cover
Contact Name
Chitra Charisma Islami
Contact Email
chitra@umkuningan.ac.id
Phone
+6281223506874
Journal Mail Official
pelitapaud@umkuningan.ac.id
Editorial Address
Department of Early Childhood Education - Universitas Muhammadiyah Kuningan Sekretariat Jurnal Pelita PAUD. Building A106 Street of Moertasiah Soepomo No 28b, 45511 Kuningan - West Java
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pelita PAUD
ISSN : 25486284     EISSN : 26150360     DOI : https://doi.org/10.33222/pelitapaud
Core Subject : Education,
Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal PAUD Pelita is published twice a year, namely in June and December. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by students, teachers, academics and researchers. Journal Pelita PAUD contains various disciplines of Early Childhood Education, especially in the scope of ECE learning, policy, parenting, child development, and early chilhood problems.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD" : 9 Documents clear
Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri dan Klasifikasi Pada Anak Dita Primashanti Koesmadi
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i2.225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan geometri anak usia 4-5 tahun, dan (2) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan klasifikasi anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini semua kelompok A TK/RA di Desa Tambakromo Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok A TK Alam Ceria dan kelompok A TK Negeri Pembina. Teknik pengambilan sample penelitian menggunakan stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kegiatan constructive play terhadap kemampuan pengenalan geometri pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -1,822 ≤ t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -19,647 ≤ t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,531 ≤ t tabel sebesar1,697, (2) terdapat pengaruh kegiatan constructive play terhadap kemampuan pengenalan klasifikasi pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -2,529 ≤ t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -11,172 ≤ t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,089 ≤ t tabel sebesar1,697.
Model Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Membentuk Karakter Jujur Anak Usia 5-6 Tahun Sandy Ramdhani Ramdhani; Nur Adiyah Yuliastri
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i2.226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran tematik integrative dalam pembelajaran di TK, (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran tematik integrative dalam karakter terutama karakter jujur. Penelitian yang digunakan penelitian Research and Development dalam tiga tahapan utama. Subyek penelitian adalah 3 guru dan tiga sekolah yang diambil secara random sampling.Penelitian dengan analisis data dilakukan secara statistik menggunakan analisis deskriptif statistik dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian adalah (1) model pembelajaran tematik integrative yang dikembangkan (2) model pembelajaran Tematik Integratif mempunyai pengaruh yang baik pada uji terbatas maupun uji lapangan. (3) Model pembelajaran tematik integrative pada uji lapangan didapatkan ada pengaruh signifikan pada nilai karakter jujur anak usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Selong dibuktikan dengan analisis Deskriptif statistik
Peningkatan Keterampilan Proses Sains Flora Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Alam Susdarwati Susdarwati; Degi Alrinda Agustina
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i2.229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains flora dengan menerapkan pembelajaran berbasis alam pada anak usia dini Kelompok B di TK Dharma Wanita Jeblogan II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari tiga komponen, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 27 anak pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Jeblogan II. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Peningkatan keterampilan proses sains flora dikatakan berhasil apabila 80% dari jumlah anak termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis alam dapat meningkatkan keterampilan proses sains flora anak. Keterampilan proses sains flora anak sebelum dilakukan tindakan tidak ada (0%) anak dengan kriteria baik dan sangat baik. Setelah adanya tindakan pada Siklus I, keterampilan proses sains flora anak meningkat sebanyak 13 anak (48,15%) dan pada Siklus II meningkat hingga 24 anak (88,89%) dengan kriteria baik dan sangat baik
Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Melengkapi Huruf Menjadi Kata Dodi Ahmad Haerudin
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i2.230

Abstract

Kemampuan membaca anak dalam mengenal huruf di Taman Kanak-kanak Al Islah masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan melengkapi huruf menjadi kata. Jenis peneliian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian Taman Kanak-kanak Al Islah kelompok B5. Dengan menggunakan metode praktek langsung, teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, dan format hasil penilaian anak selanjutnya di olah dengan teknik persentase. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca anak dari siklus I pada umumnya masih terlihat rendah, pada siklus I peningkatan kemampuan membaca anak dalam mengenal huruf terlihat masih kurang kreatif yang di lanjutkan pada siklus ke II. Disini dapat disimpulkan kemampuan membaca anak meningkat
Meningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar Erna Juherna
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i2.231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kecerdasan interpesrsonal anak dengan menggunakan media celemek pintar di kelompok B TK ‘Aisyiyah Jalan. A. Yani No. 72 Kec. Kuningan Kab. Kuningan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak TK ‘Aisyiyah berjumlah 20 orang anak, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%) atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (45,97 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (69,54%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (84,28%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan media celemek pintar dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dan juga meningkatkan kinerja guru
Peningkatan Kecerdasan Emosi Melalui Bermain Musik Angklung Mimin Casminah
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i2.233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kecerdasan emosi anak dengan menggunakan bermain musik angklung di kelompok B di PAUD Asshofa Jalan Jaka Sundang Lingkungan Karanganyar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak TK Asshofa berjumlah 20 orang ana. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%) atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (45,97 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (69,54%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (84,28%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan bermain musik angklung dapat meningkatkan kecerdasan emosi
Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Memancing Bola Angka Nika Cahyati
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i2.234

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui media memancing bola angka di RA Bani Utsman Desa Darma Kecamatan Darma Kabupataen Kuningan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah dan guru kelas. Dengan melibatkan anak RA sebanyak 23 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan tes, kemudian data dianalisis dengan metode deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media memancing bola angka, yaitu kemampuan kognitif pra tindakan sebesar 31,88%, peningkatan kemampuan kognitif siklus I sebesar 50,72%, peningkatan kemampuan kognitif siklus II sebesar 68,11% dan peningkatan kemampuan kognitif siklus III sebesar 86,96%. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui media memancing bola angka juga didukung oleh beberapa indikator yaitu membilang sampai 20 (mengenal konsep bilangan dengan gambar dan benda), membuat urutan bilangan 1-20 dengan gambar benda dan menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan gambar dan benda sampai 20. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media memancing bola angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak
Pengaruh Pembiasaan Disiplin Di Lingkungan Keluarga Terhadap Karakter Anak Mira Mayasarokh; Ajeng Rahayu Tresna Dewi
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i2.235

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh pembiasaan disiplin di lingkungan keluarga terhadap karakter anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian dilakukan di Kelompok Bermain Rabbani Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan dengan sampel anak didik Kelompok Bermain Rabbani yang bejumlah 25 orang anak. Data dikumpulkan dengan teknik parametrik deskriptif, sedangkan instrumennya menggunakan angket. Pengukuran data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara karakter anak antara yang menerapkan disiplin dengan yang tidak menerapkan disiplin. Hal ini berdasarkan hasil pengujian dengan uji paired T test diperoleh nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan karakter anak yang mendapatkan pembiasaan disiplin dengan anak yang tidak mendapatkan pembiasaan disiplin. Hal ini berarti pembiasaan disiplin dapat mempengaruhi karakter anak
Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Permainan Huruf Kartu Hijaiyah Aan Solihati
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i2.242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kemampuan membaca Al Qur’an anak dengan menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok B di TK IT Darul Amanah Purwawinangun, Kabupaten Kuningan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak TK IT Darul Amanah berjumlah 14 orang anak, yang terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (42 %) kategori lancar, (28%) kategori kurang lancar, dan (28 %) kategori belum lancar. siklus II diperoleh hasil yaitu (92%) kategori lancar dan (8%) kategori kurang lancar. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan permainan kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan membaca al-qur'an anak dan juga meningkatkan kinerja guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 9