cover
Contact Name
FEBRY ICHWAN BUTSI
Contact Email
ichwan.butzi@gmail.com
Phone
+6281275054947
Journal Mail Official
judika@fisip.uisu.ac.id
Editorial Address
Departemet of Communication Science Faculty of Social and Political Sciences, Islamic University of North Sumatra, 20143, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 29636043     DOI : http://dx.doi.org/10.30743/jdkik.v1i2
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UISU. Judika merupakan jurnal yang didedikasikan untuk mendiseminasikan artikel ilmiah dari para akademisi, praktisi, dan peminat kajian Ilmu Komunikasi dari lintas perguruan tinggi baik lokal, nasional, bahkan internasional. Kajian yang dimuat ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian kehumasan, komunikasi organisasi, komunikasi kelompok, komunikasi pemasaran, psikologi komunikasi dan kajian lain yang relevan dengan Ilmu Komunikasi. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yakni pada bulan Januari dan Juli. Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi telah terindeks di Google Scholar, serta telah memiliki e ISSN yang diterbitkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional, Direktorat Repositori Multimedia dan Penerbitan Ilmiah dengan nomor 2963-6043.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi" : 6 Documents clear
ANALISIS PERILAKU KOMUNIKASI ANAK-ANAK BROKEN HOME DI DUSUN IX DESA BANDAR KHALIPAH KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG Chairunisa, Dinda; Nasution, Ridwan
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i1.8750

Abstract

Artikel ini memuat hasil penelitian tentang anak broken home berasal dari keluarga yang sudah tidak utuh akibat perceraian atau perpisahan dari kedua orang tuanya. Remaja yang berasal dari keluarga yang broken home tidak jarang yang mengalami berbagai hambatan atau masalah dalam hidupnya khususnya dalam menghadapi masa krisis dan tugas perkembangannya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Perilaku Komunikasi Anak-anak Broken Home Di Dusun IX Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Dan Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan Perilaku Komunikasi Anak-anak Broken Home Di Dusun IX Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan Di Dusun IX Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh Anak- anak Broken Home yang berumur 18-26 tahun. Teknik analisis data dengan Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini Pertama, Analisis Perilaku Komunikasi Anak-Anak Broken Home di Desa Bandar Khalipah yaitu Proses komunikasi yang terjadi pada keluarga broken home di lingkungan masyarakat Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang berlangsung kurang baik, Hal ini disebabkan karena tempat tinggal antara anggota keluarga yang broken home sudah berbeda. Kedua; Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku komunikasi anak broken home di Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan, yaitu terdapat beragam faktor yakni ada faktor suasana psikologis, faktor bahasa serta faktor citra diri. Tidak hanya citra diri, citra orang lain pun juga dapat mempengaruhi kemampuan orang dalam melakukan komunikasi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP GAYA HIDUP IBU RUMAH TANGGA MENURUT PERSEPSI SUAMI (STUDI KASUS DI KELURAHAN TEGAL SARI KOTA MEDAN) Sari, Gita Novita; Butsi, Febry Ichwan
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i1.8751

Abstract

Kemajuan teknologi membuat perkembangan zaman menjadi begitu canggih internet menjadi media yang paling banyak digunakan masyarakat salah satu nya media sosial. Facebook merupakan media sosial yang populer dan memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat terutama ibu rumah tangga. Facebook kini telah aktif digunakan oleh ibu rumah tangga banyak nya fitur yang bisa digunakan ibu rumah tangga di dalam Facebook mampu mengubah gaya hidup ibu rumah tangga seperti dalam berpenampilan, bersosialisasi, dan mencari pengetahuan tentang edukasi, tetapi ketika ibu rumah tangga menggunakan Facebook tidak selalu mendapatkan respon positif oleh suami. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Facebook terhadap gaya hidup ibu rumah tangga menurut persepsi suami. Penelitian ini memakai metode deskriptif pendekatan kuantitatif di mana bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel lainnya dan untuk melihat sejauh mana pengaruh antar variabel dengan melihat tingkat signifikan antara variabel. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Suami yang tinggal di Kelurahan tegal sari, lingkungan III kecamatan medan area yang berjumlah 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tunggal, uji hipotesis memakai rumus analisis statistik deskriptif dengan perangkat SPSS versi 26. Dengan uji Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed). Koefisien korelasi yang diperoleh menunjukkan angka 0,989.
MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Yusuf, Yogi Muhammad; Rahiem, Vikry Abdullah; Fitrananda, Charisma Asri
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i1.8521

Abstract

Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam. Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual didapatkan dari pendidikan agama yang baik, ditambah dengan pendidikan agama yang terbuka dan menerima perkembangan jaman yang semakin mengglobal ini. Perkembangan teknologi internet dalam dunia pendidikan pun makin ramah dengan situs jejaring youtube Pesan_Trend. Metode penelitian ini menggunakan etnografi virtual yang mengamati komunikasi media pembelajaran siswa di youtube channel Pesan_Trend berkaitan dengan perilaku komunikasi dalam tema kebudayaan tertentu. Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran Pesan_Trend dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam itu sendiri,  dimana pembelajaran pendidikan agama Islam dapat berorientasi pada media pembelajaran berbasis online yang inovatif seperti platform Youtube. Tersedianya media pembelajaran pendidikan agama Islam alternatif yang berbasis pada media sosial (online) untuk pengajaran pendidikan agama Islam dapat memberikan kemudahan kepada  guru pendidikan agama Islam dalam melaksakan proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis online yakni media sosial. Pemanfaatan media sosial sebagai media pendidikan agama Islam adalah memberi imbas dengan landasan yang mendasar bagi guru pendidikan agama Islam untuk memilih metode serta media pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan tuntutan pendidikan saat ini. 
ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG KENAIKAN BBM DI MEDIA ONLINE WASPADA.ID DAN MEDANBISNISDAILY. COM Ilham, Taufik
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i1.8752

