cover
Contact Name
Elisabeth Tantiana Ngura
Contact Email
elisabethngura@gmail.com
Phone
+6285338387959
Journal Mail Official
jurnal.jcpa@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa-Ende, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Citra Pendidikan Anak
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : -     EISSN : 28305671     DOI : https://doi.org/10.38048
Core Subject : Education,
Jurnal Citra Pendidikan Anak disingkat JCPA adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil pemikiran dan penelitian dalam bidang kajian anak usia dini dan pendidikan dasar. JCPA diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JCPA terbit 4 kali dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Jurnal Citra Pendidikan Anak mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 3. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 4. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 5. Isu isu Terkini dalam Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK SATAP SDK OLABOLO Menge, Fransiska; Ita, Efrida; Maku, Karmelia Rosfinda Meo
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2582

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendesain media pembelajaran flash card untuk aspek aspek kemampuan kognitif anak usia dini 5-6 tahun di TKK Satap SDK Olabolo. Penelitian ini dilakuakan di TKK Satap SDK Olabolo. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran flash card untuk aspek aspek kemampuan kognitif anak usia dini 5-6 tahun di TKK Satap SDK Olabolo. Penelitian ini dilakuakan di TKK Satap SDK Olabolo. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini 5-6 tahun di TKK Satap SDK Olabolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, sedangkan model penelitian yang digunakan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima langkah yaitu: (1) analisis (analyze), (2) rancangan (design) (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Media pembelajaran flash card yang dihasilkan melalui beberapa tahap uji coba ahli materi, ahli media, ahli desain, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Dengan adanya media dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengklasifikasikan gambar berdasarkan warna yang dikenal. Hal ini dapat dilihat dari uji kelayakan oleh ahli materi dengan memperoleh hasil 87% dengan predikat “Sangat Valid” karena produk ini sudah layak digunakan, perolehan nilai yang didapatkan dari ahli media 80% dengan predikat “Valid” dan pada hasil uji coba penggunaan produk kepada ahli media ini baik dilakukan tanpa revisi dan memiliki kategori baik, dan perolehan nilai yang didapat dari ahli desain yaitu 80% dengan predikat “Valid” karena RPPH yang dibuat layak digunakan. Uji coba perorangan persentase 100% dengan predikat “Sangat Valid” serta uji coba kelompok kecil persentase 100% dengan predikat “Sangat Valid”. Dengan demikian, media pembelajaran flash card yang sudah diuji coba oleh beberapa ahli dan pengguna media pembelajaran ini sudah di nyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Abstract This study aims to: 1) Design flash card learning media for aspects of cognitive abilities of early childhood 5-6 years at TKK Satap SDK Olabolo. This research was conducted at TKK Satap SDK Olabolo. 2) Knowing the feasibility of flash card learning media for aspects of cognitive abilities of early childhood 5-6 years at TKK Satap SDK Olabolo. This research was conducted at TKK Satap SDK Olabolo. The subjects in this study were early childhood 5-6 years at TKK Satap SDK Olabolo. This type of research is development research, while the research model used uses the ADDIE model. The ADDIE model consists of five steps, namely: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Flash card learning media produced through several stages of material expert trials, media experts, design experts, individual trials and small group trials. The presence of media can improve cognitive abilities in classifying images based on known colors. This can be seen from the feasibility test by material experts by obtaining 87% results with the predicate "Very Valid" because this product is suitable for use, the value obtained from media experts is 80% with the predicate "Valid" and the results of trials using the product to media experts are both carried out without revision and have a good category, and the value obtained from design experts is 80% with the predicate "Valid" because the RPPH made is suitable for use. 100% percentage individual trials with "Very Valid" predicate and 100% percentage small group trials with "Very Valid" predicate. Thus, flash card learning media that have been tested by several experts and users of this learning media have been declared suitable for use in the learning process.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK ASPEK BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TKK SATAP SDK OLABOLO Nggai, Martina Maria Susi Susanti; Dhiu, Konstantinus Dua; Ngura, Elisabeth Tantiana
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2583

