cover
Contact Name
Uswatun Hasanah
Contact Email
hana.aizawa@gmail.com
Phone
+6285262333783
Journal Mail Official
smartgoals3@gmail.com
Editorial Address
Jl Rasmi No. 28 Kelurahan Sei Sikambing C-II Kec. Medan Helvetia Gedung Rektorat lantai II. Ruang LPPM
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Smart Goals : Jurnal Bisnis Digital dan Manajemen
ISSN : -     EISSN : 30639646     DOI : https://doi.org/10.36490/sg.v1i1
Core Subject : Social,
Smart Goals: Jurnal Bisnis Digital dan Manajemen adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut Nyak Dhien. Jurnal ini terbit dua kali per tahun Januari-Juni dan Juli - Desember. Smart Goals: Jurnal Bisnis Digital dan Manajemen menerima artikel berupa penelitian kualitatif, kuantitatif, eksperimen, ataupun pandangan konseptual dari era globalisasi. Smart Goals: Jurnal Bisnis Digital dan Manajemen memiliki fokus : · E-commerce · Teknologi dalam bisnis · Revolusi industry · Sistem informasi · Multimedia · Digital Marketing · Fintech · Big data and analitik · Transformasi Digital · Startup dan Inovasi · kewirausahaan digital · Strategi bisnis Digital · Akuntansi Digital · Manajemen SDM · Manajemen Pemasaran · Manajemen Produksi · Manajemen keuangan . Manajemen Industri
Articles 13 Documents
PRIVASI DATA DAN TRANSPARANSI: TANTANGAN ETIS DALAM PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI BIDANG AKUNTANSI Uswatun Hasanah
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 1 (2024): Edisi Juli 2024-Desember 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i1.1330

Abstract

This study aims to examine the ethical challenges and implications of using Artificial Intelligence (AI) in accounting practices, with a particular focus on issues related to data privacy, decision-making transparency, and algorithmic bias, as well as the potential disruption of traditional accounting roles by AI. The methodology employed is a systematic literature review of various academic sources and relevant publications that discuss the ethical aspects of AI implementation in accounting. The results of the study indicate that while AI offers several benefits, such as increased efficiency and accuracy, it also presents significant ethical challenges. These challenges include the risk of data privacy breaches, a lack of transparency in AI-supported decision-making processes, and potential biases in algorithms that could lead to unfair practices in accounting. Moreover, the traditional role of accountants is increasingly threatened by AI-driven automation, which may fundamentally alter the dynamics of work in the accounting field. In conclusion, although AI holds great potential for enhancing accounting practices, it is crucial for professionals and policymakers to address and mitigate the emerging ethical challenges. This approach ensures that AI integration into accounting is conducted responsibly and in alignment with professional ethical principles.
PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNA APLIKASI DANA DIKALANGAN MAHASISWA Mella Yunita; Rizki Permata Sari; Diva Dwi Nursa'adah
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 1 (2024): Edisi Juli 2024-Desember 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i1.1338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi DANA di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Data diperoleh melalui survei terhadap 58 mahasiswa jurusan Manajemen angkatan 2022 di Universitas Tjut Nyak Dhien. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan (X1) dan kualitas pelayanan (X2) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (Y). Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,228 untuk kemudahan penggunaan dan 0,618 untuk kualitas pelayanan, yang keduanya lebih besar dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kemudahan penggunaan dan kualitas pelayanan tidak secara signifikan mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi DANA di kalangan mahasiswa yang menjadi sampel penelitian.
PENGARUH TUNJANGAN KINERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PADA PEGAWAI KEJAKSAAN NEGERI BINJAI Zefany Pranita Sormin
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 1 (2024): Edisi Juli 2024-Desember 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i1.1342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tunjangan kinerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pada pegawai Kejaksaan Negeri Binjai. Penelitian ini dilakukan karena adanya keterlambatan dalam pemberian tunjangan kinerja kepada pegawai akibat proses administrasi yang lambat dan kurang koordinasi, yang dapat menurunkan kinerja pegawai dengan mengurangi motivasi, produktivitas, dan kedisiplinan. Tingkat disiplin kerja pegawai di Kantor Kejaksaan Negeri Binjai juga dinilai masih belum optimal, tampak dari kehadiran pegawai yang terlambat serta terlalu santai dalam bekerja. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, dapat berdampak pada penurunan performa kerja dan menghambat pemberian layanan masyarakat secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 59 orang pegawai Kejaksaan Negeri Binjai, sedangkan strategi pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu pengambilan sampel dari seluruh populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi berganda, uji parsial (t), uji simultan (F), dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji yang peneliti lakukan tunjangan kinerja berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pada Kejaksaan Negeri Binjai, hal ini menunjukkan bahwa meningkatnya kinerja tunjangan kerja dan disiplin akan mempengaruhi kinerja pada Kejaksaan Negeri Binjai. Hasil uji Simultan juga memberikan jawaban yang sama yaitu berpengaruh secara simultan dan signifikan. Variabel tunjangan kinerja dan disiplin kerja memberikan pengaruh sebesar 81,5% sehingga dengan memperhatikan kedua variabel ini dapat meningkatkan kinerja pada pada Kejaksaan Negeri Binjai.
PENGARUH BEBAN KERJA DAN GAJI TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI HONORER DILINGKUNGAN KANTOR SAMSAT PUTRI HIJAU KOTA MEDAN Siregar, Fitri Handayani
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 1 (2024): Edisi Juli 2024-Desember 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i1.1344

