cover
Contact Name
Totok Yulianto
Contact Email
reaktipjurnal@unhasy.ac.id
Phone
+6282145294455
Journal Mail Official
reaktipjurnal@unhasy.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : 2798592X     DOI : https://doi.org/10.33752/reaktip
Core Subject : Engineering,
The focus of articles that can be published is related to the REAKTIP. These are the details: Structural Engineering Construction Management Transportation Engineering Geotechnical Engineering Water Resources Engineering Mathematics and Information Technology
Articles 74 Documents
METODE PELAKSANAAN DAN ANALISIS KEBUTUHAN PERALATAN PADA PEKERJAAN SLOOF PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG MEDIK RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2021): Edisi Juli
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sloof merupakan bangunan sederhana seperti komponen bangunan lainnya, letaknya diatas pondasi dan terbuat dari beton bertulang. Pada bangungun, sloof berfungsi sebagai komponen yang meratakan beban. Dalam melaksanakan proyek pembangunan terdapat rangkaian kegiatan saling terkait. Tujuan laporan kegiatan praktik ini untuk mengetahui bagaimana metode pelaksanaan pekerjaan sloof dan apa saja peralatan yang dibutuhkan. Metode penulisan dimulai dari observasi, metode interview, metode pustaka, metode instrument pengumpulan data. Hasil dari penulisan artikel ini adalah saat melakukan pekerjaan sloof yaitu tahapan persiapan, fabrikasi bekisting, pemasangan tulangan, tahap pengecoran, serta tahap pembongkaran. Dan kebutuhan peralatan untuk pekerjaan sloof antara lain concrete pump, vibrator, waterpass, backhoe, truck mixer, molen, bar cutter, bar bender. Dari hasil kegiatan ini didapatkan metode pelaksanaan yang efektif dan efisien.
METODE PELAKSANAAN LAPIS TAMBAHAN (OVERLAY) PERKERASAN LENTUR PADA PEKERJAAN PAKET PENGAWASAN
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2021): Edisi Juli
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proyek ialah bagian dari salah satu bentuk pengembangan aktivitas kaitannya dengan infrastruktur yang sangatlah penting bagi negara, serta tidak bisa dipisahkan dari pertumbuhan bangsa, sesuai dengan meningkatnya jumlah imfrastruktur yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan prasarana terlebih lagi proyek infrastruktur transportasi berupa jalan yang sangat penting bagi kegiatan transportasi masyarakat. Peningkatan atau lapis tambahan jalan (overlay) menggunakan perkerasan lentur yang terdiri dari Lapis Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC), Lapis Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pelaksanaan lapis tambahan (overlay). Metode Pelaksanaan ini mengacu pada pedoman spesifikasi umum pada edisi bina marga 2018 dalam metode pelaksanaanya sebelum dilakukan penghamparan harus mensesuaikan suhu sesuai pada acuan speksifikasi yang menjadi sumber utama pelaksanaanya, alat yang digunakan dalam pelaksanaan penghamparan adalah asphalt finisher, serta pemadatan yang dilakukan pada lapis tambahan overlay yang dilakukan sebanyak tiga fase pemadatan dengan alat Tandem Roller dan Pneumetic Tired Roller memiliki perbedaan dalam setiap passing pada setiap fase pemadatan tujuannya adalah mendapatkan hasil kepadatan yang baik dan tidak berongga dengan memperhatikan setiap penurunan suhu setiap fase pemadatan yang berlangsung. Dari hasil didapat tebal Laston Lapis Antara (AC-BC) dengan acuan break down 1,2 cm sebelum dipadatkan adalah 7,2 cm, tebal Laston Lapis Antara (AC-WC) dengan acuan break down 1,2 cm sebelum dipadatkan adalah 5,2 cm.
