bekasi. Populasi penelitian ini adala perawat di ruang rawat inap RSUD Kota Bekasi yang berjumlah 281 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sample dengan jumlah sampel sebanyak 171 perawat. MEtode yang digunakan adalah dengan memberikan instrument kuisioner kepada responden. Metode penelitian menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS 19.0. Berdasarkan uji rentang skala kriteria terhadap jawaban responden mengenai psychological capital, secara umum responden setuju dengan pernyataan yang diajukan mengenai psychological capital. Hasil uji t variable variable psychological capital berpengaruh signifikan terhadap engagement, karena t-hitung = 6.667, lebih besar dari t-tabel pada signifikansi α = 0.05 (t-tabel = 1.974). Berdasarkan hasil analisis dan temuan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan variable psychological capital mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap engagement pada perawat di ruang rawat inap RSUD Kota Bekasi.
Analisis Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Honda di Kecamatan Bekasi Utara Bachtiar, Bachtiar Arif
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1056.178 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor Honda di kecamatan Bekasi Utara dengan jumlah sampel 346 responden dari masyarakat di kecamatan Bekasi Utara yang punya sepeda motor Honda. Hasil uji t variabel bebas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor Honda hal ini bisa dilihat dari nilai t-hitung (7,160) yang lebih besar dari t-tabel pada signifikansi α = 0,05 (t-tabel = 1,980), variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor Honda karena t-hitung (2,597) lebih besar dari t-tabel. Sedangkan dari hasil uji F keempat variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor Honda. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa variabel produk dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor Honda baik secara sendiri sendiri maupun secara simultan. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan konsumen dipengaruhi oleh variabel produk dan promosi.
Peran Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan Wirausahawan Yang Berkarakter Agung, Agung Hermawan
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.564 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i2.6

Abstract

Kewirausahaan memiliki peran penting dalam kegiatan produktif yang mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Wirausahawan menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya dan juga orang lain, mengurangi pengangguran dan turut memutar roda ekonomi masyarakat. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong terwujudnya banyak wirausahawan Indonesia. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tugas tridharmanya merupakan lembaga yang sangat strategis dalam turut melahirkan para wirausahawan tersebut. Tulisan ini sebagai bahan kajian mengenai peran yang dapat dilakukan oleh Perguruan Tinggi Islam sebagai salah satu lembaga pendidikan yang turut berkomitmen untuk mencetak lulusannya menjadi wirausahawan yang berkarakter.
Dampak Kehadiran Transportasi Berbasis Aplikasi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Moda Transportasi Dalam Masyarakat Finda, Finda Findiana
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.089 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i2.7

Abstract

Kemajuan teknologi telah membawa manusia memasuki revolusi industri keempat dimana terdapat fenomena sharing economy yang bisa memungkinan manusia untuk mendapatkan kemudahan pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Salah satunya dengan adanya transportasi berbasis aplikasi atau transportasi yang menggunakan e-commerce dalam pelaksanaan penawaran jasanya pada masyarakat. Dampak dari transportasi ini disebut-sebut sebagai sarana yang menawarkan alternatif pilihan transportasi yang lebih baik karena memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Untuk menyikapi kehadiran transportasi berbasis aplikasi ini perlu kiranya adanya penataan yang lebih baik khususnya dalam hal peraturan pemerintah yang harus bisa mengakomodir kepentingan banyak pihak yang terlibat dalam pelayanan jasa maupun pihak lain yang terkena dampak positif maupun negatif dengan kehadiran transportasi berbasis aplikasi atau transportasi yang menggunakan e-commerce ini.
Pengaruh Fashion Hijab Terhadap Perilaku Konsumtif Diperumahan Mega Regency Blok H Rt 01-05 Rw 09 Desa Sukasari, Serang Baru Bekasi Novia, Novia Rahma
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (919.036 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i2.8

