cover
Contact Name
-
Contact Email
agriekovet@gmail.com
Phone
+6285713434352
Journal Mail Official
agriekovet@gmail.com
Editorial Address
https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jase/editorialteam
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal Of Agribusiness, Social and Economic
ISSN : 30260841     EISSN : 28085817     DOI : -
JASE is a national and multi-disciplinary journal in Sustainable Agricultural research, managed by the Universitas Veteran Bangun Nusantara. JASE has two issues in a year and it will be published in May and October. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using double-blind review method. JASE publishes original articles, review articles, case studies and short communications on the fundamentals, applications and management of Sustainable Agriculture areas in collaboration with Agribusiness Association of Indonesia (AAI), Indonesian Agricultural Higher Education Communication Forum (FKPTPI) and Indonesian Society of Agricultural Economics (PERHEPI/ISAE).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023)" : 5 Documents clear
Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Perpindahan Merek Teh Botol Sosro di Surakarta Pradana, Melati Ayu Gita; Agustono, Agustono; Ferichani, Minar
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 3 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, besarnya peluang, dan faktor dominan dari variasi produk, informasi nilai gizi, harga, dan iklan produk terhadap keputusan perpindahan merek Teh Botol Sosro di Surakarta. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Kota Surakarta dengan beberapa pertimbangan. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variasi produk dan iklan produk berpengaruh signifikan dan negatif, dan informasi nilai gizi dan harga produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan perpindahan merek Teh Botol Sosro di Surakarta. Variasi produk memiliki peluang sebesar 0,370. Informasi nilai gizi memiliki peluang sebesar 9,972. Harga produk memiliki peluang sebesar 23,899. Iklan produk memiliki peluang sebesar 0,411. Faktor yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah harga produk dari Teh Botol Sosro dengan tingkat signifikansi 5%
Analysis of The Operational Risk Management of Ethno Bali Foundation Bee Agrotourism in Baha, Mengwi Village PURVITASARI, EVIE -
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 3 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tourism is one of the largest and fastest-growing economic sectors in the world. One of the areas that has the best potential in terms of agro-tourism is the Bali area. Bali is the area that is most in demand, so it is not surprising that many foreign tourists and local tourists make Bali their favorite tourist destination.The method used in this research is quantitative descriptive research. The total number of respondents in this study was 25. Operational risk of a company to be able to know the right action decisions in minimizing risk needs to process the calculation of the level of impact and the level of possibility through the Godfrey method. These 10 risks are the most intense risks occurring in the Etno Bali Foundation Bee Agrotourism. The risks in the Lebah Etno Bali Foundation Agrotourism occur due to a less than optimal system, both from HR (Human Resources) to the management of the facilities there1.The results showed that the operational risks identified in the Etno Bali Foundation Bee Agrotourism Unit were 11 types of risks and. Efforts to address operational risk are prioritized have high and extreme levels through preventive and mitigating efforts.
Preferensi Konsumen Buah Semangka Di Pasar Semangka Kecamatan Jebres Kota Surakarta Ido, Elvin; Anwar, Muhammad Fathul; Dewati, Rosita
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 3 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semangka adalah salah satu jenis buah favorit masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi yang sedang tumbuh membuat kualitas dan kemampuan beradaptasi semangka terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakter konsumen dan mengetahui preferensi konsumen buah semangka di Pasar Semangka Jebres. Penelitian ini dilakukan di Pasar Semangka Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Perumusan pada tahap input data menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik dari konsumen buah semangka di Pasar Buah Semangka Kecamatan Jebres Kota Surakarta diketahui bahwa sebagian besar responden yang di wawancarai adalah perempuan sebesar 52%, umur mayoritas