PRODUKTIVITAS PEKERJAAN PLAT LANTAI PADA PROYEK PERLUASAN KARGO INTERNASIONAL TERMINAL 1 BANDARA JUANDA SURABAYA
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2021): Edisi Juli
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya yang terletak di provinsi Jawa Timur, sebagai suatu wadah untuk menunjang kegiatan transportasi pada operasional kargo, proyek perluasan kargo internasional di bandar udara ini menjadi salah satu hal yang dibutuhkan. Dalam pelaksanaannya pasti produktivitas kerja akan menjadi peran penting dalam keberhasilan pelaksanaan proyek, yang dimana perlu dianalisis produktivitas pekerjaanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil perbandingan biaya,waktu pada rencana dengan progres pekerjaan plat lantai pada proyek perluasan Kargo Internasional Bandar Udara Juanda Surabaya. Metode Work Breakdown Structure (WBS) dipakai untuk mengetahui jaringan setiap pekerjaan yang dikerjakan pada proyek. Perhitungan produktivitas rencana maupun aktual dan Kurva S dilakukan agar mengetahui hasil dari produktivitas kerja pada pekerjaan plat lantai. Setelah mengetahui nilai produktivitas kerja tersebut, nilai biaya dan waktu rencana dengan nilai biaya dan waktu realisasi dapat dibandingkan. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh perbandingan hasil perhitungan pada pekerjaan plat lantai 1 dan 2 dengan biaya total Rp. 2.645.398.034. Dan biaya total realisasi progress pada pekerjaan plat lantai 1 dan 2 sebesar Rp. 2.884.585.467,00 sehingga diketahui Rencana Anggaran Biaya rencana lebih rendah 9,04% dari Rencana Anggaran Biaya progres aktual sampai dengan waktu 103 hari pekerjaan. Hasil produktivitas tenaga kerja selama dilapagan tidak sesuai harapan dari jadwal yang direncanakan sebelumnya.
ANALISIS PRODUKTIVITAS ALAT BERAT DI PROYEK PEMBANGUNAN/REHABILITASI JALAN KELURAHAN KEPANJEN KAB. JOMBANG
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2021): Edisi Juli
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pekerjaan teknik sipil perlu penggunaan alat berat. Begitu juga pada proyek pembangunan jalan, penggunaan alat berat menjadi faktor paling utama dalam pelaksanaan proyek pembangunan jalan. Dalam pelaksanaannya produktivitas alat berat akan menjadi peran penting dalam keberhasilan pelaksanaan proyek, yang dimanaperlu dianalisis produktivitas pekerjaanya.Tujuan penelitian ini unutuk mengetahui volume pekerjaan pada proyek pembangunan jalan Kelurahan Kepanjen dan mengetahui produktivitas Dump Truck,Tandem roller, Pneumatic Tire Roller, Asphalt Finisher pada proyek pembangunan jalan Kelurahan Kepanjen. Metode yang dipakai dengan menggunakan metode volumetric, dengan metode ini kemudian digunakan untuk menghitung guna mendapatkan perhitungan volume dan produktivitas alat berat pada pekerjaan di Kelurahan Kepanjen Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang . Dari hasil perhitungan yang diporeleh penulis, dapat disimpulkan bahwa analisa perhitungan volume dan produktivitas alat berat sesuai dengan jadwal yang direncanakan sebelumnya
ANALISIS TIME SCHEDULE PROYEK REHABILITASI GEDUNG PUSKESMAS TAMBAKREJO - JOMBANG
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2021): Edisi Juli
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proyek pembangunan rehabilitasi gedung Puskesmas Tambakrejo terdiri dari berbagai macam pekerjaan, oleh sebab itu penting untuk melakukan penjadwalan proyek secara perencanaan dan pelaksanaan untuk mengetahui produktivitas pekerjaan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis time schedule proyek rehabilitasi gedung Puskesmas Tambakrejo-Jombang untuk mengetahui pencapaian kerja dan kendala yang dihadapi saat pelaksanaan proyek, serta untuk menganalisis waktu dari rancangan anggaran biaya dan Penjadwalan waktu. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisa nilai hasil kurva S yang dapat menentukan waktu perencanaan proyek dan hasil realisasi pekerjaan antara rencana dengan hasil pelaksanaan, untuk kemudian analisa nilai hasil tersebut akan dievaluasi dan dibahas untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa dari kurva S deviasi produktivitas rencana dan realisasi pada minggu ke-13 adalah sebesar mengalamai keterlambatan sebesar 5.133% dan pada minggu ke-14 juga mengalami keterlambatan sebesar 5.987%. Deviasi antara produktivitas rencana dan realisasi ini diantaranya disebabkan oleh jumlah tenaga tukang yang kurang, pemasangan pintu dan jendela yang telat dan belum dipesannya barang pabrikasi sehingga terjadi keterlambatan pekerjaan. Solusi yang dapat disarankan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penambahan tenaga kerja, melakukan pemesanan barang pabrikasi sebelum pekerjaan dimulai, penambahan jam kerja setiap satu minggu sebanyak 3 kali dan memperhatikan progres produktivitas volume pekerjaan pada time schedule.Proyek Pembangunan Rehabilitasi Gedung Puskesmas Tambakrejo-Jombang yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2020 sampai dengan tanggal 11 Desember 2020 atau selama 150 hari.
