cover
Contact Name
Liah Siti Syarifah
Contact Email
liahss@staisyamsululum.ac.id
Phone
+6285716563367
Journal Mail Official
manhajuna@staisyamsululum.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No.27-29, Gunungpuyuh, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43123
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 28281055     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical experience.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu" : 5 Documents clear
Pengaruh al-waritsah dan al-Biiah terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Individu Muhammad Luthfi Abdul Aziz; Ade Saepudin
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hereditas dan lingkungan merupakan bagian dari sistem kehidupan manusia di dunia. Keduanya sangat berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan manusia, apakah manusia akan diarahkan kearah yang baik sesuai dengan hakikat manusia dan kehidupan atau sebaliknya, manusia lalai akan jati dirinya sendiri dan bahkan cenderung menjadi orang yang merusak tatanan kehidupan di dunia maupun di akhirat. Penelitian ini adalah jenis penelitian survei dengan pendekatan mix method (Penelitian Gabungan) dengan model Explanatory Squential Design, dengan jumlah populasi sebanyak 17.157 orang dan sampel sebanyak 103 orang. Dari hasil penlitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS menunjukkan nilai koefisien korelasi (Ry(1,2) ) sebesar 0,663, karena nilai koefisien korelasi (Ry(1,2) ) bernilai positif maka dapat dinyatakan bahwa variabel hereditas dan lingkungan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dan Perkembangan individu manusia. Nilai R2 sebesar 0,440 yang berarti 40,4% perubahan pada variabel Pertumbuhan Individu Manusia dapat diterangkan oleh Hereditas dan Lingkungan, sedangkan sisanya 59,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dampak Reward dan Punishment terdahap Kedisiplinan Ridwan Saepudin; Beni Kurniawan
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reward dan punishment menjadi bagian dari proses pembelajaran. Kurangnya kedisiplinan dalam belajar peserta didik menjadikan reward dan punishment sebagai alternatif guru PAI dalam mendisiplinkan belajar peserta didik SMP IT Assakinah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dampak reward dan punishment dan proses mendisiplinkan peserta didik peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dangan subjek penelitian dua orang guru dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) bentuk reward dan punishment meliputi: a) Reward verbal (berupa pujian, mengiyakan dan menyatakan sependapat terhadap argumen peserta didik), b) Reward nonverbal (berupa pemberian alat tulis, buku, pulpen dan segala sesuatu yang bermanfaat bagi peserta didik). 2) Sementara punishment meliputi: a) Pemberian tugas (membaca buku dan menghafal ayat ataupun hadits), b) Membersihkan tempat ibadah, dan c) Membersihkan lingkungan sekolah. 3) Penerapan reward dan punishment memberikan perubahan kesediplinan pada peserta didik berupa perubahan sikap, aktif dan lebih menghargai guru dan sesama peserta didik.
Transformasi Kebijakan Madrasah dari Nizham al-Mulk sampai Masa Awal Kemerdekaan Indonesia Rasyid Ridlo
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tercatatnya lembaga pendidikan yang bernama “Madrasah” di dalam BP-KNIP tanggal 27 Desember 1945 merupakan awal perjuangan dari warga madrasah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana tranformasi madrasah yang dibangun oleh Khalifah Bani saljuk sampai hadir di Indonesia dan tercatat dalam Kebijakan Nasional. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kepustakaan library research dan bersifat kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa terjadi tranformasi madrasah sejak dari Madrasah Nizamiah sampai ke Indonesia, lembaga pendidikan yang bernama Madrasah di baghdad menginspirasi institusi pendidikan Islam di Indonesia yang dibawa oleh kerajaan di Indonesia. Kedatangan Belanda dan Jepang dengan mengeluarkan kebijakan pendidikan maka lembaga pendidikan Islam bertranformasi. Setelah Indonesia merdeka, pendidikan agama telah mendapat perhatian pemerintah, baik yang diselenggarakan negara maupun swasta.
Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 Welly Liswanti; UK Anwarudin
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Orang tua merupakan pendidik yang utama dan pertama bagi peserta didik, dengan demikian, bentuk pertama dari Pendidikan terdapat dalam keluarga. Pandemi Covid-19 tengah mewabah hampir di seluruh pelosok negeri. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai peran orang tua dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, analisis dokumen, diskusi serta transkip observasi. Penelitian ini menemukan bahwa Keterlibatan orang tua dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMPIT Adzkia Sukabumi terbukti meningkatkan motivasi peserta didik untuk tetap bersemangat dalam proses pembelajaran yang berdampak langsung pada meningkatnya prestasi belajar di masa pandemi covid 19 ini. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya Pendidikan yang diberikan oleh orang tua terhadap peserta didik.
Pondok Pesantren dalam Menghadapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Enung Nurjanah
Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu
Publisher : Program Pascasarjana, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang keberadaannya sudah ada sejak abad 16. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pondok pesantren dalam menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis dengan jenis datanya kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai tantangan global harus mampu dihadapi oleh pondok pesantren supaya menghasilkan out put SDM yang berkualitas mampu bersaing di tengah-tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. pesantren adalah lembaga yang memproses sumber daya manusia menjadi manusia yang memiliki keimanan yang kuat, ketaqwaan yang mantap, ahklaq yang mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu pengetahuan yan luas, memiliki berbagai keterampilan dan kecakapan, kretif, mampu hidup mandiri, memiliki sikap demokratis dan rasa tanggung jawab. Dapat disimpulkan bahwa upaya pondok pesantren dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dilakukan dengan cara melaksanakan proses pembelajaran yang dipadukan dengan program-program pembangunan di segala bidang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5