cover
Contact Name
Clarisya Amalia Sholehah
Contact Email
zuriah.unzah@gmail.com
Phone
+6281276679598
Journal Mail Official
zuriah.unzah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Panglima Sudirman No.360, Semampir, Kec. Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67282
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 30254043     EISSN : 30254051     DOI : -
Core Subject : Education,
Zuriah: Journal of Early Childhood Education is a journal of Zainul Hasan Genggong Islamic University which provides high-quality research results in all aspects of early childhood education. This journal publishes state-of-the-art papers in basic theory, experiments and simulations, and applications, with systematically proposed methods, adequate review of previous work, extended discussions, and brief conclusions. As our commitment to scientific and technological advances, Zuriah follows an open access policy that allows published articles to be available free of charge online without subscription. This journal is published in March and September.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 26 Documents
Kajian Literatur: Literasi Produktif (Berbicara dan Menulis) pada Anak Usia Dini Purnamasari , Deby Adelita Febrianti
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/mp75d955

Abstract

Periode literasi anak mulai dari lahir sampai dengan usia enam tahun. Anak memperoleh pengetahuan tentang membaca dan menulis diperoleh dari caranya mengamati dan berpartisipasi pada kegiatan yang berkaitan dengan literasi. Terdapat faktor eksternal maupun internal yang mempengaruhi perkembangan bicara dan menulis anak. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur yang berasal dari kepustakaan untuk menemukan berbagai macam teori dan gagasan terkait literasi produktif pada anak usia dini. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan berbicara berkaitan dengan kosakata yang diperoleh oleh anak dari kegiatan membaca dan menyimak ataupun dengan berdialog. Anak-anak mulai bereksperimen dengan menulis pada usia dua tahun. Seiring bertambahnya usia dan keterampilan motorik halus anak akan menjadi lebih mampu mengembangkan tulisan tangannya. Terdapat faktor eksternal maupun internal yang mempengaruhi perkembangan bicara dan menulis anak.
Dampak Anak yang Dibesarkan Dalam Keluarga Tanpa Sosok Ayah (Fatherless) pada Kecerdasan Moral Kiromi , Ivonne Hafidlatil
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/an8hkq27

Abstract

Setiap pasangan yang telah menjalin ikatan suci pernikahan berharap suatu saat dapat memiliki anak bersama. Ketika suami istri sudah menjadi ayah dan ibu, mereka mengalami kebahagiaan yang luar biasa dan memiliki keinginan agar anaknya mendapatkan pengasuhan yang terbaik dan menjadi cerdas. anak menjadi bagian dari keluarga, tidak semua ayah ikut serta dalam pengasuhan anak, hanya ibu yang berperan penting. Kuat, tangguh, dan penuh tanggung jawab, ayah adalah orang tua. Anak yang ayahnya tidak menunjukkan kasih sayang akan memiliki dampak negatif langsung pada kehidupan mereka di masa depan. Kepribadian anak yang kuat adalah hasil dari pengasuhan dan penanganan yang baik dari kedua orang tua. Terjadi ketidakseimbangan perkembangan psikologis dan terutama moral anak ketika salah satu dari kedua orang tua tidak ada dari proses pengasuhan. Perkembangan moral anak membutuhkan lingkungan keluarga yang bahagia.
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Meronce pada Anak Kelompok A TK PKK Tunas Bangsa Wonorejo Zahro, Kholivatus; Ivonne Haidlatil Kiromi
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/vahpnm14

