cover
Contact Name
Mariyadi
Contact Email
tjole@untan.ac.id
Phone
+6289646411338
Journal Mail Official
mariyadi@untan.ac.id
Editorial Address
Universitas Tanjungpura, Jl. Profesor Dokter H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Tanjungpura Journal of Language Education (TJoLE)
ISSN : 30484294     EISSN : 30484286     DOI : https://doi.org/10.26418/tjole
Tanjungpura Journal of Language Education (TJoLE) is an open access journal that refereed publication devoted to research articles and conceptual articles concerned with assessment and testing in language learning and education, applied linguistics methodologies and issues, classroom language teaching issues, culture and power in language education, language curriculum development and implementation, effective methods for language teaching, diversity, multiculturalism and language education, gender, language and higher education, language skills, development, and issues, language learning and identity, literacy, bilingualism and bilingual education, and teacher training, gender and equality in language education. This journal is an academic journal published twice a year in Mei and November by Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2024)" : 6 Documents clear
Persepsi Guru terhadap Pemanfaatan YouTube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Indriana, Della; Mursidin, Mursidin
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i1.79455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi guru terhadap pemanfaatan YouTube dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tanggapan guru terhadap pemanfaatan YouTube dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar yang dikumpulkan dari sumber data penelitian yakni melalui guru sekolah dasar berjumlah 7 orang yang pernah menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur dengan bantuan alat pengumpul data perekam suara dan buku catatan. Berdasarkan analisis data tematik yang dilakukan terhadap data penelitian, terdapat tiga tema besar yang masing-masing memiliki subtema. Tema pertama adalah persepsi terhadap kemudahan penggunaan dengan subtema mudah diakses dan mudah dipahami. Tema kedua, persepsi terhadap kegunaan dengan subtema mudah membahas materi, menambah pengetahuan, membuat pembelajaran menarik, memudahkan dalam penyampaian materi, memberikan akses ke beragam konten, dan mempercepat menvari media pembelajaran. Tema ketiga, keberlanjutan dengan subtema menggunakan kembali. Responden penelitian dalam hal ini adalah guru memberikan pendapatnya bahwa penggunaan bahwa penggunaan YouTube secara berkelanjutan sangat baik karena memberikan manfaat yang efektif dan hemat waktu dalam mempelajari konsep-konsep baru.
Kesiapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Media Virtual Reality dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Penelitian Kualitatif Rawis, Jelita Sekar; Muzammil, Ahmad Rabiul
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i1.79391

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan saat ini sangat sejalan dengan perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan tersebut adalah pembelajaran berbasis Virtual Reality. Virtual Reality adalah media yang berbentuk 3D yang disimulasikan bagi pengguna untuk mengeksplorasi dan berinteraksi terhadap lingkungan virtual yang seperti nyata. Virtual Reality dapat diimplementasikan di bidang pendidikan termasuk pada pembelajaran pada perguruan tinggi. Tujuan penelitian kualitatit deskriptif ini adalah untuk mengungkap kesiapan pemanfaatan Virtual Reality dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Data dalam penelitian ini berupa tanggapan mahasiswa yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur kepada sumber data penelitian yakni mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Tanjungpura angkatan 2022-2023 yang sedang menempuh semester keempat berjumlah delapan orang. Data yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data tematik untuk menemukan tema-tema yang sesuai dengan temuan penelitian. Penelitian ini berhasil mengungkap tema mengenai kemampuan, pengetahuan, kesiapan, serta minat dan sumber daya. Secara umum, masyarakat siap dengan kehadiran Virtual Reality dalam perkuliahan termasuk pada perkuliahan pendidikan guru Bahasa Indonesia.
Persepsi Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia Terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Blended Learning Vidia, Maria Gita; Lahir, Muhammad
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i1.79358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi terhadap pemanfaatan aplikasi Google Classroom dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Tanjungpura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang terkumpul   dari penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara semi terstruktur berupa tanggapan penggunaan google classroom kepada 10 responden penelitian yang merupakan mahasiswa S-1, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura angkatan 2022 semester empat yang telah menggunakan dan masih menggunakan Google Classroom dalam membantu pembelajaran blended learning pasca covid-19. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data tematik dan ditemukan beberapa tema persepsi terhadap pemanfaatan aplikasi Google Classroom. Beberapa tema persepsi dari hasil penelitian yang ditemukan, yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi efektivitas pembelajaran, persepsi interaksi, persepsi pemanfaatan fitur-fitur, persepsi kelebihan serta kekurangan dalam penggunaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google Classroom, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui aplikasi Google Classroom merupakan media pembelajaran yang efektif. Dalam aplikasi Google Classroom, dosen tetap dapat menyampaikan materi dengan baik dan mudah dipahami oleh mahasiswa, memberikan tugas, serta mengelola kehadiran mahasiswa secara online setiap harinya. Proses pembelajaran dengan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa melalui metode blended learning. Penggunaan google classroom dapat menjadi solusi dalam kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa. Pembelajaran tersebut sebagai wadah dalam pembelajaran daring. Namun, dalam pelaksanaannya pembelajaran tersebut mengalami beberapa kendala, antara lain; mahasiswa tidak mempunyai laptop, keterbatasan kuota internet dan tidak bisa mengelola waktu pembelajaran dengan baik.
Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Terkait Pemanfaatan Perplexity AI dalam Membantu Pembelajaran di Perguruan Tinggi Wati, Tri Mardika; Gunawan, Gunawan
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i1.79359