Abstract

The purpose of this study is to determine the influence of workload and salary on the work motivation of honorary employees at the SAMSAT Putri Hijau Office, Medan City. This research was conducted at the SAMSAT Putri Hijau Office, Medan City, with a population and sample of 48 employees. The research instrument used was a questionnaire with a Likert scale model. The prerequisite tests carried out included tests of normality, multicollinearity, and heteroscedasticity. The data analysis technique used was multiple regression analysis at a significance level of α = 0.05. The results of this study show that the workload of honorary employees (X1) has a significant effect on work motivation, with the t-value greater than the t-table value (3.333 > 1.679) and a significance value of 0.002 < 0.05. Meanwhile, salary (X2) also has a significant effect on work motivation, with the t-value greater than the t-table value (2.552 > 1.679) and a significance value of 0.014 < 0.05. Based on the SPSS output, it is known that the R-squared value is 0.230, meaning that the variance of the work motivation variable can be explained by the workload and salary variables by 23 percent, while the remaining 77 percent is explained by other variables not included in this model. In other words, there are still other independent variables that influence employee work motivation.
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI HARIAN LEPAS ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KECAMATAN MEDAN SUNGGAL Chandra Kirana
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 1 (2024): Edisi Juli 2024-Desember 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i1.1357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja Pegawai Harian Lepas Organisasi Perangkat Daerah Kecamatan Medan Sunggal. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah karena masih banyaknya karyawan yang terlambat masuk kerja, tidak masuk kerja pada saat jam kerja, dan pelayanan yang lambat. Selain itu, masih banyaknya keluhan dari masyarakat, dan pekerja harian lepas (PHL) sering kali tidak menerima hak-hak ketenagakerjaan mereka. Pembayaran yang dilakukan secara melanggar ketentuan kontrak ketenagakerjaan, keterlambatan pembayaran, atau struktur kompensasi yang kurang transparan dapat berdampak negatif pada kinerja karyawan dengan menurunkan disiplin, motivasi, dan produktivitas. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, dapat berdampak pada penurunan performa kerja dan menghambat pemberian layanan masyarakat secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang pegawai Kejaksaan Negeri Binjai, sedangkan strategi pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu pengambilan sampel dari seluruh populasi. Dalam proses analisis data digunakan beberapa uji regresi berganda, uji parsial (t), uji simultan (F), dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan peneliti, kompensasi dan motivasi sama-sama memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja pegawai harian lepas Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Medan Sunggal. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja akan meningkat dengan adanya peningkatan motivasi dan kompensasi. Hasil uji Simultan juga memberikan jawaban yang sama yaitu berpengaruh secara simultan dan signifikan. Variabel penelitian ini memberikan pengaruh sebesar 37,8%.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA UTARA lai hati dakhi
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 1 (2024): Edisi Juli 2024-Desember 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i1.1377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan secara parsial terhadap Kinerja Pegawai, mengetahui pengaruh Motivasi secara parsial terhadap Kinerja Pegawai dan mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan populasi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebanyak 64 orang. Tekni pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling sehingga besarnya sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 64 orang. Kesimpulan penelini ini adalah gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
Pengaruh Iklim Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Loyalitas Keja Pegawai Lldikti Wilayah-I Sumatera Utara Muhammad Yamani; Amirudin Amirudin; Mella Yunita
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 2 (2025): Edisi Januari 2025 - Juni 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i2.1434

