cover
Contact Name
Mamat Rahmat
Contact Email
almikanika@uika-bogor.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
almikanika@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. Sholeh Iskandar No.Km.02, RT.01/RW.010, Kedungbadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16162
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Almikanika
ISSN : 26551950     EISSN : 26854872     DOI : https://doi.org/10.32832/almikanika
Almikanika journal Berisi hasil-hasil penelitian, studi lapangan, pemikiran atau gagasan yang berkaitan dengan Teknik Mesin yang tidak terbatas pada Energi, Mekanika Struktural, Material & Manufacturing, dan Mekatronika.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): April" : 6 Documents clear
ANALISA KEBUTUHAN KONSUMSI ELEKTRODA PADA PROSES MANUFAKTUR PRESSURE VESSEL HORIZONTAL Rahmat Maulana Putra, Dwi Dian; Yuliaji, Dwi; Waluyo, Roy
ALMIKANIKA Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/almikanika.v4i2.6888

Abstract

Las menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penyambungan besi dengan cara membakar. Pengelasan adalah proses metalurgi sambungan logam pada keadaan melting. Tujuan dari alat penelitian ini adalah untuk mengetahui Jumlah elektroda yang dibutuhkan oleh bejana tekan (pressure vessel horizontal), pada penelitian ini metode las yang digunakan adalah las SMAW dengan elektroda bertipe E308L-16 yang memiliki kandungan kimia Cr 18% , Ni 8 % Serta memiliki panjang 300 mm dan diameter 2,5mm, Selain itu keunggulan dari kawat las ini adalah menghasilkan sedikit percikan api, kerak/ slag yang mudah di bersihkan dan memiliki daya tahan yang bagus pada kondisi korosi. Hal ini membuat elektroda dapat digunakan untuk semua posisi pengelasan. Untuk elektroda tipe ini besar arus listrik yang digunakan berkisar antara 50 Ampere sampai dengan 80 Ampere, Material yang digunakan untuk membuat bejana tekan pada penelitian ini adalah stainless steel Tipe 304L, jenis variasi dengan rendah karbon tambahan, bagian dari tipe 304L dengan kandungan karbon maksimum 0,03% yang menghilangkan presipitasi karbida akibat pengelasan. Pada penelitian ini jumlah berat elektroda yang didapat adalah 1,17 kg, untuk jumlah perbatang elektroda yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah 37,4 batang elektroda berjenis E308L-16
PERANCANGAN DAN SIMULASI DESAIN RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK TIPE TRELLIS MENGGUNAKAN FINIITE ELEMENT METODE (FEM) Hidayat, Muhamad Ari; Pramono, Gatot Eka; Waluyo, Roy
ALMIKANIKA Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/almikanika.v4i2.7050

