cover
Contact Name
Dedi Sufriadi
Contact Email
dedisufriadi@gmail.com
Phone
+6285260082672
Journal Mail Official
jurnal@indopublishing.or.id
Editorial Address
Indrapuri
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Indo Publishing
ISSN : 30905125     EISSN : 30907985     DOI : https://doi.org/10.63822/ib
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, ekonomi, agama, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 53 Documents
Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM  dengan Metode ABCD Aji Kusuma; In’am Roghibi
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/e9npsr65

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM kerajinan tangan dengan memanfaatkan teknologi digital. Terdapat UMKM kerajinan tangan yang mengalami kesulitan dalam memasarkan produk mereka secara efektif di pasar yang semakin berkembang secara digital. Oleh karena itu, pengabdian ini difokuskan pada tiga langkah utama, yaitu pembuatan e-katalog untuk menampilkan produk secara lengkap dan menarik, desain logo untuk memperkuat identitas UMKM, serta pemaksimalan penggunaan digital marketing, termasuk pemanfaatan media sosial dan platform e-commerce. Metode pengabdian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode Asset-Based Community Development (ABCD).  Hasil dari pengabdian ini adalah tersusunnya e-katalog yang memudahkan calon konsumen dalam melihat dan memilih produk, terbentuknya logo yang representatif bagi UMKM, dan pelaksanaan strategi pemasaran digital yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan pasar. Dengan demikian, diharapkan UMKM kerajinan tangan dapat lebih dikenal, memperoleh peluang pasar yang lebih luas, dan meningkatkan penjualan produk secara signifikan.
Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Kerajinan Tangan Zakia Lutfiya; Zainab
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/2ne36s30

Abstract

Pemberdayaan perempuan ini diharapkan sampah anorganik pada masing-masing rumah tangga dapat berkurang, karena telah diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan tanga karena limbah seringkali menjadi permasalahan lingkungan yang tidak pernah terselesaikan. Untuk menanggulangi permasalahan sampah anorganik adalah dengan cara daur ulang diantaranya dengan mengubahnya menjadi kerajinan tangan
Praktek Pelaksanaan Wudhu dan Shalat serta Makna dalam Kehidupan Sehari-hari Rusdiana; Zulfa R. Aluf; M. Mahbubi
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/f4gt2c32

Abstract

Fiqih merupakan salah satu cabang ilmu dalam agama Islam yang mengatur berbagai aspek kehidupan umat Muslim, termasuk dalam pelaksanaan ibadah. Dua ibadah yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari adalah wudhu dan shalat. Wudhu merupakan ritual penyucian diri sebelum melaksanakan shalat yang memiliki tata cara dan syarat-syarat tertentu. Dalam fiqih, wudhu tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan pembersihan fisik, tetapi juga sebagai sarana untuk menyucikan hati dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Artikel ini bertujuan untuk membahas tata cara wudhu yang benar sesuai dengan ajaran fiqih serta maknanya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, artikel ini juga akan menjelaskan tentang shalat sebagai bentuk ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim, yang memiliki aturan dan syarat yang harus dipenuhi agar sah. Melalui pemahaman yang mendalam tentang fiqih wudhu dan shalat, diharapkan pembaca dapat mengaplikasikan tata cara tersebut dengan benar dan meresapi maknanya dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman yang baik mengenai kedua ibadah ini akan memperkuat kualitas ibadah serta memperdalam penghayatan spiritual dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim.
Penggunaan Metode Membaca Menulis Menghitung untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa  Kelas 1 dan 2 SD Alidin; Syahril Mubarak
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/k0kd1h52

Abstract

Pengabdian ini difokuskan pada peserta didik kelas rendah (1 dan 2) di SD Negeri Randusari. Pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan deskriptif dengan menggunakan Metode kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh melalui observasi dan evaluasi bersama wali kelas dan peserta didik di SD Negeri Randusari menunjukkan bahwa kemampuan belajar peserta didik dalam membaca, menulis, dan berhitung (calistung) dapat digolongkan cukup baik. Adapun data yang diperoleh dari peserta didik kelas 1 dan 2 pada Sekolah Dasar menunjukkan bahwa di SD Negeri Randusari terdapat beberapa peserta didik yang belum menguasai belajar calistung. Minimnya Prestasi belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah kurangnya efektivitas literasi dan pembelajaran calistung. Dengan terlaksananya kegiatan ini kami berharap dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik terkhususnya untuk mereka yang belum paham dan belum mengetahui sebelumnya tentang calistung.
Pemanfaatan Digital Marketing  dalam Pemasaran Produk Limbah Elektronik Samsul Bahri; Hanafi S. Nasution
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/6vw2gv92

