cover
Contact Name
Juliana Fisaini
Contact Email
j.fisaini@usk.ac.id
Phone
+6281377412304
Journal Mail Official
jurnaltekniksipil@usk.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala Jl. Syech Abdurrauf No. 7 Darussalam, Banda Aceh 23111
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 20889321     EISSN : 25025295     DOI : http://dx.doi.org/10.24815/jts.v12i2.30788
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil (Journal of Civil Engineering) Universitas Syiah Kuala is a scientific journal, published by Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Syiah Kuala. It is aimed at disseminating research results related to civil engineering fields, where readers of the journal are expected from civil engineering researchers/scientists, students in related fields, engineers, and practitioners in this field. Jurnal Teknik Sipil (Journal of Civil Engineering) Universitas Syiah Kuala publishes the scientific articles in area of civil engineering, as follows. Structural Engineering, Water Resources Engineering, Transportation Engineering, Geotechnical Engineering, Construction Engineering & Management, Urban Planning Geospatial and Geomatics Engineering, and Ocean Engineering
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015" : 10 Documents clear
FEASIBILITY STUDY INVESTASI PEMBANGUNAN PERUMAHAN HONCO LINGKE RESIDENCE DI KOTA BANDA ACEH Ivan Widardo; Mochammad Afifuddin; Hafnidar Abd Rani
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : Banda Aceh city is a that became the center of all activities, both government, and education trade so as to make very rapid populayion growth and led to the housing needs. At this point PT. Honco Primatama in palace Banda Aceh will invest to make residential Honco Lingke Residence, located street Cendana in Banda Aceh. The subject matter of issue in thisstudy is to analyze the feasibility of investment Honco Lingke Residence. Review of aspects optimation, market aspects, technical aspects, and financial aspects by a feasibility assessment (Benefit Cost Ratio, Net Present Value, Internal Rate of Return, and Payback Period) the costs in curred. The purpose of this study determine whether development projects. Residential Honco Lingke Residence, deserves to be built by investor who will invest. The benefit of this research will be used PT. Honco Primatama as the developer. As a benchmark for evaluation the construction of residential Honco Lingke residence as well as the evaluation of science in the investment. Investment analysis result be value NPV= Rp. 1.024.870.917,- (NPV 0), IRR= 16,26 %  ( MARR 15 %) dan BCR= 1,08    (BCR 1). The result of this investment indicator viewer  that the investment to be made PT. Honco Primatama to building residentialHonca Lingke Residence at Banda Aceh already worth doing.Keywords : Investment, evaluation, market aspects, technical aspects, financial aspectsAbstrak : Kota Banda Aceh merupakan kota yang menjadi pusat segala aktifitas-aktifitas baik itu pemerintahan, perdagangan dan pendidikan sehingga membuat pertumbuhan penduduk yang sangat cepat dan menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan rumah. Pada saat ini PTHonco Primatama yang berkedudukan di Banda Aceh akan menanam modal untuk membuat perumahan Honco Lingke Residence, yang berlokasi di kawasan Jalan Cendana di Banda Aceh. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah menganalisa kelayakan investasi perumahanHonco Lingke Residence ditinjau dari aspek optimal, aspek pasar, aspek teknis serta aspek finansial berdasarkan penilaian kelayakan (Benefit Cost Ratio, Net Present Value, Internal Rate of Return, and Payback Period) terhadap biaya yang telah dikeluarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah proyek pembangunan perumahan Honco Lingke Residence layak untuk dibangun oleh  investor yang akan menanamkan modalnya. Manfaat dari penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh PT. Honco Primatama selaku pihak pengembang sebagai suatu acuan untuk mengevaluasi pembangunan perumahan Honco Lingke Residence,serta pengembangan ilmu pengetahuan di bidang investasi. Hasil analisa investasi diperoleh nilai NPV= Rp. 1.024.870.917,- (lebih besar dari 0), IRR = 16,26 %  (lebih besar daripada MARR 15 %) dan BCR= 1,08 (lebih dari 1).Dari hasil ketiga indikator investasi ini menunjukkan bahwa investasi yang akan di lakukan oleh PT. Honco Primatama untuk membangunan perumahan Honco Lingke Residence di Kota Banda Acehsudah layak dilakukan.Kata kunci : Investasi, evaluasi, aspek pasar, aspek teknis, aspek finansial