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan Perplexity AI dalam membantu proses pembelajaran di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deksriptif. Data dalam penelitian ini berupa tanggapan terkait penggunaan Perplexity AI dalam membantu proses pembelajaran yang diperoleh dengan teknik wawancara semi terstruktur kepada 10 responden responden penelitian yakni mahasiswa S-1,   Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Tanjungpura, semester 4, angkatan 2022 yang telah dan masih menggunakan Perplexity AI dalam proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data tematik untuk menemukan beberapa tema persepsi terhadap penggunaan Perplexity AI. Hasil penelitian menemukan beberapa tema persepsi yaitu persepsi kegunaan, kemudahan, dan niat perilaku. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perplexity AI mempunyai pengaruh besar dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Temuan pada penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam konteks keguaan Perplexity merupakan AI berbasis Chat bot yang dapat membantu proses pembelajaran karena sifatnya yang mampu mencari informasi yang cepat dan akurat. Perplexity AI juga dapat membantu mahasiswa dalam menavigasi database dan mencari informasi secara efisien.
Sikap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia terhadap Bahan Bacaan Berbasis Digital Aprilia, Leny; Mariyadi, Mariyadi
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i1.79404

Abstract

Pada era digital saat ini, banyak teknologi baru diciptakan untuk memudahkan orang-orang dalam melakukan tugas, termasuk penggunaan buku digital. Dengan hadirnya buku digital di kalangan mahasiswa, dapat mempermudah mereka untuk mencari berbagai referensi guna memenuhi berbagai tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sikap mahasiswa terhadap bahan bacaan berbasis digital menggunakan bentuk penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tanggapan mahasiswa yang menggambarkan sikap terhadap bahan bacaan berbasis digital. Data tersebut dikumpulkan melalui wawancara narasumber dari kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2022 yang saat ini sedang menempuh semester keempat. Data yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data tematik untuk menemukan tema-tema yang muncul dalam data penelitian. Penelitian ini berhasil mengungkapkan beberapa tema mengenai sikap mahaisiswa terhadap buku digital yakni tema kegunaan dengan subtema meningkatkan efisiensi dan kualitas, menyediakan akses yang cepat, tema pengaruh sosial dengan subtema rekomendasi dari dosen, tema kondisi fasilitas dengan subtema memiliki beberapa sumber daya dan mempunyai kemampuan dasar, tema keberlanjutan penggunaan dengan sub tema memakai kembali dan menggunakan, dan tema hambatan penggunaan dengan subtema sulit dibaca dan berdampak pada kesehatan mata.    
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dari, Wulan; Martono, Martono; Priyadi, Antonius Totok
Tanjungpura Journal of Language Education Vol 1, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tjole.v1i1.78962

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran berbicara yang berdampak pada nilai rata-rata siswa yang masih di bawah KKM (75) yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan hasil, dan penilaian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan media video. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai jenis penelitian. Penelitian ini menggunakan metodologi tidak langsung yang terdiri dari observasi dan studi dokumenter. Instrumen pengumpulan data terdiri dari petunjuk observasi, khususnya IPKG I serta IPKG 2, dan lembar evaluasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk analisis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini berhasil mengungkap bahwa pada siklus pertama, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencapai 87,77%, sedangkan pada siklus kedua mencapai 98%. Penerapan pembelajaran pada siklus pertama mencapai 78,33%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 96,7%. Pada siklus pertama, nilai rata-rata untuk tujuan pembelajaran adalah 75,55%, dengan 19 siswa lulus. Pada siklus kedua, nilai rata-rata meningkat menjadi 86,07%, dengan 28 siswa lulus. Hambatan internal yang terdapat dalam penelitian ini adalah dalam mengkondisikan siswa agar perlakuan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, memanfaatkan waktu, membuat siswa memahami apa yang sedang dipelajari, dan meningkatkan motivasi serta menumbuhkan semangat siswa dalam pembelajaran berbicara melalui metode Talking Stick dengan media audio visual berupa video.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2024 2024