Abstract

Pengabdian  ini bertujuan  untuk membantu  Kelompok  Pemuda  Karang  Taruna  di  Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, dalam mengatasi masalah pemasaran produk olahan limbah elektronik. Saat ini, produk yang dihasilkan,  seperti mebel dari limbah elektronik yang diproses dengan resin, belum  optimal dipasarkan. Solusi yang ditawarkan adalah penerapan strategi digital marketing untuk meningkatkan jangkauan pasar dan penjualan  produk  kreatif  tersebut.  Program  pengabdian  ini  melibatkan  pelatihan  digital  marketing  yang mencakup pembuatan konten pemasaran dan penggunaan platform media sosial. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat  meningkatkan  penjualan  produk  kreatif,  memperluas  pasar,  dan mendukung  pengembangan  ekonomi masyarakat setempat.
Perancangan Website Sistem Administrasi di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang Akbar Pamungkas; Fatmasari
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/5g89cd48

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dinas PUPR Provinsi Sumatera Selatan, yang dimulai pada tanggal 17 Februari 2025 hingga 30 April 2025 sebagai kerja praktik MBKM (Merdeka Kampus Belajar Merdeka). Hasil dari pengabdian ini yaitu merancang dan membuat sebuah Aplikasi Pengarsipan Berbasis Website yang ditujukan untuk mempermudah Dinas PUPR dalam mengelola dokumen-dokumen kontrak sekaligus menjadi pusat Bank Data bagi Bidang-bidang pada Dinas PUPR    Aplikasi yang dikembangkan dirancang menggunakan PHP Native dan dilengkapi dengan fitur multiuser (admin, staff, dan user) yang mendukung transparansi serta kemudahan dalam mengakses dan memproses data administrasi. Kendati demikian, implementasi sistem ini masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan SDM dalam bidang teknologi informasi dan kebutuhan infrastruktur yang memadai. Oleh karena itu, untuk menjamin keberlangsungan dan optimalisasi website, diperlukan pelatihan berkelanjutan serta dukungan regulasi dan anggaran dari instansi terkait. Secara keseluruhan, digitalisasi administrasi melalui sistem ini memberikan kontribusi positif terhadap tata kelola pemerintahan yang lebih modern, responsif, dan akuntabel.
Pelatihan dan Pendampingan UMKM Go Digital di Desa Bangun Sari  Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Dwi Octa Ramadhani; Fatmasari; Muhammad Ariandi
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/a5x7db92

Abstract

Lokasi pelaksanaan pengabdian berupa Kuliah Kerja Nyata (KKNT) terletak di Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan pada tanggal  21 April 2025 hingga 26 Mei 2025. sasaran dari kegiatan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat di Desa Bangun Sari. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, saya berupaya mencakup semua kalangan dalam berbagai kegiatan KKNT. Dengan pendekatan inklusif ini, diharapkan setiap masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup dan membentuk pondasi yang lebih kuat untuk masa depan mereka. Selain itu, melibatkan seluruh kalangan masyarakat juga mendukung terciptanya sinergi dan kebersamaan dalam merespon berbagai tantangan dan peluang yang ada di Desa Bangun Sari.
Optimalisasi Media Sosial untuk Pemasaran Jamur Tiram UMKM di Desa Telang Sari Taura Saputra; Fatmasari; Susan Dian
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/w2p8gg90

