cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi" : 5 Documents clear
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISTEM SARAF MANUSIA DALAM BUKU TEKS BIOLOGI SMA DI KOTA YOGYAKARTA Ahmad Naharuddin Ramadhan; Tutiek Rahayu; Paidi .
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i6.4611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi, macam miskonsepsi, tingkat miskonsepsi, serta persentase dari setiap kategori miskonsepsi pada sistem saraf manusia dalam buku teks biologi SMA di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi dengan objek berupa tiga buku biologi SMA berlabel Kurikulum 2013 yang dipergunakan oleh siswa SMA di Kota Yogyakarta dan diperoleh melalui hasil survei. Unit analisis pada penelitian ini berupa konsep-konsep teks maupun gambar yang memuat materi sistem saraf manusia. Identifikasi miskonsepsi berdasarkan kategori undergeneralizations, obsolete concepts and terms, oversimplifications, overgeneralizations, dan misidentifications yang dilakukan oleh tiga panelis yang memenuhi kriteria. Data yang diperoleh diuji reliabilitas antar-panelisnya dan dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada ketiga buku teks biologi (A, B, dan C). Terdapat 4 macam miskonsepsi dalam buku teks A dan B, sedangkan pada buku C terdapat 5 macam miskonsepsi. Tingkat miskonsepsi ketiga buku teks tergolong rendah (≤ 30%). Persentase setiap kategori miskonsepsi teks secara berturut-turut yaitu undergeneralizations (0,78%), obsolete concepts and terms (0,26%), oversimplifications (3,36%), overgeneralizations (1,55%), dan misidentifications (7,24%). Persentase setiap kategori miskonsepsi gambar secara berturut-turut yaitu oversimplifications (17,78%) dan misidentifications (11,11%). Kata kunci: buku teks biologi SMA, miskonsepsi, saraf 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI MEKANISME KERJA SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3 YOGYAKARTA Rizza Untsa Nuzulia; Slamet Suyanto; Heru Nurcahyo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i6.4615

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik, (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan minat belajar siswa, dan (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RD). Prosedur pengembangan media pembelajaran terdiri dari 3 tahap yaitu analysis, design, dan development. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas kelayakan media pembelajaran, angket tanggapan siswa, angket minat belajar siswa, pedoman wawancara, dan soal tes pemahaman konsep. Analisis data kualitas dan kelayakan media pembelajaran didasarkan atas kategori frekuensi penilaian terbanyak dari ahli materi, ahli media, guru, dan tanggapan siswa. Analisis data keefektifan meningkatkan minat belajar siswa didasarkan pada persentase dan kategori minat belajar. Analisis data keefektifan meningkatkan hasil belajar siswa didasarkan pada kategori gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dikatakan baik menurut ahli dan guru biologi, serta baik menurut tanggapan siswa, (2) media pembelajaran efektif meningkatkan minat belajar siswa dari kategori sedang menjadi sangat tinggi, (3) media pembelajaran efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori sedang dengan gain score 0,68. Simpulan menunjukkan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi mekanisme kerja sistem saraf layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.Kata Kunci: media pembelajaran, minat belajar, hasil belajar, RD.
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X SMA NEGERI 1 GOMBONG Diah Tirta Puri; Slamet Suyanto; Tien Aminatun
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i6.4583

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik, dan (2) pengaruh model problem-based learning terhadap pengetahuan konseptual peserta didik dalam pembelajaran perubahan lingkungan dan daur ulang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dirancang berlangsung dalam 2 siklus pada materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk mencapai kriteria keberhasilan. Populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 1 Gombong yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil satu kelas berdasarkan teknik random sampling, yaitu kelas X-2 dengan jumlah 32 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model problem-based learning, dan soal pretest serta posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan konseptual pada peserta didik. Data  hasil penelitian mengenai kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan konseptual pada peserta didik dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase yang disajikan dalam bentuk tabel serta grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan model problem-based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik (2) pembelajaran dengan menggunakan model problem-based learning dapat meningkatkan pengetahuan konseptual pada peserta didik. Kemampuan berpikir kritis yang baik akan menunjang pengetahuan konseptual peserta didik. Dengan demikian, model problem-based learning dapat digunakan sebagai model pembelajaran pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah di jenjang SMA. Kata kunci: problem-based learning, kemampuan berpikir kritis, pengetahuan konseptual 
PENYUSUNAN KAMUS ANIMALIA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA/MA Meita Wulan Sari; Paidi .; Sukiya .