ANALISIS SEBARAN PERGERAKAN DENGAN METODE DOUBLE CONTRAINED GRAVITY MODEL (DCGR) (STUDI KASUS KABUPATEN MOJOKERTO)
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 2 No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mojokerto memiliki banyak aktifitas lalu lintas karena jalan propinsi yang menghubungkan banyak daerah disekitarnya. Aktifitas arus lalulintas disebut bangkitan dan tarikan. kajian penelitian ini untuk mengetahui total besaran bangkitan dan tarikan yang terjadi. Menggunakan metode Double Contrained Gravity Model (DCGR). Data yang digunakan adalah inputan matrik aksesbilitas, data bangkitan dan tarikan zona. Kemudian menentukan input hambatan, faktor penyeimbang. Dengan hasil akhir sebagai matrik akses tujuan. Pengumpulan data dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. data primer melalui wawancara dan kuisioner sedangkan data sekunder adalah data yang exist dan data yang bersifat reusable. Lokasi penelitian pada sepanjang jalan Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini mencatat setiap bangkitan dan tarikan. Hasil pergerakan transportasi dengan pendekatan Double Constrain Gravity Model (DCGR) didapatkan hasil pergerakan transportasi 16% kendaran roda dua terdapat di zona 1 dengan nilai volume lalu lintas harian rata rata 81239 smp/jam. Hasil nilai hambatan pergerakan transportasi mendapatkan Nilai β = 0.0559 Iterasi ke 813 mencapai konvergensi dan berdasarkan Matriks Asal Tujuan (MAT) pergerakan ditentukan oleh matriks aksesibilitas yang diinput oleh user. Saran penelitian dimasa depan kombinasi MAT dan metode pendekatan Double Constrain Gravity Model (DCGR) dikembangkan pada area yang lebih luas.
PERENCANAAN STRUKTUR PEMBANGUNAN GEDUNG MADRASAH TSANAWIYAH SAINS PUTRI SALAHUDDIN WAHID TEBUIRENG
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 2 No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Sains Tebuireng Putri merupakan suatu lembaga pendidikan swasta yang berdiri di jl. Kesamben, Ds. Kesamben, Kec. Kesamben Kabupaten Jombang dengan lahan seluas 5,1 hektar. Gedung ini direncanakan 2 lantai dengan ketinggian 7,20 m dan luas 1978 m2. Dalam SNI 1726-2012, bahwasanya bangunan ini berada dalam kategori risiko gempa tingka IV disebabkan pada jenis pemanfaatan sebagai fasilitas penting. Perencanaan gedung sekolah ini menggunakan SRPMK (Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus) serta untuk untuk perhitungan komponen-komponen pada bangungan dengan beban gempa menggunakan metode statik ekuivalen. Dari hasil perhitungan diperoleh untuk plat lantai dengan tebal 12 cm. Untuk kolom K1= 400 x 600 mm, K2= 300 x 500 mm, K3= 300 x 450 mm, K4= 250 x 400 mm dan balok B1= 350 x 650 mm, B2= 300 x 500 mm, B3= 250 x 400 mm. Untuk sloof SL= 300 x 500 mm, poerplat P1= 1500 x 1500 x 400 mm, P2= 1500 x 1000 x 300 mm serta minipile 25 cm.
