cover
Contact Name
M Mahbubi
Contact Email
doel_gemmek@yahoo.com
Phone
+628563063077
Journal Mail Official
jurnalalmurtado@gmail.com
Editorial Address
Komplek Bamala Regency Jln KH Abdurrahman Wahid 314 Sidomukti Kraksaan Probolinggo Jawa Timur 67282
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
ALMURTADO: Journal of Social Innovation and Community Service
ISSN : -     EISSN : 30895294     DOI : -
Every article that goes to the editor will be selected through a preliminary review by the Editorial Board. Articles that are considered eligible will be sent to reviewers and the next selection process using double Blind review. Results of review articles will be returned to the author for revision. The review process takes up to four weeks. Every article that entry will be judged on aspects of science and methodology. a reviewer in collaboration ALMURTADO: Journal of Social Innovation and Community Service consists of experts in the fields of Islamic education and its application. The reviewer is experts in the field who have experience working as a reviewer for several journals in both the national and international scale.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 02 (2024): Transformasi Pendidikan Keagamaan di Era Society 5.0" : 7 Documents clear
Efektivitas Metode Pembelajaran Talqin Ittiba’ Untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini TPQ Baitul Quran Bungurasih Sidoarjo Siti Ma'rifatul Badriyah; El-Yunusi, M. Yusron Maulana; Ridho, M. Alfan
AlMurtado Journal of Social Innovation and Community Service Vol 1 No 02 (2024): Transformasi Pendidikan Keagamaan di Era Society 5.0
Publisher : BAMALA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Al Quran merupakan suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas bacaan Al Quran. Kemahiran dalam membaca Al Quran tidak terlepas dari sebuah langkah-langkah yang dilakukan termasuk di dalamnya adalah sebuah metode yang digunakan, terlebih pada pembelajaran anak usia dini. Maka dari itu peneliti memberikan sebuah kontribusi sebagai bentuk sumbangsih dalam sebuah pendidikan di lingkungan masyarakat berupa inovasi pembelajaran Al Quran metode talqin ittiba' dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al Quran pada Santri di TPQ Baitul Quran Bungurasih Sidoarjo. Metode talqin ittiba’ merupakan sebuah metode dalam membaca Al Quran dengan cara guru membacakan, siswa mendengarkan serta menirukan. Metode ini sangat tepat untuk meningkatkan kualitas bacaan Al Quran pada santri di TPQ Baitul Quran Bungurasih Sidoarjo. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang terjadi pada santri di TPQ Baitul Quran Bungurasih Sidoarjo.
Pendampingan Program Menghafal Mufrodat Al-Qur'an dalam Membangun Cinta Al-Qur'an Di TPQ Darul Falah Achmad Hidayatulloh; M. Yusron Maulana El-Yunusi
AlMurtado Journal of Social Innovation and Community Service Vol 1 No 02 (2024): Transformasi Pendidikan Keagamaan di Era Society 5.0
Publisher : BAMALA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menumbuhkan rasa cinta terhadap alqur’an adalah sesuatu yang sangat penting bagi umat muslim, berbagai cara dapat merealisasikannya. Salah satu cara yang dilakukan pada kegiatan pengabdian ini adalah dengan menghafal mufrodat Bahasa arab dari alqur’an. pelaksanaan kegiatan pengabdian di TPQ Darul Falah dengan fokus pada pelafalan dan menghafal mufrodat Bahasa Arab dari alqur’an. Kegiatan yang dilaksanakan pada 5 Februari 2025 ini berkolaborasi dengan mitra yaitu TPQ Darul Falah. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), di mana masyarakat terlibat langsung dalam proses menghafal mufrodat. Tahapan kegiatan meliputi observasi awal terhadap santri TPQ Darul Falah, serta memerintah santri agar menghafal mufrodat Bahasa arab dari alqur’an. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan dan pemahaman dalam keterampilan menghafal mufrodat. Melalui partisipasi aktif, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas hafalan santri TPQ Darul Falah, tetapi juga meningkatkan semangat para santri TPQ Darul Falah didalam menghafal mufrodat
Pendampingan BTQ Dan Pembagian Mufrodat Bahasa Arab Pada Santri TPQ Darul Falah Achmad Hidayatulloh; M. Yusron Maulana El-Yunusi
AlMurtado Journal of Social Innovation and Community Service Vol 1 No 02 (2024): Transformasi Pendidikan Keagamaan di Era Society 5.0
Publisher : BAMALA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendampingan baca tulis alqur’an adalah hal penting sedangkan pembagian dan pembiasaan menghafal mufrodat Bahasa Arab adalah sesuatunyang juga tak kalah penting. Salah satu cara pengabdian yang dilakukan pada kegiatan pengabdian ini adalah dengan mendampingi para santri TPQ Darul Falah menghafal mufrodat Bahasa Arab dan menulis potongan ayat alqur’an. pelaksanaan kegiatan pengabdian di TPQ Darul Falah dengan fokus pada pemberian materi dan menghafal mufrodat Bahasa Arab. Kegiatan yang dilaksanakan pada 1-7 Februari 2025 ini berkolaborasi dengan mitra yaitu TPQ Darul Falah. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), di mana masyarakat terlibat langsung dalam proses menghafal mufrodat. Tahapan kegiatan meliputi observasi awal terhadap santri TPQ Darul Falah, serta memerintah santri agar menulis potongan ayat dan menghafal mufrodat Bahasa Arab.Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan dan pemahaman dalam keterampilan menulis dan menghafal mufrodat. Melalui partisipasi aktif, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas hafalan mufrodat santri TPQ Darul Falah, tetapi juga meningkatkan kualitas bacaan alqur’an mereka.
Pelatihan Desain Komunikasi Visual Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Warga Desa Lengkong, Kecamatan Cerme Huda, Mahrus; Masnawati, Eli
AlMurtado Journal of Social Innovation and Community Service Vol 1 No 02 (2024): Transformasi Pendidikan Keagamaan di Era Society 5.0
Publisher : BAMALA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi kebutuhan di berbagai bidang kehidupan dan telah menjadi bagian penting dari berbagai sektor kehidupan, terutama untuk mendukung sektor ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, kemampuan dan keterampilan Desain Komunikasi Visual sangat diperlukan di era digital pada saat ini. Pelatihan Desain Komunikasi Visual menjadi Upaya dalam mewujudkan lapangan pekerjaan di Desa Lengkong. Metode PAR (Participatory Action Research) di gunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan memanfaatkan Sumber daya Manusia (SDM) yang ada sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Hasil dari kegiatan pelatihan ini memiliki dampak dan peran yang signifikan dalam membangun jiwa wirausaha masyarakat menjadi lebih baik. Serta mampu menjadi sebab terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi penduduk desa Lengkong. Secara keseluruhan, kegiatan ini meningkatkan keterampilan masyarakat dan menciptakan kesempatan lapangan pekerjaan yang lebih memadai. Keberhasilan pelatihan Desain Komunikasi Visual ini diharapkan dapat menjadi    contoh bagi Masyarakat dan desa lain untuk   membangun dan menciptakan perekonomian yang positif.
