cover
Contact Name
Novita Kusumaning Tyas
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
+6288215137076
Journal Mail Official
rafael@apji.org
Editorial Address
KAMPUS POLITEKNIK PRATAMA Jalan Pantura Semarang- Kendal No 25, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Location
Kab. kendal,
Jawa tengah
INDONESIA
Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika
ISSN : 29880491     EISSN : 29880440     DOI : 10.51903
uang lingkup karya yang diterbitkan jurnal ini termasuk sub rumpun Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra, Olahraga dan Kesehatan, Matematika dan MIPA, Teknologi dan Kejuruaan, Ilmu Pendidikan dan Kesenian
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 5 (2024): September : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika" : 5 Documents clear
Komparasi Berita Negatif dan Positif Ditinjau dari Unggulan Reels 3 Media Online Terbaik di Indonesia Versi Similar Web : Kajian Literasi Digital Ayu M, Rr. Savira; Kisyani Laksono; Miftachul Amri
Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika Vol. 2 No. 5 (2024): September : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika
Publisher : LPPM Politeknik Pratama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/bersatu.v2i5.562

Abstract

Canggihnya teknologi saat ini turut mempengaruhi cara penyebaran berita atau informasi oleh media pada masyarakat. Beralih ke media digital, membuat media-media online lahir dan menjadi salah satu alat utama masyarakat dalam memperoleh informasi, ketangkasan masyarakat dalam berliterasi digital juga dibutuhkan dalam hal ini. Media online kini tak hanya mengandalkan pada situs bacanya saja, melainkan turut memanfaatkan fitur media sosial termasuk Reels Instagram untuk membagikan berita negatif maupun positif. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui perbandingan jumlah peminat berita negatif dan positif yang ditunjau dari Reels Instagram 3 media online terbaik di Indonesia versi Similar Web yang antara lain Tribunnews, Detikcom, dan Kompas.com. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 80% orang lebih menyukai berita negatif di Tribunnews, 72,7% orang cenderung tertarik pada berita negatif di Detikcom, dan 84,2% orang tertarik terhadap berita negatif di Kompas.com. Lebih tingginya ketertarikan masyarakat terhadap berita negatif ini juga dipengaruhi oleh negativity bias yang tidak disadari ternyata dimiliki tiap individu. Kata kunci: berita, komparasi, literasi digital, media online
Menyiapkan Anak Untuk Dunia Digital: Panduan Bagi Orangtua Dalam Mendampingi Penggunaan Teknologi Noor, Gairah; Jannah, Miftahul; Sahrani, Dea; Hizkia, Huda
Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika Vol. 2 No. 5 (2024): September : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika
Publisher : LPPM Politeknik Pratama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/bersatu.v2i5.755

Abstract

Artikel ini memberikan panduan komprehensif kepada orangtua dalam mempersiapkan anak-anak menghadapi era digital. Panduan ini mencakup berbagai aspek seperti pemahaman literasi digital, pengaturan waktu penggunaan layar, seleksi konten yang sesuai usia, dan perlindungan keamanan online. Peran orangtua dalam mengembangkan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab dan seimbang bagi anak-anak ditekankan dalam panduan ini. Dengan memanfaatkan pengetahuan dari bidang psikologi perkembangan dan teori pendidikan, panduan ini menawarkan strategi praktis untuk mendukung proses pembelajaran dan interaksi sosial anak-anak melalui teknologi. Komunikasi terbuka antara orangtua dan anak-anak mengenai penggunaan teknologi digital juga ditekankan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan perilaku etis online. Dengan memberikan pengetahuan dan alat yang dibutuhkan kepada orangtua dalam menghadapi tantangan lanskap digital, panduan ini bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam membuat keputusan yang berbasis informasi mengenai penggunaan teknologi. Secara keseluruhan, panduan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan digital yang sehat di mana anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan aman dan bertanggung jawab.
Penerapan Model CIRC Berbantuan Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Dahlia Lailatul Husnia, Dahlia Lailatul Husnia; Muhammad Irkham, Muhammad Irkham; Syailin Nichla Choirin Attalina, Syailin Nichla Choirin Attalina
Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika Vol. 2 No. 5 (2024): September : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika
Publisher : LPPM Politeknik Pratama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan membaca yang rendah menyebabkan proses pembelajaran tidak tercapai sesuai tujuan. Selain itu rendahnya kemampuan membaca dapat menjadikan tidak tercapainya keterampilan Bahasa Indonesia yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampaun membaca permulaan peseta peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Penletian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh peserta didik kelas 1 SDN 1 Papasan. Teknik pengumpulan data yang digunkan berupa tes yang diujikan pada peserta didik. Pada hasil penerapan yang telah dilaksanakan kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat dengan baik.
Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Media Mebelfot Pada Siswa Kelas 4 SDN 3 Dermolo Muhammad Wahyu Adi Pratama, Muhammad Wahyu Adi Pratama; Anis Fariqoh; Syailin Nichla Choirin Attalina
Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika Vol. 2 No. 5 (2024): September : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika
Publisher : LPPM Politeknik Pratama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/bersatu.v2i5.776

Abstract

Peningkatan motivasi belajar melalui penggunaan media belajar mebelfot pada siswa kelas 4 SDN 3 Dermolo. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang diberikan kepada 14 siswa dan guru mereka. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan media fotosintesis yang menarik dan interaktif secara signifikan meningkatkan antusiasme dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar. Media yang dirancang agar menarik secara visual dan mudah dipahami membantu memperjelas konsep fotosintesis yang kompleks, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Akibatnya, siswa menunjukkan tingkat motivasi yang lebih tinggi, yang dibuktikan dengan meningkatnya perhatian, rasa ingin tahu, dan kemauan untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi media belajar yang tepat sangat penting dalam meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan kinerja akademik mereka secara keseluruhan.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Memanfaatkan Media Gambar Seri di SD Negeri 1 Krasak Bangsri wahyu viky dwi indrawan; M. Mahfud Ibawi; Syailin Nichla Choirin Attalina
Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika Vol. 2 No. 5 (2024): September : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika
Publisher : LPPM Politeknik Pratama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/bersatu.v2i5.777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa di SD Negeri 1 Krasak Bangsri dengan memanfaatkan media gambar seri. Keterampilan menulis karangan merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar, namun dalam praktiknya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dan menyusun karangan yang baik. Media gambar seri dipilih sebagai alat bantu pembelajaran karena dapat merangsang imajinasi dan membantu siswa dalam mengorganisasikan alur cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Krasak Bangsri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil tulisan siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, panduan wawancara, dan rubrik penilaian karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Pada siklus pertama, terdapat peningkatan yang signifikan dalam jumlah siswa yang mampu menulis karangan dengan struktur yang baik dan ide yang berkembang. Pada siklus kedua, peningkatan terlihat lebih jelas pada aspek kreativitas dan kohesi antar paragraf. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dan lebih mudah dalam menyusun cerita karena terbantu oleh visualisasi yang diberikan oleh gambar seri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media gambar seri efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa di SD Negeri 1 Krasak Bangsri. Penggunaan gambar seri tidak hanya membantu siswa dalam mengembangkan ide, tetapi juga meningkatkan minat dan motivasi belajar mereka. Rekomendasi bagi guru adalah untuk lebih sering memanfaatkan media visual dalam pembelajaran menulis agar hasil yang dicapai siswa lebih optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5