berusia 15-60 tahun sebesar 88%, pekerjaan mayoritas responden adalah wiraswasta sebesar 54%. Dilihat dari pendapatan perbulan mayoritas responden memiliki pendapatan Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000 sebesar 74%, memiliki tingkat pendidikan terakhir SMA sebesar 76% dan memiliki status menikah sebesar 74%. Sedangkan hasil dari preferensi konsumen adalah Atribut yang mempengaruhi preferensi konsumen buah semangka di Pasar Semangka Kecamatan Jebres Kota Surakarta adalah kombinasi atribut bentuk bulat, motif lorek, jenis tanpa biji, harga <6500 warna kuning. Sedangkan atribut yang menjadi pertimbangan utama dalam pembelian semangka adalah harga 29,872%, lalu diikuti dengan bentuk 27,666%, motif 17,486%, warna 16,911%, dan jenis 8,065%.. Kata kunci : Buah Semangka, Analisis usaha, Preferensi Konsumen
Strategi Pengembangan Agrowisata Bariza Di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar Saputra, Febry; Harinta, Yos Wahyu; Dewati, Rosita
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 3 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Agrowisata adalah sebuah opsi yang mungkin dapat dikelola di pedesaan. Setelah itu, pembatasan terhadap agrowisata dinyatakan kalau agrowisata merupakan tipe pariwisata yang spesial menciptakan produk pertanian, peternakan, perkebunan yang menjadi daya tarik para wisatawan. Usaha bisnis agrowisata yang ditekankan yaitu menjual jasa berbentuk kawasan ataupun produk pertanian yang mempunyai daya tarik spesifik kepada konsumen. Diketahui permasalahan yang terjadi pada Agrowisata Bariza adalah fasilitas yang dimiliki sudah tidak terawat dan memerlukan pengembangan agar menjadi Agrowisata yang dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Tujuan penelitian untuk 1) Mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang berpengaruh dalam pengembangan Agrowisata Bariza di Kecamatan Ngagoyoso. 2) Menganalisis alternatif strategi yang dapat dikembangkan Agrowisata Bariza di Kecamatan Ngagoyoso. 3) Menentukan strategi prioritas dalam mengembangkan Agrowisata Bariza di Kecamatan Ngagoyoso. Metode pengambilan daerah penelitian dilakukan secara Purposive. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif antara lain: IFE dan EFE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yakni bauran pemasaran, 3K pemasaran, SDM dan Modal terindentifikasi 5 kekuatan, 5 kelemahan dengan total skor matrik IFE 3,19 dan matriks EFE faktor yang akan dianalisis yakni STP Pemasaran, SDA, Kebijakan Pemerintah teridentifkasi 5 peluang, 5 ancaman dengan total skor matriks EFE 3,20. Matriks SWOT menghasilkan 15 alternatif strategi. Prioritas strategi yang dianalisis dengan menggunakan matriks QSPM, dimana alternatif strategi ada 3 pengembangan Agrowisata Bariza di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Berdasarkan dari analisis matriks QSPM didapatkan prioritas strategi yang paling efektif yakni Melakukan pendataan secara terperinci mengenai kekurangan fasilitas sehingga dapat ditambah dan diperbaiki, nilai TAS 6,67. Kata kunci : Agrowisata, Bariza, Ngargoyoso
ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI METE (Anacardium Occidentale) DI KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI Rahmadhani, Ary; Basuki, Joko Setyo; Retnaningsih, Nugraheni
Journal of Agribusiness, Social and Economic Vol. 3 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanaman jambu mete merupakan tanaman yang cocok ditanam di lahan marjinal dan wilayah yang memiliki iklim kering, di mana persyaratan iklim yang diperlukan di wilayah Jawa banyak ditemukan di Kabupaten Wonogiri.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan usahatani mete di Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini dilakukan di Desa Kerjo Lor dan Kerjo Kidul, Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis usahatani mete di Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Pada analisis kelayakan usahatani mete menggunakan perhitungan total biaya, penerimaan dan pendapatan usahatani mete. Hasil analisis menunjukkan bahwa biaya total pada usahatani mete sebesar Rp.661.217/musim panen, penerimaan sebesar Rp. 4.354.000/musim panen, pendapatan sebesar Rp. 3.692.783/musim panen, efisiensi 6,5 menunjukkan bahwa usahatani mete tersebut sudah efisien, B/C Ratio 5,5, dan mengalami break event point atau tidak untung dan tidak rugi jika nilai BEP penerimaan sebesar Rp. 104.333, BEP produksi sebesar 6,8 kg, dan BEP harga jual sebesar Rp. 2.277,8 yang artinya usahatani mete tersebut menguntungkan dan layak untuk dikembangkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5