cover
Contact Name
Antuni Wiyarsi
Contact Email
jrpk@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpk@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
ISSN : -     EISSN : 30326885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi hasil penelitian pembelajaran kimia dalam bidang kurikulum kimia sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), strategi pembelajaran kimia, integrasi teknologi dalam pembelajaran kimia, penilaian pembelajaran kimia, media dan sumber pembelajaran kimia, serta pembelajaran kimia untuk masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN WEBTOON KIMIA UNTUK PEMBELAJARAN MATERI KIMIA MAKROMOLEKUL SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA Ulliyah Sumanjaya; Regina Tutik Padmaningrum
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i5.13382

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menentukankualitas webtoon kimia pada materi kimia makromolekul kelas XII SMA/MA. Prosedur pengembangan webtoonkimia menggunakan modifikasi model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penilaianproduk secara deskriptif dengan menggunakan instrumen penilaian yang berupa angket yang terdiri dari 9 aspekyaitu aspek pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan dankemudahan akses, kebahasaan, anatomi webtoon, mutu gambar, dan tampilan menyeluruh. Data yang diperolehberupa data proses pengembangan webtoon dan data kualitas media pembelajaran webtoon kimia. Data prosesditabulasi dan digunakan sebagai dasar mengembangkan dan merevisi produk. Data kualitas dianalisis untukmenentukan kualitas media pembelajaran webtoon kimia. Berdasarkan penilaian dari 5 guru kimia SMA/MA,Webtoon Kimia mempunyai kualitas baik dengan persentase 81,73%.Kata kunci: webtoon kimia, penelitian pengembangan, kimia makromolekul
PENGEMBANGAN CHEMISTRY POP UP MATERI BAHAN NON PANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI ANAK TUNARUNGU Diah Utami; Susila Kristianingrum
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i5.13383

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis buku Pop Up materi bahannon pangan sebagai sumber belajar mandiri untuk anak tunarungu di SLB dan mengetahui kualitas mediapembelajaran bagi anak tunarungu yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian pengembangan inimenggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan,tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa Chemistry Pop Up Book materibahan non pangan sebagai media pembelajaran mandiri untuk anak tunarungu. Berdasarkan penilaian reviewer,media pembelajaran Chemistry Pop Up Book termasuk dalam kategori sangat baik (SB) pada setiap aspek. Aspekmateri memperoleh skor rata-rata 27,4 dan persentase keidealan sebesar 91,33%, pada aspek penyajian memperolehskor rata-rata 74,4 dengan persentase keidealan sebesar 93%, serta aspek bahasa dan gambar memperoleh skor ratarata54,4 dengan persentase keidealan sebesar 90,67%.Kata kunci: Chemistry Pop Up Book, bahan non pangan, ADDIE, media pembelajaran mandiri, anak tunarungu
PENGARUH PENERAPAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN INVESTIGASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK Sarah Sarah; Regina Tutik Padmaningrum
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i5.13379

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui perbedaan pada kemampuan investigasi dan prestasi belajar kimia peserta didik setelahmengikuti pembelajaran dengan menggunakan praktikum berbasis virtual laboratory. Desainpenelitian ini adalah true experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didikkelas XI IPA semester 2 yang berjumlah 85 peserta didik. Sampel yang digunakan pada penelitianberjumlah 56 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling.Instrumen penelitian berupa angket dan lembar portofolio untuk mengukur kemampuan investigasi,sedangkan soal prestasi belajar kimia digunakan untuk mengukur prestasi belajar kimia pesertadidik. Teknik analisis data dilakukan dengan uji MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwatidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan investigasi dan prestasi belajar kimia antarapeserta didik kelas XI IPA di MAN II Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 yang mengikuti kegiatanpraktikum berbasis virtual lab dengan peserta didik yang mengikuti kegiatan praktikum berbasisreal lab.Kata kunci: Virtual Laboratory, kemampuan investigasi, prestasi belajar kimia.
EFFEKTIVITAS PENERAPAN LKS BERBASIS STUDENT CENTERED ASAM BASA KUALITATIF TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Masrifatun Nafi'ah; I Made Sukarna
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i5.13380

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi dan kemampuan berpikir kritisantara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan LKS berbasis student centered dan siswa yang tidakmenggunakan LKS berbasis student centered. Tujuan lain yaitu untuk mengetahui keefektifan LKS berbasisstudent centered terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen denganbentuk quasi experimental design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI terdiri dari 2 kelas sebagai kelaseksperimen dan kontrol yang diambil secara purpossive sampling. Pengumpulan data motivasi dengan angketmotivasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t beda subjek sedangkan data kemampuan berpikir kritisdiperoleh dengan post-test yang dianalisis menggunakan uji anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan adaperbedaan motivasi dan kemampuan berpikir kritis antara siswa kelas eksperimen dan kontrol. Media LKS berbasisstudent centered efektif untuk meingkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Sumbangan efektif LKSberbasis student centered terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 31,5%.Kata kunci: LKS berbasis student centered, motivasi, kemampuan berpikir kritis
EFEKTIVITAS PENERAPAN LKS BERBASIS STUDENT CENTERED MATERI ASAM-BASA KUANTITATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Erlin Ernawati; I Made Sukarna
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i5.13381

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa yangmengikuti pembelajaran dengan LKS berbasis student centered dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpamenggunakan LKS tersebut, serta keefektifan LKS tersebut terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritissiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMAN 2 Klaten. Sampel penelitianterdiri dari kelas kontrol dan eksperimen yang masing-masing terdiri 34 siswa. Data motivasi diperoleh denganangket motivasi dan dianalisis menggunakan uji-t beda subjek. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh denganposttest dan dianalisis menggunakan uji anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yangsignifikan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. LKS berbasis studentcentered efektif untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Sumbangan efektif media LKStersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebasar 29%.Kata kunci: LKS berbasis student centered, Motivasi, Kemampuan berpikir kritis

Page 1 of 1 | Total Record : 5