cover
Contact Name
alfian hudan laksana
Contact Email
lppmupd@gmail.com
Phone
+6285649060479
Journal Mail Official
jumbajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta No. 49 Kabupaten Kediri
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
JUMBA Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi
ISSN : -     EISSN : 28288815     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) adalah sebuah jurnal yang dipublikasikan di Universitas Pawyatan Daha untuk mahasiswa dan juga masyarakat umum. JUMBA memuat berbagai artikel dengan kategori keilmuan Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi.
Articles 63 Documents
ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) MITRA RAKYAT BERSAMA KABUPATEN NGANJUK Riyanah; Arimbi
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 1 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem informasi akuntansi terhadap Kinerja Karyawan pada KSP Mitra Rakyat Bersama Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini untuk memberikan saran atau rekomendasi kepada KSP Mitra Rakyat Bersama Kabupaten Nganjuk tentang sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif yang berorientasi pada nalisa data dalam proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang di peroleh dari hasil dokumentasi, wawancara, riset internet, maupun observasi dengan cara mengorganisasikan data, guna memilih data yang penting dan yang akan di pelajari diri sendiri maupun orang lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obsevasi, documenter, riset internet, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi yang di terapkan di KSP Mitra Rakyat Bersama Kabupaten Nganjuk menggunakan aplikasi berbasis Web, namun ada kesulitan untuk mempelajarinya karena ada beberapa fitur yang cukup sulit untuk di pelajari. Penggunaan sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Hal ini memiliki arti bahwa peningkatan pada efektivitas sistem informasi akuntansi akan meningkatkan pula kinerja karyawan. Sistem Informasi akuntansi yang diterapkan di KSP Mitra Bersama dapat membantu tugas atau pekerjaan karyawan, sehingga kinerja karyawan dapat meningkat.
ETIKA BISNIS SEBAGAI ACUAN MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN: STUDI PADA BISNIS ONLINE Ari Sumaryati, Sri
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 1 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In the digital era of business that is growing rapidly, almost all products are offered through online media, various online business applications such as Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak and others are easily accessible that offer each product with various advantages and convenience in transacting and various payment system options, starting with bank transfers, joint accounts, and cod (cost order delivery) which are currently increasingly popular with the public. To ensure a smooth business that gives satisfaction to consumers as desired and on the other hand the seller gets a positive response, business ethics is needed to encourage moral awareness and provide boundaries for users or business people to run good business and not do monkey business or dirty business.
IMPLEMENTASI ANALISA SYSTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT USAHA KECIL UNTUK MIMINIMILKAN KREDIT MACET Utami Hanggondosari, Sri; Dina, Nur
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 1 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kredit macet merupakan masalah yang signifikan dalam pengelolaan kredit sehingga system dan prosedur pemberian kredit pada usaha kecil mempunyai peranan yang penting bagi manajemen perbankan.Pengambilan keputusan dalam penentuan system dan prosedur pemberian kredit yang benar akan menghindari terjadinya kredit macet. Penelitian ini menggunakan system dan prosedur pemberian kredit dan jumlah kredit macet pada PT Bank Mandiri Syariah kediri. Adapun tehnik analisa yang digunakan ini dalam penelitian ini adalah korelasi ganda dengan menggunakan program SPSS RELEASE 11.5 dan menggunakan korelasi parsial. Berdasar hasil penelitian menunjukkan keadaan sebagai berikut : (1) Bahwa dari hasil korelasi variabel system pemberian kredit (X1) dan prosedur pemberian kredit usaha kecil (X2) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang sangat kuat dan berbanding terbalik terhadap variabel kredit macet (Y). Ditunjukkan dengan angka R sebesar -0,948 dan hasil secara parsial menunjukkan angka r1 sebesar -0,996 dan r2 sebesar -0,998.Berdasar hasil analisa tersebut upaya peningkatan kualitas pelayanan dalam pemberian kredit usaha kecil dengan menggunakan system dan prosedur yang benar dan tepat akan mengurangi tingkat tingkat kredit macet yang terjadi pada periode selanjutkan. Demikian hasil penelitian ini dapat dijadikan suatu dasar kebijakan dalam menganalisa pemberian kredit pada usaha kecil melalui implementasi system dan prosedur pemberian kredit yang tepat sehingga dapat meminimalkan terjadinya kredit macet.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA: Studi Pada PT. 33 Putra Kediri Kusuma, Hendra
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 1 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan secara bersama-sama dan sendiri-sendiri terhadap kepuasan pengguna jasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research (penjelasan), penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan pengguna jasa, dalam penelitian ini terdiri dari lima variabel bebas, yaitu: Bukti langsung, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan satu variabel terikat yaitu Kepuasan pengguna jasa. Jumlah responden penelitian ditetapkan ssebanyak 80 responden. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis regersi linier berganda dapat diketahui bahwa secara bersama-sama variabel bebasyang terdiri dari Bukti langsung, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan pengguna jasa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Variabel Empati memiliki pengaruh yang paling besar dalam pembentukan Kualitas dengan nilai beta.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BPJS TERHADAP KEPUASAN KERJA Dina, Nur; Indriyana, Dina
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 1 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan BPJS terhadap kepuasan kerja pada kantor BPJS Kediri. Penelitian ini penting untuk memberikan rekomendasi pada kantor BPJS Kediri tentang pengaruh kualitas pelayanan BPJS terhadap kepuasan kerja. Jenis penelitian ini adalah menggunakan teknik penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Data yang digunakan diperoleh dari wawancara atau interview, kuesioner (angket), dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menjadi peserta Jamsostek merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, kualitas dari pelayanan BPJS berpengaruh terhadap kepuasan kerja.
