cover
Contact Name
Hidayat
Contact Email
jp2mipa@gmail.com
Phone
+6281281189363
Journal Mail Official
jp2mipa@gmail.com
Editorial Address
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH Kampus Abdul Rahman Syihab Jl. Gari II No 52, Medan 20417
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
ISSN : 25029606     EISSN : 25029614     DOI : https://doi.org/10.32696/jp2mipa
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi. JP2MIPA diterbitkan pada bulan Juli dan Januari.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA" : 7 Documents clear
PENGARUH MUSIK MOZART SEBAGAI PENGIRING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMAN 11 MEDAN T.P 2018/2019 Dewi Nur hasanah; Hidayat
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i1.529

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan belajar matematika siswa kelas XI di SMAN 11 Medan T.P 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 11 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang setiap kelas berjumlah 35 orang siswa. Instrument yang digunakan angket untuk motivasi siswa dan soal tes uraian 5 soal untuk hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t untuk motivasi belajar matematika siswa dimana diperoleh sebesar dan sebesar ini berarti dan untuk hasil belajar matematika siswa dimana diperoleh sebesar dan sebesar ini juga berarti, maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMAN 11 Medan T.P 2018/2019.
MENINGKATKAN SELF – REGULATED LEARNING DENGAN COMPUTER AIDED INSTRUCTION (CAI) PADA MATERI SOLUSI FUNGSI LINEAR Ginda Maruli Andi S; Lia Afrianti Nst
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i1.530

Abstract

Mahasiswa cenderung menyelesaikan permasalahan berdasarkan metode yang sudah mereka kenal, dan mudah untuk diterapkan. Solusi ini hanya efektif padapermasalahan sederhana, mahasiswa tidak mampu mengerjakan masalah yang lebih kompleks dengan menggunakan metode Numerik. Pembelajaran akan efektif dengan kemandirian dan kemampuan self regulated learning (SRL). Menerapkan pembelajaran dengan komputer melalui model CAI (Computer Aided instruction) untuk meningkatkan self regulation learning siswa. Objek penelitian ini adalah mahasiswa calon pendidik atau guru matematika sehingga diharapkan penelitian ini mampu memberikan peningkatan self regulation pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan memilih dua kelompok kelas yaitu kelompok eksperimen, yang diberi perlakuan yaitu model pembelajaran CAI, dan kelas kontrol, dengan menerapkan pembelajaran konvensional atau direct indtruction. Objek diberikan angket SRL di awal dan akhir pembelajaran untuk melihat kebiasaan belajar mandiri dan prilaku pengaturan pembelajaran sendiri mahasiswa. Dengan uji t, diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CAI terhadap peningkatan SRL mahasiswa. Selain itu, dibandingkan terhadap hasil belajar siswa pada evaluasi ak
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 29 MEDAN Hizmi Wardani
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i1.531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan matematikarealistik lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, dan 2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika(KAM) siswa dengan pembelajaran (pendekatan matematika realistik dan pembelajaran biasa) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematiksiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 29 Medan. Teknik pengambilan sampelmenggunakan random sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Instrumen yang digunakan yaitu pre test dan posttest kemampuan pemahaman matematika. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial yaitu ANAVA dua jalur.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 artinya kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakanpendekatan matematika realistik lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa. Sedangkan, hasil perhitungan anava dua jalur yaitu 0,857 > 0,05 artinya tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan pembelajaran (pendekatan matematika realistik,pembelajaran biasa) terhadap kemampuan pemahaman matematik.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT – COUNTER - POINT Lia Afriyanti Nasution; Rofiqoh Hasan Harahap
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i1.532

