cover
Contact Name
Rudi Purwanto
Contact Email
alkarim@institercom-edu.org
Phone
+6281905310334
Journal Mail Official
alkarim@institercom-edu.org
Editorial Address
https://journal.institercom-edu.org/index.php/alkarim/about/editorialTeam
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research
ISSN : -     EISSN : 2988795X     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research is a periodic scientific publication published by the Institute of Educational Research and Community Service. The journal serves as a platform for researchers whose work spans multiple disciplines within the fields of Islam and education. Its primary objective is to disseminate significant research findings across these domains.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024): APRIL" : 3 Documents clear
Peran Yayasan Riadhussholihin Thohir Yasin Dalam Menguatkan Pemahaman Keislaman Masyarakat Lingkungan Kamasan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat irpan; Lalu Abdul Gafar
AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research Vol. 2 No. 2 (2024): APRIL
Publisher : Institute of Educational, Research, and Community Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemahaman keislaman masyarakat lingkungan Kamasan sebelum berdirinya Yayasan Riadhussholihin Thohir Yasin masih kurang baik, hal tersebut ditandai dengan berbagai problematika yang terjadi ditengah-tengah masyarakat lingkungan Kamasan. Kemudian dengan berdirinya Yayasan Riadhussholihin Thohir Yasin ini perubahan demi perubahan terjadi sehingga pemahaman masyarakat lingkungan Kamasan menjadi cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan berbagai program-program keislaman sebagai bentuk pengaplikasian nilai-nilai Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah peran yayasan dalam menguatkan pemahaman keIslaman masyarakat sudah cukup efektif. Ditunjukkan dengan yayasan berjalaan sesuai dengan peranannya sebagai pimpinan tertinggi ditengah-tengah masyarakat. Banyak upaya yang dilakukan oleh Yayasan Riadhussholihin Thohir Yasin dalam menguatkan pemahaman keIslaman masyarakat dan menjadi wadah dan untuk regenerasi yang akan datang.
Implementasi Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam Lalu Samcanda
AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research Vol. 2 No. 2 (2024): APRIL
Publisher : Institute of Educational, Research, and Community Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami teori kepemimpinan dalam konteks manajemen pendidikan Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi konsep teori kepemimpinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu pengetahuan dapat disebut ilmu pengetahuan jika memiliki teori. Teori merupakan struktur fundamental dari ilmu pengetahuan, berasal dari istilah Yunani "theoria," yang berarti melihat atau memandang sesuatu dengan kontemplasi atau spekulasi, berbeda dengan tindakan atau pelaksanaan yang disebut "praxis" dalam bahasa Yunani, suatu konsep yang diperkenalkan oleh Aristoteles. Perbedaan antara teori dan praktik dapat dilihat dalam bidang kedokteran, di mana teori medis berupaya memahami penyebab dan sifat kesehatan, sedangkan praktik medis berupaya membuat orang sehat. Dalam konteks kepemimpinan, diperlukan teori yang mampu menjelaskan idealitas kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, agar teori tersebut dapat digunakan sesuai dengan tujuan kepemimpinan itu sendiri.
Penerapan Metode Cerita Dan Nasehat Untuk Membina Akhlak Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IX SMPN 1 Janapria Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015 Saeful Gani
AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research Vol. 2 No. 2 (2024): APRIL
Publisher : Institute of Educational, Research, and Community Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode cerita dan nasehat dalam membina akhlak siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IX SMPN 1 Janapria Lombok Tengah pada tahun pelajaran 2014/2015. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk memahami fenomena yang terjadi dan memberikan gambaran rinci mengenai proses dan hasil dari penerapan metode tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan siswa, guru PAI, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cerita dan nasehat diterapkan dengan menyisipkan kisah-kisah inspiratif dari Al-Quran dan hadis, serta memberikan nasehat yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Siswa memberikan respon yang sangat positif, terlihat antusias, dan termotivasi untuk menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran Islam dan mendorong perilaku positif. Namun, penelitian juga mengidentifikasi tantangan seperti kesulitan guru dalam menjaga konsistensi dan variasi cerita, serta pengaruh faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi penerapan nilai-nilai akhlak oleh siswa. Untuk mengatasi tantangan ini, disarankan agar guru terus berinovasi dalam menyajikan cerita dan nasehat serta melibatkan orang tua dalam proses pembinaan akhlak siswa. Kesimpulannya, penerapan metode cerita dan nasehat dalam pembelajaran PAI efektif dalam membina akhlak siswa, tetapi memerlukan dukungan yang berkelanjutan dari guru, sekolah, dan orang tua untuk mencapai hasil yang optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 3