cover
Contact Name
Andita Nataria Fitri Ganda
Contact Email
anditaganda@unesa.ac.id
Phone
62 877-3683-6399
Journal Mail Official
terapan-manufaktur@unesa.ac.id
Editorial Address
Kampus Ketintang Gedung K4, Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya, Jalan Raya ketintang, Kec Gayungan, Kota Surabaya (60231)
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Mesin
ISSN : 2337828X     EISSN : 29887429     DOI : https://doi.org/10.26740/jrm.v9i03
The Journal of Mechanical Engineering (JRM) is published three times a year, in April, August, and December, by the Applied Bachelor Degree Program (D4) in Mechanical Engineering, Faculty of Vocational Studies, Universitas Negeri Surabaya (UNESA). It serves as a medium of information and a forum for Development of Technology, Numerical Studies, Experimental Studies, and Applied Research in the field of Mechanical Engineering. The journal contains scientific papers, summaries of research results, literature reviews, and original critical ideas. The editorial team invites researchers, practitioners, and anyone interested in contributing articles that have not been published elsewhere. The themes of the articles include Machining Materials and Metallurgy Manufacturing Processes Mechanical Design Control Systems
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024" : 11 Documents clear
Pengaruh Komposisi Jenis Perekat Arpus dan Tepung Beras Terhadap Karakteristik Briket Bioarang Sebagai Bahan Bakar Alternatif Bin Laday, La Dedy Augustino; Wulandari, Diah; Abdi, Ferly Isnomo; Riandadari, Dyah
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.59612

Abstract

Briket bioarang merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk menggantikan bahan bakar fosil. Briket bioarang dibuat dari bahan baku biomassa, seperti limbah pertanian, limbah perkebunan, dan limbah industri. Bahan baku biomassa tersebut diolah menjadi arang, kemudian dicampur dengan perekat untuk membentuk briket. Perekat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi karakteristik briket bioarang. Perekat berfungsi untuk menyatukan butiran arang agar briket dapat dibentuk dan memiliki kekuatan yang cukup. Selain itu, perekat juga dapat mempengaruhi kadar air, kadar abu, kerapatan massa, laju pembakaran, dan shatter index.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi jenis perekat (arpus dan tepung beras) terhadap karakteristik briket bioarang, yaitu kadar air, kadar abu, dan laju pembakaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Bahan baku yang digunakan dalam penelitian ini adalah 75% arang tempurung kelapa dan 25% bonggol jagung. Perekat yang digunakan adalah  tepung beras dan arpus. Perbandingan  komposisi perekat yang digunakan adalah (100% : 0%), (75%: 25%), (50% : 50%), (25% : 75%), (0% : 100%).
Inovasi Mesin Roasting Kopi Berkapasitas 2 kg/jam dengan Pemanas Kompor Portable Alfadilla, Muhammad Fajar; Abdi, Ferly Isnomo; Sakti, Arya Mahendra; Wulandari, Diah; Rachmattan, Ryan
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.60028

Abstract

Robusta coffee beans are the most widely harvested type of coffee beans in Indonesia, but there is still little processing of coffee beans in Indonesia. Some MSMEs in various regions still use traditional methods to roast coffee beans. Roasting coffee beans manually makes the maturity of coffee beans uneven. This research aims to make a coffee roasting machine with a capacity of 2 Kg / hour using a portable stove heater. The method used is by collecting data and then calculating planning and designing tools. Then proceed with the process of testing the function of the tool in achieving a capacity of 2 Kg / hour. The function test is carried out by roasting 500 grams of coffee beans and is carried out 4 times at each specified temperature. The conclusion of this research is that the coffee roasting machine has a length of 41.5 cm, a width of 27 cm, and a height of 50 cm. The drum used has a volume of 3281.7 cm3 which is driven by a 14 W 60 rpm KTYZ motor using a 25 mm diameter timing pulley transmission and a 360 mm long timing belt. The coffee roasting machine can roast 2 kg/hour of coffee beans at 185°C, 190°C, and 195°C through 4 batches of roasting.
Analisis Laju Aliran Fluida Menggunakan Software Ansys Pada Prototype Intake Manifold Engine Yanmar L48N6 Berbahan Carbon Fiber Jalakusuma, Kevin Firdaus; Utama, Firman Yasa; Sakti, Arya Mahendra; Ganda, Andita Nataria Fitri
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.60377

Abstract

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) adalah ajang untuk inovasi efisiensi energi dan ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbudristek. Salah satu tim yang berpartisipasi adalah Tim Garnesa Racing Team dengan pencapaian konsumsi bahan bakar sebesar 165,25 km/l, 135 km/l, dan 112 km/l. Penurunan performa ini disebabkan oleh kinerja intake manifold yang kurang optimal melalui analisisaliran fluida. Penelitian ini bertujuan memodifikasi intake manifolddengan mempertimbangkan dimensi dan variabel aliran seperti tekanan dan kecepatan udara. Metode yang digunakan adalah analisis menggunakan software simulasi dengan model turbulensi K-epsilon Reliaezable. Bahan intake manifold yang digunakan adalah Polyamide Carbon Fiber (Pa-Cf)dengan kepadatan 1450 kg/m³, kepadatan udara 1.225 kg/m³, dan kecepatan awal 0,137 m/s. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa intake manifold modifikasi dengan panjang 8 cm memiliki kinerja lebih baik dibandingkan variasi lainnya, dengan tekanan 2,195 × 10^(-1) Pa dan kecepatan 6,088 × 10^(-1) m/s. Kesimpulannya, variasi panjang 8 cm pada intake manifold dapat dijadikan referensi utama dalam pembuatan prototipe untuk meningkatkan kinerja mesin.
Rancang Bangun Mesin Pemanggang Multifungsi Semi Otomatis dengan Sistem Penggerak Berbasis Dimmer Menggunakan Motor Listrik Daya 190 Watt Al Falaq, Mochammad Rama; Sakti, Arya Mahendra; Abdi, Ferly Isnomo; Ganda, Andita Nataria Fitri
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.61512

Abstract

Memanggang merupakan proses memasak menggunakan metode panas kering (dry heat) dengan sumber panas dari arang atau dapat menggunakan listrik dan gas seiring perkembangan jaman. Di Indonesia, proses memanggang telah melekat dengan adat kebiasaan serta dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia sebagai ladang bisnis yang menghasilkan keuntungan. Kekurangan dari proses memanggang adalah banyak menguras tenaga, dikarenakan harus membolak-balikkan objek yang dipanggang secara konsisten untuk menghindari kegosongan. Tujuan penelitian ini adalah merancang mesin pemanggang multifungsi semi otomatis dengan fokus perancangan pada sistem penggeraknya agar dapat memudahkan proses membolak-balikan objek pada saat memanggang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Proses penelitian dimulai dengan melakukan pengambilan data tingkat kematangan bahan yang digunakan sebagai acuan, kemudian melakukan pengujian sistem penggerak dari mesin pemanggang multifungsi semi otomatis dengan memberikan 3 variabel kecepatan putaran senilai 50 rpm, 60 rpm, dan 70 rpm dengan pengujian dilakukan sebanyak 3 kali disetiap kecepatan. Hasil penelitian yaitu menghasilkan mesin pemanggang semi otomatis yang memiliki komponen sistem penggerak seperti motor listrik dengan kecepatan putar 3000 rpm dan torsi sekitar 0,53 Nm. Menggunakan rasio perbandingan sprocket 2:1 dengan panjang rantai 1.524 mm. Umur dari bantalan yang digunakan diprediksi sekitar 15.826.492,83 jam kerja pada kecepatan rendah dan 11.380.848,77 jam kerja pada kecepatan tinggi. Waktu pemanggangan terbaik yang didapatkan setelah menggunakan mesin ini adalah 15 menit 37 detik pada kecepatan 50 rpm.
Analisis Pembebanan Statis Chassis Ladder Frame pada Mobil Hemat Energi Tipe Urban GARNESA Pata Ledi, Simon Aten; Utama, Firman Yasa; Widoretno, Yustin Setiya; Wulandari, Diah
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.61794

Abstract

Pada tahun 2023, tim GARNESA Racing Team masih berpartisipasi dalam KMHE dan SEM kategori Urban Concept MPD diesel, namun mengalami penurunan performa jika dibanding tahun sebelumnya. Salah satu penyebab masalah, terindikasi dari chassis yang mengalami deformasi akibat belum dilakukannya analisis dan pemilihan material chassis yang masih kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain dan memilih material chassis ladder frame pada mobil GARNESA Racing Team sesuai regulasi teknis KMHE dan SEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Finite Element Analysis (FEA) dengan bantuan software. Pada penelitian ini menggunakan material Aluminium 6061 dan jenis chassis ladder frame. Setelah itu analysis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan hasil perhitungan yang diperoleh akan disajikan dalam bentuk gambar. Dari hasil analisis dan perhitungan, menunjukan bahwa desain chassis yang aman dan mengacu pada regulasi teknis KMHE dan SEM didapatkan nilai von mises stress maksimal 37.1 MPa, displacement maksimum 2.28 mm, dan safety factor 7.41 ul.
Pengembangan Desain Helm Berstandar SNI Dengan Pendekatan Quality Function Deployment(QFD) Chinsa, Iqbal Rifky; Wulandari, Diah; Utama, Firman Yasa; Riandadari, Dyah
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.61895

Abstract

Belum terlalu banyaknya yang menggunakan pendekatan dan penelitian Quality Function Deployment(QFD) dalam mendapatkan kepuasan dan keinginan dari konsumen untuk perancangan sebuah helm berstandar SNI. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan desain helm berstandar SNI dengan pendekatan QFD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode R&D dan menggunakan tahapan Ulrich dan Eppinger dengan 6 tahapan fase. Namun dalam penelitian ini hanya menggunakan 4 tahapan,mulai dari fase 0 sampai fase 3. Di tahap awal terdapat pembuatan kuesioner, pembuatan QFD dan HoQ, kemudian dilanjutkan untuk tahapan desain helm, dalam tahapan ini menggunakan Software Solidworksuntuk hasil 3D-nya. Dan tahapan keempat untuk mendapatkan kepuasan dari konsumen dengan penyebaran dan pengisian kuesioner terhadap desain yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penyebaran kuesioner sebagai bentuk awal dari QFD dan HoQ, diperoleh 6 hasil atribut produk yaitu, kekuatan, keamanan, kenyamanan, harga, mekanisme, dan estetika. Kemudian hasil tersebut didukung dengan 3 respon teknis utama dari urutan skala prioritas HoQ yaitu, harga helm motor berkisar diantara harga 300 ribu-≤500 ribu, faktor keamanan, dan pemilihan material helm yaitu material komposit.
Analisis Material Komposit Berbasis Serat Tebu dan Matriks Polyester sebagai Bahan Pembuatan Helm Nugroho, Cahyo; Wulandari, Diah; Sakti, Arya Mahendra; Ganda, Andita Nataria Fitri
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.61980

Abstract

Pemanfaat serat tebu di Indonesia yang belum banyak dimanfaatkan menyebabkan limbah serat tebu hanya terbuang dan akan dibakar dengan begitu saja. Dengan potensi serat tebu yang melimpah di Indonesia tentu membuka peluang untuk memanfaatkan limbah serat tebu. Peneliti melakukan pemanfaatan limbah serat tebu untuk dijadikan sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatan cangkang helm. Bahan pendukung lainnya matriks polyester dan katalis dengan perbandingan 10:1 yang berfungsi sebagai perekat dan pengeras dari limbah serat tebu yang akan dicampurkan dan dijadikan cangkang helm. Penulis menggunakan metode Hand lay-up dengan variasi arah serat 0°, 45° dan 90° yang dilakukan pengujian impak. Peneliti menggunakan jenis kualitatif untuk menyajikan data dan jenis kuantitatif untuk penelitian eksperimen. Perbandingan yang digunakan 60% serat dan 40% resin dan katalis serta melakukan perendaman serat dengan NaOH 5% selama 2 jam. Spesimen terbaik dari setiap pengujian dihasilkan dari variasi arah serat 0° dengan menghasilkan nilai spesimen meliputi, uji impak dengan nilai 0.093 J/mm².
Rancang Bangun Pembuatan Helm dengan Material Komposit Berbasis Serat Tebu dan Matriks Polyester Hermawan, Dedy Andy; Wulandari, Diah; Sakti, Arya Mahendra; Riandadari, Dyah
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.62121