KAJIAN PENYEDIAAN AKSESIBILITAS TROTOAR UNTUK PENYANDANG DIFABEL DI KOTA BANDA ACEH MENURUT PERSEPSI MASYARAKAT (STUDI KASUS: JALAN TGK. DAUD BEUREUEH) Etty Herawaty; Muhammad Isya; Irin Caisarina
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KARAKTERISTIK GEOTEKNIK LAPISAN SEDIMEN DI KECAMATAN KUTA ALAM, BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE GELOMBANG PERMUKAAN Khaizal Jamaluddin; Muhammad Budi; Syukri Syurbakti; Hendra Gunawan
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : Surface wave is the latest method that can estimate the depth, stiffness of the soil.This method has been developed and intensive used in geotechnical at the end of 1999.The study focused on three sites: Beurawe site, Lampulo and Lambaro Skep district of Kuta Alam in Banda Aceh.Field tests using the Multi-channel analysis of surface waves (MASW).In thetest, the sediment layers were characterized by depth and shear wave velocity parameters.The results suggests thatcharacteristics of the soil layer through shear wave velocity parameters per depthcan provide subsurface geotechnical information.It can complement data from the conventional method which has been used.Keywords : Geotechnic, MASW, Shear wave velocityAbstrak : Gelombang permukaan merupakan metode terkini yang dapat mengestimasi kedalaman, kekakuan dari lapisan tanah. Metode ini telah dikembangkan dan mulai digunakan di dalam geoteknik di akhir tahun 1999. Penelitian fokus pada tiga site penyelidikan yaitu site Beurawe, Lampulo dan Lambaro Skep di Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Pengujian lapangan menggunakan Multichannel Analysis of Surface Waves (MASW). Di dalam pengujian, lapisan sedimen dikarakteristik dengan kedalaman dan parameter kecepatan gelombang geser. Hasilnya memberikan gambaran bahwa karakteristik lapisan tanah melaluiparameter kecepatan gelombang geser per kedalaman dapat memberikan informasi geoteknik bawah permukaan. Hal ini dapat melengkapi data dari metode konvensional yang selama ini digunakan.Kata kunci : Geoteknik, MASW, Kecepatan gelombang geser
APLIKASI SOFTWARE WINEST TERHADAP PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (STUDI KASUS PEMBUATAN JARINGAN IRIGASI MEUDANG ARA KECAMATAN SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA) Fachrurrazi Fachrurrazi; Mubarak Mubarak; Said Fachreza
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KINERJA JALAN BANDA ACEH–KRUENG RAYA BERDASARKAN VOLUME LALU-LINTAS DAN GEOMETRIK JALAN Adia Saputra; Sofyan M. Saleh; Muhammad Isya
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: National Road Banda Aceh-Krueng Raya is a primary arterial road which is very crucial role in economic growth in the district of Aceh Besar, Aceh province. This study took place in Jalan Banda Aceh-Krueng Raya, divided into 2 (two). Segment I of kajhu Area trails in the area Kajhu (Sta. 6 + 000 s / d Sta. 8 + 000) with the condition of the road shoulder is still using aggregate pavement class B. Segment II, Road area Ladong (Sta. 22 + 000 s / d Sta. 24 + 000) with the condition of the road shoulder which has been using asphalt pavement. This study aimed to determine the performance of the road in Segment I and Segment II which is indicated by the value of Degree of Saturation (DS). Predicting the performance of the road on the first segment by segment II in the next 5 years, if there is no change in capacity in thaspsecord segment, and to determine the effect of the road surface flatness on the extent of damage on the way to the performance of the Segments I and Segment II. Studies using the method of Indonesian Highway Capacity Manual (MKJI) in 1997 showed the performance of the road in the first segment with the highest DS value of 0.617 with the level of service in C. As for the second