cover
Contact Name
Syahru Ramadan
Contact Email
syahru.ramadan.iain@gmail.com
Phone
+6282194387751
Journal Mail Official
marajajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. HOS. Cokroaminoto No. 9, Watampone, 92731, Indonesia
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
ISSN : -     EISSN : 30478723     DOI : 10.30863/maraja.v2i1.5589
Core Subject : Education, Social,
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times (January and July) a year. The Madrasah Ibtidaiyah Research Journal is managed by the Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah at Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. The Journal invites original articles and is not simultaneously submitted to another journal or conference. The scope of the articles published in Madrasah Ibtidaiyah Research Journal deals with a broad range of topics in the fields of elementary education: Curriculum Development in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Learning Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Islamic Education, Art and Local content in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Media and Instructional Technologies in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Learning Strategies in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Teacher Competence in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Assessment in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Neuro Psycholinguistics for Children in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024)" : 6 Documents clear
Efektivitas Media Uno Stacko dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone Rosnawati, Rosnawati
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i1.5147

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Uno Stacko dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain yang digunakan yaitu experiment, khususnya one group pretest-posttest design. Lokasi penelitian ini adalah MI Nurul Yaqin Lompo, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan) dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Uno Stacko efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada Uji paired sample t-test dengan menggunakan bantuan pengolahan data SPSS Versi 22. Hasilnya diperoleh signifikan (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Hal itu membuat H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat dikatakan bahwa media Uno Stacko efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone.
Efektivitas Media Mistery Box Broken Square dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kabupaten Bone Sari, Fera Haswinda; Rasyid, Nirwana; Machmuddin, Rosbiah
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i1.5589

Abstract

Penelitian ini membahas efektivitas penggunaan media mistery box broken square dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 2 di MI Annurain Lonrae, Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu PreExperiment Design dengan design One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja dan dokumentasi. Data yang diperoleh setelah penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Statistis Version 25 agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif pretest-postest, uji normalitas, dan uji hipostesis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 2 MI Annurain Lonrae dengan siswa yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media Mistery Box Broken Square, menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik kelas 2 pada saat post-test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria keterampilan membaca permulaan dengan rata-rata sebesar 80.65 dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai pretest dan postest, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti media Mistery Box Broken Square efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MI Annurain Lonrae Kabupaten Bone dan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-gain score sebesar 67.99 yang berada pada kategori cukup efektif.
Efektivitas Media Ludo dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V MI Nurul Yaqin Lompo, Kabupaten Bone Dani, Sri Rahma; Hasan, Hasan
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i1.5148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Ludo dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Nurul Yaqin Lompo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-experiment, khususnya one group pretest-posttest design. Lokasi penelitian ini adalah MI Nurul Yaqin Lompo, Kabupaten Bone. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Nurul Yaqin Lompo yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Ludo efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada Uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan pengolahan data SPSS Versi 22. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Ludo efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI Nurul Yaqin Lompo, Kabupaten Bone.
Efektivitas Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VA MI Al Mukrimin Tonronge Herman, Herman; Nur, Suriani; Basysyar, Andi Haura Rafiqah
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i1.5142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPA menggunakan media Powtoon pada siswa kelas V MI AlMukrimin Tonronge; dan (2) mengetahui efektivitas media Powtoon dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V MI Al-Mukrimin Tonronge, Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian yang bersifat Pre-Experimen. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Mukrimin Tonronge, Kabupaten Bone pada kelas VA dengan jumlah sampel sebanyak 19 siswa. Data penelitian ini diambil dengan cara observasi dan tes esai. Tes esai dilakukan dua kali, yaitu pada pretest yang dilaksanakan sebelum diberikan perlakuan dan posttest yang dilaksanakan setelah diberikan perlakuan. Nilai tes digunakan untuk mengetahui efektivitas media Powtoon untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas V MI Al-Mukrimin Tonronge. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis paired sample t-tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Media Powtoon pada siswa Kelas V MI Al-Mukrimin Tonronge meningkat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata siswa 41,2. Setelah diberi perlakuan nilai rata-rata siswa 73,8. (2) Efektivitas Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V MI Al-Mukrimin Tonronge berdasarkan hasil uji hipotesis uji t paired sampel menggunakan aplikasi jamuvi terdapat signifikansi 0,001 dibawah < 0,05. Sedangkan uji efektivitas menggunakan N-Gain score terdapat signifikasi yaitu, 56,7. Nilai itu berada pada kategori Cukup Efektif yang menandakan bahwa Media Powtoon cukup efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VA MI Al-Mukrimin Tonronge, Kabupaten Bone.
Efektivitas Penggunaan Media Tangga Pintar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I MI Nur Arrahman Kajuara SH, Haswindi; Zakaria, Zakaria; Sarea, Syahrul
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i1.5313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran tangga pintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perjumlahan dan pengurangan kelas I MI Nur Arrahman Kajuara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nur Arrahman Kajuara. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menguji generalisasi hasil penelitian melalui pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan program Statistikal Package Social Sciens (SPSS) Versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media tangga pintar mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media tangga pintar. Uji pretest dengan nilai terendah 30 sedangkan nilai tertinggi 80, dengan nilai rata-rata yaitu 54 berada pada kategori rendah. Sedangkan pada posttest, nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Nilai rata-rata yaitu 84.00 yang berada pada kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis dengan pengambilan keputusan, yaitu Uji Paired Sample T-Test diperoleh jika nilai signifikansi (2-tailed) < 0.05 maka H₀ ditolak dan  H₁ diterima. Jika nilai signifikansi (2-tailed) > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai sig.2(tailed) < 0.01 maka dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak dan  H₁ diterima. Dapat diketahui bahwa nilai mean pada N-Gain Score adalah .7512, nilai yang diperoleh berada pada persentase <75 dengan tafsiran efektif.
Efektivitas Media Kartu Arisan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 MIN 1 Bone Yuniarti, Firda; HS, Syamsidar; Ramadan, Syahru
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i1.5278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kartu arisan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 MIN 1 Bone. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Bone. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menguji generalisasi hasil penelitian melalui pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan program Statistikal Package Social Sciens (SPSS) Versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu arisan mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 MIN 1 Bone. Media kartu arisan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan media kartu arisan. Nilai rata-rata pretest 45,00 dengan nilai tertinggi 70, sedangkan nilai rata-rata posttest 84,61 dengan nilai tertinggi 100. Dari hasil uji hipotesis dengan pengambilan keputusan  yaitu Uji Paired Sample T-Test diperoleh jika nilai signifikansi <0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai signifikansi >0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai signifikansi) < 0.01. artinya penggunaan media kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 MIN 1 Bone. Kemudian, efektivitas media dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 73.11. hasil itu jika berdasarkan kategori tafsiran N-Gain Scoreberada pada rentan 56-75 dan termasuk dalam kategori cukup efektif. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6