Abstract

Hijab bukanlah sebuah trend fashion yang modenya disesuaikan dengan zaman dan keinginan, yang harus dibuat rumit sehingga menyusahkan untuk memakainya. Hijab juga bukanlah perhiasan, dan bukan pula dipakai untuk mengejar perhatian popularitas. Dengan demikian, peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena penggunaan jilbab dikalangan remaja dan ibu-ibu telah mengalami perkembangan. Hijab berkembang menjadi komoditas yang dapat memuaskan konsumerisme dan menjadi perhatian penting bagi kebanyakan wanita. Karena itu, Sebagian wanita berhijab disini menggunakan hijab dengan gaya yang berubah-ubah. Apabila ada gaya terbaru dari hijab, sebagian dari wanita disana akan mengikuti dan menggunakannya ke kantor atau ketempat mereka bekerja. Berhijab mengikuti fashion tidaklah salah namun apabila dalam mengikutinya dilakukan secara berlebihan (dalam pembelian) maka hal itu tidaklah dianjurkan didalam islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh fashion hijab terhadap perilaku konsumtif di Perumahan Mega Regency di Blok H khususnya RT 01-05 RW 09, Untuk mengetahui alasan wanita disana dalam memilih dan mengikuti Trend Fashion dalam berhijab. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan observasi dan kuesioner. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan pendekatan Kuantitatif Deskriptif dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian teknik korelasi pearson product moment (r) menunjukkan bahwa korelasi antara Fashion Hijab dengan Perilaku Konsumtif sebesar 0,452. Berdasarkan interprestasi koefisien korelasi nilai r, maka 0,452 termasuk tingkat hubungan “cukup kuat”. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang cukup kuat antara fashion hijab dengan perilaku konsumtif. Selain itu, signifikansi antara variabel fashion hijab (X) dan variabel perilaku konsumtif (Y) adalah sebesar 0,000. Berdasarkan kaidah keputusan dari hipotesis, nilai probabilitas 0,05 lebih besar ata sama dengan nilai probabilitas Sig. Atau (0,050,000), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan.
Pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah di Indonesia (Studi Kasus Masyarakat Desa Kertamukti Kec. Cibitung Kab. Bekasi) Sherly, Sherly Handayani
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.043 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih bank syariah di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan menyebarkan angket. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode insidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden masyarakat yang menabung di bank syariah. Metode analisis datanya menggunakan uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif. Sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 22 for windows. Hasil dari penelitian uji t adalah faktor emosional berpengaruh secara positif terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah dan faktor rasional berpengaruh secara positif terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah, dan hasil dari penelitian uji f menunjukan bahwa faktor emosional dan faktor rasional secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah.
Pengaruh Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Karyawan 212 Mart Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen 212 Mart Mutiara, Cibarusah – Bekasi) Ratih, Ratih Hartati
Jurnal Al-fatih Global Mulia Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Al-Fatih Global Mulia
Publisher : STEBI Global Mulia Cikarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1021.156 KB) | DOI: 10.59729/alfatih.v1i2.10

Abstract

Pengembangan koperasi 212 Mart ini masih banyak yang belum berjalan dengan baik. Dengan demikian, peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena masih banyaknya masalah dalam pengembangan koperasi ini yang belum ter realisasi oleh anggota koperasi 212 Mart. Pengelola 212 Mart masih belum menjalankan program kerja dan selain itu masih banyak fasilitas – fasilitas di koperasi ini yang masih minim seperti kurang nya AC (Air Conditioner), Toilet yang belum di renovasi, Produk yang tidak ada, area parker yang sempit, kulkas untuk minuman hanya beberapa. Ditambah masyarakat yang belum paham dan mengetahui koperasi 212 Mart. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen pada 212 Mart di Mutiara Cibarusah, Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan karyawan 212 Mart terhadap loyalitas konsumen di Mutiara Cibarusah, Mengetahui pengaruh kepuasan dan kualitas pelayanan 212 Mart secara bersama sama terhadap loyalitas konsumen di Mutiara Cibarusah Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan pendekatan Kuantitatif Deskriptif dengan mengkaji sistem pengembangan koperasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka ditarik kesimpulan pada pengujian pengaruh kepuasan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen 212 Mart di Mutiara Cibarusah sebagai berikut:Berdasarkan hasil analisis regresi pada Uji T (Parsial) pada varibel kepuasan diperoleh nilai Thitung lebih besar daripada T tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak dan Ha1 diterima yang artinya, bahwa kepuasan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas konsumen 212 Mart di Mutiara Cibarusah.Berdasarkan hasil analisis regresi pada Uji T (Parsial) pada variabel kualitas pelayanan diperoleh T hitung lebih besar daripada T tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H02 ditolak dan Ha2 diterima yang artinya, bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas konsumen 212 Mart di Mutiara Cibarusah.Berdasarkan hasil analisis regresi pada Uji F (Simultan) diperoleh nilai Fhitung lebih besar daripada F tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H03 ditolak dan Ha3 diterima, yang artinya kepuasan dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen 212 Mart di Mutiara Cibarusah.