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendesain media pembelajaran busy book untuk aspek bahasa anak kelompok B di TKK Satap SDK Olabolo. 2) menguji kelayakan media pembelajaran busy book untuk aspek bahasa anak kelompok B di TKK Satap SDK Olabolo. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri atas 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini melibatkan anak usia 5-6 tahun kelompok B di TKK SATAP SDK Olabolo. Hasil pengembangan media pembelajaran busy book untuk aspek Bahasa anak menunjukkan bahwa media busy book yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan aspek bahasa anak usia 5-6 tahun di TKK SATAP SDK Olabolo dikategorikan layak berdasarkan kelayakan media dan keseluruhan rangkaian uji coba mulai dari uji coba ahli materi, ahli desain, ahli media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Pada kriteria kelayakan isi berdasarkan uji coba ahli materi dengan jumlah skor 100% “sangat valid”, karena produk yang digunakan sudah layak digunakan, dan berdasarkan uji coba ahli desain pembelajaran kategori dengan jumlah skor 83% “valid”. Dan hasil uji coba ahli media pembelajaran dengan kategori 95% “sangat valid”, pada hasil uji coba penggunaan produk kepada ahli media bahwa media ini baik dan di lakukan tanpa revisi dan memiliki kategori “sangat baik”. Dengan demikian, media pembelajaran Busy Book ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini. Abstract This study aims to: 1) design busy book learning media for the language aspects of group B children at TKK Satap SDK Olabolo. 2) testing the feasibility of busy book learning media for language aspects of group B children at TKK Satap SDK Olabolo. This research uses the ADDIE development model. This development model consists of 5 stages, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects in this study involved children aged 5-6 years group B at TKK SATAP SDK Olabolo. The results of the development of busy book learning media for children's language aspects show that the busy book media used in improving the language skills of children aged 5-6 years at TKK SATAP SDK Olabolo is categorized as feasible based on media feasibility and the entire series of trials ranging from material expert trials, design experts, media experts, individual trials, and small group trials. The content eligibility criteria are based on material expert trials with a total score of 100% "very valid", because the products used are suitable for use, and based on category learning design expert trials with a total score of 83% "valid". The results of the trial of learning media experts with the category of 95% "very valid", on the results of trials of using products to media experts that this media is good and carried out without revision and has a category of "very good". Thus, this Busy Book learning media is declared suitable for use in the early childhood learning process
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN ABJAD ASPEK BAHASA KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KOBER PEU PADO MALANUZA Dua, Marselina; Ita, Efrida; Ngura, Elisabeth Tantiana
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2587

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menghasilkan media papan Abjad dalam meningkatkan aspek bahasa keaksaraan pada anak di Kober Peu Pado. 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media papan Abjad dalam meningkatkan aspek bahasa keaksaraan anak di Kober Peu Pado. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis (analyisis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subyek penelitian adalah anak yang berusia 4-5 tahun. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Dengan instrumen penelitian yaitu 1.) Instrumen ahli media 2). Instrumen ahli desain 3). Instrumen ahli materi 4). Uji coba perorangan 5) Uji coba perkelompok. Hasil penelitian menyatakan kriteria kelayakan seluruh ahli dan uji coba kelompok dan perorangan dapat diperoleh kelayakan media papan abjad yang dikembangkan sebagai berikut: 1) Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 100% dengan kriteria (sangat valid); 2) Validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata 30 dengan kriteria skor 85% (valid); 3) Validasi ahli desain memperoleh nilai 24 dengan kriteria skor 80% (valid); 4) Uji coba kelayakan perorangan dengan kriteria skor 7,5% ; 5) Uji coba perkelompok dengan kriteria skor 100% (sangat valid).
PENGEMBANGAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK ST. ALOYSIUS ULUBELU Anu, Balbina; Meka , Marsianus; Maku, Karmelia Rosfinda Meo
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendesain media kartu angka bergambar dalam kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TKK St. Aloysius Ulubelu. 2) Untuk mengetahui kelayakan media kartu angka bergambar dalam kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TKK St. Aloysius Ulubelu menggunakan model ADDIE. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah anak yang berusia 5-6 tahun di kelompok B yang terdiri dari 11 orang anak usia 5-6 tahun di TKK St. Aloysius Ulubelu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa kriteria kelayakan seluruh ahli dan kelayakan dari uji perorangan serta kelompok kecil diperoleh kelayakan kartu angka bergambar yang yang dikembangkan antara lain sebagai berikut. 1) Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 97,78 dengan kriteria (sangat valid); 2) Validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 90 dengan kriteria (sangat valid); 3) Validasi ahli desain memperoleh skor rata-rata 86,25 dengan kriteria (sangat valid); 4) Uji coba kelayakan perorangan memperoleh skor rata-rata 100 dengan kriteria (sangat valid). 5) Uji coba kelayakan kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 100 dengan kriteria (sangat valid). Dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba kelayakan kartu angka bergambar oleh ahli dan anak usia 5-6 tahun sebagai pengguna produk dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambing bilangan anak usia 5-6 tahun di TKK St. Aloysius Ulubelu.
PENGEMBANGAN MEDIA BUSSY BOOK UNTUK KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN Fesa, Katarina; Meka, Marsianus; Nafsia , Andi
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2599

