Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas Penddikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Articles
16 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020"
:
16 Documents
clear
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi
Arifah Pulungan;
Febriani Hastini Nasution;
Nurhidayah Fithriyah Nasution
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.391
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi keseimbangan dan dinamika rotasi. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design (nondesign) dengan disain penelitian one group pre-test post-test design. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang berjumlah 25 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel total. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai persentase rata-rata hasil observasi adalah berada pada kategori “Baik Sekali”. Adapun nilai rata-rata hasil belajar materi keseimbangan dan dinamika rotasi sebelum menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 61,2 berada pada kategori “Gagal” sedangkan nilai rata-rata hasil belajar materi keseimbangan dan dinamika sesudah menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 81,6 berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (13,62>1,71), sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Signifikan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi keseimbangan dan dinamika rotasi Tahun Ajaran 2017/2018.” Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Keseimbangan dan Dinamika Rotasi
EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS
berlian hasibuan;
Dwi Aninditya Siregar;
Mutiara .
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.633
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa materi gerak lurus di Kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar siswa materi gerak lurus kelas X sebelum penerapan Model Problem Based Learnig (PBL) diperoleh nilai rata-rata 49,3 yang berada pada kategori “Cukup”;(2) Hasil belajar siswa materi gerak lurus kelas X sesudah menerapkan Model Problem Based Learnig (PBL) diperoleh nilai rata-rata 84,09 yang berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (12,62 > 1,7). Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat efek antara model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi gerak lurus di kelas X SMA. Kata kunci: model Problem Based Learning (PBL), Gerak lurus, Hasil Belajar Fisika.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR SISWA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 PADANG BOLAK
adi israyadi lubis;
Dedes Asriani Siregar;
Lia Purnama Sari
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.644
Abstract This study aims to determine the effect of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model assisted by power point media on the learning competence of business and energy material students in Class XI MIA. This research was conducted using a quasi-experimental method with two group pretest-posttest design. The population in this study were all students of class XI consisting of 4 classes with a total of 128 students. The sampling technique used was simple random sampling technique, so the sample in this study was class XI MIA1 as an experimental class and class XI MIA2 as a control class totaling 70 students. Based on data analysis obtained: (1) student learning outcomes of business material and energy class XI before the application of Power Point Contextual Teaching and Learning (CTL) models assisted by power point media obtained an average score of 59.02 in the "Less" category; (2) Student learning outcomes of class XI business and energy material after applying the Contextual Teaching and Learning (CTL) Model assisted with power point media obtained an average value of 80.68 which was in the "Good" category. Based on data analysis, it was found that t count was greater than t table (3.31> 1.66). So it can be concluded that "there are significant differences in student learning competencies using the Contextual Teaching and Learning (CTL) model assisted by power point media with student learning competencies using conventional models assisted with power point media in class XI MIA". Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL) models assisted by power point, business and energy media, Physics Learning competencies.
Persepsi Peserta Didik Terhadap Keterampilan Mengajar Guru Fisika Di MAN 2 Padangsidimpuan
DODI DARMALA LAHAGU;
Dwi Aninditya Siregar
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.745
Abstract Guru yang kompeten dalam hal ini adalah terampildalam mengadakan pembelajaran yang lebih mampu menciptakan lingkunganbelajar yang efektif, menyenangkan dan lebih mampu mengelolah kelasnyasehingga proses belajar para peserta didik dapat berjalan dengan baik dan lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap keterampilan mengajar guru fisika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan situasi nyata, dan menggunakan kuesioner dan instrumen wawancara sebagai sumber data. Dari penelitian yang telah dilakukan kepada sejumlah peserta didik yang menjadi subjek, maka dilakukan analisis data yang merupakan bagian penting dalam metode ilmiah untuk menjawab masalah penelitian. Dalam menganalisa data, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru fisika terlihat baik, hal ini terbukti dari masing-masing indikator dimana indikator pengamatan dengan nilai 58 responden sebesar 80% dalam kriteria “Baik”, respon dengan nilai 58 responden 78% dalam kriteria "Baik", dan perhatian pada nilai 58 responden 78% dalam kriteria "Baik". Kata kunci: Persepsi, Ketrampilan Mengajar guru
PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XI IPA
Desi Nilasari;
Lia Purnama Sari;
Lukman Hakim Siregar
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.1253
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batangtoru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Postest-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batangtoru yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 105 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpel random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 71 siswa. (1)Gambaran penerapan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batangtoru melalui angket respon siswa terhadap bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik diperoleh skor rata-rata 77,61% dengan kategori “sangat baik”. Artinya bahan ajar berbasis pendekatan saintifik ini menghasilkan respon yang positif bagi siswa. (2) Berdasarkan data yang didapatkan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,92 dengan kategori “B+” dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,14 dengan kategori “B-“. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batangtoru. Hal ini dibuktikan denga pengujian hipotesis postest kelas kontrol dan eksperimen diperoleh signifikansi 0,001 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Debora Galingging;
Seri Asmaidah;
Mutiara Siagian
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.1257
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 190 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87,08 % berada pada kategori “Sangat Baik”; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dengan sesudah digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Hal ini dapat dibuktikan dari perubahan mean perolehan hasil belajar, dimana diperoleh mean pre test lebih kecil dari pada mean post test (58,1779,50); (3) Model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai Sig. uji paired t test lebih kecil dari pada nilai (0,000,05) yang berarti model pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu Model pembelajaran kooperatif tipe time token berbasis mind mapping efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi alat optik di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat.