Abstract

ABSTRAK Sepeda motor listrik merupakan salah satu kendaraan yang memanfaatkan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya. Listrik sebagai sumber energi yang disimpan dalam baterai. Energi listrik yang tersimpan di dalam baterai di ubah menjadi energi gerak menggunakan motor listrik. Komponen yang terpenting dalam pembuatan motor listrik salah satunya yaitu rangka. Rangka berfungsi untuk mendukung keberadaan komponen-komponen diantaranya ; motor listrik, transmisi, baterai, pegas dan lain-lain. pada rangka pulalah dipasangkan body kendaraan. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan rangka sepeda motor listrik tipe Trellis. Tipe trellis dipilih karena mudah di desain dan dapat menyokong dan memberi dudukan yang kuat. Proses desain menggunkan metode elemen hingga (finite element metode). Software yang digunakan adalah Autodesk Inventor- Simulation Mechanical. Penelitian ini bertujuan mendapatkan distribusi tegangan, regangan dan displacement sebagai pertimbangan dalam menentukan dimensi dan material yang tepat yang akan digunakan pada rangka sepeda motor listrik. Melakukan pengujian static dari kedua model desain rangka dengan memberi beban 120 kg, 130 kg, 140 kg, 150 kg dan 169 kg. untuk menentukan desain terbaik dari hasil pengujian static, dengan nilai hasil tegangan maksimal dari pembebanan terbesar 169 kg = 1.615 N/mm2, Defleksi = 0.0050 mm dan nilai safety factor = 1.96 + 02. dipilih desain rangka 2 untuk sepeda motor listrik MELISKA. Optimalisasi distribusi tegangan dan defleksi berada di ujung rangka. Kesimpulan : berdasarkan hasil analisa dari kedua desain rangka sepeda motor listrik mendapatkan hasil simulasi kekuatan dan safety factor terbaik sehingga aman digunakan. Kata kunci :  FEM; Rangka; Sepeda motor listrik; Trellis; Tegangan ABSTRACT Electric motorcycle is one of the vehicles that use electricity as a source of energy.  Electricity as a source of energy is stored in batteries.  Electrical energy stored in batteries is converted into motion energy using an electric motor.  The most important component in making an electric motor is one of them is the frame.  The framework functions to support the existence of components including;  electric motors, transmissions, batteries, springs and others.  on the framework also paired the vehicle body.  In this study the design of the Trellis type electric motorcycle frame was carried out.  The trellis type was chosen because it is easy to design and can support and provide a strong stand.  The design process uses the finite element method.  The software used is Autodesk Inventor-Simulation Mechanical.  This study aims to obtain the distribution of stress, strain and displacement as a consideration in determining the exact dimensions and material that will be used in the framework of an electric motorcycle.conduct static testing of both frame design models by giving a load of 120 kg, 130 kg, 140 kg, 150 kg and 169 kg.  to determine the best design of the static test results, with the maximum stress value from the highest loading 169 kg = 1.615 N / mm2, Deflection = 0.0050 mm and the value of the safety factor = 1.96+02.  selected frame design 2 for MELISKA electric motorcycle.  Optimization of stress distribution and deflection is at the end of the frame.  Conclusion: based on the results of the analysis of the two electric motorbike frame designs get the best power and safety simulation results so it is safe to use. Keywords : Electric motorcycle; FEM; Frame; Stress; Trellis
RANCANGAN DAN KONTRUKSI WATER-JACKET COOLER PADA ALAT EKSPERIMEN USSA-FTS01 Pitanova, Thasyah; Juarsa, Mulya; Yuliaji, Dwi
ALMIKANIKA Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/almikanika.v4i2.7051

Abstract

ABSTRAK Water Jacket Cooler merupakan komponen dari alat uji untai simulasi sirkulasi alam. Memiliki fungsi sebagai penyerap panas pada pipa untai. Desain dan rancang bangun water jacket cooler telah dilakukan dengan menggunakan prinsip tabung bejana tekan. Spesifikasi material menggunakan mild steel ASTM A36, volume bejana 4 liter, jumlah aliran 3 phase. Pengujian dilakukan dengan memberikan udara bertekanan ke dalam tabung WJC USSA-FTS01 dengan variasi 0,5 bar sampai dengan 5 bar kemudian hasilnya dicatat. Tegangan aktual material , tegangan longitudinal , tegangan tangensial , tegangan longitudinal akibat tekanan hidrostatik , tegangan tangensial akibat tekanan hidrostatik . Hasil analisa sambungan baut, tegangan tarik material baut ,  tegangan tarik aktual baut . Hasil analisa sambungan las, tegangan tarik kawat las E6013 , tegangan aktual logam las . Hasil analisa struktur bejana tekan, sambungan baut dan pengelasan telah memenuhi persyaratan, yaitu tegangan-tegangan yang terjadi tidak melebihi tegangan ijin material. Kata kunci :  Bejana tekan; Sirkulasi alam; tegangan material; untai simulasi; water jacket cooler   ABSTRACT Water Jacket Cooler is a component of the natural circulation simulation strand test equipment. Has a function as a heat absorber on the strand pipe. The design and design of the water jacket cooler has been carried out using the principle of the pressure vessel tube. Material specifications using ASTM A36 mild steel, 4 liter vessel volume, 3 phase flow rate. The test is carried out by applying compressed air into the USSA-FTS01 WJC tube with a variation of 0.5 bar to 5 bar then the results are recorded. Actual stress of material 6.5 í— 105 N⁄m2, longitudinal voltage 8.7 í— 105 N⁄m2, tangential voltage 1.7 í— 105 N⁄m2, longitudinal stress due to hydrostatic pressure 1.1 í— 106 N⁄m2, tangential stress due to hydrostatic pressure 2.2 í— 106 N⁄m2. The results of the bolt connection analysis, the tensile stress of the bolt material 8 í— 108 N⁄m2, the actual tensile stress of the bolt 8.4 í— 107 N⁄m2. The results of the welding connection analysis, the tensile stress of the welding wire E6013 414 í— 106 N⁄m2, the actual stress of the weld metal 5,3 í— 103 N⁄m2. The results of the analysis of the structure of the pressure vessel, bolt connection and welding have met the requirements, namely the stresses that occur do not exceed the material permit stress. Keywords : Natural circulation; Material; Pressure vessels; Stress; Strand simulation; water jacket cooler
ANALISIS KESEIMBANGAN TERMAL AIR HEATER PADA PLTU BATU BARA 65 MW BUKIT ASAM Haraq, Muhammad Abdullah; Gaos, Yogi Sirodz; Wiradinata, Irvan
ALMIKANIKA Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/almikanika.v4i2.7052

