cover
Contact Name
Sari Wahyuni Rozi Nasution
Contact Email
journalphysedu@gmail.com
Phone
+6282368785533
Journal Mail Official
sariwahyunirozinasution@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sutan Muhammad Arif, Gang. STKIP. Kampus Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
ISSN : -     EISSN : 2715310X     DOI : https://doi.org/10.37081/physedu.v6i1.5092
Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas Penddikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022" : 18 Documents clear
PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE BERBASIS SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN GELOMBANG BUNYI Alda Putrisari
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perbandingan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran gelombang bunyi dengan menggunakan multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis smartphone dan pembelajaran konvensional; dan mengetahui keefektifan dari penggunaan multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis smartphone. Metode yang digunakan adalah kuantitafif eksperimen dengan jenis penelitian quasi experimental design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peningkatan hasil belajar ini ditunjukkan dengan analisis hasil belajar peserta didik yang diuji dengan N-Gain dengan perolehan 0,71 pada kelas eksperimen dengan kategori peningkatan tinggi dan pada kelas kontrol 0,67 dengan kategori peningkatan sedang; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung>ttabel; dan 3) Penggunaan multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis smartphone efektif digunakan dengan besar efektifitas 0,80 dengan kategori tinggi.
PENGARUH PENGUASAAN KONSEP SUHU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA TERPADU PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS VII SMP NEGERI PADANGSIDIMPUAN Sari Wahyuni Rozi Nasution; Seri Asmaidah
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4628

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah 153 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Jadi diambil dari populasi 20% dari 153 yaitu 30 orang. Menjerat data tentang pengaruh penguasaan konsep suhu terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa pada materi kalor di kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan dengan menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan data, kemudian data hasil penelitian diolah dengan analisis deskriptif yang memberikan gambaran dari variabel dan secara analisis statistik dengan menggunakan korelasi “r” Product Moment. Hasil penelitian tentang pengaruh penguasaan konsep suhu adalah 71,97 pada rata-rata kategori “Baik”, hasil penelitian tentang IPA Terpadu pada materi kalor adalah 74,07 pada rata-rata kategori “Baik”. Dari perhitungan diperoleh thitung = 4,20 jika dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat bebas (dk)= N - 2 = 30 - 2 = 28, diperoleh ttabel = 1,70 sehingga thitung > ttabel atau 4,20 > 1,70. Jadi hipotesis dapat diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penguasaan konsep suhu terhadap hasil belajar siswa IPA Terpadu pada materi kalor kelas VII SMPN 7 Padangsidimpuan.
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK BUNYI DI SMA NEGERI PADANGSIDIMPUAN Lia Purnama Sari
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4631

Abstract

The aim of this research was to know whether there was a significant influence between resitasi method on student’s achievement in sound subject at twelfth grade student’s of SMA Negeri 6 Padangsidimpuan before and after using resitasi method. The method used is the method of experimental that is to look for the influence certain variable to other variables. The population of this research was all the twelfth grade students of SMA Negeri 6 Padangsidimpuan which include 3 classes or 92 students. By applying stratified sampling techbique, the writer took 92 students as the sample. Instruments used as a data collection tool is observation and tests. Then the research data is processed in two stages where the first stage to the second stage of analysis with descriptive and inferential analysis. Based on the result of this research, resitasi method had the average 91. It was categorized “very good”. While the students achievement in sound subject before given pretest at twelfth grade student’s of SMA Negeri 6 Padangsidimpuan had the average 68. It was categorized “enough”. While posttest on students achievement in sound subject before at twelfth grade student’s of SMA Negeri 6 Padangsidimpuan had the average 82. It was categorized “good”. Result of this research had gotten by using t-test formula had gotten tcount 6.46. If compare by ttable in confident level significant df = N – 2 = 92-2=90. it could be gotten that ttable = 0,228. It could be gotten that ttable= 1.665 It could be seen that tcount was greater ttable (6.46>1,665). The alternative hypothesis was accepted. It maens that there was a significant influence between resitasi method on student’s achievement in sound subject at twelfth grade student’s of SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.
PENGARUH PENGUASAAN BESARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI HUKUM II NEWTON TENTANG GERAK SISWA KELAS X SMA NEGERI PADANGSIDIMPUAN Febriani Hastini Nasution
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4632

