cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6287831398687
Journal Mail Official
peshum.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
PESHUM
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28288017     DOI : 10.56799
PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, Sosiologi, Psikologi, Sosial, Budaya, Antropologi. (3) Humaniora: Sastra, Sejarah, Bahasa, Seni, Filsafat, Agama, Hukum. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora terbit setiap 6 kali dalam setahun.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3: April 2024" : 5 Documents clear
Kepercayaan Dan Kualitas Persahabatan Pada Mahasiswa Di Kota Makassar Nur Wahdha Hijriyah; Sitti Murdiana; Novita Maulidya
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 3: April 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i3.3419

Abstract

Persahabatan merupakan salah satu sumber dukungan sosial di masa remaja, namun tidak selamanya hubungan persahabatan terjalin dengan baik dan berkualitas jika tidak dilandasi dengan kepercayaan terhadap sahabat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan positif antara kepercayaan dan kualitas persahabatan pada mahasiswa di kota Makassar. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional dengan jumlah responden sebanyak 275 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Spearman rho dan Mann-Whitney. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif (ρ=0,001 dan r=0,401) antara kepercayaan dan kualitas persahabatan pada mahasiswa di kota Makassar dan terdapat pula perbedaan kualitas persahabatan jika ditinjau dari jenis kelamin (ρ=0,002). Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang psikologi, khususnya psikologi sosial dan perkembangan, terkait kepercayaan dan kualitas persahabatan pada mahasiswa dalam fase remaja akhir.
Resiliensi Pasca Perceraian Pada Perempuan Di Usia Muda Sarmila; Eva Meizara Puspita Dewi; Harlina Hamid
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 3: April 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i3.3420

Abstract

Berakhirnya hubungan pernikahan pada perempuan di usia muda menimbulkan dampak psikologis, sikap penolakan dan perubahan pada diri hingga pada tekanan sosial. Resiliensi dibutuhkan individu agar mampu bangkit dari kondisi terpuruk akibat dampak negatif perceraian. Penelitian ini berfokus mengetahui pemaknaan perceraian dan gambaran resiliensi pada perempuan di usia muda. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden penelitian berjumlah tiga perempuan dengan status cerai di usia 18-25 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa responden memaknai perceraian secara positif sebagai bentuk pembelajaran diri di masa depan dan negatif, yaitu sebagai perkara yang menyakitkan, memalukan, kegagalan pernikahan, dan solusi akhir dalam penyelesaian masalah problematika pernikahan. Responden melakukan berbagai upaya dalam mencapai resiliensi, yaitu dengan menumbuhkan pikiran positif dalam diri, upaya beradaptasi dan menerima kondisi diri dengan mengelola perasaan maupun emosi, menyibukkan diri dengan aktivitas positif, dan adanya dukungan sosial dalam bentuk motivasi, nasihat dan pembelaan. Implikasi dalam penelitian ini memberikan gambaran pemaknaan perceraian, dampak dan resiliensi perempuan pasca bercerai di usia muda agar mampu bangkit dari keterpurukan.
Pengaruh Bystander Effect Terhadap Perilaku Kekerasan Bullying Pada Remaja Di Universitas Negeri Makassar Andi Muhammad Yusran Atjo; Basti Tetteng
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 3: April 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i3.3421

Abstract

This study aims to explore the effect of bystander effect on bullying violent behavior in adolescents at Makassar State University. The main focus of the study is to identify factors that influence the bystander effect on the occurrence of violent events in the campus environment. This study used two measurement instruments, namely the bystander effect scale and the bullying scale. The research sample consisted of 306 students of Makassar State University. Data were collected through questionnaires administered using purposive sampling techniques. Data analysis was conducted using relevant statistical techniques to identify the relationship between the bystander effect and bullying behavior in adolescents. The results showed that the significance score 0,00 (value under 0.05) showed a significant relationship between the bystander effect and bullying behavior in adolescents. In other words, participants who experienced the bystander effect tended to be more likely to engage in violent bullying behavior. These findings provide further understanding of the role of the bystander effect in the context of violent behavior among adolescents in the campus environment. This research makes an important contribution to understanding the dynamics of social interaction and the role of witnesses in cases of bullying violence in the university environment. The results of this study can be a foundation for developing more effective bullying prevention strategies and supporting the creation of a safe and friendly campus environment for all members.
Gambaran Motivasi Berorganisasi Pada Kader Himpunan Mahasiswa Islam (Ditinjau Dari Teori Motivasi Mcclelland) Awan Ilmiah; Eva Meizara Puspita; Dian Novita Siswanti
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 3: April 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i3.3474

