cover
Contact Name
Albet Maydiantoro
Contact Email
albet.maydiantoro@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282397107151
Journal Mail Official
jpppi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 2776303X     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/JPPPI
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia or the Indonesian Educator Professional Development Journal is a forum for information and publication of research results and literature reviews for lecturers, teachers, and students. This journal is published by the Teacher Professional Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, with e-ISSN: 2776-303X. This journal is an open-access journal. Focus and Scope: Education Learning Evaluation TPaCK School Curriculum 21st-century learning Class management Multicultural Education Learning Elementary School Learning Secondary School Learning High School Learning Education policy Learning methods Higher education learning Learning Media
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia" : 4 Documents clear
PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME Cheri Saputra; Dian Surya Virgawati
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak  Ketahanan bangsa pasca reformasi belum menunjukkan perubahan positif yang diharapkan. Hal ini disebabkan konsep nasionalisme yang dimiliki oleh warganya sedang mengalami kemunduran dan bentuknya tidak jelas. Konsep nasionalisme yang inklusif dan berangkat dari kebutuhan yang dirasakan warga akan menjadi landasan penting bagi kemajuan bangsa menuju abad yang akan datang yaitu abad milenium dan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh materi Pemahaman Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan Terhadap Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMKN 1 Seputih Agung Lampung Tengah Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional, sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Seputih Agung Lampung Tengah yang berjumlah 67 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket kemudian dilakukan analisis statistik pengolahan data dengan SPSS versi 17.00. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman materi perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan nasionalisme berpengaruh terhadap sikap siswa, Hal ini berdasarkan perhitungan koefisien jalur 0 diperoleh ρ1 = 0.477, hasil tingkat riil tersebut di atas = 0,05 dengan demikian variabel secara signifikan. Berdasarkan perhitungan koefisien jalur 0 diperoleh 2 = 0101, hasil tingkat nyata tersebut di atas = 0,05 dengan demikian signifikan,  Kata Kunci : Pengaruh, Materi Perjuangan Bangsa Indonesia, Nasionalisme 
Strategi Pembelajaran Sejarah FTD MaDe Berbasis Augmented Reality Pada Model Pembelajaran Karyawisata Kelas ABK Heterogen Siti Nurlaili; Uskuri Lailal Munna
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tidak banyak sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi di Indonesia, dimana di dalamnya tidak hanya menampung siswa dengan fisik normal saja, melainkan juga menampung siswa dengan keterbatas fisik maupun mental yang disebut dengan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi bagi siswa ABK heterogen tentu membutuhkan beragam kerativitas dan inovasi dalm menciptakan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kondisi siswa, khususnya pada pembelajaran sejarah. Slah satu model pembelajaran yang bisa digunakan oleh sekolah inklusi yakni model pembelajaran karyawisata, yakni dengan melakukan kunjungan pada objek-objek bersejarah. Namun, dalam kondisi pandemi covid-19, kegiatan karyawisata (field trip) tidak bisa dilakukan secara offline, sehingga perlu adanya solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, model pembelajaran karyawisata bisa dilakukan dengan menyesuaikan materi pembelajaran yang berhubungan dengan objek bersejarah, contohnya Masjid Agung Demak yang berakitan dengan sejarah masa Kesultanan Islam di Indonesia. Oleh karenanya, penulis menciptakan suatu media pembelajaran yang berbentuk aplikasi dengan nama FTD MaDe (Field Trip Masjid Demak), yakni aplikasi pembelajaran sejarah karyawisata secara virtual di Masjid Agung Demak berbasis Augemented Reality, yang juga dilengkapi dengan materi terkait Masjid Agung Demak, mulai dari struktur, hingga arsitektur bangunan Masjid Agung Demak. 
STRATEGI MENGEMBANGKAN SIKAP MODERASI DALAM BERAGAMA PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS LAMPUNG Mualimin Mualimin; Ade Imelda Frimayanti; Muhisom Muhisom
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kampus merupakan tempat penggodokan ilmu pengetahuan yang mendalam dimana seseorang digembleng untuk belajar menemukan sesuatu jawaban dari masalah-masalah yang belum terpecahkan. Begitu juga dengan masalah-masalah keagamaan yang berkaitan dengan negara. Dimana antara agama dan negara saling adanya korelasi antara kedua, tidak terpisahkan peran satu dengan yang lainnya. Ketika pengetahuan agama seseorang mengalami benturan dengan pemahaman yang ekstrem maka terjadi miss opinion tentang agama dan negara. Seseorang yang pada mulanya bisa dikatakan beragama secara “lurus-lurus saja” bisa berubah menjadi beringas dan sangar dan sangat gampang sekali menuduh orang lain sesat dan kafir. Radikalisasi dan ektrimisme sudah masuk ke dunia kampus. Ini sangat berbahaya bagi para mahasiswa yang notabennya adalah penerus bangsa dan negara ini. Bisa kita banyangkan seseorang yang pintar dalam ilmu pengetahuan umum tapi mempunyai sikap yang eklusive dalam beragama, dan inilah yang menjadi embrio dari paham radikalisme dalam beragama dan ini akan menelurkan sikap ektrim dan perpecahan. Moderasi beragama menjadi muatan nilai dan praktik yang paling sesuai untuk mewujudkan kemaslahatan bumi Indonesia. Sikap mental moderat, adil, dan berimbang menjadi kunci untuk mengelola keragaman kita. Dalam berkhidmat membangun bangsa dan negara, setiap warga Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang seimbang untuk mengembangkan kehidupan bersama yang tenteram dan menentramkan. Bila ini dapat kita wujudkan, maka setiap warga negara dapat menjadi manusia Indonesia seutuhnya, sekaligus menjadi manusia yang menjalankan agama seutuhnya. Dapat dikatakan bahwa tinggi rendahnya komitmen seseorang terhadap moderasi sesungguhnya juga menandai sejauh mana komitmennya terhadap nilai­nilai keadilan. Semakin seseorang moderat dan berimbang, semakin terbuka peluang ia berbuat adil. Sebaliknya, semakin ia tidak moderat dan ekstrem berat sebelah, semakin besar kemungkinan ia berbuat tidak adil. Diharapakan dalam penelitian ini mahasiswa Universita Lampug Khususnya dan mahasiswa yang ada di kampus-kampus lain menjadi pionir dalam menjadikan pemahaman keagamaan pada mahasiswa lebih Inklusivisme dalam beragama sehingga tidak cepat terpapar pada pemahaman yang radikal. Kata kunci: Moderasi, Inklusivisme, Radikalisme
PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PRESFEKTIF ISLAM Atik Rusdiani
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen merupakan seni dan ilmu terkait dengan prisip manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasaian, pelaksanaan dan pengawasan. Untuk itu manajemen merupakan suatu kebutuhan yang tdak terelakan sebagai alat yang memudahkan pencapaian tujuan manusia dalam organisasasi. Islam telah menjelaskan proses manajemen dan prinsip-prinsipnya. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka, deskripsi kwalitiatif. Hasil yang diperoleh bahwa Islam telah memfasilitasi terkait dengan prinsip–prinsip manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan yang tertuang melalui sumber ajaran Islam Al-Qur’an, Hadist, Ijtihad

Page 1 of 1 | Total Record : 4