PENGARUH PENGUASAAN PEMUAIAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MATERI POKOK KALOR KELAS VII SMP NEGERI
Palma Juanta
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.1610
This aims to ascertain wheter or not any significant effect between mastery of the expansition to learning research fisika of topic the heat in SMP Negeri 1 Hutabargot. Population numbered 56 people, and samples were taken with cluster sampling were 56 people. The method and data collection using multiple choice test. The data obtained were processed two stages, namely descriptive analysis to see a picture of these two variables and using statistical test using correlation “r” product moment and to see whether there is a significant effect between the two variables used ttest. The result of analysis of the data obtained an averagr of variable x=72,14 and variable y=74,64, tcount=3,10 dan ttable=1,68 then tcountgreater than ttabel (3,10 > 1,68).
MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MATERI POKOK ALAT OPTIK
Sari Wahyuni Rozi Nasution
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.3556
This research aims to know whether there is effect of contextual teaching and learning (CTL) to students’ achievement in optical instrument of the X grade students of SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. The population of this research is all of X grade students of SMA Negeri 1 Padangsidimpuan, it is 182 students. Sample of this research is taken by using random sampling. It is 36 students. This research was done by using experiment method. The data was analyzed by two steps, they are descriptive analysis and inferential analysis by using t test to know wheter the hypothesis is accepted or rejected by using one group pretest posttest design and to test the hypothesis by using t-test. The result of the research shows that the mean is 83, it is very good category. Based on the calculation in inferential analysis, it is found that t count is 5.79 and if it is compared to t table in 5 % significant, it is found 1.675. It can be seen that t count is greater than t table or (5.79 > 1.675). The hypothesis is accepted. Means that there is significant effect of contextual teaching and learning (CTL) to students’ achievement in optical instrument of the X grade students of SMA Negeri 1 Padangsidimpuan.
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi
Pulungan, Arifah;
Nasution, Febriani Hastini;
Nasution, Nurhidayah Fithriyah
Jurnal Physics Education (PhysEdu) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.391
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi keseimbangan dan dinamika rotasi. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design (nondesign) dengan disain penelitian one group pre-test post-test design. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang berjumlah 25 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel total. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai persentase rata-rata hasil observasi adalah berada pada kategori “Baik Sekali”. Adapun nilai rata-rata hasil belajar materi keseimbangan dan dinamika rotasi sebelum menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 61,2 berada pada kategori “Gagal” sedangkan nilai rata-rata hasil belajar materi keseimbangan dan dinamika sesudah menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 81,6 berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (13,62>1,71), sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Signifikan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi keseimbangan dan dinamika rotasi Tahun Ajaran 2017/2018.” Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Keseimbangan dan Dinamika Rotasi
EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS
hasibuan, berlian;
Siregar, Dwi Aninditya;
., Mutiara
Jurnal Physics Education (PhysEdu) Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37081/physedu.v2i1.633
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa materi gerak lurus di Kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar siswa materi gerak lurus kelas X sebelum penerapan Model Problem Based Learnig (PBL) diperoleh nilai rata-rata 49,3 yang berada pada kategori “Cukup”;(2) Hasil belajar siswa materi gerak lurus kelas X sesudah menerapkan Model Problem Based Learnig (PBL) diperoleh nilai rata-rata 84,09 yang berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (12,62 > 1,7). Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat efek antara model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi gerak lurus di kelas X SMA. Kata kunci: model Problem Based Learning (PBL), Gerak lurus, Hasil Belajar Fisika.