Abstract

Fisika merupakan salah satu bidang ilmu yang penting bagi peserta didik dan dipelajari mulai dari jenjang SMP hingga SMA. Siswa mempelajari fisika dalamrangka mengembangkan keterampilan memecahkan permasalahan yang terkait dengan fenomena alam dalam kehidupan. Pembelajaran fisika tidak hanya sebatas pada mempelajari fakta-fakta dan teori, namun pembelajaran fisika juga memerlukan kegiatan penyelidikan untuk menemukan fakta-fakta baru, baikmelalui observasi maupun eksperimen, sebagai bagian dari kerja ilmiah yang melibatkan keterampilan proses yang dilandasi sikap ilmiah. Model pembelajarankelompok adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok – kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telahdirumuskan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat bahwa yang meningkatkan Hasil belajar siswa bukan hanya dari pemilihan model sajamelainkan dari bagaimana cara kita menentukan strategi pembelajaran yang dipilih harus berkaitan erat terhadap model yang digunakan oleh guru. Tujuanpenelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dengan mengkolaborasikan Strategi dengan Model Pembelajaran. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode Kuantitatif. Penelitian kuantitatif lebih menekankan pada fenomena – fenomena objektif dan maksimalisasi objektivitas, desainpenelitian pada metode ini dilakukan dengan menggunakan angka – angka, pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. Hasil penelitian yangtelah diuraikan pada bab sebelumnya tentang pengaruh strategi pembelajaran point counter point terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fisika siswa kelas IX IPA SMA Al Washliyah – 3 Medan menunjukkan bahwa bahawa terdapat pengaruh strategi pembelajaran.
PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA TERHADAP MATAKULIAH ILMU KEALAMAN DASAR Sutri Novika; Rini Hayati
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i1.533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling terhadap mata kuliah Ilmu Kealaman Dasar, dankeefektifan penggunaan bahan ajar yang dibuat secara umum untuk semua program studi. Sampel populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Bimbingandan Konseling di UMN-AW. Perolehan data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala likert. Hasil analisis diperoleh bahwa persepsimahasiswa berada dalam kategori good sebanyak 54,9%. Sedangkan dalam ketegori rendah sebanyak 6,5%, bahan ajar umum cukup efektif digunakan dalamperkuliahan bimbingan dan konseling.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SD BERNUANSA RUMAH ADAT MELAYU Sukmawarti; Aprileni Julina Pulungan
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i1.534

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis rumah adat melayu pada materi geometri dan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar matematika dengan berbasis rumah adat melayu pada materi geometri untuk siswa kelas IV SD Negeri 064961.Masalah dalam penelitian ini antara lain adalah siswa masih mengalami kesulitan baik konsep atau perhitungannya dalam pembelajaran matematika, belum ada bahan ajar matematika yang menarik dan interaktif untuk mendapatkan respon positif siswa, hasil belajar siswa rendah pada materi matriks, dan buku paket dan LKS hanya menyajikan materi yang berisi teks dengan tampilan yang kurang menarik.Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah modelpengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).Hasil penelitian menunjukkan Pengembangan bahan ajar pada materigeometri untuk siswa kelas IV SD dilakukan dengan mengadopsi prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Prosedur pengembangan ini disesuaikan dengan pedoman pengembangan bahan ajar sehingga pada setiap tahapan terdiri atas beberapa proses. Proses pada tahap analisis meliputi: a) analisis kebutuhan siswa dan b) analisis kurikulum. Proses pada tahap desain meliputi: a) penyusunan peta kebutuhan bahan ajar; b) penetapan strukturbahan ajar; c) pembuatan instrumen penelitian; dan d) validasi instrumen penelitian. Kualitas bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan konsistensi, format, daya tarik, organisasi, spasi kosong, dan isi materi menunjukkan kriteria baik
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF Machrani Adi Putri Siregar; Hizmi Wardani
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i1.535

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif. Hal inididorong oleh hasil pengamatan awal bahwa hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Ekonomi sangatlah rendah. Yang menjadi populasi padapenelitian ini adalah mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Ajaran 2019/2020. Dari populasi tersebut, yang terpilihsebagai sampel adalah 42 orang mahasiswa dari kelas A yang akan menerima pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif.Seluruh sampel diberikan sepaket tes hasil belajar yang berisi 5 (lima) soal uraian yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Dari tes hasil belajar yangdiberikan sebelum pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif dilakukan, diperoleh rata-rata nilai mahasiswa sebesar 25,2. Sedangkanrata-rata nilai mahasiswa setelah pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif adalah 85,0. Terlihat jelas bahwa terjadi peningkatanrata-rata nilai hasil belajar mahasiswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliahMatematika Ekonomi melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 7