segment with the highest DS value of 0.175 and the level of service A. Prediction of performance in the road 2019 if without any increase in capacity that is no treatment/action (do nothing), the first segment with a DS value of 1.1 included in the service level F, which is no longer eligible for the way out of town, while the prediction performance on the road segment II in 2019 with a DS value of 0.3 is still eligible classified level of service B. based on the research, it can be explained that the parameter of the road on both segments can influence the hardness of the road, such as the level of the unsmooth of the road surface.Keywords : Road Performance, PredictionAbstrak: Jalan Nasional Banda Aceh – Krueng Raya merupakan jalan arteri primer yang sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi maka akan menyebabkan Perubahan Tata Guna Lahan didaerah tersebut, sehingga aktivitas di daerah tersebut meningkat. Hal ini akan berpengaruh terhadapkinerja pelayanan  ruas jalan yang secara otomatis akan berpengaruh terhadap pengguna jalan. Penelitian ini mengambil lokasi di Jalan Banda Aceh – Krueng Raya yang terbagi atas 2 (dua batasan). Segmen I yaitu di daerah Kajhu (Sta. 6+000 s/d Sta. 8+000) dengan lebar badan jalan 7 meter dan kondisi bahu jalan masih menggunakan perkerasan agregat kelas B. Segmen II yaitu di daerah Ladong (Sta. 22+000 s/d Sta. 24+000) dengan lebar badan jalan 7 meter dan kondisi bahu jalan yang telah lapisan aspal tipis (latasir). Penelitian ini yang bertujuan: (1). Menentukan kinerja jalan pada Segmen I dan II yang ditunjukan dengan nilai Derajat Kejenuhan (DS), (2). Prediksi kinerja jalan pada tahun 2019, jika tidak ada perubahan kapasitas jalan (do nothing) pada kedua segmen tersebut. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kinerja jalan pada Segmen I dengan nilai DS tertinggi 0,62 tingkat pelayanan jalan C. Hasil penelitian pada segmen II menunjukkan bahwa kinerja jalan dengan nilai DS tertinggi 0,18 dan tingkat pelayanan jalan A. Prediksi Kinerja jalan pada tahun 2019 jika tanpa ada peningkatan kapasitas maka Segmen I dengan nilai DS 1,1 dan termasuk ke dalam tingkat pelayanan jalan F, dimana sudah tidak lagi memenuhi syarat untuk jalan luar kota, prediksi kinerja jalan pada Segmen II pada tahun 2019 jika tanpa ada peningkatan kapasitas dengan nilai DS 0,3 dan masih memenuhi syarat yang tergolong tingkat pelayanan jalan B. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa kinerja jalan pada Segmen I nilai DS 0.62 hampir mendekati standar kejenuhan jalan yaitu 0,75 dan untuk Segmen II nilai DS 0,18 tingkat pelayanan jalan A.Kata kunci : Kinerja jalan,  Prediksi
ANALISIS RESPON SPEKTRA TERHADAP PERCEPATAN GERAKAN TANAH AKIBAT GEMPA ACEH TAHUN 2010-2013 David Sarana; Taufiq Saidi; Muttaqin Hasan
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : In recent years there has been a lot of big quake in Indonesia, where Aceh is one of the provinces in Indonesia which is frequently hit by earthquakes. The earthquake has caused a lot of structural failure in the building. Therefore, the government through National Standardization Agency has published Earthquake Resistance Planning Procedures forStructural Building and Non-Structural Building (SNI 1726:2012) replaces The Resistance Earthquake Planning Standards for Structural Building (SNI 03-1726-2002). With the new standard, this study is to determine the comparisons between response spectra based on Aceh earthquake in 2010 - 2013 and response spectra of SNI 1726:2012, in addition the author alsocan formulate a graph of response spectra based on ground motion data for several major earthquake events in the province of Aceh. Ground motion data used was the earthquake that occurred in the province of Aceh in 2010 until 2013. The results showed that the maximum value of spectral acceleration based on response spectra of Aceh earthquake event in 2010 - 2013 was very small compared to the maximum value of spectral acceleration based on response spectra of SNI 1726:2012.Keywords : Aceh Earthquake, Ground Motion, Response Spectra, SNI 1726:2012Abstrak: Dalam beberapa tahun terakhir telah banyak terjadi gempa besar di wilayah