cover
Contact Name
Nana Sukarni
Contact Email
jurnalmufakat@gmail.com
Phone
+6285859888365
Journal Mail Official
jurnalmufakat@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Published by CV SWA Anugrah
ISSN : -     EISSN : 30259495     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial menyambut baik seluruh masyarakat, terutama akademisi dan peneliti, untuk menyumbangkan dedikasi intelektualnya dalam bentuk artikel asli yang diterbitkan dalam jurnal ini yang belum pernah dipublikasikan di media manapun. Artikel dapat berupa hasil penelitian maupun kajian ilmiah lainnya.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi" : 15 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI INDUSTRI OTOMOTIF : STUDI KASUS PADA MOBIL TOYOTA DI KOTA BEKASI Kurniawati Mulyanti; Tristan Adi Astanto; Qois Abdul Hadi; Rizky fadhillah Adrian; Ahmad Salam Alfahrozi; Pranata Acun; Muhamad Backtiar
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i1.4797

Abstract

Industri otomotif di Kota Bekasi, sebagai salah satu pusat otomotif nasional, memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Kualitas produk dan harga menjadi faktor penentu utama dalam persaingan industri ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna mobil Toyota di Kota Bekasi.Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik kuesioner. Data dikumpulkan dari 81 responden pengguna mobil Toyota di Kota Bekasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk memiliki pengaruh positif, sedangkan harga memiliki pengaruh negatif. Hal ini berarti semakin tinggi kualitas produk, semakin tinggi pula kepuasan konsumen, dan sebaliknya Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa kualitas produk dan harga merupakan faktor penting yang memengaruhi kepuasan konsumen pengguna mobil Toyota di Kota Bekasi. Toyota perlu meningkatkan kualitas produk dan strategi penetapan harga agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan daya saingnya di tengah persaingan industri otomotif yang semakin ketat.Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen, Pengguna Mobil Toyota, Kota Bekasi.
ANALISIS STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN PROFITABILITAS SERTA PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Rahmawati, Dewi; Istiono, Istiono
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i1.4801

Abstract

This research aims to determine the influence of capital structure, dividend policy, and profitability on company value. This research was conducted on banking sub-sector companies in the LQ45 category listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2023 period. The sample used is a saturated sample where the entire population is sampled. Data collection techniques used company annual report documentation and the data collected was analyzed using multiple linear regression and IBM SPSS Version 25 tools. The research results show that simultaneously capital structure, dividend policy and profitability have a significant effect on company value in banking sub-sector companies in the LQ45 category listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2023 period. Meanwhile, partially the capital structure variable has a significant effect on company value. The dividend policy variable does not have a significant effect on company value. The profitability variable has a significant negative effect on company value. The recommendation from this research is that companies need to optimize their capital structure to increase company value and attract investors. Even though dividend policy does not have a significant effect, maintaining a consistent dividend policy is still important to maintain investor confidence. The main focus must remain on increasing profitability because it has a significant influence on company value. It is recommended that further research expand the sample and add other variables such as asset structure, company size, liquidity and solvency in order to obtain more comprehensive and accurate results. Keywords: Capital Structure, Dividend Policy, Profitability, and Firm Value
PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (RETURN ON EQUITY) PADA BANK SYARIAH INDONESIA YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA PERIODE 2021-2023 Ardini, Adinda Januanti
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v6i12.4804

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah terhadap Profitabilitas (Return On Equity) Bank Syariah Indonesia yang terdaftar di Bank Indonesia Periode 2021-2023. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi laporan keuangan bulanan Bank Syariah Indonesia. Pengambilan data menggunakan data sekunder dengan teknik Purposive Sampling sehingga menghasilkan sampel sebanyak 36 laporan keuangan bulanan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik yang diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Return On Equity (ROE). Kata Kunci: Pembiayaan Musyarakah, Pembiayaan Mudharabah, dan Profitabilitas Return On Equity (ROE) Abstract This Research Was Conducted To Determine The Effect Of Mudharabah Financing And Musyarakah Financing On The Profitability (Return On Equity) Of Indonesian Sharia Banks Registered With Bank Indonesia For The 2021-2023 Period. This Research Method Uses A Quantitative Descriptive Method With A Population Of Monthly Financial Reports From Bank Syariah Indonesia. Data Collection Used Secondary Data With Purposive Sampling Techniques To Produce A Sample Of 36 Monthly Financial Reports. The Analysis Technique Used Is A Statistical Analysis Technique Processed Using Spss. The Results Of This Research State That Partial Mudharabah And Musyarakah Financing Does Not Have A Significant Effect On Profitability Return On Equity (Roe). Keywords: Musyarakah Financing, Mudharabah Financing, and Return On Equity (ROE) Profitability
PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE SKINTIFIC Oktavia, Silvia Selsa; Istiono, Istiono
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i1.4808

