cover
Contact Name
Osco Parmonangan Sijabat
Contact Email
oscosijabat17@gmail.com
Phone
+6285270212826
Journal Mail Official
migascentralsijabat@gmail.com
Editorial Address
Jl. Medan KM. 4,5 Sumber Jaya II, Gang Kolam No. 4, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Indonesia, Kode Pos: 21138.
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
ISSN : -     EISSN : 2987744X     DOI : -
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan adalah hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat original dan belum pernah diterbitkan atau diajukan ke jurnal lain. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat secara kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu di bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang: 1. PENDIDIKAN : [PGSD, PKn, Ekonomi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jerman, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, IPA]. 2. SAINS : [Matematika, Tehnik Mesin, Manajamen Pengelolaan Sumber Daya Perairan, Ilmu Komputer] 3. SOSIAL HUMANIORA 4. KEWIRAUSAHAAN [ENTREPRENEURSHIP]
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI" : 23 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 122345 PEMATANGSIANTAR Chelsy Siska Mita Siburian; Lisbet Novianti Sihombing; Desi Sijabat
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelnelliltilan ilnil belrtuljulan ulntulk melngeltahulil Pelngarulh Moldell Pelmbellajaran Takel and Gilvel Telrhadap Hasill Bellajar Silswa Kellas V Telmatilk Telma 1 Sulbtelma 2 Manulsila dan Lilngkulngan SD Nelgelril 122345 Pelmatang Silantar. Jelnils pelnelliltilan yang dil gulnakan pada pelnelliltilan ilnil adalah pelnelliltilan elkspelrilmeln. Pelnelliltilan belrbasils olnel grolulp preltelst-polstelst delsilgn adalah pelnelliltilan delngan melnggulnakan meltoldel elkspelrilmeln.. Sampell pelnelliltilan ilnil adalah 25 olrang silswa kellas V. Telknilk pelngambillan sampell dalam pelnelliltilan ilnil adalah toltal samplilng. Pelngulmpullan data dalam Pelnelliltilan ilnil melnggulnakan Preltelst dan Polsttelst, Polstelst dillakulkan ulntulk melngeltahulil kelmampulan awal silswa dan Polsttelst dillakulkan ulntulk melngeltahulil hasill bellajar silswa seltellah melnggulnakan moldell pelmbellajaran Takel and Gilvel. Tels belrbelntulk solal olbjelktilf tels ( pillilhan belrganda) melmillilkil elmpat pillilhan yailtul a.b,c,dan d delngan julmlah solal 25 soal. Belrdasarkan hasill uljil hilpoltelsils delngan taraf silngnilfilkan 0,05 dan 0,4044, maka dapat disilmpulkan bahwa ada pelngaruh moldell pelmbellajaran takel and gilvel pada telma 1 sulbtelma 2 kellas V SD Nelgelril 122345 Pelmatangsilantar. Berdasarkan hasill uljil hilpoltelsils, maka dil telrilma yang melnandakan bahwa adanya pelngarulh moldell pelmbellajaran takel and gilvel telrhadap hasill bellajar silswa delngan pelmbellajaran bilasa.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU SD NEGERI 091254 BATU ONOM Paulus Insani Sitinjak; Osco Parmonangan Sijabat; Lisbet Novianti Sihombing
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku SDN 091254 Batu OnomTahun Ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif Design penelitian yang akan digunakan yaitu Experimen, dengan bentuk Pre-experimental Design yang menggunakan design “one group pretest posttest design” dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi peneliti sebanyak 25 siswa. Sesuai dengan hasil penelitian yang peneliti lakukan, peneliti dapat menyimpulkan adanya pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku SDN 091254 Batu Onom. Hal ini di buktikan dengan hasil uji validitas yang dilakukan terhadap pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) diperoleh thitung > ttabel dan nilai signifikan > 0,05, kemudian hasil uji validitas soal diperoleh thitung > ttabel dan nilai signifikan < 0,05. Demikian juga dengan uji homogenitas menggunakan uji Levene diperoleh nilai Sig.(2-tailed) < dari 0,05 (0,00<0,05) maka terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest, data thitun233g > ttabel (7,258>2,045) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku SDN 091254 Batu Onom.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI UPTD SD NEGERI 122384 JL. KOL PEMATANGSIANTAR Kesya Sitanggang; Asister Fernando Siagian; Hetdy Sitio
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 122384 Jl. Kol. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas V, sementara sampel yang digunakan adalah 28 siswa yang dipilih secara acak melalui metode Simple Random Sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu (Quasi experimental research) dengan rancangan penelitian One Group Pretest - Posttest Design. Peneliti menggunakan instrumen berupa 10 butir soal uraian yang berkaitan dengan materi perubahan wujud benda. Instrumen ini digunakan untuk menilai pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA, maka data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul, dilakukan analisis menggunakan Indeks Aiken’s V dan Uji N- Gain. Hal ini dibuktikan dengan uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai hasil perhitungan gain kelas eksperimen diperoleh rata - rata pretest sebesar 37,67 dan rata - rata posttest sebesar 85,53. Sehingga diperoleh gain 0,78. Artinya, kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil kemampuan berpikir kreatif dengan kategori sangat tinggi (g) ≥ 0,7. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 122384 Jl. Kol Tahun Ajaran 2023/2024.
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD Hanna Gabriella Gurning; Asister Fernando Siagian; Emelda Thesalonika
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan didasarkan pada observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas V UPTD SD Negeri 122351 Pematangsiantar, yakni guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga mengakibatkan kemampuan berpikir siswa rendah. Melalui permasalahan diatas maka dicari solusi yaitu dengan menerapkan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan jumlah sampel sebanyak 29 siswa kelas V UPTD SD Negeri 122351 pematangsiantar, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD. Hal ini dibuktikan dengan Uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai hasil perhitungn gain kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 34,62 dan rata-rata posttest sebesar 87,31. Sehingga diperoleh gain 0.80. Artinya, kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sangat tinggi karena (g) ≥ 0,70. Berdasarkan data tersebut, maka dikatakan peningkatan hasil belajar materi Usaha Pelestarian Lingkungan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dibandingkan dengan konvensional.
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122350 PEMATANGSIANTAR Heny Angel Sitorus; Asister Fernando Siagian; Maria Barus
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 122350 Pematangsiantar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan One-group Pretest Posttest Design. Pada desain ini terdapat Pretest sebelum diberi perlakuan dan Posttest setelah diberi perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Waktu Penelitian dilakukan setelah keluarnya surat izin meneliti, waktu yang dilakukan peneliti untuk melakukan penelitian ini adalah pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Berdarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan jumlah sampel sebanyak 37 siswa kelas V UPTD SD Negeri 122350 Pematangsiantar, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V UPTD SD Negeri 122350 Pematangsiantar. Hal ini dibuktikan dengan Uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai hasil perhitungn gain kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 34,62 dan rata-rata posttest sebesar 84,64. Sehingga diperoleh gain 0.73. Artinya, kelas eksperimen mengalami peningktan hasil belajar dengan kategori sangat tinggi karena (g) ≥ 0,70. Berdasarkan data tersebut, maka dikatakan peningkatan hasil belajar materi Usaha Pelestarian Lingkungan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dibandingkan dengan konvensional pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 122350 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024.
PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 091505 AFD C BALIMBINGAN Sri Wahyuni; Osco Parmonangan Sijabat; Andriono Manalu
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian iiini iibertujuan iiuntuk iimengetahui iiada iitidaknya iipengaruh iimetode iiHypnoteaching iiterhadap iiminat iibelajar iisiswa iikelas iiV iiSD iiNegeri ii091505 iiAFD iiC iiBalimbingan. iisemester iigenap iiT.A ii2023/2024. iiJenis iipenelitian iidalam iipenelitian iiini iiadalah iipenelitian iikuantitatif. iiPopulasi iipenelitian iiseluruh iisiswa iikelas iiV iiSD iiNegeri iiAFD iiC iiBalimbingan iitahun iiajaran ii2023/2024 iisejumlah ii27 iisiswa. ii iiTeknik iipengambilan iisampel iidalam iipenelitian iiini iiadalah iinonprobality iisampling, iidimana iisampel iiyang iidipilih iiadalah iisampel iijenuh. iiSampel iipada iipenelitian iiini iiterdiri iidari iisiswa iikelas iiV iiSD iiNegeri ii091505 iiAfd iiC iiBalimbingan ii iiyang iiberjumlah ii27 iisiswa ii. iiHasil iipenelitian iiini iimenunjukkan iibahwa iiminat iibelajar iisiswa iisetelah iimenggunakan iimetode iihypnoteaching iimengalami iipengaruh iidengan ii iirata-rata iinilai iiposttest ii102,03. Dari iihasil iiuji iihipotesis iidengan iiteknik iipaired iisamples iitest iiyang iimenunjukkan iibahwa iididapatkan iinilai iisignifikasi ii(2-tailed) ii0,000 ii< ii0,05 iimenunjukkan iiadanya iipengaruh iiyang iisignifikan iiantara iivariabel iiawal iidengan iivariabel iiakhir. iiHal iiini iimenunjukkan iiterdapat iipengaruh iiyang iibermakna iiterhadap iiperlakuan iiyang iidiberikan iikepada iisampel. iiDengan iidemikian, iikriteria iiHa iiditerima iijika iisig ii< ii0,05. iiBerdasarkan iidata iitersebut, iimaka iidapat iidisimpulkan iibahwa iiterdapat iipengaruh iimetode iihypnoteaching iiterhadap iiminat iibelajar iisiswa iikelas iiV iiSD iiNegeri ii091505 iiAfd iiC iiBalimbingan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 DI UPTD SD NEGERI 122365 PEMATANGSIANTAR Alfina Yoshevina Sihombing; Osco Parmonangan Sijabat; Janwar Tambunan