SISTEM MUTU AKUNTANSI PADA SMP ISLAM DONOMULYO : Sistem, Mutu, Akuntansi Keuangan Isnaeni, Diana; Hariono, Jefri
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 2 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to develop a quality system for financial accounting and human resource management at Donomulyo Islamic Middle School.Design Based Research method with the following steps: (1) Identification of Problems (2) Identification of Objectives (3) Preparation of Product Design (4) Product Design Test (5) Evaluation of Product Design Test Results (6) Product Communication. The subject used was Donomulyo Islamic Middle School, the data obtained through observation and interviews, and questionnaires. Questionnaire answers using a Likert scale with 5 rating categories (1) Very Inadequate, (2) Inadequate, (3) Adequate Enough, (4) Eligible, (5) Very Eligible. The data analysis technique uses the percentage of quality systems tested by two validators, academics and practitioners.The results of this study are the accounting quality system at Donomulyo Islamic Middle School finance with the following specifications: vision, mission, goals, organizational structure, job description, quality policy and SOP (Standard Operating Procedure).
PERAN AUDIT INTERNAL SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN Fauziah; Yuliastuti, Nunung
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 2 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The role of human resource internal audit in assessing the performance of Fesyenindo company employees is very important and is a series of processes and techniques where employees need assurance of the accuracy of performance information. Human Resources Audit is a comprehensive assessment of the Human Resources program. Employee Performance Assessment is the result obtained from employee activities in accordance with the work and performance standards that have been set. The results of human resource audits of employees that have been carried out show that the rules set by the company have been implemented properly. With the existence of an internal audit of human resources in the company can remind employee performance. However, there are still some weaknesses in evaluating employee performance that are still not in accordance with applicable regulations and must be corrected.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KONDISI FISIK TEMPAT KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Carlina, Astoeti
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 2 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

condition, influence by simultan and partial of leadership style covering style leadership of task oriented and style leadership of relation oriented and also the condition of workplace physical of Pawyatan Daha Kediri to satisfaction of employees in institution of Pawyatan Daha Kediri and to know one of the dominant variable. This research is conducted to 40 teachers at school units in institution environment of Pawyatan Daha Kediri. Description of style leadership of task oriented and relation oriented and also the condition of institution physical of Pawyatan Daha Kediri can know to through spreading of guestionare to 40 teachers, then result from answer of guestionare the measured with Likert Scale. From result of data processing can be concluded that leadership style the applied is style leadership of relation oriented egual to:2,94 % as well as style leadership of task oriented egual :2,58 % and condition of unit physical units school in institution environment of Pawyatan Daha Kediri in a condtion goodness, egual to: 3,47 %. Based on analysis of regression doubled by simultan with test of F obtained by result of Sig F = 0,296 and value of signification T (sig t) X1 = 0,024, X2 = 0,031 and X3 = 0,035, the values smaller then real level (a = 0,05), its meaning style variable leadership of task oriented, style leadership of relation oriented and also the condition of institution physical of Pawyatan Daha Kediri have an effect on significan either through and also partial and simultan. Result of examination through determinant coerfficient (R2) obtained by result of R2 :0,16, its meaning that contribution given by leadership style variable and workplace physical condition to satisfaction of job egual to 16,5 % while 83,5 % influnced by other factor. Based on analysis of regression doubled by partial free variable wich most dominant influence variable tied is style variable leadership of task oriented with the smallest value of sigt : 0,024 and the biggest value of B = 0,383
PROSEDUR PELAYANAN PRODUK TABUNGAN PADA PT. BPR INSUMO SUMBER ARTO Kusuma, Hendra
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 2 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the procedure for saving and deposit product services carried out by PT. BPR Insumo Sumberarto. These savings product services include opening, depositing, withdrawing and closing customer savings accounts. In addition, this study aims to determine the calculation of interest on savings at PT. BPR Insumo Sumberarto. Based on the results of the discussion, it is concluded that the service procedures performed by PT. BPR Insumo Sumberarto is good and according to procedures. Calculation of interest on savings made by PT. BPR Insumo Sumberarto is conducted every day. However, the recording in the customer's savings book is carried out at the end of each month. Based on the conclusions, it can be suggested that PT. BPR Insumo Sumberarto provided brochures on the procedure for servicing savings products at the BPR. In calculating interest on savings that apply to PT. BPR Insumo Sumberarto. preferably the information on the interest rate applied to the BPR is included in a statement in the customer's savings account book.
PERAN BANK INDONESIA DALAM MENGEMBANGKAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI WILAYAH EKS KARISIDENAN KEDIRI Dina, Nur
JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) Vol 1 No 2 (2022): JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)
Publisher : Universitas Pawyatan Daha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the role played by Bank Indonesia in supporting the development of MSMEs in accessing financing in banking, providing banking information about potential MSMEs regarding their business feasibility. This research method includes field research. The method used in this research is descriptive qualitative method. By using interview techniques, observation and documentation. Interviews were used to collect data, observations were used to observe the role of Bank Indonesia in supporting MSME development of documentation to track data such as institutional documents. Based on the results of the study, it shows that the role of Bank Indonesia in developing MSMEs in the Kediri Residency area in the development of MSMEs in general is to increase income and employment so that it is very supportive and has a strategic role in realizing equal distribution of development results and maintaining economic stability through maintaining food commodity inflation.