Abstract

ABSTRAKPembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang menggunakan energi fosil untuk pembangkit listrik di Indonesia masih mendominasi khususnya memanfaatkan fosil batu bara untuk menjadi bahan bakar utama pada pembangkit listrik tenaga uap, namun karena bahan bakar fosil tidak termasuk kedalam energi yang terbarukan maka penggunaannya harus dengan bijak serta menekankan pada efisiensi yang maksimal dalam penggunaannya. Salah satu alat yang digunakan adalah Air Heater, Air Heater merupakan peralatan bantu dalam PLTU batu bara untuk meningkatkan efisiensi, AirHeater pada PLTU digunakan untuk memanaskan udara pembakaran dan meningkatkan proses pembakaran. Pemahaman tentang perpindahan kalor dan laju aliran di daerah tube dan dinding tube perlu dilakukan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menentukan kesetimbangan panas pada airheater. Metode Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan data desain dan data aktual. Analisis dilakukan dengan menggunakan data katakteristik perubahan temperatur TC-IN dan TC-OUT panas gas buang serta TC-IN dan TC-OUT udara lingkungan. Hasil penelitian menujukan bahwa perbandingan kesetimbangan panas airheater untuk Perhitungan Perpindahan Panas keseluruhan (MW) dengan menggunakan data aktual menunjukan hasil Dan nilai efisiensi sebesar ɳ = 51 % sedangkan hasil dari data desain dan nilai efisiensi sebesar ɳ = 67 % .Kata kunci : Air Heater; Kesetimbangan termal; Pembangkit listrikABSTRACTSteam power plants (PLTU) that use fossil energy for power generation in Indonesia still dominate, especially using coal fossil fuels to become the main fuel in steam power plants, but because fossil fuels are not included in renewable energy, their use must be used wisely and emphasizes maximum efficiency in its use. One of the tools used is Air Heater, Air Heater is auxiliary equipment in coal-fired power plants to increase efficiency, AirHeater in power plants is used to heat combustion air and improve combustion processes. An understanding of heat transfer and flow rates in the tube and tube wall areas needs to be done. So this research aims to determine the heat balance of the air heater. Method This research was conducted quantitatively using design data and actual data. Analyzes were performed using TC-IN and TC-OUT temperature changes in flue gas heat and environmental air TC-IN and TC-OUT. The results of the study show that the heat balance of the air heaters for the calculation of the overall heat transfer (MW) by using the actual data shows the results and efficiency value of ɳ = 51% while the results of the design data and an efficiency value of ɳ = 67%Keywords : Air Heater; power plants; thermal equilibrium analysis
RANCANG BANGUN SEPEDA MOTOR LISTRIK "MELISKA” (Mesin Lima Belas UIKA) Gustiana, Angga; Pramono, Gatot Eka; Waluyo, Roy
ALMIKANIKA Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/almikanika.v4i2.7054

