cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi" : 7 Documents clear
KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI PERBEDAAN LOKASI SEKOLAH Ana Fitri Apriliyani; Bambang Subali; Siti Mariyam
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i1.4480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat Kemampuan Berpikir Divergen dalam Keterampilan Proses Sains (KBDKPS) peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi, (2) peta tingkat KBDKPS ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah, dan (3) pengaruh jenjang kelas dan faktor gender terhadap tingkat KBDKPS peserta didik ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman. Sampel penelitian adalah 1.304 peserta didik dari 16 SMAN di Kabupaten Sleman yang diambil dengan teknik accidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa perangkat soal tes KBDKPS dengan pertanyaan terbuka (politomous). Teknik pengumpulan data berupa tes KBDKPS dan wawancara tidak terstruktur. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) KBDKPS peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi tergolong rendah, (2) peta tingkat KBDKPS peserta didik SMAN yang berlokasi di kawasan kota yaitu sedang (20,88), kawasan suburban tergolong rendah (17,96), dan wilayah desa tergolong rendah (17,32), and (3) faktor jenjang kelas dan perbedaan gender tidak mempengaruhi tingkat KBDKPS peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman yang ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah. Kata kunci: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains, perbedaan lokasi sekolah.
TINGKAT KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI Fitria Eka Cahya Astuti; Paidi .; Sukarni Hidayati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i1.4481

Abstract

     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan problem solving dan ada tidaknya perbedaan kemampuan problem solving berdasarkan gender dan jenjang kelas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI MIPA di SMA N 2 Ngaglik, SMA N 1 Kalasan, dan SMA N 1 Godean sedangkan sampel yaitu 183 siswa (6 kelas yaitu 3 kelas X dan 3 kelas XI MIPA) dari SMA N 2 Ngaglik, SMA N 1 Kalasan, dan SMA N 1 Godean yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal uraian berbasis problem solving. Data tingkat kemampuan problem solving pada siswa dianalisis secara statistika deskriptif dengan melihat skor persentase pencapaian tingkat kategori nilai sedangkan data perbedaan kemampuan problem solving pada siswa berdasarkan gender dan jenjang kelas dianalisis secara statistika inferensial dengan uji t sampel independen. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Tingkat kemampuan problem solving pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Sleman berada pada kategori nilai sangat tinggi sebanyak 2,78 %, tinggi sebanyak 79,44 %, dan rendah sebanyak 17,78 %, (2) Terdapat perbedaan kemampuan problem solving pada siswa berdasarkan gender siswa. Siswa perempuan memiliki kemampuan problem solving lebih tinggi dari siswa laki-laki (3) Terdapat perbedaan kemampuan problem solving pada siswa berdasarkan jenjang kelas siswa. Siswa kelas XI memiliki kemampuan problem solving lebih tinggi dari siswa kelas X. Kata kunci :  Gender, Jenjang Kelas, Problem Solving. 
ANALISIS KESINAMBUNGAN KONSEP BIOTEKNOLOGI DALAM BUKU PELAJARAN SAINS/BIOLOGI Tri Endah Nursanti; Siti Umniyatie; Evy Yulianti
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i1.4475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesinambungan konsep-konsep Bioteknologi dalam buku pelajaran Sains/Biologi yang ditulis berdasarkan KTSP dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis isi. Pemilihan buku menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini berupa konsep-konsep bioteknologi dalam buku pelajaran Sains/Biologi. Konsep dianalisis oleh 3 orang panelis dengan cara membaca dan mencermati alinea dalam bacaan (teks), gambar, dan tabel yang memuat konsep bioteknologi. Hasil analisis kemudian dimasukkan ke dalam tabel pengamatan. Melakukan diskusi antar panelis untuk mengidentifikasi ulang konsep yang ditemukan. Data hasil identifikasi diolah ke dalam tabel kesinambungan konsep. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi bioteknologi yang ditemukan pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Gondokusuman menunjukkan adanya kesinambungan konsep. Hal ini ditandai dengan ditemukannya penambahan konsep (konsep baru, perluasan, dan pendalaman konsep), serta penggunaan istilah pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kata kunci: kesinambungan konsep, bioteknologi, jenjang pendidikan, KTSP 
KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN JENJANG KELAS Febrina Suci Wulandari; Bambang Subali; Slamet Suyanto