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Iklim Kerja dan gaya Kepemimpinan terhadap Loyalitas Kerja Pegawai LLDIKTI Wilayah-I Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada LLDIKTI Wilayah-I Sumatera Utara dengan populasi dan sampel sebanyak 62 Pegawai. Instrumen Penelitian ini adalah angket/kuisioner dengan model skala likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas. Teknik analisis data digunakan adalah teknik Regresi Berganda pada taraf signifikansi a = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Iklim Kerja (X1) berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Kerja Pegawai LLDIKTI Wilayah-I Sumatera Utara t hitung lebih besar dari pada t tabel (2,653 ? 1.670) dengan nilai signifikan 0,000. Sedangkan gaya Kepemimpinan (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Kerja Pegawai LLDIKTI Wilayah-I Sumatera Utara dengan nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (6,625 ? 1.670) dengan nilai signifikan 0.0001. Berdasarkan output SPSS diketahui bahwa nilai R squared adalah 0.533 artinya variansi variabel Loyalitas dapat dijelaskan oleh variabel Iklim Kerja dan Gaya Kepemimpinan sebesar 53,3 persen, sedangkan sisanya sebesar 55,3 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Dalam arti lain masih ada variabel independen lain yang mempengaruhi Loyalitas Kerja.
Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Menantea Medan Dimas Ramadhan Sitepu
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 2 (2025): Edisi Januari 2025 - Juni 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i2.1446

Abstract

The aim of this research is to examine how Menantea customer loyalty is influenced by consumer happiness and product trust. The sample consisted of 90 respondents who filled out the questionnaire used to collect research data. The data analysis technique of this study used Multiple Liner Regression Analysis Tests, Hypothesis Tests (T Test and F Test), and the Coefficient of Determination. Research findings show that Menantea customer loyalty is positively and significantly influenced by customer happiness and trust, both partially and simultaneously. With an R Square value of 0.517, the variables of consumer trust and satisfaction contribute 51.7% to the variability in Menantea consumer loyalty, with additional factors not covered in this research influencing the remaining 48.3%.
Peran Strategic Agility Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Di Era Digital Desta Rismawati; Ana Samrotul Fuadah; Siti Maisaroh Maisaroh; Vicky F Sanjaya
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 2 (2025): Edisi Januari 2025 - Juni 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i2.1545

Abstract

This study aims to investigate how strategic agility can enhance the performance of micro, small, and medium enterprises (MSMEs) in the digital era. The study employs a qualitative method using survey techniques. Data were collected through questionnaires distributed to MSMEs in Bandar Lampung. The instruments used include observation guidelines and questionnaires designed to analyze the relationship between strategic agility and MSME performance, as well as the factors influencing them. The findings reveal that strategic agility significantly contributes to MSME performance improvement, accounting for 51.7% when supported by digital technology. The study also identifies that leveraging digital technology, product innovation, and quick responses to market changes are key elements in enhancing MSME competitiveness. In conclusion, the study underscores the importance of implementing strategic agility in MSMEs’ digital transformation to improve performance and competitiveness. These findings provide valuable insights for MSMEs, governments, and stakeholders to address challenges and support the digital transformation of the MSME sector.
Urgensi Perlindungan Konsumen Di Era Digital (Regulasi, Potensi Dan Tantangan) elyani elyani
Smart GOALS Jurnal Bisnis Digital Dan Manajemen Vol 1 No 2 (2025): Edisi Januari 2025 - Juni 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tjut NYak Dhien

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/sg.v1i2.1547

Abstract

This study aims to analyze the history of consumer protection in Indonesia, the role of media and information in the digital economy era, and the urgency of legal consumer protection in the digital age concerning regulations, potentials, and challenges. The research employs normative legal methods supported by empirical legal studies using historical, statutory, and conceptual approaches. Primary, secondary, and tertiary data were utilized to support the analysis. The findings reveal that existing regulations, including Law No. 8 of 1999 on Consumer Protection, need revision to address the challenges and risks arising from digital transformation. In conclusion, there is a need for regulatory reforms that are more adaptive to technological advancements to safeguard consumers and support Indonesia's digital economy.

Page 1 of 2 | Total Record : 13