cover
Contact Name
Waode Eti Hardiyanti
Contact Email
waode@ung.ac.id
Phone
+6282193072329
Journal Mail Official
sjece@ung.ac.id
Editorial Address
Jalan Jenderal Sudirman, No 6, Kota Gorontalo, Dulalowo Timur., Kota Tengah, Gorontalo, Gorontalo 96126
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Student Journal of Early Childhood Education
ISSN : -     EISSN : 28099168     DOI : https://doi.org/10.37411/sjece
Core Subject : Education,
The Student Journal of Early Childhood Education focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligence, and pedagogies to publish novel and relevant articles. This journal is published twice a year; March and September. This journal is published by Department of Early Childhood Education, Faculty of Education, and the State University of Gorontalo. Additionally, the readers of this journal are researchers, lecturers, students and other related professions from inter-disciplined majors. All articles published in this journal are peer-reviewed and has passed editor selection through blind reviewer.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Maret 2025" : 6 Documents clear
Pengaruh Higher Order Thinking Skills (Hots) Terhadap Penguasaan Kosakata Pada Anak Usia 5-6 Tahun Sri Andra R. Sunani; Utoyo, Setiyo; Jamin, Nunung Suryana
Student Journal of Early Childhood Education Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Early Childhood Education Department, Faculty of Education, State University of Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/sjece.v5i1.2041

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh higher order thinking skills (hots) terhadap penguasaan kosakata pada anak usia 5-6 Tahun di TK Mekar Desa Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimen One Group Pre-posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang anak. Dari hasil penelitian menunjukkan data Pre- Test memperoleh nilai rata-rata 14,6 dan standar deviasi 2,63. Sedangkan pada Post-Test memperoleh nilai rata-rata 21,4 dan standar deviasi 2,56. Dan diperoleh hasil thitung sebesar 0,165, dengan ttabel sebesar 0,190. Jadi thitung lebih besar nilainya dari ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh higher order thinking skills (hots) terhadap penguasaan kosakata anak pada usia 5-6 tahun di TK Mekar Desa Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Hots, Penguasaan Kosakata, Anak Usia Dini
Deskripsi Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Pasca Pandemi Covid-19 Fatmawati Djibu; Napu, Yakob; Sutisna, Icam
Student Journal of Early Childhood Education Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Early Childhood Education Department, Faculty of Education, State University of Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/sjece.v5i1.2139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak usia 5-6 tahun pasca pandemi covid-19 di TK Camar 1 desa Olimoo'o Kecamatan batudaa pantai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang membahas tentang peran orang tua dalam menumbuhkan minat anak, bagaimana menciptakan minat belajar anak dan memotivasi belajar anak. Subjek penelitian ini adalah 11 orang tua anak di TK Camar 1 desa Olimoo'o Kecamatan Batudaa pantai Kabupaten Gorontalo. Objek penelitian ini adalah orang tua, anak dan guru. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak terlihat baik dan secara umum peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak sudah dilakukan oleh orang tua anak, akan tetapi ada juga orang tua yang belum melakukan perannya .
Implementasi Media Realia Di Kelompok A (usia 4 - 5 tahun) Pakelo, Della Anggriany; Pupung Puspa Ardini; Laiya, Sri Wahyuningsi
Student Journal of Early Childhood Education Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Early Childhood Education Department, Faculty of Education, State University of Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/sjece.v5i1.2149

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi media realia di kelompok A TK Aster Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media realia di kelompok A TK Aster Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Media realia di Kelompok A TK Aster Kota Barat Kota Gorontalo dalam pembelajaran dengan menggunakan media realia yang dilaksanakan didalam kelas anak mendapatkan informasi langsung dari benda-benda yang sudah disediakan guru dalam kegiatan belajar mengajar. hal ini didukung dengan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti melalui indikator ketepatan media yang dipilih guru, keterampilan guru dalam menggunakan media, dan keterampilan pesan pembelajaran melalui media yang digunakan.
Pengaruh Media Loose Part Terhadap Minat Bermain Sains Anak Usia 5-6 Tahun Viani Wulandari Pasambuna; Pupung Puspa Ardini; Laiya, Sri Wahyuningsi
Student Journal of Early Childhood Education Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Early Childhood Education Department, Faculty of Education, State University of Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/sjece.v5i1.2169

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media loose partterhadap minat bermain sains anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Montessori kecamatan dungingi kota gorontalo. Tujuan ini untuk mengetahui data pengaruh media loose part terhadap minat bermain sains anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Montessori. Metode penelitian yang digunaan kuantitatif eksperimen pre-eksperimen (on-group pretest-posttest design). Hasil penelitian dengan jumlah sampel 30 anak menunjukan adanya perbedaan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretestmemperoleh nilai rata-rata 42 dan standar deviasi 2.637. sedangkan pada posttest memperoleh nilai rata-rata 41 dan standar deviasi 2.800. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Pengujian hipotesis dengan uji t, pada bagian sig. (2-tailed) diperoleh dari t hitung 0,000 <0,05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh media loose partterhadap minat bermain sains anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Montessori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.
Pengaruh Permainan Air Akuatik (Aquatic) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Metalia Tantu; Nunung Suryana Jamin; Waode Eti Hardiyanti
Student Journal of Early Childhood Education Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Early Childhood Education Department, Faculty of Education, State University of Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/sjece.v5i1.2724

Abstract

This study focuses on answering the question of whether there is an influence of aquatic water games on the critical thinking skills of children aged 5-6 years in one of the kindergarten schools (TK) in Pohuwato Regency. The research method used is quantitative pre-experimental experiment (on-group pretest-posttest design). The sample in this study was 15 children in class B. The results of the study showed that the average pre-test value was 19.06 with a standard deviation of 3.5550 and the average post-test value was 35.06 with a standard deviation of 1.3870. These results prove that there is a significant influence before and after treatment. Based on the hypothesis testing that has been carried out through the t-test, it shows that the sig. (2-tailed) value is obtained, namely the t-count value of 20.6559 and the t-table value at the 0.05 real level is 2.145. So t-count> t-table then H0 is rejected or H1 is accepted. This means that there is an influence of aquatic water games on critical thinking skills in children aged 5-6 years
Komunikasi Berbasis Empati dan Mindfulness Dalam Pengasuhan Asis, Asmiaty; Alfiya Syahli Indiyanto; Dewi Multasam; Nurul Khaimah
Student Journal of Early Childhood Education Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Maret 2025
Publisher : Early Childhood Education Department, Faculty of Education, State University of Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/sjece.v5i1.3869

Abstract

This research focuses on the importance of empathy-based and mindfulness communication in effective parenting to build a harmonious relationship between parents and children. The purpose of this study is to explore how these approaches contribute to children's emotional development and reduce parental stress. The results indicate that the application of active listening techniques, the use of positive language, and emotion management in communication between parents and children promote increased self-confidence, emotional regulation, empathy, and social skills in children. Simultaneously, parents benefit from a better understanding of their children, reduced stress, and strengthened emotional bonds. However, challenges in the modern era, such as distractions and social pressures, often hinder deep communication. Therefore, caregivers are encouraged to develop mindfulness and empathetic communication skills through training or participation in parenting communities. This study affirms that empathy-based and mindfulness communication is crucial as a means to prevent negative impacts on children’s socio-emotional development. Keywords : empathy communication; mindfulness parenting; children’s emotional development

Page 1 of 1 | Total Record : 6