cover
Contact Name
Moh. Dannur
Contact Email
jurnalmolang@gmail.com
Phone
+6282336007694
Journal Mail Official
bafat05@gmail.com
Editorial Address
IAI Al-Khairat Pamekasan Jl. Palenggaan (Palduding) Phone: (0234) 3515042 Fax. 3515024 Pamekasan, Jawa Timur, 69362
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Molang: Journal Islamic Education
ISSN : -     EISSN : 29855489     DOI : 10.32806
Core Subject : Education,
Molang: Journal Islamic Education is a leading journal in Islamic education institutions that discusses Islamic education. The journal promotes research and scholarly discussion on Islamic education in academic disciplines and institutions, focusing on advancing formal and non-formal education scholarship. Topics can include the study of Islamic education in madrasah, pesantren, and Islamic education in higher education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Molang: Journal Islamic Education" : 6 Documents clear
Correlation Of Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Learning Models on Student Achievement Rambe, Andina Halimsyah; Aisyah, Siti
Molang: Journal Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2023): Molang: Journal Islamic Education
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/jm.v1i1.246

Abstract

The purpose of this study was to determine the correlation between the auditory, intellectual, and repetition learning models on the learning achievement of Santri at LPBA (PP Mambaul Ulum Bata-Bata), while the method used was a quantitative research method with analysis using product moment correlation. The results of the research after the manual analysis showed that the r count was 0.676, higher than the r table value of 0.235, so that the r count was in the range of 0.600 to 0.800 with a high interpretation. The conclusion from this study is that auditory, intellectual, and repetition (AIR) learning have a high relationship with the learning achievement of students at the Arabic Language Development Institute (LPBA) in PP. Mambaul Ulum Bata-Bata is accepted because the work "r" value is 0.676 in the range of numbers between 0.600 and 0.800 with a high interpretation. This is supported by observational data, interviews, and documentation.
Implemetasi Full Day School Terhadap Pembentukan Moral Siswa SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan Faisol, Faisol; Santoso, Budi; Amaliya, Nailah
Molang: Journal Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2023): Molang: Journal Islamic Education
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/jm.v1i1.247

Abstract

Penelitian ini akan menelaah penerapan Full day school di SMP Plus Al-Hikmah Pamekasan yang beralamat Lokasi penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Plus Nurul Hikmah Jl. Joko Tole blok C Pamekasan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Beberapa temuan dalam penelitian ini adalah pertama, kebijakan full day school diharapkan menjadi langkah untuk mencapai visi lembaga yakni strong bielief, good personality. Kebijakan ini berdampak dalam tataran pelaksanaan kurikulum yang menggunakan integrated kurikulum. Selaian itu, penerapan full day school diharapakan peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegitan sekolah. Sedangkan Pembentukan kecerdasan moral spiritual siswa-siswi SMP Plus Nurul Hikma dilakukan berdasarkan pola penyelenggaraan pendidikan berbasis pada school base management. Pengembangkan mutu pendidikan berlandaskan nilai-nilai spiri-tual (agama), terlihat dalam pola dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membina semua unsur yang ada di sekolah yang selalu mene-kankan aspek utama dalam kehidupan yaitu keyakinan keagamaan yang kuat, sehingga setiap perilaku warga sekolah memiliki budaya hidup sikap kerja yang tidak mendedikasikannya kepada kepentingan material tetapi mendedikasikannya kepada Tuhan, dengan demikian tidak memi-kirkan apa yang didapatkan dari pekerjaan tersebut, tetapi sejauhmana pekerjan tersebut bernilai sebagai amal baik untuk Tuhan, lingkungan dan dirinya
Khuruj Fisabilillah Pendekatan Baru Untuk Pembinaan Karakter Pelajar Shaliadi, Ikrom; Budianto, Ahmad Andry
Molang: Journal Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2023): Molang: Journal Islamic Education
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/jm.v1i1.603

Abstract

Tulisan ini menyajikan konsep pembinaan karakter pelajar Jama’ Tabligh yang terkontruksi dalam kegiatan khuruj fisabiillah yang memberikan kontribusi berharga bagi keberhasilan pembinaan akhlak bagi peserta didik di MA. Mansyaul Ulum. Hal ini juga menawarkan paradigma yang berbeda dalam mengembangkan konsep pembangunan karakter di lembaga pendidikan. Artikel ini terinspirasi dari kurang efektifnya pembelajaran karakter di berbagai lembaga pendidikan formal. Dengan demikian, sekolah yang berhasil menanamkan pendidikan karakter dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan pendidikan karakter. Kajian ini berfokus pada model pendidikan karakter yang dikembangkan oleh MA. Mansyaul Ulum dan menawarkan perspektif alternatif pengembangan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan desain fenoemnologis. Kajian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter di MA. Mansyaul Ulum melalui khuruj fisabiillah menjadi alternatif pengembangan pendidikan karakter. Beberapa temuan penelitian ini adalah: pertama JT melakukan inovasi terhadap pembentukan karakter dikalangan pelajar dengan menggunakan pendekatan yang dikembangkan oleh pemahaman Muhammad Ilyas Al-Kandahlawi terhadap anjuran amar ma’ruf nahi mungkar; kedua, untuk menghilangkan sifat individualis dan hidones pelajar, JT menekankan pada pentingnya hidup zuhud; ketiga, secara praktis konsep pendidikan yang ditawarkan JT dengan pendekatan tarekat mampu melahirkan sikap loyalitas dan militansi terhadap pelajar, sehingga mampu melahirkan keinginan untuk menjalankan anjuran agama.
Social Media as a Public Sphere Menguatnya Gerakan Islam Konservatif dalam Dunia Pendidikan Alfiansyah, Alfiansyah; Fajriyah, Fajriyah
Molang: Journal Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2023): Molang: Journal Islamic Education
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/jm.v1i1.604