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i1.4482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan proses sains (KBDKPS) aspek kehidupan siswa SD di Kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan jenjang kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD di Kota Yogyakarta. Sampel sebanyak 1.658 siswa kelas IV, V, dan VI dari 12 sekolah dasar yang tersebar di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Yogyakarta Utara dan UPTD Yogyakarta Timur ditentukan dengan purposive sampling. Variabel penelitian ini yaitu kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains aspek kehidupan siswa SD, jenjang kelas, dan kefavoritan sekolah. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes Kreativitas Keterampilan Proses Sains Aspek Kehidupan (KKPSAK) dan instrumen penilaian RPP. Hasil analisis menggunakan statistika deskriptif menunjukkan rata-rata skor KBDKPS testi kelas IV sebesar 12,64 (kategori rendah), kelas V sebesar 16,93 (kategori sedang), dan kelas VI 18,72 (kategori sedang). Semakin tinggi jenjang kelas skor KBDKPS siswa dan penilaian RPP guru berbasis KBDKPS juga semakin tinggi. Kata kunci: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains, jenjang kelas
KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA IPA SISWA SD DI KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN JENJANG KELAS Wilda Khafida; Bambang Subali; Sukarni Hidayati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i1.4476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas keterampilan proses sains aspek biologi (KKPSAB) pada mata pelajaran IPA siswa SD di Kota Yogyakarta berdasarkan jenjang kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini terintegrasi dalam penelitian Bambang, dkk (2015) mengenai kreativitas keterampilan proses sains siswa SD di DIY. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling diperoleh 1658 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV, V, dan VI. Skor KKPSAB diperoleh dari tes yang telah divalidasi dan dibakukan oleh Bambang (2015). Data penunjang diperoleh menggunakan angket dan wawancara. Hasil analisis menggunakan statistika deskriptif menunjukkan bahwa KKPSAB siswa kelas IV tergolong rendah, sedangkan KKPSAB siswa kelas V dab VI tergolong sedang. Terdapat perbedaan KKPSAB siswa kelas IV, V, dan VI, dimana jenjang kelas yang lebih tinggi memperoleh skor KKPSAB lebih tinggi. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan adanya keterkaitan aspek gender dan kefavoritan sekolah dengan KKPSAB siswa berdasarkan jenjang kelas. Kata kunci : Jenjang Kelas, Keterampilan Proses Sains, Kreativitas
IDENTIFIKASI KETERLAKSANAAN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA MENURUT KURIKULUM 2013 Susan Pramitasari; Paidi .; Yuliati .
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i1.4483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan aspek, teknik, instrumen, dan prosedur penilaian dalam proses penilaian kompetensi pengetahuan; (2) kesesuaian antara aspek, teknik, dan instrumen penilaian kompetensi pengetahuan; (3) faktor yang menjadi kendala guru mata pelajaran biologi dalam melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-evaluatif. Sasaran penelitian adalah guru biologi SMA N 1 Godean, SMA N 1 Pakem, SMA N 1 Prambanan Sleman. Instrumen penelitian berupa kuesioner, pedoman dokumentasi dan lembar telaah soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan aspek, teknik, instrumen, dan prosedur penilaian masuk dalam kategori jarang dilaksanakan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013; (2) konsistensi penentuan aspek, teknik, dan instrumen penilaian tes tertulis yang digunakan guru biologi di SMA di Kabupaten Sleman cenderung telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013; (3) kendala guru biologi dalam melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013  adalah masalah waktu yang sangat terbatas. Kata kunci: Kurikulum 2013, Penilaian Kompetensi Pengetahuan
KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA SD BERDASARKAN KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR Ikhsanudin .; Bambang Subali; Sukarni Hidayati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i1.4477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains (KBDKPS) aspek biologi siswa kelas VI SD ditinjau dari kegiatan bimbingan belajar serta kaitannya dengan aspek gender dan pekerjaan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian sejumlah 603 siswa kelas VI dari 18 sekolah di Kabupaten Bantul yang ditentukan secara purposive sampling. KBDKPS siswa ditunjukkan oleh skor tes tipe terbuka. Instrumen tes telah dibakukan oleh Bambang (2015). Data kegiatan bimbingan belajar, gender, dan pekerjaan orang tua siswa diperoleh menggunakan angket. Analisis data menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif. Hasil analisis menunjukkan rerata skor KBDKPS testi tergolong rendah (17,58 dari total skor 40). KBDKPS testi bimbingan belajar lebih tinggi dari testi tidak bimbingan (17,9316,20). Pengaruh bimbingan belajar terhadap KBDKPS siswa lebih nyata pada siswa laki-laki (17,1914,98), daripada siswa perempuan (18,6018,74), dan pada siswa anak guru/dosen (20,7816,67) daripada siswa bukan anak guru/dosen (17,5216,18).Kata kunci: berpikir divergen, bimbingan belajar, keterampilan proses sains aspek biologi, siswa kelas VI SD. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue