cover
Contact Name
Muhamad Rudi Wijaya
Contact Email
rudiwijaya68@gmail.com
Phone
+6282175218558
Journal Mail Official
rudiwijaya68@gmail.com
Editorial Address
Dusun Rejo Agung Desa Rejo Agung Kecamatan Batanghari, Kab. Lampung Timur, Provinsi Lampung, 34181
Location
Kab. lampung timur,
Lampung
INDONESIA
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Published by CV Najah Bestari
ISSN : 29649633     EISSN : 2964965X     DOI : -
Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif dari filsafat pendidikan Islam, studi banding pendidikan Islam, kurikulum, proses belajar mengajar dalam pendidikan Islam, evaluasi, pendidikan Islam, dan pendidikan khusus yang relevan dengan isu-isu pendidikan Islam.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 6: Novermber 2023" : 6 Documents clear
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL Di SMP NEGERI 3 MAPATTUNGGUL Nurlaila
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 6: Novermber 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan agar dapat mengetahui peran guru PAI dalam mengantisipasi penyalahgunaan media sosial di SMP Negeri 3 Mapattunggul. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengajar dan pendidik dalam mengantisipasi penyalahgunaan media sosial di SMP Negeri 3 Mapattunggul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa Peranan guru agama Islam dikalangan peserta didik saat ini sangat dibutuhkan. Peranan guru pendidikan agama islam tidak hanya sekedar memberikan bekal ilmu pengetahuan tentang ajaran islam. Namun, guru dituntut pula untuk membina kepribadian serta akhlak peserta didik agar dapat mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam tersebut dalam kehidupan sehari-hariiagar dapat menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT .
DAMPAK COVID-19 TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NAGARI BINJAI Mutia Lutfi
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 6: Novermber 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to find out the impact of Covid-19 on the implentation of Arabic language learning at MTSS Nagari Binjai. This type of research uses qualitative research with descriptive methods. The data collection technique is through observation, interview and dokumentation. This resaerch shows that the pandemic on the implementation of Arabic language learning for MTSS Nagari Binjai students, especially in class VII, has had both negative and positive impacts. This shows how students interact in learning. Here it is explained that there are negative and also positive impacts on the implementation of arabic language learning. First, here we will explain the negative impacts, namely first, student concentration decreases during the learning process. Second, student responses when learning are very poor. And finally, students lack of self-confidence. Students are more busy with their cellphones than studying. The positive impacts are first, it is very easy to access material and information. Second, creating a good atmoshere and cooperation. There is support of parents in the learning process.
Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Belajar di SMK Muhammadiyah 1 Metro Dedah Hidayanti; Nisa Nur Azizah; Ghulam Murtadlo M.Pd. I
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 6: Novermber 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran yang dimainkan oleh guru bimbingan konseling dalam mengembangkan karakter tanggung jawab belajar di SMK Muhammadiyah 1 Metro. Karakter tanggung jawab belajar merupakan aspek penting dalam membentuk sikap siswa yang berorientasi pada belajar, kemandirian, dan konsistensi dalam menyelesaikan tugas akademik. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam studi ini, melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap guru bimbingan konseling, siswa, serta staf pendidikan lainnya di sekolah. Hasil penelitian menyoroti peran utama guru bimbingan konseling dalam memberikan bimbingan, motivasi, dan dukungan kepada siswa dalam memahami arti pentingnya tanggung jawab belajar. Mereka juga berperan dalam mengidentifikasi hambatan yang mungkin dihadapi siswa dalam membangun karakter tanggung jawab belajar serta memberikan strategi untuk mengatasinya. Selain itu, guru bimbingan konseling bekerja sama dengan staf pendidikan lainnya untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memfasilitasi perkembangan karakter tanggung jawab belajar. Peran guru bimbingan konseling di SMK Muhammadiyah 1 Metro sangat signifikan dalam membantu siswa memahami, menginternalisasi, dan menerapkan nilai tanggung jawab belajar dalam kehidupan akademik mereka.
MENGUNGKAP KEBERHASILAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN METRO Devitha Meyra Wulandari; Livianti Amanda
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 6: Novermber 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap keberhasilan program bimbingan dan konseling dalam menjalankan program dan fungsinya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data digunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, guru bimbingan dan konseling berperan dalam menjalankan program dan fungsi bimbingan konseling
STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA MELALUI KONSELING INDIVIDU Muhammad Khairul Amri; Ridotriyan Saputra; Wahyu Nur Maulan
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 6: Novermber 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi bimbingan dan konseling guru untuk mengurangi kenakalan siswa melalui konseling individual. Latar belakang penelitian ini adalah generasi remaja penerus bangsa yang diharapkan mampu membangun dan mengabdi pada negara. Penelitian ini memperjelas respon yang tepat melalui konseling individual kepada siswa dalam rangka mengurangi kenakalan siswa, berdasarkan batasan rumusan masalah apakah konseling individual dapat mengurangi kenakalan siswa, dimaksudkan untuk mendeskripsikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan di sekolah untuk mengurangi kenakalan siswa adalah konseling individual, layanan informasi, dan konseling kelompok. Kegiatan orientasi dan konseling yang diberikan oleh pengawas dan konselor sangat efektif, hal ini terlihat pada perilaku siswa yang telah menjalani bimbingan
PERAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-IKHLAS Untung Sunaryo
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 6: Novermber 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Ikhlas. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang implementasi MBS dan dampaknya terhadap pendidikan karakter. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di SDIT Al-Ikhlas efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif seluruh komponen sekolah dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan sumber daya, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter siswa. Kepala sekolah berperan sebagai pemimpin visioner, memfasilitasi kolaborasi antar guru dan melibatkan orang tua serta komunitas dalam berbagai program sekolah. Kurikulum dan program kerja dirancang secara sistematis untuk mendukung pendidikan karakter, dengan hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek-aspek karakter siswa seperti kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan, komitmen dan kerjasama dari seluruh komponen sekolah telah membantu mengatasi sebagian besar hambatan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa MBS merupakan strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter di sekolah dasar, memberikan rekomendasi praktis bagi sekolah lain yang ingin menerapkan pendekatan serupa

Page 1 of 1 | Total Record : 6