cover
Contact Name
Puspita Maya Margareta
Contact Email
retapuspita2710@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
prodiibtidaiyahstainurulhuda@gmail.com
Editorial Address
Jln. Al-Habibi No 02 Peleyan Kapongan Situbondo
Location
Kab. situbondo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : -     EISSN : 29859514     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Ibtidaiyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Fokus jurnal ini memuat artikel penelitian tentang Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah / SD / SD Islam (Madrasah Ibtidaiyah) / Pendidikan Guru Sekolah Dasar, seperti analisis kompetensi, strategi pembelajaran, teori pembelajaran, pengembangan pembelajaran, dan profesionalisme pendidik. Peninjau akan meninjau setiap makalah yang dikirimkan. Review proses menggunakan double-blind review.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 Desember 2023" : 5 Documents clear
Peran Guru dalam Membudayakan Akhlakul Karimah Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas V MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2022-2023: Akhlakul Karimah junaida; Imam baihaqi
Ibtidaiyah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 Desember 2023
Publisher : STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membudayakan akhlakul karimah siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mi Nurul Huda peleyan kapongan situbondo. Faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui (1) peran guru dalam membudayakan akhlakul karimah siswa pada mata pelajara aqidah akhlak di kelas v Mi nurul huda peleyan kapongan situbondo. Tidak terlepas dari peran guru sebagai pengajar, pemimpin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan, perencana, motivator, dan konselor. Guru sebagai pengajar dikelas. peran guru sebagai pemimpin kelas, pembimbing, guru mampu mengelolah kelas. Lingkungan ini diatur dan diawasi agar kegiatan-kegiatan belajar terarah kepada tujuan pendidikan. Sehingga kegiatan pembelajaran aqidah akhlak sesuai dengan tujuannya. Guru menguasai materi pelajaran, guru memotivasi siswa, guru memberikan pembelajaran dengan baik, Akhlak siswa di Mi nurul huda peleyan kapongan situbondo meskipun bukan secara keseluruhan siswa memiliki akhlak terpuji, namun sebagian besar sudah memiliki akhlak yang baik, seperti : berbicara sopan dan santun, menghormati orang lain, berteman dengan siapa saja, ramah, mentaati peraturan, dan sebagainya. (2) faktor penghambat yang dihadapi guru dalam membudayakan akhlakul karimah siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas v Mi Nurul Huda peleyan kapongan situbondo.terkait dengan :(1) masalah terutama berkaitan dengan waktu atau jam pengajaran yang singkat, (2) belum adanya sarana prasana penunjang kegiatan pembelajaran aqidah akhlak. Sementara itu faktor pendukungny, meliputi : (1) motivasi dan upaya guru dalam membudayakan akhlakul karimah siswa (2) pengawasan ketat terhadap perilaku siswa.
Problem Solving Untuk Anak Dyscalculia Dengan Metode PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) Pada Kelas IV MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2022-2023: Problem Solving Untuk Anak Dyscalculia dengan Metode PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) nurulsofia; Moh. Nur Hidayatullah
Ibtidaiyah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 Desember 2023
Publisher : STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi membahas tentang  Problem Solving Untuk Anak Dyscalculia dengan Metode PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) pada Kelas IV MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2022-2023.Tujuan penelitian adalah untuk memecahkan permasalahan yang ada pada anak Dyscalculia dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Matematika di kelas IV MI Nurul Huda Peleyan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action Research). Subjek penelitian terletak pada Kelas IV MI Nurul Huda peleyan, sedangkan obyek penelitiannya adalah Metode PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika Operasi Hitung Bilangan.Data diperoleh melalui Observasi, Dokumentasi, Wawancara, tes. Analisis data digunakan dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PMR (Pembelajaran Matematik Realistik) dapat membantu menangani permasalahan yanga ada pada anak Dyscalculia dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat diukur dari hasil evaluasi pada siklus I, siklus II dengan nilai tes hasil belajar pada siklus I 68,75% siklus II 93,82%  dengan demikian hasil penelitian di MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo telah mencapai ketuntasan belajar.
Peneraan Metode Reward And Punishment Sebagai Upaya Peningkatan Kedisiplinan Pada Pembelajaran Kewarga Negara Siswa Kelas V MI Nurul Huda Tahun Ajaran 2022-2023 siti maimunah; elfa yuliana
Ibtidaiyah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 Desember 2023
Publisher : STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pembelajaran dalam dunia pendidikan sangatlah dibutuhkan. Reward and punishment merupakan alat untuk membantu siswa dalam termotivasi dalam peningkatan kedisiplinan. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini ialah: untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode reward and punishment di MI Nurul Huda kelas V pada mata pelajaran pkn, dan bagaimana peningkatan kedisiplinan dengan penerapan metode reward and punishment. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode reward and punishmen pada mata pelajaran pkn dan untuk menciptakan keadaan kelas yang kondusif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yang didasarkan pada hasil observasi kedisiplinan siswa yang dilakukan dalam beberapa tahapan diantaranya: tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahapan disiklus I diperoleh 70% DAN Pada siklus ke II diperoleh 88% dengan kategori “sangat baik”.
Implementasi Model Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas III Mi Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2022-2023. siti Munawaroh; Imam Baihaki
Ibtidaiyah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 Desember 2023
Publisher : STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas III MI Nurul Huda melalui penerapan Model Probing Prompting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua Siklus. Instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini lembar pengamatan, dan lembar tes ulangan harian. Hasil Belajar Siswa, peningkatan hasil belajar terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor dasar yaitu sebanya , pada ulangan Harian I jumlah Siswa yang mencapai KKM sebanyak 5 Siswa atau 27,8%, dan jumlah siswa yang mencapai KKM pada ulangan Harian II sebanyak 9 Siswa atau 50%. berdasarkan rata-rata hasil belajar pada skor dasar yaitu 44%, ulangan harian I rata-rata hasil belajar siswa yaitu 77,8%, dan pada ulangan harian II rata-rata Hasil Belajar Siswa yaitu 88%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model Probing Prompting dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2022-2023 khususnya pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangbiakan K
PnP Models (Picture And Picture) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas III MI Nurul Huda Peleyan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023.: PnP Models (Picture And Picture) Siti Rofita; Agung Wijaksono
Ibtidaiyah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 Desember 2023
Publisher : STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik Materi Makhluk Hidup sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran picture and picture di kelas III MI Nurul Huda Peleyan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo mengetahui peranan pendekatan pembelajaran Tematik materi Makhluk Hidup dengan model pembelajaran Picture And Picture di Kelas III MI Nurul Huda Peleyan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Subjek penelitian ini adalah kelas III MI Nurul Huda yang Berjumlah 18 Orang. Berdasarkan tes awal (Pre test) Terdapat 3 siswa (16,66%) telah tuntas, Sedangkan 15 siswa (83,33%) tidak tuntas, ketuntasan klasikal hasil belajar 16,66% dengan nilai rata-rata 64,44 kemudian dilakukan siklus dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture terdapat 9 siswa (50%) telah tuntas sedangkan 9 siswa (50%) tidak tuntas, ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 50% dengan nilai rata-rata 74,16 sehingga belum sesuai dengan nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Karena nilai yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah sehingga dilanjutkan ke siklus II dengan menggunakan model yang sama pada siklus II terdapat 16 siswa (88,88%) tuntas dan 2 siswa (11,11%) tidak tuntas nilai klasikal hasil belajar siswa sebesar 88,88% dengan nilai rata-rata 83,05 jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Tematik Materi Makhluk Hidup dengan menggunakan model Pembelajaran Picture And Picture

Page 1 of 1 | Total Record : 5