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi saat ini telah mendorong manusia untuk berinovasi dan menciptakan alat transportasi yang hemat energi, ramah lingkungan dan dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak yang sewaktu-waktu akan habis. Sepeda motor listrik merupakan kendaraan alternatif yang memanfaatkan tenaga listrik untuk sumber tenaganya. Dalam penelitian ini dilakukan rancang bangun dan pemilihan komponen motor listrik tipe trelis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan prototype sepeda motor listrik tipe trelis dengan sistem penggerak berupa Motor DC. Untuk menentukan performa dilakukan pengujian pada berbagai kecepatan dan kondisi jalan dan variasi bukaan thortle serta analisa perhitungan untuk mendapatkan kecepatan maksimum teoritis dan aktual. Hasil pengujian pada bukaan setengah thortle menghasilkan jarak tempuh tertinggi sebesar 21,6 km, kecepatan 40 km/jam dan daya 373 kW. Pada pengujian full thortle jarak tempuh tetinggi 24,6km. kecepatan 50 km/jam dengan daya 476 kW. sepeda motor listrik aman digunakan. Dari hasil pengujian, sepeda motor listrik dapat memiliki performa yang setara dengan motor bakar konvensional sehingga dapat digunakan secara aman. Kata kunci :  Sepeda motor listrik; Thortle; Trelis  ABSTRACT Current technological developments have encouraged humans to innovate and create transportation devices that are energy efficient, environmentally friendly and can reduce dependence on oil fuels that will run out at any time. Electric motorcycle is an alternative vehicle that utilizes electricity for its energy sources. In this study the design and selection of electric motor types of the trelis type were carried out. This study aims to produce a prototype of a trelis type electric motorcycle with a drive system in the form of a DC motor. To determine the performance of the test performed on various speeds and road conditions and variations in thortle openings and analysis calculations to get the theoretical and actual maximum speed. The test results on the half-thortle opening produce the highest mileage of 21.6 km, speed of 40 km / h and 373 kW of power. In full thortle testing the mileage is as high as 24.6km. speed of 50 km / h with a power of 476 kW. electric motorcycle is safe to use. From the test results, an electric motorcycle can have the equivalent performance of a conventional combustion motor so that it can be used safely. Keywords : Electric motorcycle; Thortle; Trelis
Analisis Kinerja Air Heater pada PLTU batubara 65 MW Bukit Asam Ahmad, Haris; Gaos, Yogi Sirodz; Wiradinata, Irvan
ALMIKANIKA Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/almikanika.v4i2.7129

Abstract

ABSTRAK Air heater adalah salah satu komponen dalam PLTU yang bekerja dengan memanaskan  gas buang (flue gas) sisa pembakaran pada boiler dan menyuplainya kembali ke dalam boiler untuk pembakaran. Sesuai dengan fungsinya dalam peningkatan efisiensi kerja dalam siklus perpindahan panas, maka peranan air heater begitu penting. Karena mengurangi penggunaan energi serta menghemat kerja boiler dalam memanaskan air menjadi uap, hal ini diharapkan untuk mendapatkan pembakaran sempurna di ruang bakar. Maka dari itu analisa perpindahan energi dan peningkatan efisiensi kinerja pada air heater perlu dilakukan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mencari koefisien perpindahan panas menyeluruh, efektivitas serta penghambat kinerja pada air heater. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis dan pengolahan data komisioning. Hasil penelitian yang didapatkan koefisien perpindahan panas menyeluruh yang terjadi sebesar 244.729 kW, nilai efektivitas sebesar 0.7703 dan penghambat kinerja yaitu terjadinya kebocoran aliran flue gas dan fresh air. Kata kunci :  air heater; kinerja; pembangkit listrik. ABSTRACT Air heater is one component in a power plant that works by heating the flue gas (combustion flue) remaining combustion in the boiler and supply it back into the boiler for combustion. In accordance with its function in increasing work efficiency in the heat transfer cycle, the role of the air heater is so important. Because it reduces energy use and saves boiler work in heating water to steam, this is expected to get perfect combustion in the combustion chamber. Therefore an analysis of energy transfer and an increase in the efficiency of the performance of the air heater needs to be done. So this study aims to find the overall heat transfer coefficient, effectiveness and performance inhibitors on the air heater. The research method used is the analysis and processing of commissioning data. The results of the study found that the overall heat transfer coefficient is 244,729 kW, the effectiveness value is 0.7703 and the performance inhibitors are flue gas leakage and fresh air. Keywords : air heater; performents; power plants.

Page 1 of 1 | Total Record : 6