Abstract

Penelitian   ini bertujuan untuk   meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce pada anak Kelompok A TK PKK Tunas Bangsa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Model penelitian yang digunakan dengan Teknik meronce. Subjek penelitian ini yaitu anak Kelompok A TK PKK Tunas Bangsa, sejumlah 15 anak. Objek penelitian adalah   kemampuan motorik   halus.  Pengumpulan data akan dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif.  Hasil   penelitian   menunjukkan bahwa kegiatan meronce yang dilakukan dengan meronce menggunakan manik-manik berukuran sedang dan mengambil manik-manik dengan dua jari yang dilakukan berulang-ulang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Hasil penelitian menunjukkan yaitu pada prasiklus sebesar 71%, siklus I sebesar 76,14% dan siklus II meningkat menjadi 89,14%. Hal ini berarti terjadi   peningkatan sebesar 5% pada prasiklus menuju   siklus   I dan meningkat 13% pada siklus I menuju siklus II. Hasil tindakan pengenalan melalui Metode Teknik meronce   pada anak kelompok   A menunjukkan peningkatan persentase yang signifikan. Peningkatan persen menunjukkan penggunaan Teknik meronce dapat meningkatkan hasil belajar pada anak.
Penerapan Metode Tanya Jawab Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Konsentrasi pada Anak Kelompok A di Tk Harapan Kita Falina, Nuril; Kiromi, Ivonne Hafidlatil
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/1kd8x846

Abstract

Penelititian ini (PTK) mengambil subjek kelas kelompok A TK Harapan Kita Condong pada pelajaran mengenal huruf abjad materi A, B, dan C dengan tujuan meningkatkan konsentrasi pada anak menggunakan metode tanya jawab, yang dilakukan selama 1 bulan lebih dengan metode siklus (prasiklus, siklus 1, siklus 2). pengumpulan data yang digunakan dengan hasil pengamatan dan hasil tes, selain itu peneliti melakukan penilian pada anak dengan membagi sebanyak 4 kelompok serta aspek yang di amati berupa memberikan pernyataan, menjawab pertanyaan, sambutan psikomotorik. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan metode tanya jawab tersebut cukup efektif untuk digunakan dalam “meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar mengenal huruf abjad A, B, dan C pada anak kelompok A di TK Harapan Kita Condong”.
Penerapan Bermain Finger Painting untukMeningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak TK PKK Tunas Bangsa Az-Zahro, Dhea Amelia
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/5tekd067

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dengan bermain melalui teknik finger painting pada anak kelompok A di TK PKK Tunas Bangsa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, adapun subjek penelitian adalah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar pengamatan (observasi) dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila minimal 80 % anak sudah mencapai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) ataupun BSB (Berkembang Sangat Baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menggambar dengan teknik finger painting. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah anak yang memperoleh BSH dari 26,7 % menjadi 40,0% pada Siklus I dan kriteria BSB dari 20,0% menjadi 46,7% pada Siklus II. Keberhasilan dalam penelitian ini pada kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) ataupun BSB (Berkembang Sangat Baik) mencapai 86,7%.
Finger Painting Game for Children’s Fine Motor Development in Tp Anggrek Village Dawuhan Fatimatus Zahro; Adelita Febriannti Purnamasari
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/1y7pkp17

Abstract

One of the basic abilities of children that needs to be developed is motor skills which consistof two, namely gross motor and fine motor. According to initial observations, it is known thatchildren’s fine motor skills are still not optimally developed, so it is necessary to stimulate finemotor skills, one of which is by providing finger painting activities with the intention ofdeveloping fine motor skills in children in the bud group at Anggarek Dawuhan KrejenganTP. The number of children who were the subject was 4 girls and 7 boys. This study uses aclass Action research method. Data collection techniques used are observation,documentation, and assessment. The calculations made can be seen that the percentage ofchildren’s fine motor skills has increased from the initial condition of 33.46%. In the first cyclethe first and second meetings increased to 37.50% and 45.96%. In cycle II meetings I and IIincreased again to 58.46% and 76.84%. This proves that the fingerpainting method can improvechildren’s fine motor skills at Angggrek Dawuhan Krejengan TP.
Metode Reward dan Punishment Untuk Mengoptimalkan Sikap Disiplin Anak Usia Dini di TK Harapan Kita Condong Gading Probolinggo Putri Loviana Aura Tahlia; Ivonne hafidlatil kiromi
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/k17jwe67