Abstract

ABSTRACT Based on data from the Compas Dashboard (2023) regarding local and imported skincare sales, it shows that of the five top brands in that period, three of them implemented a branding strategy involving Korean artists, while Skintific, as an imported brand, did not implement the same strategy. This strategy has proven effective for other brands such as Whitelab, which managed to record its best performance in the period 1-15 September. This phenomenon indicates that competition does not only occur between local skincare brands, but also between imported brands in the market. Therefore, several brands have begun to optimize special strategies to increase consumer buying interest in Skintific skincare products. This research aims to test and analyze the influence of Brand Ambassador, Brand Image and Product Quality on Purchase Interest in Skintific Skincare Products, both partially and simultaneously. This research was conducted on students of the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, University of 17 August 1945 Surabaya. This research was conducted on a sample size of 100 respondents who were collected using a questionnaire and the data tests used were instrument tests, classical assumption tests, t tests and F tests. Data analysis used multiple linear regression coefficient of determination (R2) with SPSS 27. The results of this research are that Brand Ambassador, Brand Image and Product Quality simultaneously have a significant effect on Interest in Buying Skincare Products, Brand Ambassador has a positive and significant effect on Interest in Buying Skincare Products, Brand Image has a positive effect on Interest in Buying Skincare Products, Quality Products have a significant positive effect on Purchase Interest in Skintific Skincare Products. Keywords: Brand Ambassador, Brand Image and Product Quality, Purchase Interest.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BEBEK SURAMADU SAMBEL PENCIT DI KOTA BANGKALAN MADURA Halimatus Saleha; Dyahrini Prihastuty
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i1.4811

Abstract

In Indonesia, there are currently many types of industries that are increasingly modern, one of which is theculinary industry. The culinary industry has recently developed very rapidly, because the culinary industry is considered quite promising because it offers products that are basic for every human being, namely food and drink. Enjoying fast food is no longer to fulfill primary needs but also a lifestyle, where fast food restaurants have become a very popular gathering place. Bebek Suramadu Sambel Pencit is one of the fast food restaurants in Bangkalan Madura.This research aims to analyze the influence of product quality, price perception, and location which have asignificant effect on customer satisfaction with Bebek Suramadu Sambel Pencit in the city of Bangkalan, Madura, both partially and simultaneously. This research was conducted on customers from Bebek Suramadu Sambel Pencit in Bangkalan City, Madura. With a sample size of 100 respondents who were collected using a questionnaire and the analysis techniques used were Validity Test, Reliability Test and Multiple Linear Regression with SPSS 27.The results of this research: Product Quality, Price Perception and Location simultaneously have a significant effect on Customer Satisfaction. Customers for Bebek Suramadu Sambel Pencit in the city of Bangkalan Madura. Product Quality partially has a significant effect on Customer Satisfaction. Customers for Bebek Suramadu Sambel Pencit in the city of Bangkalan Madura. , Price Perception partially does not have a significant effect on Customer Satisfaction. Customers at Bebek Suramadu Sambal Pencit in the city of Bangkalan, Madura. Location partially has a significant effect on Customer Satisfaction. Customers at Bebek Suramadu Sambel Pencit in the city of Bangkalan, Madura.
GREEN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT DAN GREEN ENGAGEMENT CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN GREEN INNOVATIVE WORK BEHAVIOR KARYAWAN SARUNG TENUN ATBM UD AL–ARIF DI GRESIK Haidar, Mohammad Ali; Amiartuti Kusmaningtyas
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i1.4815

Abstract

This research aims to identify the influence of Green Human Resource Management and Green Engagement Climate to improve Green Innovative Work Behavior at UD. Al-Arif in Gresik. The sample in this research was 87 employees using a saturated sample. This research uses Social Exchange Theory, and this type of research uses quantitative methods. This research uses simple linear regression analysis, while for mediation testing using the Sobel test, and for hypothesis testing using the t test. The results of the analysis findings from this research can be concluded as follows, 1) Green human resource management influences the green engagement climate of UD ATBM woven sarong employees. AL-ARIF in Gresik, 2) Green human resource management influences the green innovative work behavior of UD ATBM woven sarong employees. AL-ARIF in Gresik, 3) Green engagement climate influences green innovative work behavior of UD ATBM woven sarong employees. AL-ARIF in Gresik, 4) Green human resource management influences green innovative work behavior through the green engagement climate of UD ATBM woven sarong employees. AL-ARIF in Gresik. Keywords: Green Human Resource Management, Green Innovative Work Behavior and Green Engagement Climate.
PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KULINER DI ALUN-ALUN KOTA PASURUAN Izzatul Kamilah; Eva Mufidah; M.Tahajjudi Ghifary
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i1.4821

