cover
Contact Name
Gita Noveri Eza
Contact Email
bungarampaiunimed@gmail.com
Phone
+6285263097850
Journal Mail Official
gitanoverieza@unimed.ac.id
Editorial Address
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate Email : bungarampaiunimed@gmail.com
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Bunga Rampai Usia Emas
ISSN : 23019409     EISSN : 25027166     DOI : https://doi.org/10.24114/jbrue
Core Subject : Education,
Ruang lingkup Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, yaitu: Penelitian dan/atau gagasan ide serta hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, meliputi pengembangan kognitif, fisik motorik, bahasa, nilai agama dan moral, sosial emosional, serta pengembangan seni dan kreativitas, pengelolaan PAUD, psikologi perkembangan anak, ilmu parenting, alat permainan edukatif, inovasi pembelajaran PAUD dan berbagai bidang yang berkaitan dengan anak usia dini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1: Juni 2024" : 6 Documents clear
Penggunaan Media Bahan Alam Dari Tanah Liat Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK.Ar-Raudhoh Pamekasan Sholihah, Maidatus; Musayyadah, Musayyadah; Farida, Siti
JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS Vol. 10 No. 1: Juni 2024
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jbrue.v10i1.45907

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK. Ar-raudhoh Klampar Proppo Pamekasan. Untuk usia 4-5 tahun seharusnya sudah mampu melakukan gerakan manipulatif, mengkoordinasikan mata dan tangan untuk menghasilkan suatu bentuk dan mengontrol gerakan tangan yang menggunakan halus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana penerapan pengunaan media bahan alam dari tanah liat untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif sedangkan pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media bahan alam dari tanah liat mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK. Ar-raudhoh Klampar Proppo Pamekasan. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil anak melakukan kegiatan membentuk dari tanah liat menggunakan cetakan.
Implementasi Media Kobitar untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Azhar Kowel Pamekasan Amalina, Naila; Musayyadah, Musayyadah; Pusparini, Dewi
JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS Vol. 10 No. 1: Juni 2024
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jbrue.v10i1.45914

Abstract

Permasalahan dalam penelitian yang terjadi di TK Al-Azhar Kowel Pamekasan yaitu kurang mampu dalam perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Dimana pada usia 5-6 tahun seharusnya anak sudah mampu dalam kegiatan menghitung lambang bilangan, mengurutkan benda dari yang paling besar ke yang paling kecil, dan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan bagaimana Implementasi Media Kobitar untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Azhar Kowel Pamekasan. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Media Kobitar untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Azhar Kowel Pamekasan dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun.
Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Block Brick dalam Minat Bermain pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B2 TK Hafidzan Lestari Kota Jambi Sarmila, Sarmila; Indryani, Indryani; Harianja, Sri Indriani
JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS Vol. 10 No. 1: Juni 2024
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jbrue.v10i1.47961

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran block brick dalam minat bermain pada anak usia 5-6 tahun kelompok B2 di TK Hafidzan Lestari Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B2 di TK Hafidzan Lestari yang berjumlah 20 anak. Observasi aktivitas belajar yang ditinjau dari minat bermain anak, wawancara dengan guru kelas dan dokumentasi menjadi Teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media block brick dalam minat bermain anak usia 5-6 tahun kelompok B2 di TK Hafidzan  Lestari Kota Jambi cukup baik dan minat anak dapat berkembang melalui media block brick.Kata Kunci: media pembelajaran, block brick, minat bermain, anak usia dini
Pemanfaatan Media Loose Parts untuk Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi Lumban Raja, Winda Katrina; Yantoro, Yantoro; Ismiatun, Asih Nur
JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS Vol. 10 No. 1: Juni 2024
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jbrue.v10i1.48491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pemanfaatan media loose parts untuk kemampuan berpikir kritis dan efektivitas pada anak usia 5 “ 6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan data primer dari wawancara dan data sekunder dari lokasi penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi data. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif menurut Miles dan Huberman. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media loose parts untuk kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5 “ 6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi sudah efektif dan berjalan dengan baik dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya, peneliti berharap agar penelitian ini dapat menjadi masukan dan bahan informasi bagi pihak yang membutuhkan. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, loose parts, anak usia dini
Pelaksanaan PAUD Holistik Integratif Di TK Negeri Pembina 1 Medan Purba, Febri Yanti; Handayani, Peny Husna
JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS Vol. 10 No. 1: Juni 2024
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jbrue.v10i1.48996

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah 1)Mendeskripsikan pelaksanaan PAUD Holistik Integratif  layanan pendidikan,  2)Mendeskripsikan pelaksanaan PAUD Holistik Integratif  layanan kesehatan dan gizi, 3)Mendeskripsikan pelaksanaan PAUD Holistik Integratif  layanan pengasuhan, 4)Mendeskripsikan  pelaksanaan  PAUD Holistik Integratif  layanan perlindungan, serta 5)Mendeskripsikan  pelaksanaan  PAUD Holistik Integratif  layanan kesejahteraan pada TK Negeri Pembina 1 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian Menunjukkan bahwa pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan pendidikan berdasarkan hasil persentase sebesar 100% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik. Pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan kesehatan dan gizi berdasarkan hasil persentase sebesar 92% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik. Pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan pengasuhan berdasarkan hasil persentase sebesar 92% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik. Pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan perlindungan berdasarkan hasil persentase sebesar 99% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik.  Pelaksanaan PAUD Holistik pada bagian layanan kesejahteraan berdasarkan hasil persentase sebesar 100% dapat dikategori terlaksana dengan sangat baik. Dari pelaksanaan kelima bagian layanan pada PAUD Holistik Integratif di TK Negeri Pembina 1 Medan berdasarkan rata-rata persentase sebesar  98% dapat di kategorikan terlaksana dengan sangat baik. 
Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Sesuai Profil Pelajar Pancasila Dengan Menggunakan Media Gambar AI Di Tk-It Al-Ikhlas Kota Binjai Tahun Ajaran 2023-2024 Megawati, Neni; Marbun, Sariana
JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS Vol. 10 No. 1: Juni 2024
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jbrue.v10i1.61132

Abstract

This research was carried out with the aim of increasing the independence of children aged 5-6 years according to the Pancasila student profile using AI image media at Kindergarten-It Al-Ikhlas, Binjai City for the 2023-2024 academic year. This research is a type of classroom action research with 12 subjects, of which 6 are men and the other 6 are women. The object of this research is increasing children's independence as Pancasila students aged 5-6 years at Al-Ikhlas IT Kindergarten in Binjai City for the 2023/2024 academic year. The data collection method is carried out by observation. The data analysis technique is Descriptive Percentage. The findings in efforts to increase children's independence in cycle 1 were 70.5% in the good category, while in cycle 2 it was 83.9% in the Very Good Category. Meanwhile, the results of teacher observations in cycle 1 were 75%. The results of teacher observations in Cycle 2 were 84.4%, which is in the Very Good category. Based on the results obtained, image media can increase the independence of children aged 5-6 years according to the Pancasila student profile

Page 1 of 1 | Total Record : 6