Abstract

This study aims to improve learning discipline in early childhood at HARAPAN KITA Kindergarten, Condong Gading District, Probolinggo Regency, which includes the way teachers prepare lessons, carry out learning, assess learning, teacher difficulties in learning, and efforts to overcome these difficulties. Discipline is one way to help children develop self-control. Discipline can allow children to have limits to correct their wrong behavior. How to apply child discipline can start at the age of 2-6 through simple things that children do in everyday life such as tidying up toys, washing hands, praying, accepting consequences if they make mistakes, and being responsible with their belongings and taking care of their belongings. others. The attitude of discipline in children aims for children to grow into individuals of high quality, character and skills as role models for society, especially modern society. The application of the Reward and Punishment method is a powerful way to optimize children's discipline. The purpose of this article is to conceptually describe the application of the reward and punishment method to children to optimize discipline
Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi Asik di RA Nurul Wahid Al-Wahyuni Nur Indah Kumala Sari; Ivonne hafidlatil kiromi
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/98v0mb95

Abstract

This study aims to explore the influence of the "joyful singing" activity on enhancing selfconfidence among young children at RA Nurul Wahid Al-wahyuni. An observational method was employed to observe children's interactions during the "joyful singing" sessions and identify its impact on the development of self-confidence. The observation results revealed an increase in social interactions and emotional expressions among children during the singing activity. This suggests that the "joyful singing" activity provides a supportive environment for children to feel comfortable expressing themselves and engaging with their peers. The study provides insights into the significance of enjoyable and creative approaches in early childhood education to assist children in building their self-confidence. Therefore, it is recommended for early childhood educational institutions to consider integrating the "joyful singing" activity into the curriculum and creating an environment conducive to the holistic development of children.
Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Warna dengan Menggunakan Media Balok di TK PGRI Al Hidayah Dina Hidayana; Debby Adelita Febrianti Purnamasari
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/b86w6x92

Abstract

This research is motivated by the importance of children's ability to recognize colors using block media. The problems that occur in children are caused by the child's lack of motivation to learn, as well as parents' thoughts that put aside knowledge about recognizing colors, parents only tend to prioritize knowledge of letters and numbers. The aim of this research is only to determine the increase in children's ability to recognize colors using block media in Group A of PGRI AL Hidayah Kindergarten. This type of research is in the form of classroom action research (PTK). The subjects of this research were group A of TK PGRI AL Hidayah 22 children consisting of 11 boys and 10 girls. The research procedures used were planning, action, observation and reflection. The results of the classroom action research showed that in the pre-cycle, 4 children or 25% had achieved completeness in recognizing colors during learning, in the first cycle of the first round using good block media, 6 children or 35%, in the second cycle of the first round, 8 children or 40% were good. . By using block media, children's completeness in recognizing colors during learning in cycle II, round I, was 10 children, 45%, cycle II, second round, which was classified as good, there were 12 children or 65%. Based on the research results, it can be concluded that color recognition activities using block media can improve children's ability to recognize colors in group A of TK PGRI Al Hidayah.
Edukasi Pola Hidup Bersih Dan Sehat Di RA Madinatul Ulum Desa Margaluyu Hanissa, Rahayu; Dede Rizal Munir; Miftachul Jannah
Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2024): Maret 2024
Publisher : Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55210/z156g647

Abstract

Anak Usia dini merupakan periode awal yang paling penting dan mendasar dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia. Anak usia dini juga biasa di kenal dengan masa golden age / keemasan. Karena pada masa usia dini otak anak akan berkembang dengan cepat dan menyerap semua yang di lihat tanpa melihat baik atau buruk. Pembiasaan pola hidup bersih dan sehat perlu di terapkan di sekolah PAUD, karena dengan begitu anak akan terbiasa menjaga kebersihan sejak dini. Beberapa kebiasaan pola hidup bersih dan sehat yang biasa dilakukan seperti, pemeriksaan kuku, gigi, rambut dan telinga. Pengabdian ini dilakukan di salah satu PAUD di desa margaluyu, dengan melakukan kegiatan edukasi mengenai cuci tangan yang baik dan benar kepada anak usia dini. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pendampingan mengenai edukasi pola hidup bersih dan sehat pada anak usia dini. Tujuan dari adanya pengabdian mengenai edukasi pola hidup bersih dan sehat yaitu untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kesadaran diri pada anak usia dini agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya sendiri. Dengan hasil adanya peningkatan kesadaran menjaga pola hidup bersih dan sehat dalam diri anak.

Page 1 of 3 | Total Record : 26