cover
Contact Name
Annisa Eka Syafrina
Contact Email
annisa.eka@dsn.ubharajaya.ac.id
Phone
+6281295085551
Journal Mail Official
komaskam@ubharajaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Perjuangan, Marga Mulya Bekasi Utara, Jawa Barat 17121
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan
ISSN : -     EISSN : 26566125     DOI : https://doi.org/10.31599/komaskam
Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan (KOMASKAM) dimaksudkan sebagai media hasil penelitian, pemikiran dan kajian kritis mengenai berbagai isu tentang ilmu komunikasi yang dapat dimanfaatkan baik secara nasional maupun internasional. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ilmu terkait, serta dapat dipertanggungjawabkan dan disebarluaskan secara nasional maupun internasional. Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan (KOMASKAM) menerima publikasi artikel ilmiah dengan area penelitian pada: 1. Ilmu Komunikasi meliputi kajian media dan jurnalisme, kajian new media, kajian hubungan masyarakat, dan kajian periklanan 2. Komunikasi Keamanan 3. Desain Komunikasi Visual 4. Komunikasi Kesehatan 5. Psikologi Komunikasi 6. Komunikasi Pemasaran 7. Komunikasi Sosial Budaya Tidak menutup kemungkinan dari bidang ilmu lain yang mendukung pada perkembangan ilmu komunikasi. Artikel yang diterbitkan pada Jurnal KOMASKAM memiliki sumber sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara onlineatau versi cetak sebelumnya. Website Jurnal KOMASKAM menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal KOMASKAM sebagai jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi, memiliki jadwal terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu Maret dan Oktober.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Oktober 2022" : 5 Documents clear
KOMUNIKASI PENJUAL KEPADA PEMBELI: (Studi Deskriptif Komunikasi Penjual Kepada Pembeli Di Pasar Ujungberung, Kota Bandung) Duane Masaji Raharja
Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan Vol 4 No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPMP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/komaskam.v4i2.1577

Abstract

Pasar tradisional sebagai pusat kegiatan ekonomi, tempat bertemunya penjual dan pembeli. Selain sebagai tempat transaksi jual beli, keberadaan pasar tradisional juga sebagai media komunikasi antara warga masyarakat yang bermukim di sekitar pasar. Pasar menjadi wadah, media komunikasi yang menghubungkan komunikasi antar manusia di suatu daerah. Penjual akan selalu berusaha menawarkan barang yang dijualnya kepada konsumen. Berbagai cara dan gaya komunikasi dilakukan, agar menarik perhatian konsumen, dan barang yang dijual habis laku dibeli oleh pembeli. Bagaimana penjual berusaha untuk tidak hanya sekedar menjual barang dagangannya, tetapi juga berusaha menimbulkan hubungan yang baik dan positif, antara penjual dan pembeli. Dalam setiap interaksi yang terjadi di pasar, akan selalu dapat dilihat dari berbagai ruang lingkup komunikasi dan juga pola komunikasi. Pada tahun 2022, dimana digitalisasi sudah merambah pada berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia perniagaan. Peneliti ingin melihat dan mengetahui, bagaimana ruang lingkup dan pola komunikasi dari penjual kepada pembeli di Pasar Ujungberung, Kota Bandung.
PENGGUNAAN PODCAST SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA Annisa Eka Syafrina
Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan Vol 4 No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPMP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/komaskam.v4i2.1680

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan podcast sebagai media informasi di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, peneliti melakukan wawancara kepada informan yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan media Podcast sebagai sarana untuk mendapatkan informasi. Sama seperti media lain, penggunaan podcast membawa dampak positif dan negatif bagi penggunanya. namun mahasiswa harus tetap dapat memilah informasi yang akan diserap dari penggunaan podcast.
BERITA DALAM LOGIKA INSTAGRAM (ANALISIS LOGIKA MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM MEDIA BERITA ALTERNATIF) Chelsea Viana Buchory; Dian Sukmawati
Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan Vol 4 No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPMP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/komaskam.v4i2.1726