Abstract

Digitalisasi dalam bidang pemasaran menjadi salah satu kunci utama dalam mendorong kemajuan dan keberlanjutan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Penerapan strategi pemasaran digital memungkinkan pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan visibilitas produk, serta memperkuat hubungan dengan konsumen secara lebih efektif dan efisien. Artikel ini secara khusus mengkaji dan menganalisis upaya optimalisasi penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran yang diterapkan pada UMKM budidaya jamur tiram di Desa Telang Sari, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, yang sebelumnya menghadapi tantangan dalam menjangkau konsumen secara lebih luas. Melalui pendekatan yang komprehensif dan partisipatif, kegiatan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode utama, antara lain observasi langsung terhadap kegiatan usaha, wawancara mendalam dengan pemilik usaha untuk menggali permasalahan yang dihadapi, serta pelaksanaan pendampingan teknis dan pelatihan praktis yang berfokus pada penggunaan media sosial untuk keperluan promosi. Selain itu, pelatihan juga mencakup pembuatan konten digital, pengelolaan akun media sosial, serta desain kemasan produk agar lebih menarik dan kompetitif. Selama proses pelatihan dan pendampingan, pelaku UMKM menunjukkan perkembangan yang positif dan peningkatan kapasitas dalam mengelola promosi digital. Hal ini tercermin dari meningkatnya interaksi dengan pelanggan, pertambahan jumlah pesanan, dan meluasnya jangkauan pemasaran produk ke luar wilayah desa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial seperti Facebook dan WhatsApp secara terencana dan strategis mampu memberikan dampak nyata terhadap pertumbuhan usaha. Media sosial tidak hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga menjadi sarana pemasaran yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat yang lebih luas, sekaligus meningkatkan daya saing UMKM dalam pasar yang semakin kompetitif
Strategi Pemasaran dan Sumber Daya Manusia pada Komunitas Bakery di Surabaya: Studi Kasus Februari-Juni 2025 Rafly Mardiansyah; Syabrina Maulidiah; Austrarizky Fabrian Putra Ratmonohadi; Dian Budiono; Aryanti Devina Tamalo; Adinda Noor Azizah; Muhammad Amirul Ihsan; Tri Siwi Agustina; John Hardi
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/y8hwkm64

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Komunitas Bakery, sebuah usaha bakery premium yang didirikan oleh pasangan suami istri di Surabaya sejak tahun 2022, menjadi salah satu contoh UMKM dengan potensi pengembangan yang signifikan. Meskipun telah memiliki pasar loyal, Komunitas Bakery masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan brand awareness, efisiensi operasional, serta strategi pemasaran yang terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode 5W1H dan praktik lapangan melalui observasi langsung serta wawancara mendalam dengan pemilik usaha untuk mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan solusi. Pendampingan difokuskan pada penguatan saluran distribusi (khususnya B2B), pengembangan program loyalitas, penciptaan merchandise, serta optimalisasi manajemen sumber daya manusia melalui sistem penjadwalan dan SOP. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kolaborasi B2B dengan kafe di Surabaya dan Pandaan memberikan peluang perluasan pasar yang menjanjikan. Sementara itu, program loyalitas dan diskon berbasis segmentasi konsumen (mahasiswa dan pembeli malam hari) mampu mendorong peningkatan penjualan dan keterikatan pelanggan. Penggunaan merchandise (tumbler dan totebag) turut memperkuat identitas merek sekaligus mendukung prinsip konsumsi bertanggung jawab. Temuan ini memperlihatkan bahwa integrasi strategi pemasaran dan pengelolaan SDM yang tepat dapat menjadi kunci keberhasilan pengembangan UMKM berbasis kuliner premium seperti Komunitas Bakery.
Transformasi Digital Desa Melalui Pembangunan Website dan Digitalisasi UMKM di Desa Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin M. Soekarno Putra; Rio Fernando; Tabi In Athyam Madani; M. Rizki Julianto; Kgs. M.Fijai Fahlevi; Rindi Rama Saputra6; Edy Irawansyah; Muhammad Faiz; Aldi Saputra
Indonesia Berdampak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2025): JUNI 2025
Publisher : Indo Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63822/mzk1kj04

Abstract

Digital transformation at the village level is a strategic step to enhance public service efficiency and empower the local economy. This community service program aims to support the digitalization process in Tanjung Lago Village through two main approaches: the development of an official village website as an information and governance transparency tool, and the digital empowerment of local small and medium enterprises (SMEs) producing kemplang, a traditional fish-based snack. The implementation methods included field observation, interviews, digital media design, website development, training sessions, and stakeholder validation. The village website was built using static web technology (HTML, CSS, JavaScript), featuring village profiles, activity galleries, organizational structure, and contact information. Meanwhile, the SME assistance focused on branding, packaging, product photography, and the use of social media for digital promotion. The results indicated improved capacity among village officials in managing public information and increased knowledge among SMEs regarding modern marketing strategies. This program successfully integrates information technology with local potential, contributing to inclusive and sustainable digital village development..