cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
AL-MAKTABAH
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2022): Al-Maktabah" : 7 Documents clear
Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Zulfitri Zulfitri
Al Maktabah Vol 21, No 1 (2022): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v21i1.30757

Abstract

Literasi informasi maksudnya kelancaran menelusur informasi dan penguasaan teknologi informasi dalam menelusur informasi sesuai kebutuhan, hal ini sangat penting untuk keberhasilan pendidikan tinggi dan belajar seumur hidup. Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang perlu dikenalkan dan selanjutnya ditekankan punya keahlian literasi informasi sejak dini, terutama terhadap penelusuran sumber kajian Islam. Tujuan literasi informasi ini agar mahasiswa mampu menafsirkan informasi sebagai pengguna informasi dan menjadi penghasil informasi bagi dirinya sendiri. Penelitian ini memakai metode kombinasi (mixed methods), yaitu menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan objektif. Analisis deksriptif dari beberapa indikator adalah menunjukkan secara umum bahwa pentingnya peningkatan literasi informasi melalui kegiatan layanan pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN IB Padang Dari penelitian disimpulkan bahwa mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang masih kebingungan dalam menelusur informasi, terutama yang berbahasa Arab, walau kegiatan literasi informasi sudah dicanangkan oleh UPT Perpustakaan pada dosen, mahasiswa dan pustakawan. Untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan dukungan dan perhatian yang serius dari pimpinan, dosen dan bagian-bagian terkait, baik sektor peralatan, keuangan, koleksi yang digunakan bahkan fasilitas tenaga yang profesional serta waktu yang cukup.
Perilaku Penelusuran Informasi Mahasiswa UIN Jakarta Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Selama Pandemi Covid-19 Nuryaman Nuryaman; Amrullah Hasbana
Al Maktabah Vol 21, No 1 (2022): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v21i1.30769

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi perilaku penelusuran informasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir selama Pandemi Covid-19. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dalam mencapai tujuan penelitian. Sampel diambil dari populasi yang memenuhi kriteria sedang atau telah menyusun tugas akhir dan diperoleh 100 responden. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk menggambarkan kondisi perilaku penelusuran mahasiswa secara keseluruhan dan pada setiap prosesnya sesuai Big 6 Model. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa perilaku penelusuran informasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir dianggap sudah baik dengan total skor 4.788, berkategori baik. Hasil ini didukung pula oleh masing-masing tahapan penelusuran yang dominan berkategori baik (rentang skor 680-840), yaitu task definition (852) information seeking strategies (815), location and access (788), use of information (799), synthesis (780) dan evaluation (754). Kondisi ini menunjukkan bahwa mahasiswa akhir memiliki persepsi baik terhadap keterampilan menelusur informasi selama Pandemi Covid-19 dengan skor tertinggi pada tahap task definition dan skor terendah evaluation. Sebagai rekomendasi, mahasiswa dan pemangku kepentingan dapat meningkatkan keterampilan mengevaluasi hasil penelusuran dan penelitian dapat ditindaklanjuti dengan perluasan jumlah sampel dan pengumpulan data melalui wawancara.
Evaluasi Sistem Informasi Dalam Proses Aplikasi E-Prints Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin Menggunakan Model Pieces Laila Rahmawati; Siti Fatimah; Nor Latifah
Al Maktabah Vol 21, No 1 (2022): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v21i1.30768

Abstract

Penerapan teknologi informasi (TI) saat ini telah berkembang pesat hampir ke semua bidang teknologi termasuk di perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. UPT Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin menerapkan sistem Institutional Digital Repository (IDR). Dengan adanya Institutional Digital Repository (IDR) ini pihak perpustakaan dapat menunjang segala aktivitas yang berada di lingkungan UIN Antasari Banjarmasin serta memberikan keuntungan karena menghemat biaya, waktu, tempat dan mempermudah pustakawan untuk melakukan observasi kategori-kategori Institutional Digital Repository (IDR) yang diantaranya seperti Artikel, Monografi, Laporan Penelitian, Konferensi-Orasi Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Buku, Gambar, Teaching Resource, dan lainnya. Serta memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk mencari kategori Institutional Digital Repository (IDR) yang ada di UIN Antasari Banjarmasin. Institutional Digital Repository (IDR) masih terdapat beberapa kelemahan, diantaranya sebagai pengelola/pustakawan menyadari bahwa desain dari Institutional Digital Repository (IDR) itu sendiri cenderung kaku karena bawaan dari sistem atau pengelola yang kurang memahami bagaimana desain yang bagus untuk Institutional Digital Repository (IDR) dan Pencarian di Institutional Digital Repository (IDR) yang berbasis iklim ini sedikit agak kesulitan bagi mahasiswa mencari karena kata kunci- kata kunci dan bagian operator yang untuk mengizinkannya itu tidak begitu akurat ketika pengguna mencari.
Perilaku Pencarian Informasi Remaja Wanita Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Skincare Melalui Media Sosial Twitter Ulpah Andayani; Adiesty Mutiara; Arini Arini; Khoirani Inayah; Riska Rafinia; Muhammad Faikar; Nur Nur
Al Maktabah Vol 21, No 1 (2022): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v21i1.30790