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengemasan berita pada media sosial Instagram milik jurnalisme alternatif yakni Tirto, Katadata, NarasiTv, dan Opini.id. Penelitian ini menggunakan Teori Logika Media Sosial yang dikemukakan oleh Hermida & Mellado guna menganalisis konten-konten keempat media tersebut dengan lima dimensi analisis, yakni struktur dan desain, estetika, konvensi genre, strategi retoris, interaksi dan intensi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis isi. Unit analisis pada penelitian ini meliputi unit sampel, unit pencatatan, dan unit konteks. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengemasan berita keempat media tersebut pada media sosial Instagram mengikuti logika media sosial saat ini. Struktur dan desain unggahan di IG masing-masing media berupa kesesuaian penggunaan fitur sehingga menghasilkan konten foto dan video dengan narasi pada kolom caption tanpa harus beralih dan diarahkan kepada laman portal media daring melalui hypertext. Sedangkan jika dilihat dari sisi estetika, terdapat penggunaan filter pada gambar dan gaya verbal dengan ciri khas masing-masing pada media jurnalisme alternatif, konvensi genre mengutamakan bagaimana mempresentasikan berita yang diunggah bukan hanya mengandalkan kecepatan pengunggahan dan tulisan saja namun hal ini terlihat mengikuti kapitalisme yang ada pada logika media sosial, strategi retoris media jurnalisme tidak terlalu fokus mengunggah berita secara realtime kemudian membuat kelanjutan berita terpisah setiap unggahan serta penggunaan tagar, interaksi dan itensi terlihat dari penggunaan fitur ikon berbentuk hati yang menunjukan jumlah suka dan juga pengunaan kolom komentar sehingga membentuk gaya interaksi tertentu di dalamnya. Namun, hal ini dikatakan juga sebagai pedang bermata dua, di mana logika media sosial ini bercampur dengan logika institusi.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGGUNAAN APLIKASI DOMPET DIGITAL MELALUI TECHONOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) Anindita Lintangdesi Afriani; Kumala Hayati
Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan Vol 4 No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPMP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/komaskam.v4i2.1843

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh dari faktor-faktor terhadap minat penggunaan aplikasi dompet digital dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Semakin tingginya penggunaan aplikasi dompet digital dan dengan diarahkannya Indonesia menuju cashless society mendasari penelitian ini. Tiga hal yang paling banyak digunakan dalam aplikasi ini adalah untuk transportasi berbayar, makanan dan minuman, serta melakukan top-up pulsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif dengan jumlah responden sebanyak 300 orang yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat penggunaan aplikasi dompet digital, diantaranya adalah manfaat penggunaan (perceived usefulness), kepercayaan (perceived trust), dan sikap penggunaan (attitude toward using), sedangkan faktor-faktor yang tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan aplikasi dompet digital meliputi risiko penggunaan (perceived risk), kemudahaan penggunaan (perceived ease of use), dan literasi keuangan pengguna. Selain itu, pengguna yang berusia muda akan menunjukkan keinginan yang lebih untuk menggunakan teknologi baru dan tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam penggunaan aplikasi dompet digital.
STRATEGI PUBLIC RELATION EIGER DALAM PEMULIHAN CITRA Shilvy Andini Sunarto; Dinda Putri Adzani
Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan Vol 4 No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPMP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31599/komaskam.v4i2.1881

Abstract

Penurunan citra dan kepercayaan pelanggan PT. Eigerindo (“Eiger”) setelah adanya konflik antaraEiger dan Youtuber Dian Widiyanarko yang mengulas salah satu produk Eiger pada channel Youtubenya “Dunia Dian” yang direspon oleh manajemen Eiger dengan melayangkan surat keberatanatas ulasan tersebut. Penelitian ini bermaksud mengetahui strategi Public Relations Eiger dalam pemulihan citra dengan tujuan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami perusahan Eiger dalam memulihkan citranya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teori yang digunakan yaitu pemulihan citra dari William Benoit. Hasil penelitian ini yaitu Adaptive Strategysangat berperan dalam pemulihan citra Eiger dengan melakukan evaluasi, pengkajian ulang, perbaikan pelayanan, serta melakukan kompromi dan permintaan maaf, juga sangat berperan dalam pemulihan citra Eiger melalui media yang digunakan, baik online maupun cetak guna mendapatkan kembali simpati masyarakat. Pelayanan yang lebih baik dan maksimal adalah kunci dan tujuan dalam mendapatkan kembali citra positif perusahaan, karena kepercayaan, kepuasaan dan loyalitas pelanggan merupakan prioritas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5