cover
Contact Name
Yudi Wibowo
Contact Email
yudi.wibowo@usahidsolo.ac.id
Phone
+6281329070931
Journal Mail Official
kemadhadkv@gmail.com
Editorial Address
Jalan Adi Sucipto No 154 Jajar Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Kemadha
ISSN : 20879911     EISSN : 29856663     DOI : -
Jurnal KEMADHA is a journal that becomes a forum for the publication of scientific articles of research results in the field of Art and Design. KEMADHA Journal is a journal that serves as a forum for the publication of scientific articles resulting from research in the field of Fine Arts and Design. This scope may include: - Graphic design - Visual Branding - Animation - UI/UX Design - Illustration - Videography - Photography, etc.
Articles 106 Documents
MAKNA LOGO CREDIT UNION (CU) MANDIRI Analisis Deskriptif Berdasarkan Semiotika Charles Sander Peirce FX Eryanto; Evelyne Henny Lukitasari
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Kemadha Vol.7 No.2 Oktober 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Credit Union memiliki semangat gagasan Friedrich Wilhelm Raiffeisen, yang menyakini bahwa koperasi dapat membantu diri sendiri (self-help). CU Mandiri merupakan satu dari sekian banyak Credit Union yang berdiri di Indonesia. Untuk meningkatkan upaya branding, CU Mandiri menerbitkan logo yang diharapkan dapat membangun citra lembaga. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana bentuk serta unsur-unsur penyusun logo tersebut. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk menemukan makna logo CU Mandiri, berdasarkan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian kualitatif deskriptif ini yang memanfaatkan sumber data kualitatif. Data-data akan disampaikan dalam bentuk verbal, dimana lebih menekankan pada persoalan kontekstual dan tidak terikat dengan perhitungan angka-angka atau ukuran yangbersifat empiris. Data tersebut dalam bentuk narasi, dan gambar-gambar, yang diperoleh melalui wawancara, observasi, rekaman, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk logo CU Mandiri terdiri dari logotype dan logogram. Logotype berupa teks brand name “CU MANDIRI” dan logogram-nya terbentuk dalam gabungan beberapa bentuk visual, yaitu gambaran keluarga, bola dunia, tangan kanan merengkuh, dan sepasang tangan. Layout logogram disusun dalam skala unik yang memanfaatkan pola segitiga, lingkaran, garis vertikal dan frame bujur sangkar. Bentuk logo dengan segala elemennya berperan dalam proses signifikasi/semiosis.Pesan tanda dari proses signifikasi tersebut adalah CU Mandiri dalam pondasi pilar-pilar kokoh nilai swadaya, solidaritas, pendidikan, dan inovasi, menjadikan dirinya komunitas pemberdayaan hidup yang merangkul segala lapisan masyarakat tanpa memandang suku, agama, dan ras (SARA), fokus pada gerakkan untuk memperjuangkan kesejahteraan bagi semua
KAJIAN VISUAL DESAIN SAMPUL NOVEL “FILOSOFI KOPI” Agus Purnomo
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Kemadha Vol.7 No.2 Oktober 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan dalam dunia penerbitan dalam hal ini buku perlu dikembangkannya unsur visualdalam sampul buku. Kualitas bentuk fisik buku tersebut tampak dari tampilan kreatif sampul bukuyang digarap dan disikapi sebagai salah satu media ekpresi seni rupa dan sebagai mediakomunikasi pesan. Selain sebagai pelindung buku, sampul juga memiliki fungsi yang lain yaitusebagai wajah merepresentasikan isi cerita sebuah buku, sabagai daya tarik buat konsumen untukmembeli dan sebagai penyampai pesan dari isi buku itu sendiri untuk pembaca.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian tentang unsur visual yang terdapatdalam desain sampul “Filosofi Kopi” beserta pemaknaannya dan kajian ukuran novel tersebut.Penelitian ini bersifat kualitati diskriptif yang dapat diamati dengan panca indera sesuai dengankenyataan dan pengamatan. Metode penelitian menggunakan pendekatan teori desain cover(desain komunikasi visual), teori tanda dan makna (semiotik) dan ukuran buku.Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu elemen visual yang digunakan dalam desain sampul“Filosofi Kopi” sudah sesuai dengan teori-teori yang relevan sehingga desain sampul dapatmenjadi wajah yang mempresentasikan dari isi novel dan membawa pesan yang baik untuk paracalon pembaca. Elemen visual desain tersebut meliputi ilustrasi, tipografi, layout dan warna.Secara estetika desain sudah terpenuhi unsar keindahan dan fungsi dalam penyajiannya. Adapundari segi ukuran, novel ini memiliki ukuran yang cukup efektif dan efisien dalam produksi sertanyaman untuk dibaca dan dibawa.
ANALISIS STRUKTUR GEDUNG BERTINGKAT PASCA GEMPA Marwahyudi .
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Kemadha Vol.7 No.2 Oktober 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gedung adalah tempat untuk beraktifitas dan bersosialisasi manusia. Oleh sebab itu gedung harus memenuhi persyaratan keamanan dan kenyamanan sehingga manusia yang beraktifitas didalamnya merasa aman terhadap bahaya yang memungkinkan terjadi.Salah satu bencana yang memungkinkan terjadi adalah gempa bumi. Pada penelitian kali ini peneliti mencoba untuk mengetahui kekuatan tekan beton sisa. Metode yang digunakan adalah distructive and non destructive test. Non distructive method menggunakan alat hammer test, destructive menggunakan alat compresssion test machine. Hasil dari kekuatan beton sisa harus lebih dari 80% kuat tekan beton rencana (250kg/cm 2) atau sebesar 250kg/cm 2. Hasil perhitungan menunjukkan pada titik IV dan VI dibawah 200 Kg/cm2.Oleh sebab itu pada daerah IV dan VI diperkuat dengancarbon fibre stripe. Sehingga kekuatannya dapat memenuhi persyaratan yang diijinkan.
MAKNA VISUAL IKON DALAM ANIMASI MOTION GRAPHIC PROGRAM PENDIKAR SDII AL ABIDIN SURAKARTA Evelyne Henny Lukitasari; Arif Yulianto
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Kemadha Vol.7 No.2 Oktober 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Animasi berkembang selain sebagai media hiburan saat ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Animasi sebagai media pembelajaran berperan untuk menarik perhatian siswa dalam memahami sebuah informasi. Informasi yang disampaikan salah satunya mengenai sebuah program di dalm sebuah sekolah, seperti program PENDIDIKAR SDII Al Abidin Surakarta yang bertujuan membentuk siswanya untuk memiliki karakter yang kuat. Penyampaian informasi melalui animasi dalam mendukukung program PENDIDIKAR SDII Al Abidin Surakarta menggunakan media ikon didalm penyampaiannnya. Ikon dapat merepresentasikan objek atau aktivitas tertentu yang meakili sebuah kata atau kalimat tertentu. Ikon yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi melalui bahasa visual. Pencarian makna visual ikon yang digunakan dalam animasi motion graphic diteliti dengan menggunakan semiotika Barthes.
REPRESENTASI MASKULINITAS BOYBAND DALAM VIDEO KLIP Vian Andhika Octaningtyas
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Kemadha Vol.7 No.2 Oktober 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkembangnya dunia musik korea atau yang lebih dikenal K-Pop ke seluruh dunia sejalan dengan berkembangnya boyband di negeri ginseng tersebut. Banyaknya boyband berbanding lurus dengan banyaknya video klip yang ditawarkan oleh manajemen dengan konsep yang beraneka ragam. Namun konsep pria cantik nampaknya sedang menjadi konsep yang banyak diusung oleh manajemen pada beberapa tahun belakangan ini. Konsep pria cantik inilah yang menyebabkan pandangan masyarakatdi luar Korea khususnya memandang sebelah mata pria Korea yang dinilai tidak maskulin sebagaimana pria pada umumnya. Melalui penelitian tentang representasi maskulinitas member 2PM dalam video klip Promise, sisi maskulinitas member boyband dianalisis melalui penampilannya. Unsur-unsur penampilan yang dianalisis dalam penelitian ini antara lain pakaian, gaya rambut, aksesoris, gestur tubuh, dan ekspresi wajah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes berupa sistem tanda yang dibagi menjadi denotasi dan konotasi yang membentuk mitos untuk menghasilkan makna. Data dikumpulkan dengan mengamati scene-scene dalam video klip Promise dan mengambil scene-scene yang dianggap mampu mewakili maskulinitas member 2PM. Unsur-unsur dari video klip Promise dimaknai oleh peneliti selaku interpretan berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari interaksi sosial sebagai anggota masyarakat atau budaya tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa member 2PM mempresentasikan beberapa sifat maskulinitas antara lain maskulinitas Hollywood, new man asnarcissist, be a big wheel, no sissy stuff, be sturdy oak, dan soft masculinity. Sifat maskulinitas ini menunjukkan bahwa member 2PM merupakan pria maskulin modern yang mapan dan peduli akan penampilan serta tak segan mengekspresikan perasaan namun tidak berlebihan tanpa melepaskan sisi maskulinitas mereka.
STUDI PRINSIP DESAIN LOGO PT RAJAGRAFINDO PERSADA Rofi Drias Prasetyanto; Asto Sugiharjanto; Soegeng Toekio
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Kemadha Vol. 7 No.1 April 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip desain, makna yang terkandung dalam prinsip desain, dan pengaruh logo terhadap konsumen.Prinsip desain terdiri dari kesatuan, keseimbangan, irama, kontras, fokus, dan proporsi. Secara visualisasi, logo adalah suatu gambar. Gambar itu bisa berupa berbagai unsur bentuk dan warna serta tipografi. Di dalam desain logo terdapat juga prinsip desain. Oleh karena sifat dari apa yang diwakili oleh logo berbeda satu sama lain, maka sebaiknya logo itu memiliki bentuk yang berbeda pula antar suatu perusahaan.PT RajaGrafindo Persada sebagai salah satu perusahaan penerbit buku perguruan tinggi yang berada di Depok, Jawa Barat juga mempunyai logo untuk perusahaan sebagai identitas dan logo tersebut juga mempunyai arti sendiri bagi perusahaan. Untuk mempunyai identitas sendiri dan mudah dikenal masyarakat luas pasti membutukan sebuah konsep dan strategi untuk menciptakan sebuah logo. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data tidak dipandu oleh teori, tetapi dipandu oleh fakta fakta yang ditemukan pada saat penelitian dilapangan. Sumber data yang digunakan adalah informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data flow chart.
PENGGUNAAN KALENDER 2016 SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI DAN KOMUNIKASI PEMASARAN SOLO PARAGON LIFESTYLE MALL Muhammad Ikhwan Lazuardi
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Kemadha Vol. 7 No.1 April 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan Kalender 2016 adalah salah satu cara dalam melakukan Promosi, Publikasi dan Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication) merupakan sebuah elemen penting dalam menyampaikan berbagai macam informasi. Tanpa adanya hal tersebut, tentunya pendistribusian tentang informasi atau pesan yang diinginkan tidak akan dapat tersalurkan secara baik dan maksimal, berbagai macam media saat ini telah banyak tersedia dengan beberapa kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dalam melakukan kegiatan tersebut tentunya tidak boleh tanggung-tanggung agar informasi yang disampaikan dapat sampai dengan harapan mampu menimbulkan feedback bagi pemberi maupun penerima informasi. Penggunaan media kalender yang dilakukan Solo Paragon Lifestyle Mall cukup menarik dengan penciptaan media yang didesain secara kreatif yang juga mengangkat tentang berbagai landmark atau ikon di kota-kota besar di Indonesia yang digambar ulang dengan teknik vector, disamping sebagai sarana promosi terlebih dapat menjadi sarana edukasi juga salah satu bentuk apresiasi terhadap kerjasama dan kepercayaan pelanggan dan rekanan bisnis dari perusahaan ini.
PENGARUH DESAIN KEMASAN MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (STUDI KASUS: BAKPIA LEZZZAT’E) Lukas Dicky Septianus; Evelyne Henny Lukitasari
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Kemadha Vol. 7 No.1 April 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan desain kemasan untuk meningkatkan brand awareness sebagai media promosi Bakpia Lezzzat‟e dan visualisasi desain kemasan Bakpia Lezzzat‟e untuk meningkatkan brand awareness. Metode yang dipakai penelitian kualitatif yaitu Metode yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi dengan langkah wawancara dan observasi peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsungdan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian, teknik pengumpulan data selanjutnya dengan metode studi dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dapat disimpulkan adalah : Desain, Kemasan, Proses Desain Kemasan ( Daya Tarik Kemasan, Daya Tarik Visual : Headline, Subheadline, Pesan, Warna, Bentuk, Tipografi, Layout), Brand Awareness, Analisis Data (Segmentasi, Positioning, Fungsi Desain Kemasan, Fungsi Brand Awareness Pada Desain Kemasan), Analisis Visualisasi Desain Kemasan (Konsep Perencanaan Kemasan, Visualisasi Desain : Layout, Tipografi, Ilustrasi, Warna), Analisa Visualisasi Kemasan
Starategi Pembelajaran Media Piktogram Untuk Membangun Gairah Kesadaran Disiplin Pada Anak Didik SDII Al Abidin Evelyne Henny Lukitasari
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Kemadha Vol. 7 No.1 April 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan di dalam keluarga, sekolah dan masyarakat akan sangat membantu anak dalam proses belajar baik secara intelektual, emosional dan sosial. Pendidikan karakter menjadi hal yang penting mengingat pendidikan karakter melibatkan penanaman pengetahuan, kecintaan, kepekaan, kesadaran disiplin, kemandirian dankereatifitas pada anak. Kesadaran disiplin dapat dibangkitkan dengan gairah keinginan yang berkaitan dengan motivasi. Tingkat kesadaran disiplin juga dapatdibangkitkan gairah kesadarannya melalui bahasa visual. Bahasa visual memiliki bentuk komunikasi dalam sistem tanda. Tanda sebagai sarana media komunikasivisual yang dekat dengan lingkungan pendidikan adalah melalui media piktogram. Piktogram lalu digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi melalui bahasa visual.Piktogram melalui bahasa visual membuat orang melihat sekaligus membaca dan menganalisa mengenai maksud dari gambar yang ditampilkan yang melihat,membaca dan menganaalisa piktogram yang akan menumbuhkaan kebiasan memecahkan masalah, kepekaan dan kesadaran disiplin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan semiotik. Metode pengumpulan data dengan studi pustaka, observasi, dan wawancara. Untuk mengembangkan piktogram digunakan untuk membangkitkan gairah kesadaran disiplin pada anak didik SDII Al Abidin Surakarta
ANALISIS MAKNA UNSUR RUPA LOGO SYARIKAT DAGANG KAUMAN (SDK) SURAKARTA Subhan Yuliyanto; Soegeng Toekio; Ahmad Khoirul
JURNAL KEMADHA Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Kemadha Vol. 7 No.1 April 2017
Publisher : Universitas Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this study is to determine how the design process, knowing aspect of consideration in the selection of the use of visual elements in the logo, and knowingthe meanings of what is contained on the visual elements of the SDK’s logo.The research method is descriptive qualitative research method. Based on the analysis ofdata obtained conclusions: (1) Visual elements contained in the logo are as follows: The line element in the logo . The non geometry shape element logo. The colorselements used in the logo. The texture element in the logo. (2) The meanings contained in the visual elements of the logo as expressed by the designer are as follows: Kepetform symbolizes a flower blooming. Logo color by Soga’s nature motif color. Typography of logo selected letters with the letter without hooks (sans serif) and italics

Page 1 of 11 | Total Record : 106