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendesain pengembangan media bussy book untuk kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di Kober Peu Pado. 2) untuk mengetahui kelayakan media bussy book untuk kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di Kober Peu Pado. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau development. Penelitian pengembangan lebih diarahkan pada upaya menghasilkan produk tertentu kemudian diuji keefektifannya sehingga siap digunakan secara nyata dilapangan. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analayisis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implemenation) dan evaluasi (evaluation). Metode penelitian untuk pengumpulan data yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, metode angket. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media Bussy book yang telah diuji kelayakan oleh ahli media, ahli desain, ahli materi, uji coba perorangan dan uji cba kelompok kecil. Hasil penelitian menujukan hasil sangat valid dan layak untuk di gunakan dengan rincian: 1) Ahli materi 100% sangat valid,  2) Ahli Media 85,3% valid, 3)Ahli Desain 88% valid,4) Uji coba kelompok kecil 100%, 5) uji coba perorangan 100% sangat valid.
PENGEMBANGAN MEDIA MAZE ANGKA UNTUK KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI MALABOA Bena, Theresia Atlavia; Dhiu, Konstantinus Dua; Maku, Karmelia Rosfinda Meo
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2600

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengembangan media Maze Angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini seperti menyebutkan lambang bilangan 1- 10, menggunakan lambang bilangan untuk menghitung, mencocokan lambang bilangan dengan bilangan di TK Negeri Malaboa. Dalam pembelajaran aspek kognitif berdasarkan media Maze Angka yang dikembangkan terlebih dahulu diuji validasinya. Jenis penelitian pengembangan media Maze angka menggunakan model ADDIE. Menurut Tegeh dan Kirna (Widianata, 2012: 37) Model ADDIE terdiri dari lima tahapan yang meliputi: analisis (analayisis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implemenation) dan evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rincian sebagai berikut: kevalidan dalam media maze tersebut memiliki uji coba dengan nilai ahli materi 80% valid,ahli desain 85,35% valid, uji coba perorangan 100% sangat valid, uji coba kelompok kecil 100% sangat valid.
PENGEMBANGAN MEDIA KINCIR HURUF UNTUK KEMAMPUAN LITERASI BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK St. BERNARDUS NAGESAPADHI Tene, Maria Florida; Ita , Efrida; Nafsia, Andi
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2602

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendesain media kincir huruf untuk kemampuan literasi bahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK St. Bernardus Nagesapadhi, (2) Untuk mengetahui kelayakan media kincir huruf untuk kemampuan literasi bahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK St. Bernardus Nagesapadhi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: analisis, tahap desain, tahap perencanaan, tahap inplementasi, tahap evaluasi. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, metode angket. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk media kincir huruf yang telah diuji kelayakan dan desain oleh ahli media, ahli desain, ahli materi, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kincir huruf sangat valid dan layak untuk di gunakan dengan rincian : 1) ahli materi 95,6% sangat valid 2) ahli media 83,8% valid 3) ahli desain 85,3% 4) uji coba kelompok kecil 100% 5) uji coba perorangan 100% sangat valid
PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA IBU NAGEKEO BERBASIS WEB DENGAN TEMA LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKK OLAEWA Gae, Krisna; Oka, Gde Putu Arya; Dhiu, Konstantinus Dua
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendesain pengembangan kosa kata bahasa ibu nagekeo berbasis web dengan tema lingkungan pada anak usia 4-5 tahun di TKK Olaewa. 2) Menguji kelayakan pengembangan kosakata bahasa ibu Nagekeo berbasis web dengan tema lingkungan pada anak usia 4-5 tahun                     di TKK Olaewa. Penelitan ini menggunakan model ADDIE. Dalam tahapan penelitian terdiri dari: 1) Tahapan Analisi 2) Tahapan Desain 3) tahapan perencanaan 4) tahap implementasi 5) tahap Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi , wawancara, dokumentasi, Hasil penelitian pengembangan ini berupa pengembangan kosakata bahasa ibu Nagekeo berbasis web yang telah diuji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukan hasil sangat valid dan layak untuk di gunakan dengan rinciaan: 1) Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 93,33 dengan kriteria (sangat valid); 2) Validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 93,33 dengan kriteria (sangat valid); 3) Validasi ahli desain memperoleh skor rata-rata 85,33 dengan kriteria (valid); 4) Validasi ahli Bahasa memperoleh skor rata-rata 88 dengan kriteria (sangat valid); 5) Uji coba kelayakan perorangan memperoleh skor rata-rata 80 dengan kriteria (valid). 5) Uji coba kelayakan kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 100 dengan kriteria (sangat valid).
IMPLEMENTASI ETIKA DAN MORAL DI SDI TARBIYAH AR-RABANIYAH CISOKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Barokhah, Julia Nur; Wulandari, Ryanty Fitria
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2718