Abstract

Polemic hubungan Negara dan Agama di Indonesia menguat pasca ditetapkannya Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut di Lingkungan Sekolah yang bertujuan "menjaga eksistensi ideologi dan konsensus bernegara, yaitu Pancasila. Terdapat dua asumsi yang menguatkan polemic. Pertama, menguatnya politiasasi agama. kedua, menguatanya peran media sosial sebagai public sphere. Artikel ini mendiskusikan bagaimana media sosial melibatkan orang-orang dalam tindakan komunikatif untuk mewujudkan ranah publik dan demokrasi partisipatoris. Serta bagaimana deviasi interpretasi terjadi ditengah masyarakat? Beberapa temuan peneltian ini dinataranya: pertama, Sejak 1966 SKB (Surat Keputusan Bersama) menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan yang bersifat lintas sectoral. Keberadaan SKB diaharapkan menjadi solusi atas berbagai konflik antar atau intern agama. Kedua. SKB Tiga Menteri menjadi bukti komitmen pemerintah untuk membangun moderasi dan toleransi beragama di dunia Pendidikan. Akan tetapi di dunia modern sulit menafikan peran media sosial dalam membentuk pemahaman public. Beberapa temuan mejadi dasar terjadinya deviasi interpretasi di ranah public khususnya di media sosial. Pertama, di tengah menguatnya politisasi agama di Indonesai, kebijakan SKB rentan digunakan oleh pihak tertentu untuk melegitimasi opini public tentang posisi mayoritas dan minoritas. Kedua, perumusan formulasi SKB selanyaknya menyertakan beberapa kasus, sehingga tidak timbul kecurigaan dari komunitas manyoritas atas keberpihakan pemerintah. Ketiga, dalam perumusan kebijakan utamanya berkenaan dengan dunia Pendidikan yang menjadi hajat orang banyak. Pembangunan opini public menjadi tolak ukur efektifitas sebuah kebijakan.
Pengaruh Penggunaan Media Wall Chart Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Sunarni, Sunarni
Molang: Journal Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2023): Molang: Journal Islamic Education
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/jm.v1i01.605

Abstract

Wall chart merupakan bahan cetak yang menunjukkan suatu lokasi, biasanya berupa diagram atau diagram siklus proses. Supaya Wall chart terlihat lebih menarik untuk siswa ataupun guru, hingga Wall chart di desain dengan memakai tata warna serta pengaturan proporsi yang baik. Tujuan dalam peneltian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media wall chart pada prestasi siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya penggunaan media wall chart terhadap peningkata prestasi siswa pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan Ada pengaruh media wall chart Terhadap Peningkatanprstasi belajar , hal ini berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari responden dengan metode angket dengan mengaplikasikannya ke dalam rumus korelasi product moment dan Media wall chart berpengaruh besar terhadap prestasi belajar, hal ini berdasarkan hasil analisis data setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r yang menyatakan nilai r kerja yaitu 0,751 berada pada rentang 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi tinggi.
Pesantren Pespektif Historis: Memahami Ragam Tipologi Dan Perkembangan di Indonesia Zakki, Mohammad; Hazinah, Hazinah
Molang: Journal Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2023): Molang: Journal Islamic Education
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/jm.v1i01.606

Abstract

Islamic boarding schools with all their limitations at the time they were just founded had a sizable contribution to the development of the Indonesian nation and state. The indicator is that many people are able to practice religious teachings and create peace in life amidst differences in religion, ethnicity, race and culture, as well as the increasing number of educational institutions and centers for the spread of Islam. This research uses a qualitative approach with the type of library research or library research. The purpose of this research is to trace the history, development and contribution of Islamic boarding schools to the Indonesian nation. The results are: Islamic boarding schools that are developing in Indonesia include Islamic boarding schools in the form of salaf, Modern Islamic boarding schools and convergence Islamic boarding schools. The contribution of pesantren to Indonesia is that there are many educational institutions and citizens who actively participate in practicing religion and creating a peaceful life.

Page 1 of 1 | Total Record : 6