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana framing pemberitaan kenaikan BBM di media online Waspada.id dan Medanbisnisdaily.com edisi September 2022. Alasan penelitian pada edisi September ini dikarenakan berita kenaikan BBM pertama kali dipublikasikan pada bulan ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman dengan pendekatan kualitatif melalui empat elemen yang dimilikinya, yaitu mencakup : define problems, diagnose cause, make moral judgement, dan treatment recommendations. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan antara framing dari waspada.id dan medanbisnisdaily.com. Dari elemen framing yang pertama, kedua media mendefinisikan isu kenaikan BBM sebagai masalah ekonomi. Elemen framing yang kedua, media tersebut menempatkan kenaikan BBM sebagai sumber masalah. Elemen framing yang ketiga, media tersebut memiliki perbedaan dalam membuat keputusan moral yaitu pemerintah daerah di wilayah Sumut berupaya mencegah dan mengatasi dampak kenaikan BBM dan dengan kenaikan BBM, pemerintah dinilai sudah melukai hati masyarakat serta membuat perekonomian masyarakat semakin terpuruk. Dan elemen framing yang terakhir, media Waspada.id menekankan penyelesaian isu kenaikan BBM ialah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada DPR RI atau pemerintah pusat. Sedangkan Medanbisnisdaily.com menekankan penyelesaian ialah antisipasi dilakukan pemrintah daerah terhadap dampak yang ditimbulkan kenaikan BBM.
DAMPAK IKLAN PERINGATAN MEROKOK TERHADAP PECANDU ROKOK USIA 45 – 50 TAHUN DI LINGKUNGAN VI KELURAHAN PANGKALAN MANSYUR KECAMATAN MEDAN JOHOR KOTA MEDAN Firjatullah, Luthfi; Singarimbun, Junedi
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i1.8748

Abstract

Artikel ini meneliti perilaku merokok khususnya di dalam penelitian ini adalah perokok usia 45-50 tahun, apakah telah menerima informasi mengenai bahaya–bahaya rokok yang sudah tercantum dalam gambar seram peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok dengan visualisasi yang lebih ekstrem dengan tujuan untuk lebih meyakinkan kesadaran masyarakat khususnya perokok aktif terhadap bahaya merokok yang dapat membahayakan kehidupan mereka. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tentang komponen AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) manakah yang paling mempengaruh iklan bahaya merokok terhadap perilaku merokok usia 45-50 tahun pasca pemberlakuan gambar seram peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok, dengan judul penelitian Pengaruh Iklan Bahaya Merokok terhadap Perilaku Merokok di Lingkungan VI  Kelurahan Pangkalan Mansyur Kecamatan Medan Johor Kota Medan. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terhadap dampak iklan peringatan merokok terhadap pecandu rokok usia 45-50 tahun di lingkungan VI, kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor. Tidak banyak dari informan yang memperhatikan gambar kemasan rokok tersebut. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pencantuman gambar kemasan rokok terhadap minat beli. Pecandu rokok usia 45-50 tahun di lingkungan VI, Kelurahan Pangkalan Mansyur memutuskan untuk tetap membeli rokok, walaupun sudah ada gambar peringatan pada kemasan rokok tersebut
ANALISIS FRAMING BERITA CALON PRESIDEN RI 2024 DI MEDIA DETIK.COM DAN CNNINDONESIA.COM Hutabarat, Annisa Dianti; Siregar, Zakaria
Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2024): Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/jdkik.v2i1.8749

Abstract

Media pada era globalisasi dan kemajuan teknologi sekarang ini memiliki  peranan penting dalam kesuksesan dan keberhasilan suatu tujuan politik yang ditetapkan. Sebagaisaluran  penyampai  pesan,  media  khususnya  media online menjadi salah satu alat  yang  paling  ampuh untuk  mempengaruhi,  meyakinkan  bahkan  membentuk  suatu  opini  di  publik  terkait  isi-isiberita  yang  disajikan  secara teks dangambar. Kondisi  pertarungan  pilpres  2024 hari  iniantara telah membelah kekuatan korporasi/ perusahaan media. Pertarungan politik mediayang  paling  mencolok  adalah  pertarungan  antara Detik.com dan CNNIndonesia.com. Dengan  menggunakan  pendekatan  Analisis  Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosichi,  identifikasitentang penggunaan media online untuk kepentingan politik demi mencapai kekuasaan diklasifikasikan dengan melakukan analisis bingkai sebuah peristiwa yang diberitakan yakni berita  soal Capres 2024  di  kedua  korporasi  media  online tersebut  melalui  pembahasan berita Calon Presiden  pada  tanggal 21-26 April2023 oleh Detik.com dan CNNIndonesia.com. Dari analisis peneliti ditemukan bahwa Detik.com cenderung lebih banyak membahas Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 dibanding CNNIndonesia.com.

Page 1 of 1 | Total Record : 6