Abstract

Payung Madinah dan Makam Mbah Hamid merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat. Dari objek wisata tersebut membuat UMKM yang ada di sekitar Alun-Alun berkembang sangat pesat dan UMKM tersebut mengelilingi kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruhLokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kuliner di Alun-Alun Kota Pasuruan. Sampel dari penelitian ini yaitu Konsumen yang pernah membeli produk jualan UMKM kuliner di Alun-Alun Kota Pasuruan pada waktu 3 bulan terakhir. Dalam penelitian yang dilakukan menggunakan sampel non-probability sampling dengan teknis penarikan purposive sampling dengan jumlah 90 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) secara simultan Lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap Keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000. 2) secara parsial Lokasi berpengaruh terhadap Keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,002. 3) secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TREBLE STORE SURABAYA Saputra, Akhtar Alam; Dra.Yulyar Kartika.W.MM
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i1.4830

Abstract

ABSTRAK The study I found after analyzing the results of the influence of the Product Quality variable, Price Perception variable and Word of Mouth variable on Purchasing Decisions at Treble Store Surabaya. The method used is quantitative with a questionnaire as a tool for calculating data results, with analysis using IBM SPSS Version 27. The sample consists of 100 consumer respondents who shop online and offline at the Treble Store. This instrument test also involves validity and reliability tests. This analysis uses the results of multiple linear regression analysis tests, by analyzing the t test hypothesis, F test and coefficient of determination (R2). After the tests carried out, I found the t test results as follows: Product Quality has no influence on Purchasing Decisions, while Price Perception and Word of Mouth have a significant influence on Purchase Decisions at Treble Store Surabaya. Based on the results of the F test, the results I examined were the calculated F value of 98.586 > 2.699 with a significant value found as 0.00 < 0.05, then Ha will be accepted and Ho will be rejected. Thus, the results of the variables Product Quality (X1), Price Perception (X2) and Word of Mouth (X3) simultaneously have a significant influence on Purchasing Decisions (Y) at Treble Store Surabaya. Kata Kunci : Product Quality, Price Perception, Word Of Mouth, Purchasing Decisions
PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK EIGER PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 19445 SURABAYA Aditya, Renanda Cahya; Drs. Ec. Mataji, MM
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i1.4834