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi etika dan moral dalam kehidupan sehari-hari siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tarbiyah Ar-Rabaniyah di Cisoka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana sekolah ini mengintegrasikan nilai-nilai etika dan moral dalam kurikulum dan lingkungan sehari-hari, serta dampaknya pada perkembangan moral siswa. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDIT Tarbiyah Ar-Rabaniyah dengan tekun menerapkan nilai-nilai etika dan moral dalam kurikulumnya. Mereka mengintegrasikan ajaran Islam tentang etika, moral, dan akhlak dalam mata pelajaran sehari-hari serta melalui kegiatan ekstrakurikuler, seperti pembelajaran agama, bahasa Arab, dan karakter. Siswa-siswa di sekolah ini dilibatkan dalam praktik sehari-hari yang mendorong mereka untuk mengaplikasikan nilai-nilai etika dan moral dalam tindakan mereka. Hasilnya, siswa memiliki pemahaman yang kuat tentang pentingnya etika dan moral dalam kehidupan sehari-hari. Mereka mengembangkan kesadaran moral yang kuat dan kemampuan untuk membuat keputusan yang etis. Implementasi etika dan moral di SDIT Tarbiyah Ar-Rabaniyah membantu siswa dalam mengembangkan karakter dan perilaku yang baik. Hal ini menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan moral siswa dan membantu mereka menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan pentingnya pendidikan moral di sekolah-sekolah Islam dan dampak positifnya dalam membentuk karakter siswa
TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK DAN IMPLIKASINYA DI SEKOLAH DASAR Anjelita, Kharisma; Supriyanto, Achmad
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v3i1.2822

Abstract

Pembelajaran adalah proses belajar mengajar. Pembelajaran adalah proses peserta didik dalam berinteraksi dengan sumber belajarnya untuk memperoleh ilmu baru, wawasan baru dan pengetahuan yang dibantu oleh pendidik. Dalam pembelajaran, terdapat berbagai macam teori belajar, strategi, model, dan metode. Hal-hal tersebut adalah komponen-komponen yang harus ada dalam pembelajaran guna menciptakan hasil belajar yang efektif. Untuk mendapatkan hasil belajar yang efektif, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menerapkan atau menentukan teori belajar. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang salah satu teori belajar yang populer, yaitu teori belajar konstruktivistik. Artikel ini ditulis berdasarkan metode studi pustaka atau bisa juga disebut penelitian literatur. Penulis telah mencari dan mengumpulkan sumber-sumber dari artikel atau buku yang relevan dengan topik yang dibahas. Kemudian penulis membaca sumber-sumber tersebut satu persatu untuk mencari data yang dibutuhkan dalam penulisan artikel. Dalam teori belajar konstruktivistik, proses belajar merupakan proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan yang dimiliki peserta didik. Pengetahuan terletak di dalam diri seseorang yang sedang mengetahui (Schunk, 1986). Hal itu berarti proses pembentukan pengetahuan dilakukan oleh peserta didik itu sendiri bukan dari bentukan orang lain. Siswa perlu aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, aktif berpikir, mengembangkan konsep dan memahami makna hal-hal yang dipelajari. Teori belajar konstruktivistik adalah teori yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran, karena teori ini menuntut peserta didik untuk dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian proses kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan akan terkesan lebih hidup dan lebih bermakna. Partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sebagai penerapan teori konstruktivistik tersebut dapat dilaksanakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Pembelajaran tematik berdasarkan pada filsafat konstruktivisme yang berpandangan bahwa pengetahuan yang dimiliki peserta didik merupakan hasil bentukan peserta didik sendiri melalui pengalaman langsung yang dilaluinya, bukan dari bentukan orang lain. Artikel ini bertujuan untuk memahami penerapan teori konstruktivis pada mata pelajaran di sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10