cover
Contact Name
-
Contact Email
agriekovet@gmail.com
Phone
+6285713434352
Journal Mail Official
agriekovet@gmail.com
Editorial Address
https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jase/editorialteam
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal Of Agribusiness, Social and Economic
ISSN : 30260841     EISSN : 28085817     DOI : -
JASE is a national and multi-disciplinary journal in Sustainable Agricultural research, managed by the Universitas Veteran Bangun Nusantara. JASE has two issues in a year and it will be published in May and October. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using double-blind review method. JASE publishes original articles, review articles, case studies and short communications on the fundamentals, applications and management of Sustainable Agriculture areas in collaboration with Agribusiness Association of Indonesia (AAI), Indonesian Agricultural Higher Education Communication Forum (FKPTPI) and Indonesian Society of Agricultural Economics (PERHEPI/ISAE).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022)" : 5 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA PERAN PUBLIC RELATIONS DENGAN EKSISTENSI PERUSAHAAN WISATA ALAM PADA PT PALAWI RISORSIS UNIT KERJA BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS S.P, Saryo; Wahyu
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian publik internal dan eksternal perusahaan terhadap peran public relations perusahaan. Mengetahui tingkat eksistensi perusahaan saat ini. Menganalisis hubungan antara peran public relations dengan eksistensi perusahaan PT Palawi Risorsis unit kerja Baturraden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah pusposive random sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh mengunakan metode observasi, wawancara dan pencatatan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan meggunakan uji korelasi rank spearman dan uji lebar interval kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran public relations kepada publik internal PT Palawi Risorsis unit kerja Baturraden sebagai penciptaan moral kerja bagi karyawan dan  pengadaan media internal masuk dalam kategori tinggi sementara peran sebagai supporting kegiatan-kegiatan karyawan masuk dalam kategori kurang. Adapun eksistensi perusahaan berada pada kategori tinggi dengan prosentase 60%. Terdapat hubungan yang signifikan antara peran public relations (baik kepada publik internal maupun eksternal) dengan eksistensi perusahaan PT Palawi Risoris unit kerja Baturraden pada taraf kepercayaan 95%.
Respon Upah Buruh Tani terhadap Harga Gabah Kering Panen (GKP) di Indonesia Tahun 2009-2020 Helbawanti, Octaviana; Suyudi, Suyudi; Nuryaman, Hendar
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

One of the factors determining the price of unhulled rice (GKP) as is the labor cost which is represented by the wages of farm laborers. Vector Autoregressive (VAR) estimated  the positive response of GKP prices due to changes in nominal farm labor wage. Price of hike  in farm labor wages caused the increase the proportion of labor cost in farm production costs. Price regulation  implemented by government for rice as a staple food could be considered by producers to controll the costs of production factors , one of them was because labor cost determined the profits of paddy farming. Changes in GKP prices affected the supply and demand for labor, the number of workers employed by producers and labor expectations in obtaining income at the paddy farming. The relation of the price of GKP and nominal labor wage was depicted in two-way causality using Engle-Granger Causality.   Keywords: Farm Worker, Unhulled Rice, Wage
Nilai Tambah Olahan Lidah Buaya (Aloe Vera) Di Kelompok Wanita Tani (Kwt) ‘Vera Sejati’ Desa Katongan Kecamatan Nglipar Gunung Kidul Retnaningsih, Nugraheni; Anwar, Muhammad Fathul; Setyarini, Agung
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengolahan sumberdaya hasil pertanian dengan meningkatkan nilai tambah digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan perekonomian, seperti yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) ‘Vera Sejati’ yang mengolah lidah buaya menjadi makanan/ minuman olahan Aloe vera. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui struktur biaya, penerimaan,  keuntungan, dan mengetahui nilai tambah yang diperoleh dari olahan aloe vera di KWT ‘Vera Sejati’ Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Metode dasar yang digunakan yaitu deskriptif analitis. Responden penelitian ini adalah pemilik dan 2 orang karyawan. Metode yang digunakan sebagai alat analisis nilai tambah adalah dengan menggunakan Metode Hayami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya tetap Rp 50.166,67/bulan, biaya variabel Rp 1.463.200,00/bulan, sedangkan biaya total Rp 1.513.366,67/bulan. Total penerimaan yang diperoleh dari olahan aloe Vera adalah sebesar Rp 3.060.000,00/bulan, dan keuntungan yang diperoleh adalah sebesar Rp 1.546.633,33/bulan. Nilai tambah yang diperoleh dari olahan aloe vera adalah sebesar Rp 44.443,29/kg dari bahan baku berupa lidah buaya sebesar 24 kg. Nilai tambah tersebut didapat dari hasil pengurangan nilai output yaitu sebesar Rp 131.443,29/kg dengan biaya input sebesar Rp 7.000,00/kg dan sumbangan input lain/ biaya penunjang sebesar Rp 80.000,00/kg. Ratio nilai tambah olahan aloe vera adalah 33,81%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai tambah tersebut masih tergolong rendah karena masih dibawah 50%. Kata Kunci: Pengolahan, Aloe vera, Nilai Tambah
Komparasi Tingkat Produktivitas Padi Sawah Dan Padi Gogo Di Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri Dedi, Dedi; Harinta, Yos Wahyu; Dewati, Rosita
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Wonogiri merupakan wilayah kapur yang tandus dan berbukit – bukit. Untuk menyiasati kondisi daerah yang kering warga menanam padi gogo. Kecamatan manyaran terdapat dua jenis lahan yaitu lahan sawah dan lahan gogo. Tujuan penelitian untuk mengetahui biaya produksi, penerimaan, pendapatan, efisiensi, untuk mengetahui perbandingan biaya produksi, penerimaan, pendapatan dan tingkat produktivitas usahatani padi sawah dan padi gogo di Kecamatan Manyaran. Metode dasar yaitu deskriptif. Pengambilan lokasi secara purposive di Kecamatan Manyaran. Jumlah responden 60 yaitu 30 petani padi sawah dan 30 petani padi gogo. Metode analisis yaitu analisis usahatani dan analisis komparasi. Hasil penelitian 1) Rata-rata biaya produksi padi sawah Rp. 2.369.988/Ha dan padi gogo Rp. 890.770/Ha. Rata-rata penerimaan padi sawah Rp. 4.643.933/Ha dan padi gogo Rp. 1.813.400/Ha. Rata-rata pendapatan padi sawah Rp. 2.273.935/Ha dan padi gogo Rp. 922.630/Ha. Nilai B/C ratio padi sawah 0,96 artinya tidak layak dan padi gogo 1,04 artinya layak. Sedangkan nilai R/C ratio padi sawah 1,96 dan padi gogo 2,04 artinya baik usahatani padi sawah maupun padi gogo layak untuk diusahakan, maka efisiensi padi gogo lebih besar dari pada padi sawah. Nilai BEP Produk padi sawah dan padi gogo 527,49 Kg dan 198,52 Kg. Nilai BEP harga padi sawah dan padi gogo Rp 2.294,29/Kg dan Rp 2.204,88/Kg. 2) Hasil uji t biaya produksi 0,000, pendapatan 0,000, dan produktivitas 0,001 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara biaya produksi, pendapatan, dan produktivitas usahatani padi sawah dengan padi gogo. Kata Kunci: Buruh Tani, Gabah, Upah
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SELADA HIJAU(Lactuca sativa L.) DI HIDROPONIK DZAKIYYAH FARM KABUPATEN SUKOHARJO Pradana, Guntur Eka; Harinta, Yos Wahyu; Setyarini, Agung
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hydroponic plant cultivation is increasingly being enjoyed by urban communities. This hydroponic trend emerged in line with the increasingly limited agricultural land in urban areas. The aim of this research is to determine internal and external factors, alternative strategies and determine strategic priorities in marketing. The basic method used is descriptive qualitative. The types of data used are primary and secondary data. Determining key persons or respondents using Purposive and Snowball sampling techniques. For data analysis methods use IFE, EFE, SWOT, and QSPM. Based on the results of the IFE matrix, 5 strengths and 5 weaknesses were identified with the results showing marketing distribution and not having a greenhouse as the main weakness, and the results of the EFE matrix identified 5 opportunities and 4 threats with the results showing regular customers as the biggest opportunity and competitors' pricing strategies and distribution strategies as the biggest threat. The SWOT matrix produces 8 alternative strategies, namely increasing the number of planting holes, creating a permanent partnership, embracing hydroponic beginners as partners, adjusting planting schedules to avoid natural risks, creating SOPs, creating social media, creating greenhouses, improving better management. The alternative is then decided through the QSPM matrix which places the W-O strategy, namely Making SOPs (Product Operational Standards) as a strategic priority with a Total Alternative Score of 7.721. The results of this research prioritize the strategy for creating SOPs, starting from standardizing products for production and partners, as well as maintaining existing quality so that it remains in demand by regular customers.

Page 1 of 1 | Total Record : 5