Abstract

Organisasi merupakan sebuah tempat bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri selain di tempat perkuliahan. Selain aktif dalam hal akademik, mahasiswa juga diharapkan aktif di organisasi untuk mengembangkan soft skill. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan motivasi berorganisasi pada mahasiswa dengan melihat kebutuhan untuk berprestasi, kebutuhan untuk berafiliasi, dan kebutuhan untuk berkuasa. Penelitian ini menggunakan analisis interpretatif fenomenologi. Responden penelitian ini adalah pengurus inti komisariat Himpunan Mahasiswa Islam di Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara semi terstruktur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kader himpunan mahasiswa islam memiliki kebutuhan berprestasi, kebutuhan untuk berafiliasi dan kebutuhan untuk berkuasa yang kuat. Kader HMI memiliki kebutuhan untuk berprestasi yang kuat dengan memiliki rasa bangga dan senang terlibat dalam organisasi, karena menjadikan organisasi sebagai tempat mengaktualkan potensi, mengabdi, dan tempat memperbaiki diri. Kader HMI memiliki kebutuhan untuk berafiliasi yang kuat dengan bersilaturahmi untuk membangun hubungan dan menjaga hubungan dengan semua pihak demi kepentingan organisasi. Kader HMI memiliki kebutuhan untuk berkuasa yang kuat karena memang diajarkan dalam training untuk memengaruhi orang lain sebagai bentuk manajemen organisasi. Implikasi penelitian ini adalah sebagai bahan rujukan pada kader HMI untuk melihat kebutuhan mahasiswa dalam membuat program sebagai peningkatan kinerja dalam berorganisasi.
Evolusi Kurikulum Pendidikan Indonesia: Sejarah Dan Perubahan Dari Masa Ke Masa Dwi Chairunnisa; Luthfiyah Syam Almazini Tahir; Aulya Ramadhani; Andi Sadriani
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 3: April 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i3.3506

Abstract

Pendidikan di Indonesia telah mengalami banyak perubahan seiring perkembangan sosial, teknologi, dan pendekatan pendidikan. Sebelum kemerdekaan, fokusnya adalah pembentukan karakter pribumi bangsa melalui pendidikan keagamaan. Selama penjajahan Belanda, digunakan sistem leer plan yang menekankan pendidikan pikiran dan karakter warga negara Indonesia. Setelah kemerdekaan, kurikulum pendidikan nasional berubah sejumlah kali, selalu berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Perkembangan Center Point Indonesia (CPI) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan telah membawa perubahan sosial ekonomi yang signifikan bagi masyarakat pesisir. Studi ini menyelidiki perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan mengumpulkan data dari sumber sekunder seperti laporan dan artikel mengenai perkembangan kurikulum pendidikan di indonesia dan pergantian menjadi kurikulum merdeka. Hasilnya menunjukkan bahwa kurikulum Merdeka berada pada fase dimana implementasi kurikulum Merdeka di tingkatan satuan pendidikan memerlukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik. Perencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka menggunakan modul ajar, pelaksanaan pembelajaran banyak menggunakan sistem proyek, dan evaluasinya dilakukan dengan penilaian diagnostik. Penerapan kurikulum Merdeka dengan perencanaan yang baik, diharapkan dapat mengembangkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik secara maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5