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena pendidikan dapat menanamkan kemampuan baru kepada setiap orang agar dapat mempelajari ilmu pendidikan serta keterampilan baru, sehingga pendidikan itu dapat memproduksi generasi-generasi yang aktif dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampua Kolaborasi Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 di UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 di UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar yang berjumlah 36 orang. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, (1) Terdapat pengaruh Model Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Kolaborasi siswa pada pelajaran matematika subtema kubus dan balok kelas 5 di UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar melalui model pembelajaran berbasis proyek TA 2023/2024 (Ha). (2) Tidak terdapat pengaruh Model Berbasis Proyek terhadap kemampuan kolaborasi siswa pada pelajaran matematika subtema kubus dan balok kelas 5 di UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar melalui model pembelajaran berbasis proyek TA 2023/2024 (H0). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberiaan soal tes dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data statistik inferensial menggunakan uji t diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 6,182. Pada taraf signifikan maka diperoleh t tabel = 2,086. Maka diperoleh thitung > ttabel atau 6,182 >2,086. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menerapkan model pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Kolaborasi Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika kelas 5 di UPTD SD Negeri 122365 Pematang Siantar. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 09555 SINAKSAK Nanda Angelica Nababan; Janwar Tambunan; Rio Parsaoran Napitupulu
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 095557 Sinaksak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif. Design penelitian yang akan digunakan yaitu Eksperimen, dengan bentuk Pre-eksperimental Design yang menggunakan design “one group pretest posttest design”. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 095557 Sinaksak yang berjumlah 24 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa test. Data diuji menggunakan analisis berbantuan SPSS versi 21. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yang terdapat pengaruh signifikan pada penelitian ini dan data yang sudah diuji dinyatakan dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pretest (47.29) dan posttest (80). Dan hasil thitung sebesar 7.361 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Tema 1 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 095557 Sinaksak.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 125546 PEMATANGSIANTAR Betty Sinaga; Osco Parmonangan Sijabat; Desi Sijabat
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 125546 Pematangsiantar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen . Desain pada penelitian ini adalah one group pretest - post test. Pada penelitian ini menggunakan satu kelas penelitian saja. Sampel penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 25 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan test (Pretest dan Posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh taraf signifikansi (-2 tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Dan diperoleh nilai thitung ( 17,38) > ttabel (1, 71) maka maka Ho ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di UPTD SD Negeri 125546 Pematangsiantar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI UPTD SD NEGERI 125543 PEMATANGSIANTAR Kiki Sinurat; Hendra Simanjuntak; Desi Sijabat
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 2 (2024): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Subtema 2 Perubahan Energi UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar. Jenis penelitian adalah Pre-Experimental Design dengan metode penelitian kuantitatif. Desain Penelitian adalah Desain Experimen One grup pretest postest design. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar pada siswa kelas III dengan jumlah populasi dan sampel 22 orang.Tehnik pengambilan sampel adalah tehnik sampling jenuh yaitu tehnik penentuan sampel apabila populasi digunakan sebagai sampel .Tehnik pengumpulan data dalam penelitian adalah dokumentasi dan test(Pretest dan Postest). Tehnik analisa data yang digunakan adalah Uji Normalitas,Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan ,diperoleh taraf signifikansi (- 2 tailed ) lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05) dan diperoleh nilai thitung (17,98 ) > t tabel 1,72) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Subtema 2 Perubahan Energi UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar.

Page 1 of 3 | Total Record : 23