Abstract

The aim of this research was to know whether there was a significant influence between measurement mastery on students achievement in newton’s law II about motion subject at tenth grade students of SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. The population of thes research was all the tenth grade students of SMA Negeri 7 Padangsidimpuan which include 6 classes or 100 students. By applying random sampling technique, the writer took the sample 59 students. In collecting the data, the writer used test. Based on the result of this research, measurement mastery had the average 77, it was categorized “good”. While the students achievement in newton law II of motion had the average 72, it was categorized “good”. Based on statistics analysis calcution, it could be gotten that tcount on 9,7, in error level significant 5% confidence level significan 95%, df = N – 2 = 57, it could be gotten that ttable =1,675. It could be seen that ttabel was greater ttable (9,7> 1.675). The alternative hypothesis was accepted. It means that there was a significant influence between measurement mastery on students achievent in Newton law II of motion subject at the tenth grade students of SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. The better measurement mastery the better students achievenment in Newtons law II of motion at the tenth grade students of SMA Negeri 7 Padangsidimpuan.
PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWAPADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI KELAS XII DI SMA NEGERI BATANG ONANG Dedes Asriani Siregar
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4645

Abstract

This study aims to find out wether there is influence of demonstration methodto students’ achievement in sound wave of the XII students’ of SMA Negeri 1.Batang Onang this research was done by using descriptive and inferential analysis.The population is all of XII students of SMA Negeri 1. Batang Onang. Consist of 2 classes, it is70 student. Sampling technique by using random sampling, it is 32 students.The mean test for demonstration method is 3.1, it is good category. The mean of to students’achievement in sound wave of the XII students of SMA Negeri 1. Batang Onang is76, it is good category.Based on the calculation in inferential analysis, it is found that t count is 4.946 and if it is compared to t table in 95% significant, it is found 1.70. After comparing t cound and t table, it is got that t count is greater than t table (4.946>1.70)The hypothesis is accepted. Means that there is significant influence of demonstration method to students’ achievement in sound wave of the XII students of SMA Negeri 1 Batang Onang
PENGARUH PENGUASAAN HUKUM II NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DI SMA NEGERI SAIPAR DOLOK HOLE Mutiara Siagian
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4646

Abstract

This research aims to know whether there is significant effect of Newton II law mastery to students’ achievement in momentum of the XI grade students of SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole. The population of this research is all of XI grade students of SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole, consist of 2 classes, it is 75 students. Sample of this research is 35 students, taken by using cluster sampling. The data was analyzed by two steps, the first step by descriptive analysis to see the description of both variables, and the second step by using inferential analysis by using . Based on the calculation, the mean of the Students’ Newton II law mastery is 70,60. It is good category. Then the mean of the students’ achievement in momentum is 67,60. It is enough category. Based on the calculation in inferential analysis, it is found that is 47,47 and if it is compared to in 5% significant, it is found 1,69. After comparing and , it is got that is greater than (47,47 > 1,69). The hypothesis is accepted. Means that there is significant effect of Newton II law mastery to students’ achievement in momentum of the XI grade students of SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK HUKUM II NEWTON SISWA SMP NEGERI SIABU Dwi Aninditya Siregar
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4648

Abstract

The aim of this research was to know whether there was a significant influence of using cooperative learning model of Think Pair-Share type on student’s achievement in Newton’s Law II subject at the eighth grade students of SMP Negeri 1 Siabu. The population of this research was all the eighth grade students of SMP Neger 1 Siabu. They were 232 students. Sampel was taken by using cluster technique sampling. The writer took VIII-5 which include 40 students. The research used experimental method. In collecting the data, the writer used test and observation. The data was analyzed two ways, descriptive analysis and inferential statistics. Based on descriptive analysis, students’ achievement in Newton’s Law II subject before using cooperative learning model of Think Pair-Share type was 60,50. It was categorized “enough” While the students’ achievement in Newton’s Law II subject after using l cooperative learning model of Think Pair-Share type was 80,50. It was categorized "very good". Based on inferential statistics, it could be gotten that tcount = 49,40 and ttable = 1.68 in error level 5% confedence level 95%, df=N-1=40-1=39. Based on the calculation above, it could be seen that tcount was greater than ttable (49,40> 1,68). It means the alternative hypothesis was accepted. In the other words, there was a significant influence of using cooperative learning model of Think Pair-Share type on students’ achievement in Newton’s Law II subject at the eighth grade students of SMP Negeri 1 Siabu.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 PADANG BOLAK Dewi Primadona
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4749

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA dengan menggunakan model pembelajaran PjBL 2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA dengan model pembelajaran PjBL (3) mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing dalam 4 tahap, yaitu: tahap Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli dan guru fisika. Soal diujikan ke kelas XI MIA di SMA Negeri 2 Padang Bolak untuk diambil data penelitiannya. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah 1) penerapan model pembelajaran PjBL pada materi pokok elastisitas dan hukum hooke dapat meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang Bolak 2) besar peningkatan hasil belajar fisika rata-rata sebelum tidakan sebesar 54,3; Siklus I nilai gain-test yang didapatkan sebesar 0,33 dengan kategori sedang Pada siklus II nilai gain-test yang didapatkan sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 3) langkah-langkah model pembelajaran PjBL yang terdiri dari: pertanyaan essensial, perencanaan, menyusun jadwal, pengawasan, penilaian, dan evaluasi.
ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS IX MIPA MAN TAPANULI SELATAN Sri Rahmi Tanjung; Rizky Amelia Dona Siregar
JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4922

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan gambaran perasaan senang, gambaran perhatiansiswa terhadap guru dan gambaran semangat siswa di kelas XI MIPA MAN Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yangdilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas XI MIPA MAN Tapanuli Selatan yang berjumlah 32 siswa.Adapun sumber data yang diperolehdilakukan dengan teknik wawancara. Informan dalam penelitian ini yaitu guru biologi Kelas XI dan Siswa Kelas XIMIPA 6 MAN Tapanuli Selatan. Hasil yang diperoleh yaitu 18 siswa merasa senang, 12 siswa merasa tidak senang,dan 2 siswa memberikan jawaban kadang-kadang. Sedangkan hasil wawancara penulis dengan siswa yaitu 16 siswamemperhatikan guru saat menyampaikan materi biologi, 3 siswa kadang, dan 13 siswa tidak memperhatikan di kelasXI MIPA MAN Tapanuli Selatan.
PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE BERBASIS SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN GELOMBANG BUNYI Putrisari, Alda
Jurnal Physics Education (PhysEdu) Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/physedu.v4i3.4581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perbandingan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran gelombang bunyi dengan menggunakan multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis smartphone dan pembelajaran konvensional; dan mengetahui keefektifan dari penggunaan multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis smartphone. Metode yang digunakan adalah kuantitafif eksperimen dengan jenis penelitian quasi experimental design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peningkatan hasil belajar ini ditunjukkan dengan analisis hasil belajar peserta didik yang diuji dengan N-Gain dengan perolehan 0,71 pada kelas eksperimen dengan kategori peningkatan tinggi dan pada kelas kontrol 0,67 dengan kategori peningkatan sedang; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung>ttabel; dan 3) Penggunaan multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis smartphone efektif digunakan dengan besar efektifitas 0,80 dengan kategori tinggi.

Page 1 of 2 | Total Record : 18