Indonesia, yang mana Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang sering dilanda gempa. Kejadian gempa tersebut telah menyebabkan banyak terjadinya kegagalan struktur pada bangunan. Oleh karena itu pemerintah melalui Badan Standardisasi Nasional telah menerbitkan Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung (SNI 1726:2012) menggantikan Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung (SNI 03-1726-2002). Dengan adanya standar baru ini, maka penelitian  ini dilakukan untuk mengetahui besarnya perbandingan antara respon spektra berdasarkan event gempa Aceh Tahun 2010-2013 dengan  respon spektra SNI 1726:2012, disamping itu penulis juga dapat memformulasikan grafik respon sepktra dari data percepatan tanah untuk beberapa event gempa besar di Provinsi Aceh. Data percepatan tanah akibat gempa yang digunakan adalah gempa yang terjadi di Provinsi Aceh pada tahun 2010 sampai tahun 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai maksimum spectra acceleration berdasarkan respon spektra event gempa Aceh tahun 2010 - 2013 sangat kecil dibandingkan nilai maksimum spectra acceleration berdasarkan  respon  spektra SNI 1726:2012.Kata kunci : Gempa Aceh, Percepatan Tanah, Respon Spektra, SNI 1726:2012
PERILAKU BATANG TEKAN PROFIL SIKU TUNGGAL DENGAN SAMBUNGAN BAUT DI KEDUA UJUNG TUMPUAN Purwandy Hasibuan; Rudiansyah Putra; Arjur Ridha
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

STUDI KARAKTERISTIK PEMILIHAN MODA ANGKUTAN MAHASISWA MENUJU UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH Lulusi Lulusi; Fitrika Mita Suryani; Cut Mutiawati; Teuku Mustaqim Waqas
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ANALISA WAKTU DAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF (STUDI KASUS: PROYEK LANJUTAN PEMBANGUNAN GEDUNG DPRK ACEH TIMUR TAHAP I) Fazil Fazil; Mochammad Afifuddin; Hafnidar Abd Rani
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : Advanced Projects Building DPRK East Aceh Phase I, conducted by PT. Ganis Mandiri. This project began working delay occurs during the 8-day calendar, this is due to delays in the procurement of poles, so that delays in other activities. One way to anticipation by accelerating the method Time Cost Trade Off (TCTO), through the addition of alternativeworking hours tested ranging from 1 hour to 4 hours maximum. The research results obtained for overtime several activities, the optimum stage of time and costs obtained in overtime 2 hours on the job aanstamping, couples foundation stone of 1: 4, concrete molds, disassemble mold, concrete, concrete molds, concrete mold, and mold concrete, the obtained optimum time for 160 days at a cost of Rp optimum obtained. 14,961,360,000.00 and the additional cost of Rp. 34,256,000.00.Keywords : Scheduling, Financing, Crashing, Time Cost Trade OffAbstrak : Proyek Lanjutan Pembangunan Gedung DPRK Aceh Timur Tahap I, dilaksanakan oleh PT. Ganis Mandiri. Proyek ini terjadi keterlambatan mulai kerja selama 8 hari kalender, hal ini dikarenakan terlambatnya pengadaan tiang pancang, sehingga tertundanya kegiatan yang lainnya. Salah satu cara untuk mengantisipasinya dengan melakukan percepatan yaitu metode Time Cost TradeOff (TCTO), melalui alternatif penambahan jam kerja yang diuji coba mulai dari 1 jam sampai 4 jam batas maksimum. Hasil penelitian ini diperoleh untuk lembur beberapa kegiatan, tahap optimum waktu dan biaya didapat pada lembur 2 jam pada pekerjaan aanstamping, pasangan pondasi batu kali 1 : 4, cetakan beton, membongkar cetakan, cetakan beton, cetakan beton, cetakan beton, dan cetakan beton, dengan diperoleh waktu optimum selama 160 hari dengan biaya optimum diperoleh sebesar Rp. 14.961.360.000,00 dan adanyapenambahan biaya sebesar Rp. 34.256.000,00.Kata kunci : Penjadwalan, Pembiayaan, Crashing, Time Cost Trade Off
EVALUASI KONDISI EKSISTING TAMAN SARI SEBAGAI TAMAN KOTA DI BANDA ACEH Hervia Yudistira; Renni Anggraini; Irin Caisarina
