cover
Contact Name
Haerul Ikhsan
Contact Email
haerulikhsan@ung.ac.id
Phone
+6285299978458
Journal Mail Official
japes@ung.ac.id
Editorial Address
Jl. Jendral Sudirman No.6 Kota Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Arena of Physical Education and Sports
ISSN : -     EISSN : 2986318X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jambura Arena of Physical Education and Sports JAPES is a peer reviewed journal published by Physical Education, Healt and Recreation program JAPES published two times a year in April and October This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge The aims of this journal is to provide a venue for academicians researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles The scope of the articles published in this journal deals with a broad range of topics in the fields of sports training science Sports Coaching Biomechanics History and Philosophy in Sport Measurement and Evaluation in Physical Education and Sport Motor Control and Learning Motor Development Olympic and Paralympic Games Pedagogy Physical Education Elementary Secondary and Adaptive Psychology Physiology Recreation and Leisure Studies Sport for all Sport Therapy and Rehabilitation Sociology and Cultural Anthropology Sport Finance and Marketing Sport Law and Governance Sport Management Sport Medicine The articles published in JAPES are going through a double blind peer review process. Hence the decision on whether the scientific article is accepted or not will be the Editorial Boards right based on the peer reviewers recommendation Please read and understand the author guidelines for preparation manuscript The author who submits a manuscript to the editors should comply with the author guidelines and template If the submitted manuscript does not comply with the guidelines or using a different format it will be rejected by the editorial team before being reviewed Editorial Team will only accept a manuscript that meets the specified formatting requirements.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports" : 9 Documents clear
PROFIL ATLIT TAPAK SUCI OLIMPIADE OLAHRAGA SISWA NASIONAL DI KABUPATEN GORONTALO Kadir, Sulasikin Sahdi; Prastiwi, Isnaeni Putri; Sidu, Sartin; Malowa, Muhamad Aditiya
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v3i2.27758

Abstract

Mengetahui profil atlet Tapak Suci yang berpartisipasi dalam berbagai kompetisi sangat penting bagi pelatih dan pembina. Profil ini mencakup berbagai aspek, seperti demografi (usia, jenis kelamin), latar belakang pendidikan, pengalaman latihan, prestasi yang telah diraih, serta kondisi fisik dan psikologis. Data tersebut sangat berguna untuk merancang program latihan yang tepat sasaran, sehingga dapat mengoptimalkan potensi dan prestasi para atlet. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil atlet Tapak Suci yang berpartisipasi dalam O2SN tahun 2024 di Kabupaten Gorontalo. Dengan memahami profil atlet secara menyeluruh, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembinaan yang lebih baik dan efisien. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi para pelatih dan pembina dalam mengoptimalkan potensi atlet muda di Kabupaten Gorontalo. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diperoleh gambaran yang komprehensif mengenai kondisi dan karakteristik atlet Tapak Suci di Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi pembinaan atlet di daerah tersebut, tetapi juga dapat menjadi referensi bagi pengembangan Tapak Suci di tingkat nasional. 
MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI DALAM PEMBELAJARAN PJOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERMAIN SISWA SEKOLAH DASAR Mohamad, Adrian; Said, Hariadi; Ikhsan, Haerul
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v3i2.27454

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Bagaimana meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri 8 Tilamuta pada permainan bola voli?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan minat belajar siswa SD 8 Negeri Tilamuta pada permainan bola voli melalui modifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan minat siswa dengan modifikasi permainan bola voli dalan pembelajaran PJOK pada siswa SD Negeri 8 Tilamuta. Peningkatan minat siswa diketahui dari tes Prasiklus, Siklus I dan Siklus II. Dengan nilai rata-rata pada Prasiklus 49,09% termasuk dalam kategori rendah, sedangkan Nilai rata-rata Siklus I Mencapai 64,92% termasuk dalam kategori sedang. Pada siklus II rata rata yang dicapai adalah 83,71% dalam kategori Tinggi. Hasil pada siklus II tersebut telah sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan yakni nilai untuk pelajaran penjasorkes minimal 80% dari jumlah siswa yang hadir sudah melebihi  Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥75).
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATRAS MIRING PADA MATERI ROLL SENAM LANTAI Yasin, Ismet; Syam, Asry; Lamusu, Zulkifli A.
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v3i2.25734

