cover
Contact Name
Syahru Ramadan
Contact Email
syahru.ramadan.iain@gmail.com
Phone
+6282194387751
Journal Mail Official
marajajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. HOS. Cokroaminoto No. 9, Watampone, 92731, Indonesia
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
ISSN : -     EISSN : 30478723     DOI : 10.30863/maraja.v2i1.5589
Core Subject : Education, Social,
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times (January and July) a year. The Madrasah Ibtidaiyah Research Journal is managed by the Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah at Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. The Journal invites original articles and is not simultaneously submitted to another journal or conference. The scope of the articles published in Madrasah Ibtidaiyah Research Journal deals with a broad range of topics in the fields of elementary education: Curriculum Development in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Learning Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Islamic Education, Art and Local content in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Media and Instructional Technologies in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Learning Strategies in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Teacher Competence in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Assessment in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI), Neuro Psycholinguistics for Children in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI).
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024)" : 4 Documents clear
Pemanfaatan Aplikasi Powtoon sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Mariani, Selvi; Ramadan, Syahru
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i2.5598

Abstract

Powtoon merupakan aplikasi presentasi daring yang dilengkapi dengan fasilitas animasi kartun yang menarik. Powtoon dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah, termasuk di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan manfaat-manfaat aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode library research. Dari hasil penelitian ini ditemukan beberapa manfaat aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar, antara lain: (1) dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan baik; (2) dapat merangsang ide siswa dalam memproduksi tulisan; (3) dapat membantu guru menyisipkan konten lokal pada materi pembelajaran; (4) dapat dimanfaatkan secara berulang-ulang; dan (5) dapat digunakan kapan dan di mana saja. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi para guru bahasa Indonesia dan guru lainnya di sekolah dasar untuk memanfaatkan aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran di sekolah.
Efektivitas Penggunaan Media Dinding Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Lontara Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone Nurlaila, Nurlaila
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i2.5599

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media dinding kata dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah Componge, Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini terkait kemampuan membaca aksara lontara siswa masih kurang tepat,  cara baca masih terbata-bata, dan  mudah bosan pada pembelajaran bahasa daerah. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif, khususnya eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja atau  tes praktik kemampuan  membaca aksara lontara dengan menggunakan lembar penilaian sesuai dengan kisi-kisi instrumen kemampuan membaca aksara lontara. Kemudian, dilakukan analisis data secara statistik untuk mengetahui hasil perhitungan nilai pretest-postest, uji normalitas, dan uji hipotesis.. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone dengan sampel sebanyak 22 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media dinding kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah Componge, Kabupaten Bone. Hal itu didasarkan pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Pada nilai pre-test dan post-test, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka HO ditolak dan H1 diterima, sehingga penggunaan media dinding kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah Componge, Kabupaten Bone.
Perbandingan Pendekatan Inklusif dan Eksklusif dalam Pembelajaran Sains di MI: Implikasinya terhadap Pemahaman Konsep dan Karakter Religius Siswa Abdun Nasir, Muhammad Fikri
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i2.5596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua pendekatan pembelajaran sains di Madrasah Ibtidaiyah, yaitu pendekatan inklusif dan eksklusif, dalam hal implikasinya terhadap pemahaman konsep dan karakter religius Islam siswa. Pendekatan inklusif menekankan pada keterlibatan semua siswa dalam pembelajaran, sedangkan pendekatan eksklusif menekankan pada pengelompokan siswa berdasarkan kemampuannya. Penelitian ini menggunakan metode grounded theory untuk menganalisis data yang diperoleh dari observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan inklusif lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan karakter religius Islam siswa dibandingkan dengan pendekatan eksklusif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti (a) pendekatan inklusif memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk belajar dan berpartisipasi dalam pembelajaran; (b) pendekatan inklusif mendorong siswa untuk saling membantu dan belajar dari satu sama lain; dan (c) pendekatan inklusif menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan mendukung. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting bagi praktik pembelajaran sains di Madrasah Ibtidaiyah. Guru perlu mempertimbangkan untuk menggunakan pendekatan inklusif dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter religius Islam siswa.
Efektivitas Penggunaan Media Komik Berbasis Pixton dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Yaqin Lompo Kabupaten Bone Qamari, Deliana
Madrasah Ibtidaiyah Research Journal Vol. 2 No. 2 (2024)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/maraja.v2i2.5597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media komik berbasis Pixton dalam meningkatkan minat baca siswa kelas II MI Nurul Yaqin Lompo Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest – Posttest. Lokasi penelitian ini adalah MI Nurul Yaqin Lompo. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II MI Nurul Yaqin Lompo yang berjumlah 15 siswa. Hasil yang diperolah dari penelitian ini menunjukkan bahwa media komik berbasis Pixton efektif dalam meningkatkan minat baca siswa kelas II MI Nurul Yaqin Lompo Kabupaten Bone. Hal itu dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada lembar angket yang disebar sebagai pretest dan posttest. Nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 16,8>1,761. Dari hasil uji-t yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima sehingga menunjukan bahwa penggunaan media komik berbasis Pixton efektif dalam meningkatkan minat baca siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 4