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi harga, kepercayaan merek, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk Eiger di kalangan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan sejumlah responden 97 dari mahasiswa universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik regresi berganda untuk mengetahui sejauh mana persepsi harga, kepercayaan merek, dan kualitas produk mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Eiger Adventure (EIGER) didirikan pada tahun 1989 sebagai merek yang menyediakan perlengkapan dan peralatan untuk gaya hidup para pecinta alam. Beroperasi di bawah naungan PT Eigerindo MPI, EIGER lahir di Indonesia oleh orang Indonesia dengan tujuan menjadi teman dan pelindung bagi siapa saja yang ingin menjelajahi alam tropis, khususnya di Indonesia. Saat ini, EIGER telah hadir di 137 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan total 237 toko dan memperkuat kehadirannya di dunia daring melalui www.eigeradventure.com atau situs resmi dan halaman e-commerce EIGER. Pengujian parsial menunjukan bahwa H1 : diperoleh ttabel sebesar 1,661 Sementara thitung di dapatkan yaitu 3,529 menunujukan bahwa nilai thitung 3,529 > ttabel 1,661 kemudian dapat dilihat dari nilai signifikan di dapatkan sebesar 0,001 < 0,05 . Kemudian H2 : diperoleh ttabel sebesar 1,661. Sementara thitung di dapatkan yaitu 3,197 menunujukan bahwa nilai thitung 3,197 > ttabel 1,661 kemudian dapat dilihat dari nilai signifikan di dapatkan sebesar 0,002 < 0,05. Selanjutnya pada H3 := diperoleh ttabel sebesar 1,661. Sementara thitung di dapatkan yaitu 7.046 menunujukan bahwa nilai thitung 7,046 > ttabel 1,661 kemudian dapat dilihat dari nilai signifikan di dapatkan sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian analisis regresi berganda di peroleh Y = 1,442 Nilai Konstanta + 0,276 Persepsi Harga (X1) + 0,200 Kepercayaan Merek (X2) + 0,524 Kualitas Produk (X3) + 1,166 Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga, kepercayaan merek, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen produk Eiger di kalangan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Nilai Adjusted R Square sebesar 88,3% menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mempengaruhi kepuasan konsumen, sementara 11,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Uji simultan menghasilkan nilai Ftabel 243,340 > Fhitung 2,703 dengan signifikansi 0,000, mengindikasikan bahwa persepsi harga, kepercayaan merek, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen produk Eiger. Kata Kunci : Persepsi Harga, Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen ABSTRACT This research aims to examine the influence of price perception, brand trust, and product quality on consumer satisfaction for Eiger products among students at the University of 17 August 1945 Surabaya. The research method used was quantitative with a survey approach, involving a number of 97 respondents from students at the University of 17 August 1945 Surabaya. The data obtained was analyzed using multiple regression techniques to determine the extent to which price perception, brand trust and product quality influence the level of consumer satisfaction. Eiger Adventure (EIGER) was founded in 1989 as a brand providing equipment and tools for the lifestyle of nature lovers. Operating under the auspices of PT Eigerindo MPI, EIGER was born in Indonesia by Indonesians with the aim of being a friend and protector for anyone who wants to explore tropical nature, especially in Indonesia. Currently, EIGER is present in 137 districts/cities throughout Indonesia with a total of 237 stores and strengthens its presence in the online world through www.eigeradventure.com or the official EIGER website and e-commerce page. Partial testing shows that H1: the ttable obtained is 1.661. While the tcount obtained is 3.529, indicating that the tcount value is 3.529 > ttable 1.661, then it can be seen from the significant value obtained at 0.001 <0.05. Then H2: obtained ttable of 1.661. Meanwhile, the tcount obtained is 3.197, indicating that the tcount value is 3.197 > ttable 1.661, then it can be seen from the significant value obtained at 0.002 <0.05. Next, in H3 :=, the table is 1.661. Meanwhile, the tcount obtained is 7.046, indicating that the tcount value is 7.046 > ttable 1.661, then it can be seen from the significant value obtained at 0.000 < 0.05. Then the multiple regression analysis obtained Y = 1.442 Constant Value + 0.276 Price Perception (X1) + 0.200 Brand Trust (X2) + 0.524 Product Quality (X3) + 1.166 The research results show that price perception, brand trust, and product quality have a significant effect on consumer satisfaction for Eiger products among students at the University of 17 August 1945 Surabaya. The Adjusted R Square value of 88.3% shows that these three variables influence consumer satisfaction, while 11.7% is influenced by other variables not studied. The simultaneous test produced a Ftable value of 243.340 > Fcount 2.703 with a significance of 0.000, indicating that price perception, brand trust and product quality simultaneously have a significant effect on consumer satisfaction with Eiger products. Keywords : Price Perception, Brand Trust, Product Quality, Consumer Satisfaction
IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU BARIRI DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KELURAHAN ARKEN KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT Faraz Efrianza; Emi Salmah
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.8734/musytari.v7i1.4835

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis Implementasi Program Kartu Bariri dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Kelurahan Arken, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Kartu Bariri merupakan salah satu jenis kegiatan dari Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) berupa pemberian modal, bantuan sarana/ prasarana produksi kepada para pelaku usaha mikrokecil dan menengah (UMKM) disertai pemberdayaan kepada pelaku usaha yang menjadi sasaran. Penelitianini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari data- data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi Program Kartu Bariri di Kelurahan Arken yang diukur melalui empat indikator yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program dan pengawasan program, dimana bisa disimpulkan bahwa program ini sukses terlaksana di Kelurahan Arken. Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mendapatbantuan modak secara tunai mersa sangat terbantu dengan adanya program ini karena dapat meningkatkan kualitas usahanya menjadi lebih baik serta dapat menanggulangi jumlah penduduk miskin di KelurahanArken.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 16 No. 11 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 10 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 12 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 11 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 10 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 13 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 12 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 11 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 10 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 13 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 12 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 11 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 10 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 9 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 8 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 7 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 6 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 5 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 4 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 3 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 2 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 16 No. 1 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 9 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 8 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 7 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 6 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 5 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 4 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 3 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 2 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 15 No. 1 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 9 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 8 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 7 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 6 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 5 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 4 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 3 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 2 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 14 No. 1 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 9 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 8 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 7 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 5 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 4 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 3 (2025): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 12 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 10 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 12 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 6 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 2 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 13 No. 1 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 9 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 8 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 7 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 6 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 5 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 11 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 10 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonom Vol. 9 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 8 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 7 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Bisnis, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 5 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 4 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 7 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 3 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 3 No. 1 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 12 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 11 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 10 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 12 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 11 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 10 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 9 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 6 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 5 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 4 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 3 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 2 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 1 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 9 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 6 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 5 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 4 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi More Issue