cover
Contact Name
Husnul Amin
Contact Email
husnulamin@stairu.ac.id
Phone
+6282179896862
Journal Mail Official
info@stairu.ac.id
Editorial Address
Gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum Kampus "A" Pondok Pesantren Raudhatul ( Jalan Kh. Mohammad Harun, Sakatiga, Indralaya, Sakatiga, Kec. Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30816) Telpon/Fax (0711) 7583000 Website: stairu.ac.id/
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah
ISSN : 25413686     EISSN : 27462447     DOI : https://doi.org/10.48094/raudhah.v9i3.773
Core Subject : Religion, Education,
Naskah yang diterima mencakup tema yang sesuai dengan fokus dan scope Jurnal Raudhah : Proud To be Profesional, dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Semua naskah akan melalui proses review sebelum terbit. Focus and Scope: 1.⁠ ⁠Islamic education learning  2. Islamic education teaching  3. Islamic education curriculum development  4. Islamic education education policy  5. Islamic education technology  6. Islamic education development  7. Islamic education psychology  8. History of Islamic education  9. Management of Islamic education  10. Islamic education in other countries in the world. https://ejournal.stairu.ac.id/index.php/raudhah/focusandscope
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "مجلد 3 عدد 1 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2018" : 5 Documents clear
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA AGAMA DI MTsN 01 OGAN ILIR Moh. Fuadi
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 1 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i1.19

Abstract

Kepala sekolah merupakan penanggung jawab tehadap pelaksanaan dan pengembangan pendidikan di MTsN 01 Ogan Ilir merupakan lembaga negeri yang mempuyai orientasi mengembangkan budaya agama dengan memperhatikan respon semua warga sekolah. Lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan yang perduli dalam pengembangan budaya agama. Budaya agama di MTsN 01 Ogan Ilir sementara ini yang di gambarkan adalah, komunitas (warga) Sekolah yang belum mengamalkan ajaran dan nilai-nilai agama secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari. Kehidupan di lingkungan sekolah belum memberikan corak kehidupan yang sesuai dengan ajaran Islam, Kepala Sekolah berusaha mengawal dan menghimbau semua warga sepakat untuk menciptakan budaya agama di Sekolah dan berusaha untuk melaksanakannya semaksimal mungkin. Dalam kehidupan sehari-hari belum semua warga mengamalkan nilai-nilai agama, sebagai budaya agama di sekolah seperti : (a) Membudayakan salam bagi warga / Komunitas Sekolah (b) Kegiatan Sholat berjamaah dzuhur belum maksimal dilaksanakan. (c) Berbusana Muslim belum sesuai denga harapan. (d) Kurang menyadari makna hidup sehat dan bersih lingkungan (e) Budaya Shadaqoh belum dapat diterapkan secara maksimal (f) Budaya sholat duha blm maksimal dilaksanakan (g) Belum semua siswa bisa membaca Al-qur’an, baik secara murottal maupun mujawwad. (h) Berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran belum maksimal dilaksanakan. (i) Minimnya kesadaran warga terhadap pelaksanaan Imtaq bersama.(j) Banyaknya siswa yang tidak mentaati peraturan dan tata tertib sekolah. (k) Menghargai dan menghormati orang lain masih perlu untuk ditingkatkan.
PROSES PENDIDIKAN/PEMBELAJARAN Husnul Amin
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 1 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i1.20

Abstract

Proses pendidikan dalam literatur ilmu pendidikan, khususnya ilmu pengajaran, direduksi menjadi proses pengajaran atau proses pembelajaran, sebab mungkin proses pengajaran/pembelajaran lebih jelas, lebih tegas, objektif, bahkan universal, sedangkan proses pendidikan selain mengajar lebih subjektif, kurang jelas, kurang tegas, lebih bersifat seni daripada sebagai sains. Proses pembelajaran (Intructional) yang sering disingkat menjadi PBM (Proses Belajar Mengajar) adalah bagian terpenting yang bersifat aktif dari kurikulum. Kurikulum menurut Nasution meliputi 4 (empat) komponen pokok, terdiri dari (1) tujuan, (1) bahan pelajaran, (3) proses belajar mengajar, dan (4) penilaian. Dalam al-Qur’an dan hadits dapat ditemukan berbagai metode pendidikan yang sangat menyentuh perasaan, mendidik jiwa, dan membangkitkan semangat. Metode itu adalah: Metode hiwar (percakapan) Qurani dan Nabawi, Metode kisah Qurani dan Nabawi, Metode amtsal (perumpamaan) Qurani dan Nabawi, Metode keteladanan, Metode pembiasaan, Metode ‘ibrah dan mau’izah, dan Metode taghrib dan tarhib.
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Ahmad Arifai
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 1 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i1.21