Abstract

Penelitian menggunakan metode RD (Research and Development). Model pengembangan ADDIE. meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Uji produk awal skala kecil adalah 16 orang siswa kelas V di SDN 89 Sipatana Kota Gorontalo dan skala besar adalah 20 orang siswa kelas V di SDN 96 Kota Utara. Pengumpulan data melalui validasi ahli dan kuisioner siswa sebagai evaluasi kelayakan produk, Hasil Penelitian uji produk matras miring di SDN 89 Sipatana Kota Gorontalo dalam kategori "Skala Kecil" mencapai presentase 73,55% kriteria “Layak” sedangkan pada SDN 96 Kota Utara dalam kategori "Skala Besar" mencapai presentase 73,68% kriteria "Layak". Dalam skala kelayakan media pembelajaran roll senam lantai. Pengembangan media pembelajaran pada materi roll senam lantai dengan menggunakan matras miring pada siswa sekolah dasar berhasil. Media ini telah terbukti memberikan kontribusi yang dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan efektif bagi siswa dengan lebih baik.
MENINGKATKATKAN TEKNIK PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL Nusi, Mohamad Erik R.; Syam, Asry; Ruslan, Ruslan
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v3i2.25003

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah dengan menggunakan Media Audio-Visual dapat meningkatkan teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Bone Pantai?,Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar passing menguunakan kaki bagian dalam melalui media audio-visual siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Bone Pantai. Berdasarkan data yang diperoleh pada penelitian Tindakan kelas dengan penerapan metode Media Audio-Visual sebagai metode pembelajaran dalam tahap pembelajaran teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola di mata pelajaran Penjasorkes yang dilaksanakan dengan dua siklus, ternyata keberanian siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal hasil teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Bone Pantai meningkat dari 50,58 pada kondisi awal menjadi 72.17 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan kesiklus II dan meningkat menjadi 81.63 pada akhir siklus II. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan Media Audio-Visual dalam pembelajaran mempunyai pengaruh dalam meningkatkan teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PJOK SISWA KELAS VIII SMPN 1 KABILABONE DAN SMPN 2 GORONTALO Madito, Moh Fahrul; Mile, Sarjan; Amri, Muhammad Faisal Lutfi
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v3i2.25000

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar mata pelajaran PJOK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Bone dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek penelitian yang utama. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan, bahwa ada perbandingan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Bone dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, dibuktikan dengan thitung 2,136 dan ttabel (df 50;5%) 1,701 dengan nilai signifikansi p sebesar 0,088. Hasil dari thitung 2,136 ttabel 1,701, dan nilai signifikansi 0,042 0,05, maka hasil ini menunjukkan terdapat perbandingan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada perbandingan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Bone dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo”, diterima. Artinya bahwa ada perbandingan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Bone dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo.
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN VARIASI SMASH BOLA VOLI TIM FOK JUNIOR Tonggil, Indrawan Z; Mile, Sarjan; Pakaya, Rosbin
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v3i2.24999

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pengembangan model latihan variasi smash bola voli dimulai dari: (1) studi pendahuluan, (2) validasi ahli dan revisi, (3) uji coba produk; uji coba skala kecil/revisi dan uji coba skala besar/revisi, dan (4) produk akhir dan (5) uji efektivitas. Produk buku model latihan variasi smash bola voli yang dikembangkan layak digunakan. Model latihan tersebut terdiri atas 7 model latihan variasi smash bola voli. Penilaian ahli media terhadap produk model latihan variasi smash bola voli persentase sebesar 84,38% masuk dalam kategori sangat baik/sangat layak, penilaian ahli materi sebesar 90,18% masuk dalam kategori sangat baik/ sangat layak. Buku model latihan smash dari berbagai posisi untuk atlet bola voli Tim FOK Junior berdasarkan penilaian dari 2 orang pelatih..
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS VII Yusuf, Muhammad Marcel B.; Podungge, Risna; Pakaya, Rosbin
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v3i2.27593