ANALISA KAPASITAS PRODUKSI ALAT BERAT EXCAVATOR DAN DUMP TRUCK PADA PEKERJAAN PERSIAPAN LAHAN PERUMAHAN BUNDA ASRI KARANGDAGANGAN, KABUPATEN JOMBANG
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 2 No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proyek pembangunan Perumahan Bunda Asri bertempat pada lahan bekas galian tanah padas, sehingga perlu dilakukan pekerjaan pemindahan tanah mekanis (PTM) guna memulikan kontur yang direncanakan akibat kegiatan pertambangan agar dapat digunakan sebagai lahan perumahan. Berdasarkan data yang diperoleh dari pengembang proyek perumahan volume pekerjaan cut and fill sebesar 374,758,15 m3 waktu pelaksanaan hanya terdapat 1 unit alat berat dan 4 unit dump truck dengan waktu pengunaan alat berat 1197 hari, maka dari itu perlu dilakukan analisa kapasitas produksi alat berat excavator dan dump truck guna menentukan jumlah alat yang digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan persiapan lahan. Hasil dari analisa kapasitas produksi alat berat excavator PC200-8M1 dengan kapasitas bucket 0,93m3 sebesar 39,14 m3/jam atau 313,12 m3/hari dalam delapan jam kerja perhari, dan hasil dari kapasitas produksi dump truck 6-8 ton sebesar17,06 m3/jam atau 136,48 m3/hari dalam delapan jam kerja perhari., Dari hasil analisa kapasitas produksi alat berat excavator dan dump truck didapatkan jumlah kebutuhan alat berat 13 unit excavator dan 16 unit dump truck dalam sehari guna memenuhi waktu pelaksanaan pekerjaan cut and fill. sehingga waktu pengunaan alat berat relatif lebih singkat.
EFEKTIVITAS PEKERJA DALAM PEMBANGUNAN VILLA WONOSALAM CITY PARK JOMBANG
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 2 No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Efektivitas kerja adalah kemampuan secara umum untuk tercapainya target pada suatu pekerjaan. Dalam efektivitas ada tiga hal yang saling berinteraksi yaitu tenaga kerja, manajemen kerja, dan investasi. Pada proyek pembangunan, efektivitas berfungsi sebagai usaha agar proyek tersebut dapat terselesaikan secara efektif dan efisien. Pada analisis kerja praktik terhadap pembangunan villa dua lantai yang dilakukan di Wonosalam City Park diperoleh waktu kerja efektif total kelompok pekerja adalah 415 menit/hari dengan persentase efektivitasnya sebesar 99,39 %. Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja yaitu pengalaman kerja dan pendidikan. dari segi pengalaman kerja efektivitas tertinggi dari pengalaman 2-5 tahun. Dari faktor pendidikan didapat efektivitas tertinggi yaitu pendidikan SMP. Pada analisis ini waktu kerja yang efektif pekerja paling tinggi yaitu pada pekerja kelompok B yaitu 462 menit/hari dengan presentase efektifitasnya sebesar 99,39%. Hasil uji chi square diperoleh bahwa terdapat hubungan antara faktor pengalaman kerja dengan kelompok kerja, sedangkan untuk faktor pendidikan tidak memiliki hubungan dengan kelompok kerja.
ANALISIS PRODUKSI ALAT BERAT (WHEEL LOADER, ASPHALT MIXING PLANT dan DUMP TRUCK) PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN JOGOROTO- MOJOWARNO
Jurnal Rekayasa dan Aplikasi Teknik Sipil Vol 2 No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy'ari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prasarana transportasi jalan sebagai penunjang utama bagi masyarakat untuk terciptanya suatu kepentingan bersama dalam pembangunan infrastruktur di suatu wilayah. Kondisi jalan yang mumpuni dapat memudahkan berbagai aktivitas serta mobilitas masayarakat untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan hidup mereka baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Dalam proses pembangunan struktur jalan setiap komponen saling berkaitan satu sama lain dan pengoperasian alat berat memiliki pengaruh besar dalam hal tersebut. Perencanaan penggunaan peralatan yang memadai kerap kali menjadi kendala yang dihadapi kontraktor ketika hendak membangun suatu proyek. Oleh karena itu, analisa produktivitas peralatan pada kinerja proyek berperan besar dalam efisiensi waktu pengerjaan peralatan, sehingga efektifitas sumber daya dapat maksimal. Riset ini bertujuan untuk menentukan produktivitas kerja Wheel Loader, Aspalt Mixing Plant dan Dumper sebagai alat transportasi dan produksi bahan perkerasan aspal terhadap proyek pengembangan jalan raya Mojowarno-Bandung. Selain itu, riset ini bertujuan melakukan penekanan anggaran yang dikeluarkan untuk biaya sewa alat Wheel Loader, Aspalt Mixing Plant dan Dumper. Dalam perhitungan lapangan didapat nilai produktivitas Wheel Loader 35,625 m3/menit. Dari perhitungan produktivitas Asphalt Mixing Plant didapat nilai 49,8 m3/jam. Produktivitas 1 unit Dumper memiliki hasil perhitungan 72,73 m3/jam dalam kurun waktu 1 hari.