Abstract

Faktor terpenting dari seorang guru adalah kepribadiannya. Karena dengan kepribadian itulahseorang guru bisa menjadi seorang pendidik dan pembina bagi anak didiknya atau bahkan malahsebaliknya akan menjadi seorang perusak dan penghancur bagi masa depan anak didiknya.Kepribadian menjadi unsur yang turut menentukan keakraban guru dengan para peserta didiknya.Sebab, kepribadian inilah yang akan tercermin dalam sikap dan perkataan ketika membina danmembimbing anak-anak didiknya.Pendidikan yang dilaksanakan oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah dan masyarakatmemerlukan kompetensi dalam arti luas yaitu standar kemampuan yang diperlukan untukmenggambarkan kualifikasi seseorang baik secara kualitatif maupun kuantitatif dalam melaksanakantugasnya. Kepribadian yang sesungguhnya adalah abstrak,sulit dilihat dan tidak bisa diketahui secaranyata, yang dapat diketahui hanyalah penampilan dari segiluarnya saja misalnya : dalamtindakannya, ucapannya, cara bergaul,berpakaian dan menghadapi persoalan atau masalah baik yangringanatau yang berat. Kepribadian bukanlah sesuatu yang dapat dikenakan ataupun ditanggalkansebagaimana orang mengenakan pakaian ataupun mengikuti gaya model tertentu. Kepribadian adalahtentang pribadi secara keseluruhan, kepribadian adalah sesuatu yang unik pada diri masing-masingindividu.
HAKIKAT KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM Muhammad Roihan Alhaddad
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 1 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i1.23

Abstract

Pengertian kurikulum dalam pandangan modern merupakan program pendidikan yang disediakanoleh sekolah, yang tidak hanya sebatas bidang studi dan kegiatan belajarnya saja, akan tetapi meliputisegala sesuatu yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pembentukan pribadi peserta didiksesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan sehingga dapat meningkatkan mutukehidupannya, yang pelaksanaannya bukan saja di sekolah tetapi juga di luar sekolah. Ada 4komponen utama kurikulum, yaitu tujuan-tujuan yang ingin dicapai, pengetahuan (knowledge),metode dan cara-cara mengajar serta metode dan cara penilaian (evaluasi).Prinsip-prinsip kurikulumdalam Islam antara lain : prinsip berasaskan Islam, prinsip mengarah kepada tujuan, prinsip(integritas) antar mata pelajaran, prinsip relevansi, prinsip fleksibilitas, prinsip integritas, prinsipefisiensi, prinsip kontinuitas, prinsip individualitas, prinsip kesamaan, prinsip kedinamisan, prinsipkeseimbangan dan prinsip efektifitas.
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) Zulkifli Agus
Raudhah - Proud To Be Professional مجلد 3 عدد 1 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48094/raudhah.v3i1.24

Abstract

Dalam pendidikan Islam, pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembanganpeserta didik dengan upaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik, baik potensi afektif (rasa),kognitif (cipta), maupun psikomotorik (karsa).Aspek pendidikan di PAUD mencakup pengasuhan, pembiasaan, dan pengenalan belajar.Pengasuhan bertujuan untuk menjaga anak dari dampak negatif perbuatan anak, seperti tindakanberbahaya, maupun pelecehan dari orang yang lebih dewasa; baik fisik, oral, maupun psikologis.Pembiasaan merupakan perangkat adaptasi anak terhadap lingkungan sosialnya, lebih luas denganhidup dan kehidupan.Metode Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam perspektif pendidikan Islam sangat bervariasi,diantaranya metode keteladanan, metode pendidikan dengan latihan dan pengamalan, mendidikmelalui, permainan, nyanyian dan cerita, mendidik dengan (targhib) dan (tarhib), pujian dansanjungan, serta menanamkan kebiasaan yang baik.Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menurut perspektif Islam mencakup prinsip mendahulukanpenanaman aqidah, menuntun dan menuntut aktualisasi ibadah, pembinaan akhlak mulia danmelatih kemandirian serta prinsip keseimbangan antara dunia dan akherat serta prinsipkeseimbangan antara ilmu dan amal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue مجلد 10 عدد 1 (2025): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah April 2025 مجلد 9 عدد 3 (2024): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2024 مجلد 9 عدد 2 (2024): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah- Agustus 2024 مجلد 9 عدد 1 (2024): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah- April 2024 مجلد 8 عدد 3 (2023): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah- Desember 2023 مجلد 8 عدد 2 (2023): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah- Agustus 2023 مجلد 8 عدد 1 (2023): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah-APRIL 2023 مجلد 7 عدد 2 (2022): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah-DESEMBER 2022 مجلد 7 عدد 1 (2022): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah-JUNI 2022 مجلد 6 عدد 2 (2021): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah-Desember 2021 مجلد 6 عدد 1 (2021): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2021 مجلد 5 عدد 2 (2020): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2020 مجلد 5 عدد 1 (2020): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2020 مجلد 4 عدد 1 (2019): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2019 مجلد 3 عدد 2 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2018 مجلد 3 عدد 1 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2018 مجلد 2 عدد 1 (2017): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2017 مجلد 1 عدد 1 (2016): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2016 More Issue