Abstract

Along with the times, the helmet industry continues to innovate to develop lighter and stronger materials to improve performance and comfort for users. This study aims to find out the results of the analysis of the design of composite and polycarbonate helmets in impact testing on solidwork and to determine the results of compression testing of helmets using sugarcane fiber composite materials and polyester matrix. The experimental method used hand lay-up with a composition of 60% sugarcane fiber and 40% resin, a ratio of 10:1 between sugarcane fiber 1286 grams (length 15 cm), resin 105 grams, and catalyst 18.18 grams, as well as a variation in helmet thickness of 5 mm. The results of this research are a simulation of impact tests on helmets with composite materials with a load mass of 5 kg showing the highest impact deformation results of 6.551 x 10-02 mm, the highest impact equivalent strain of 9.197 x 10-05 MPa, and the highest impact von mises stress of 4.377 x 10+06 N/m2 and the results of the compression test with a helmet thickness of 5 mm, Fiber direction 0º, diameter 180 mm, and using ASTM D695 standard produces a maximum force of 0.86 kN, yield force 0.39 kN.
Rancang Bangun Mesin Pemanggang Berkapasitas 1 Kg Multifungsi Semi Otomatis Kurniawan, Prasetyo Tri; Sakti, Arya Mahendra; Riandadari, Dyah; Ganda, Andita Nataria Fitri; Laksono, Alif Rahman
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.62137

Abstract

Memanggang adalah proses pengolahan makanan dengan cara diletakkan di atas sumber panas hingga terjadi perubahan warna, bentuk, rasa dan tekstur serta mengeluarkan aroma yang khas. Di Indonesia, makanan panggang merupakan salah satu olahan makanan yang sangat disukai oleh banyak orang sehingga, dapat menjadi peluang untuk membuka usaha di bidang kuliner. Memanggang dengan cara konvensional memiliki kekurangan diantaranya matang tidak merata dan menghabiskan banyaktenaga. Penelitian ini bertujuan untukmerancang bangun mesin pemanggang multifungsi semi otomatis berkapasitas 1 kg.Dengan kapasitas kecil, hasil penelitian ini diharapkan dapat menghemat energi listrik dan biaya perancangan sehingga terjangkau oleh banyak orang,khususnya para UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengn jenis penelitian eksperimental.Hasilpenelitian ini adalah menciptakan mesin pemanggang dengan dimensi panjang 70 cm, lebar 30cm, dan tinggi 25cm yang dapatmemuat1 kg objek panggangan,sedangkan energi listrik yang dihabiskan pada kecepatan putaran 50 rpm rata-ratasebanyak 0,0347 kWh dengan lama pemanggangan 16,20 menit, pada kecepatan putaran 60 rpm rata-rata sebanyak 0,0275 kWh dengan lama pemanggangan 18,13menit, dan pada kecepatan putaran 70 rpm rata-rata sebanyak 0,0229 kWh dengan lama pemanggangan 20,28 menit. Dari hasil tersebut maka penggunaan mesin pemanggang yang paling hemat konsumsi energi listriknya pada kecepatan putaran 70 rpm.
Perancangan Mekanisme Komponen Automatic Switch Vertical Drilling Machine KTK LGT-360 Firmansyah, Rian; Utama, Firman Yasa; Sakti, Arya Mahendra; Wulandari, Diah
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 9 No 01 (2024): JRM April 2024
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrm.v9i01.62557

Abstract

Dalam penelitian ini, mesin bor yang digunakan yaitu mesin bor KTK LGT-360 dengan kondisi sistem kerja mesin yang masih berbentuk manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang komponen automatic switch dan perakitan pada mesin bor vertikal semi otomatis KTK LGT-360. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan tidak hanya inovatif tetapi juga dapat diimplementasikan sesuai fungsi. Proses perancangan hanya melibatkan tiga komponen utama pada vertical drilling machine KTK LGT-360 semi otomatis, yaitu motor listrik, automatic switch, dan pulley v-belt. Adapun hasil uji fungsi menunjukkan bahwa setelah proses perancangan, mesin dapat melakukan pengeboran pada baja karbon ST-37 dengan baik pada berbagai kecepatan transmisi pulley. Berdasarkan hasil yang di dapatkan, vertical drilling machine KTK LGT-360 semi otomatis memiliki spesifikasi akhir mesin, yaitu 640 mm x 330 mm x 1129 mm, tegangan 380 VAC/1 HP, dengan sistem kelistrikan 1 phase. Fitur semi otomatis yang telah melalui proses redesain berfungsi dengan baik. Hasil dari perhitungan kecepatan transmisi pulley yaitu, 1333,33 Rpm, 1112,97 Rpm, 770,54 Rpm. Hasil dari pengukuran kecepatan transmisi pulley menggunakan tachometer sebesar 1920 Rpm, 1292,7 Rpm, 828,6 Rpm.

Page 1 of 2 | Total Record : 11