PEMBERDAYAAN SISWA DALAM KEWIRAUSAHAAN:: Implementasi P5 Melalui Branding Produk Sekolah Zulfa Ely Agustianawati; Didit Darmawan
AlMurtado Journal of Social Innovation and Community Service Vol 1 No 02 (2024): Transformasi Pendidikan Keagamaan di Era Society 5.0
Publisher : BAMALA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kewirausahaan merupakan proses yang melibatkan inovasi, kreativitas, dan pemanfaatan peluang untuk meningkatkan nilai ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kewirausahaan di MA Nurul Khoir Surabaya melalui strategi branding produk sekolah sebagai upaya meringankan biaya pendidikan siswa serta meningkatkan pendapatan sekolah. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan (Action Research) dan Penelitian Evaluatif, yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi terhadap program kewirausahaan yang dijalankan. Program ini mencakup sosialisasi produksi, produksi barang, pengemasan, pelabelan, pemasaran, serta perhitungan pendapatan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa dalam kewirausahaan, kesadaran akan pentingnya menabung, serta kontribusi ekonomi bagi sekolah. Sebanyak 85% siswa melaporkan bahwa program ini memberikan pemahaman baru tentang kewirausahaan, dan sekolah berhasil memperoleh tambahan pendapatan sebesar 20% dari total biaya operasional bulanan. Dengan demikian, penerapan P5 dalam kewirausahaan tidak hanya berdampak positif terhadap pengembangan keterampilan siswa, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan finansial sekolah
KEGIATAN SHARING TIAP BULAN SEKALI IPNU IPPNU UNTUK MEMPERKUAT SOLIDARIAAS ANGGOTA IPNU IPPNU DESA KARANGPURI WONOAYU SIDOARJO MIRZA ELMY SAFIRA; M. NUR WAHID
AlMurtado Journal of Social Innovation and Community Service Vol 1 No 02 (2024): Transformasi Pendidikan Keagamaan di Era Society 5.0
Publisher : BAMALA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan sharing yang rutin diadakan oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) memiliki peran penting dalam memperkuat solidaritas dan kebersamaan antaranggota, serta meningkatkan semangat kepemudaan yang berbasis nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kegiatan sharing yang dilaksanakan tiap bulan dapat mempererat hubungan antaranggota IPNU dan IPPNU di Desa Karangpuri, serta memperkuat rasa kebersamaan dalam organisasi. Kegiatan sharing diorganisasi secara rutin dengan tujuan membangun komunikasi yang terbuka di antara anggota, memberikan kesempatan untuk saling berbagi pengalaman, serta mendiskusikan isu-isu yang relevan dengan perkembangan organisasi dan masyarakat. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa dengan seringnya interaksi dan komunikasi antaranggota, solidaritas di dalam organisasi semakin kuat, menciptakan rasa saling mendukung, serta memperkuat komitmen anggota terhadap tujuan bersama. Dengan demikian, kegiatan sharing dapat dijadikan sebagai sarana efektif untuk memperkuat solidaritas, meningkatkan pemahaman dan keterlibatan anggota, serta menjaga eksistensi dan relevansi organisasi kepemudaan dalam menghadapi tantangan zaman.
Penguatan Peran Guru dalam Pencegahan Diskriminasi dan Stigma Melalui Pendidikan GEDSI DI MIS TARBIYATUL ISLAMIYAH Nailul Ulah Al Chumairoh Machfud; She Fira Azka Arifin; Febriarsita Eka Sasmita; Roidatus Shofiyah; Mirza Elmy Safira; Ita Ayu Wulandari
AlMurtado Journal of Social Innovation and Community Service Vol 1 No 02 (2024): Transformasi Pendidikan Keagamaan di Era Society 5.0
Publisher : BAMALA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Through the GEDSI approach (Gender, Disability, and Social Inclusion), teachers can become agents of change in preventing the emergence of stigma against students from diverse backgrounds, including girls, students with disabilities, and those from other vulnerable groups. This community service program was carried out at MIS Tarbiyatul Islamiyah with the aim of strengthening teachers' capacity to understand and apply GEDSI principles in the learning process and social interactions at school. These activities were conducted through interactive training and simulations that encouraged teachers to recognize often-unnoticed forms of discrimination and to design inclusive and equitable learning approaches. The results of the program indicated an increased understanding among teachers of the importance of GEDSI mainstreaming and the emergence of a collective commitment to integrate these values into internal policies and classroom practices. This program contributed to the creation of a more inclusive, fair, and responsive madrasah environment that respects the diversity of students.

Page 1 of 1 | Total Record : 7