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : Taman Sari is one of public open spaces located in the city center of Banda Aceh. According to city planning, Taman Sari has fulfilled the regulation and standards.  However, its current condition looks unmaintained well. This research aims to evaluate the existing condition of Taman Sari based on city park planning indicators to exploit its role as public space. The method used in this research was qualitative descriptive. Data collection was conducted by doing field oberservation subject to park planning indicators such as: security, safety, healthy, attraction, comfortability, accessibility, and aesthetic.  The analysis results showed that the existing condition of Taman Sari lies between score 1-2, which means worstmediocre. It indicates that the condition of recent facilities in Taman Sari were insufficient, either damaged or unavailable.   Therefore, this study recommends that the local government should take into consideration on Taman Sari, in terms of maintenance and management of the park, so that Banda Aceh city society in particular,  will have more passion in the future, to visit Taman Sari.Keywords : public open space, city park, Taman Sari, Banda Aceh, city park planningAbstrak : Taman Sari termasuk salah satu Ruang Terbuka Publik Kota Banda Aceh yang lokasinya berada di pusat kota. Berdasarkan perencanaan kota, Taman Sari telah memenuhi peraturan dan standar yang ada. Akan tetapi kondisi eksistingnya terlihat tidak rapi dan teratur.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi eksisting Taman Sari berdasarkan indikator perancangan taman kota untuk memaksimalkan fungsinya sebagai ruang publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung dan mengevaluasi kondisi eksisting Taman Sariberdasarkan Indikator Perancangan Taman yang terdiri dari: vegetasi, penerangan, pembatas sub-ruang, jalur pejalan kaki, pagar, tangga/ramp, penutup permukaan, signage, fasilitas aktivitas aktif, tempat duduk, tempat sampah, jalur masuk, dan elemen air. Berdasarkan analisis terhadap kondisi eksisting, Taman Sari memiliki skor 1-2 yaitu buruk-sedang, yang berarti bahwa fasilitas-fasilitas yang ada di Taman Sari kondisinya banyak yang sudah rusak ataupun tidak tersedia. Untuk itu perlu penanganan lebih lanjut dari pemerintah kota agar lebih memperhatikan perawatan terhadap fasilitas yang ada di Taman Sari agar warga Kota Banda Aceh dapat meningkatkan kunjungannya ke Taman Sari. Kata kunci : Ruang Terbuka Publik, Taman Kota, Taman Sari, Banda Aceh, Indikator Perancangan Taman

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 1 (2025): Volume 14 Nomor 1 Mei 2025 Vol 13, No 2 (2024): Volume 13 Nomor 2 November 2024 Vol 13, No 1 (2024): Volume 13 Nomor 1 Mei 2024 Vol 12, No 2 (2023): Volume 12 Nomor 2 November 2023 Vol 12, No 1 (2023): Volume 12 Nomor 1 Mei 2023 Vol 11, No 2 (2022): Volume 11 Nomor 2 November 2022 Vol 11, No 1 (2022): Volume 11 Nomor 1 Mei 2022 Vol 10, No 2 (2021): Volume 10 Nomor 2 November 2021 Vol 10, No 1 (2021): Volume 10 Nomor 1 Mei 2021 Vol 9, No 2 (2020): Volume 9, Nomor 2, November 2020 Vol 9, No 1 (2020): Volume 9 Nomor 1 Mei 2020 Vol 8, No 2 (2019): Volume 8, Nomor 2, November 2019 Vol 8, No 1 (2019): Volume 8, Nomor 1, Mei 2019 Vol 7, No 2 (2018): Volume 7, Nomor 2, November 2018 Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Mei 2018 Vol 1, No 4 (2018): Volume 1 Special Issue, Nomor 4, Februari 2018 Vol 1, No 3 (2018): Volume 1 Special Issue, Nomor 3, Januari 2018 Vol 6, No 3 (2017): Volume 6, Nomor 3, Mei 2017 Vol 6, No 2 (2017): Volume 6, Nomor 2, Januari 2017 Vol 1, No 2 (2017): Volume 1 Special Issue, Nomor 2, Desember 2017 Vol 1, No 1 (2017): Volume 1 Special Issue, Nomor 1, September 2017 Vol 6, No 1 (2016): Volume 6, Nomor 1, September 2016 Vol 5, No 3 (2016): Volume 5, Nomor 3, Mei 2016 Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016 Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015 Vol 3, No 2 (2014): Volume 3, Nomor 2, Januari 2014 Vol 3, No 1 (2013): Jurnal Teknik Sipil Volume 3, Nomor 1, September 2013 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, Nomor 2, januari 2013 Vol 2, No 3 (2013) Vol 2, No 1 (2012): Volume 2, Nomor 1, September 2012 Vol 1, No 3 (2012): Volume 1, Nomor 2, Mei 2012 Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, Nomor 2, Januari 2012 Vol 1, No 1 (2011): Volume 1, Nomor 1, September 2011 More Issue