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, informasi semakin mudah ditemukan. Sosial media sebagai contoh alat untuk menemukan informasi, dari aplikasi Twitter, Instagram, Pinterest, dan lainnya. Kemudahan mencari informasi mengenai skincare melalui media sosial Twitter yang dibarengi dengan perilaku seseorang yang gemar berbagi informasi mengenai skincare melalui review atau tweet memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan informasi skincare bagi orang-orang yang mengakses Twitter karena sifatnya yang fleksibel yaitu dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena peneliti ingin menjelaskan bagaimana pola perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh para pengguna skincare dalam memanfaatkan twitter untuk mencari informasi skincare. Metode pengambilan data yang akan digunakan adalah wawancara dan studi literatur. Informasi-informasi utama yang dicari oleh para remaja wanita mengenai skin care adalah produk skincare, jenis dan fungsinya, bahan dan kandungan skincare serta efek dari penggunaan skincare. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan perilaku pencarian informasi yang dapat ditemukan pada remaja wanita adalah perhatian pasif, pencarian pasif, pencarian aktif dan pencarian berlanjut.
Peranan Perpustakaan Terhadap Pentingnya Pembinaan dan Peningkatan Minat Baca Nasrul Makdis; Jendri Jendri
Al Maktabah Vol 21, No 1 (2022): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v21i1.30767

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan secara konferehensif terhadap peranan kepustakaan terhadap pembinaan minat baca yang sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah ditentukan. Yang nantinya bisa diterapkan secara operasional dan bahkan menumbuhkan minat baca secara signifikansi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kepustakaan (library research) yang menggunakan buku-buku atau literatur yang berhubungan dengan penelitian ini untuk dijadikan sebagai objek utama penalitian, yang kemudia dianalisis secara deskriptif induktif untuk memberikan sebuah gambaran dengan jelas, objektifitas, dan sitematismengenai peranan kepustakaan terhadap pembinaan minat baca. Dari hasil pembahasan  penelitian ini menunjukan bahwa, kurangnya maraknya  ditemukan di kalangan masyarakat dalam minat baca bahkan masyarakat tidak mau membaca dan mencari informasi mengenai sesuatu, padahal dengan perkembangan teknologi mudahnya untuk mengakses bahan bacaan deberbagai tempat misalnya diperpustakaan supaya menjadikan masyarakat yang cerdas dalam perihal membaca. Namun hal in memiliki faktor secara internal maupun eksternal, atau disebut juga dengan istilah tranpormatif.
Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19:Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang Adesti Putri Anesia; Misroni Misroni
Al Maktabah Vol 21, No 1 (2022): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v21i1.30791

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk pelayanan yang diterapkan oleh pengelola perpustakaan, untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan pengelola perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan di perpustakaan, dan untuk mengetahui apakah ada kendala yang dihadapi pengelola perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan di Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data diambil dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, staff bagian layanan sirkulasi, staff pengelola bagian referensi dan student staff. Berdasarkan dari hasil analisis mengenai strategi pengelola dalam meningkatkan pelayanan di masa pandemi covid-19 (Studi kasus Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang) dengan menggunakan analisis SWOT, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pelayanan yang diterapkan pengelola perpustakaan dalam masa pandemi covid-19 ialah, menerapkan pelayanan online untuk sistem peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi di perpustakaan.
Menumbuhkan Literasi Anak Melalui Taman Bacaan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Curup Marleni Marleni; Hati Murdani
Al Maktabah Vol 21, No 1 (2022): Al-Maktabah
Publisher : Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/almaktabah.v21i1.30758

Abstract

Perguruan tinggi memegang  peranan dalam  menumbuhkan literasi pada masyarakat sesuai dengan tri dharma yang ada. Dalam hal ini salah satunya adalah kemampuan baca tulis masyarakat. Tumbuhnya kebiasaan membaca terkhususnya pada anak dapat mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat. Tulisan ini mengkaji bagaimana membangun dan menumbuhkan literasi anak berdasarkan pengalaman program Taman Bacaan Masyarakat oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dalam  menumbuhkan literasi anak . Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Taman Bacaan Masyarakat ini dibangun oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan IAIN Curup berlokasi di Kabupaten Rejang lebong, Bengkulu dimulai sejak tahun 2021, untuk memeberikan kesadaran kepada anak-anak mengenai literasi dengan cara memberikan edukasi diberbagai bidang ilmu yang diberikan langsung oleh pelaksana Taman Bacaan Masyarakat dengan ini peranan Taman Bacaan benar-benar dapat memperkuat pengetahuan anak-anak bahkan masyarakat di  kabupaten Rejang Lebong.

Page 1 of 1 | Total Record : 7