Abstract

Penelitian ini ditujukan guna untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar pasing bawah melalui modifikasi media pembelajaran dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 14 Gorontalo. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Teknik mengumpulkan data melalui penilaian kemampuan pasing bawah siswa. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kemampuan pasing bawah dengan modifikasi media pada siklus I sebesar 63.02. Hasil presentase ketuntasan siklus I juga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum tuntas dengan jumlah 22 siswa dengan presentase 69%. Hasil penelitian pada siklus II lebih meningkatkan kemampuan pasing bawah dengan modifikasi media, diperoleh nilai rata-rata sebesar 82.03. Hasil Presentase ketuntasan yaitu sebanyak 29 siswa yang memenuhi nilai tuntas atau sebesar 91%. Hasil tersebut tentunya mendukung keberhasilan pembelajaran kemampuan pasing bawah siswa, maka dapat disimpulkan bahwa setelah melakukan siklus I dan siklus II menggunakan modifikasi media yaitu bola plastik dapat meningkatkan kemampuan pasing bawah siswa pada permaianan bola voli.
PENGARUH LATIHAN WALL PASS TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA KELAS VII3 DI SMP NEGERI 1 BONEPANTAI Dotulong, Rewi; Said, Hariadi; Podungge, Risna
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v3i2.25621

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan wall pass  terhadap kemampuan passing dalam permainan sepak bola.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, rancangan penelitian menggunakan desain penelitian One Group Pre Test and Post Test Design. Sampel berjumlah 20. Taknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Istrumen penelitian menggunakan tes kemampuan passing. Teknik analisa data adalah dengan menggunakan rumus Uji t pada taraf signifikansi 5 %.Hasil pengujian hipotesa, diperoleh t hitung sebesar 15.16 dan t tabel senilai 1.729 sesuai kriteria pengujian bahwa terima H0 jika t hitung sama atau lebih kecil dari t tabel sedangkan tolak H0 jika t hitung lebih besar dari t tabel. Oleh karena itu t hitung 15.16 lebih besar dari t tabel(1.729), maka hasil analisis menunjukan tolak H0 yang berarti terima Ha atau terima hipotesis penelitian.Dengan demikian kesimpulannya adalah terdapat pengaruh  latihan wall pass  terhadap kemampuan passing dalam permainan sepak bola (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 1 Bone Pantai).
KEMAMPUAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LOMPAT BOX Kadir, Sukrin; Pomatahu, Aisah R.; Pauweni, Mirdayani
Jambura Arena of Physical Education and Sports Vol 3, No 2 (2024): Jambura Arena Physical Education and Sports
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/japes.v3i2.31092

Abstract

Kemampuan gerak dasar dalam lompat jauh gaya jongkok merupakan aspek penting dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menguasai teknik dasar lompat jauh, seperti awalan, tumpuan (tolakan), fase melayang, dan pendaratan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan permainan lompat box pada siswa kelas V SD Negeri 8 Kota Barat, Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok melalui permainan lompat box pada siswa kelas V SD Negeri 8 Kota Barat, Kota Gorontalo. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa, yang mencakup teknik awalan, tumpuan (tolakan), fase melayang, dan pendaratan. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 49,84 (kategori “Kurang”) pada observasi awal, menjadi 66,99 (kategori "Cukup") pada siklus I, dan mencapai 80,29 (kategori "Baik") pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa permainan lompat box efektif dalam meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 9