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i6.4617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun, mengetahui kelayakan, serta efektivitas kamus Animalia berbasis android sebagai media belajar peserta didik kelas X SMA/MA semester II menurut pendapat ahli materi, ahli media, pendidik, teman sejawat, dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Proses penyusunan media dilakukan dengan memodifikasi model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini meliputi dosen ahli materi, dosen ahli media, guru Biologi SMA, teman sejawat, dan peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA N 1 Prambanan. Instrumen yang digunakan meliputi angket penilaian kualitas media yang diisi oleh ahli materi, ahli media, guru Biologi, teman sejawat, angket tanggapan peserta didik terhadap kualitas media, serta lembar jawab. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Media kamus Animalia berbasis android secara umum memiliki kualitas yang baik ditinjau dari aspek isi/materi, kebahasaan, dan tampilan. Kualitas media kamus Animalia berbasis android mendapat tanggapan baik dari peserta didik. Berdasarkan nilai pretest dan posttest pada kelas uji, diperoleh nilai gain ternormalisasi sebesar 0,52 dan kelas kontrol sebesar 0,39. Jika dibandingkan nilai gain kelas uji dengan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan media kamus Animalia berbasis android di kelas uji lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media kamus Animalia berbasis android. Kata kunci : media, kamus Biologi, Animalia, android, kualitas, efektivitas
PENYUSUNAN LKS PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON Muhammad Reza Pahlevi; IGP Suryadarma; Suahrtini .
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i6.4586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah LKS pembelajaran pada materi Ekosistem layak digunakan pada siswa SMA kelas X dan mengetahui apakah LKS pembelajaran materi Ekosistem pada siswa SMA Kelas X dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RD). Proses Penyusunan LKS ini menggunakan prosedur pengembangan bahan ajar dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE model) dengan uji coba terbatas. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, dan guru biologi serta 10 siswa SMA Negeri 1 Sewon (uji coba kelompok kecil) dan 35 siswa SMA Negeri 1 Sewon (uji coba kelompok besar), pre-test dan post-test, dan uji Paired Sample T-Test dengan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS Ekosistem Mangrove adalah layak untuk diproduksi dan digunakan, hal ini dapat dilihat dari ahli materi dengan rerata skor adalah 3,5 yang menunjukkan kriteria “sangat baik”. Validasi oleh ahli media mendapatkan rerata skor 3,6 yang menunjukkan kriteria “sangat baik”. Validasi oleh guru biologi mendapatkan rerata skor 3,9 yang menunjukkan kriteria “sangat baik” pula. LKS Ekosistem Mangrove yang dikembangkan setelah dianalisis data menggunakan Paired Sample T-Test adalah terdapat perbedaan secara nyata (signifikan) antara pre-test dan post-test dengan nilai probabilitas (sig.) 0,000 α 0,05, dengan demikian maka LKS dapat diterapkan di sekolah. Perbedaan antara sebelum menggunakan LKS dan sesudah menggunakan LKS juga terlihat dari hasil belajar siswa yang meningkat dengan memanfaatkan LKS Ekosistem Mangrove. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman siswa tentang ekosistem mangrove, antusiasme siswa saat pembelajaran menggunakan LKS, dan juga banyaknya siswa yang aktif bertanya saat pembelajaran menggunakan LKS. Kata kunci: Ekosistem Mangrove, hasil belajar, LKS.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue