cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6282295838368
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No.A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Economic Management Business Research Journal
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 30903920     EISSN : 30903904     DOI : https://doi.org/10.57235
Core Subject : Economy,
EMBER: Economic Management Business Research Journal dengan nomor ISSN terdaftar 3090-3920 (Cetak - Print) dan 3090-3904 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. EMBER: Economic Management Business Research Journal bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian pada lingkup: 1. Ekonomi 2. Akuntansi 3. Manajemen 4. Bisnis EMBER: Economic Management Business Research Journal diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit pada bulan Februari dan Agustus.
Articles 16 Documents
Strategi Pemasaran UMKM Masyarakat Dilingkungan Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datuk Laksemana Bengkalis (Studi Tentang Etika Bisnis dan Kepuasan Konsumen) Hadijah, Siti; Erliza, Siti Nur; Oktavia, Tika Susilawati; Firdaus, Reno
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i2.6378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pemasaran yang dilakukan oleh pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di lingkungan kampus IAIN Datuk Laksemana Bengkalis serta hubungannya dengan penerapan etika bisnis dan tingkat kepuasan konsumen. UMKM yang ada di lingkungan kampus memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa dan sivitas akademika, sehingga strategi pemasaran yang tepat dan etis menjadi faktor kunci dalam mempertahankan keberlangsungan usaha. Metode penelitian yaitu kualitatif menggunakan pendekatan studi lapangan melalui observasi,wawancara kepada konsumen serta pelaku usaha. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa UMKM umumnya menerapkan strategi penjualan berbasis kedekatan emosional, promosi melalui media sosial, serta penetapan harga dan Fasilitas-Fasilitas yang membuat pembeli nyaman serta sesuai dengan daya beli mahasiswa. Dalam hal etika bisnis, pelaku UMKM telah menunjukkan perilaku yang cukup baik seperti kejujuran, tanggung jawab, dan perlakuan yang adil terhadap konsumen. Sementara itu, tingkat kepuasan konsumen tergolong tinggi, terutama terhadap kualitas produk, pelayanan, dan kesesuaian harga. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dikombinasikan dengan penerapan etika bisnis secara konsisten dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Implikasi dari temuan ini mendorong pentingnya pelatihan pemasaran dan etika bisnis bagi pelaku UMKM agar menaikkan daya saing mereka di lingkungan kampus.
Pengaruh Teknologi Swalayan dan Layanan Personal Terhadap Loyalitas Pelanggan Sihombing, Lia
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 1 (2025): Februari 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i1.6071

Abstract

Many companies use self-service technology nowadays as a result of advances in technol- ogy. In the specific, those companies replace personal services with self-service technology facilities. For instance, a bank can use automatic teller machine (ATM) instead of a bank teller inside the bank. The use of self-service technologies is aimed to fulfill the variety of consumers’ needs. However, not many research focus on the impact of self-service technology on consumer satisfaction and loyalty. Therefore, the aim of this research is to test a model of the impact of self-service technology on consumer satisfaction and loyalty. This research replicated the model which was developed by Beatson et al. (2006) and extend the model by adding a variable called consumer loyalty. Questionnaires were distributed to respondents by the drop-off/ pick-up method and a total of 372 completed questionnaires were used in the analysis. The data was then analyzed using structural equation modeling. All research hypotheses were supported this paper also provides the implications for theoretical and managerial and offers directions for future research.
Pengaruh Pelatihan, Promosi Jabatan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja pada CV Rinjani Karya Konstruksi Ahmad, Jauhar Zahasah; Dwiarti, Rina
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i2.6671

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel Pelatihan, Promosi Jabatan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan pada CV Rinjani Karya Konstruksi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data primer dan sekunder. Perolehan data primer menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner sedangkan perolehan data sekunder dari penelitian sebelumnya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 85 karyawan dengan menggunakan teknik Sampling Slovin. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda SPSS 25. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Promosi Jabatan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap lingkungan kerja pada CV Rinjani Karya Konstruksi.
Employer Branding Communication Strategy on Linkedin: A Content Analysis of Fintech Companies in Indonesia Harmen, Hilma; Zahra, Atika; Situmorang, Bonansa; Sihaloho, Cristine Natasia; Anggiani, Eka; Aulia, Sebrina Intan; Destiyani, Suci
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i2.6196

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana perusahaan fintech di Indonesia menggunakan LinkedIn untuk berkomunikasi tentang merek karyawan.  Penelitian ini menggunakan metode analisis konten kualitatif deskriptif untuk mempelajari jenis, format, pesan utama, dan efektivitas konten yang dipublikasikan oleh perusahaan fintech seperti Kredivo, PT FLIP, Modal Rakyat, dan e-wallet seperti Dana, OVO, dan GoPay. Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan fintech memanfaatkan berbagai jenis konten, termasuk testimoni karyawan, informasi lowongan kerja, budaya organisasi, pendidikan fintech, dan pencapaian perusahaan  Terbukti bahwa metode komunikasi yang autentik, konsisten, dan relevan efektif dalam membangun citra positif perusahaan dan menarik talenta digital yang berkualitas tinggi.  Selain itu, temuan menunjukkan bahwa budaya kerja dan Employee Value Proposition (EVP) meningkatkan keterlibatan audiens pada konten tersebut.
Kajian Peran Sektor Pertanian dalam Pembangunan Ekonomi Daerah Prawira, Ageng; Hakim, Beni
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i2.6400

Abstract

Sektor pertanian memainkan peran yang sangat signifikan dalam pembangunan ekonomi, terutama di area yang masih tergantung pada aktivitas sektor agraris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran sektor pertanian dalam mendorong pembangunan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjuta strategi pengembangan sektor pertanian, tantangan yang dihadapi sektor pertanian, ketimpangan sektor pertanian terhadap pembangunan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian  pustaka (library research) secara terstruktur untuk mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menyimpulkan data menggunakan metode atau teknik tertentu dengan mempelajari teori-teori dari berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal, hasil riset terdahulu, majalah, dan sumber literatur lainnya. Hasil penelitian ini penelitian ini menunjukkan bahwa sektor pertanian memiliki peran strategis dalam mendorong pembangunan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan. Sektor ini terbukti menjadi kontributor utama terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan penyerapan tenaga kerja, terutama di wilayah pedesaan, serta berperan dalam pengentasan kemiskinan, pengurangan kesenjangan sosial, dan penyediaan ketahanan pangan lokal. Strategi pengembangan yang dibutuhkan mencakup peningkatan kapasitas adaptasi petani terhadap perubahan iklim, perluasan pelatihan teknologi pertanian, penetapan kebijakan yang konsisten dan berpihak pada petani, penguatan infrastruktur distribusi, serta penyediaan skema pembiayaan yang inklusif. Penelitian ini juga menyoroti adanya ketimpangan antarwilayah dalam hal akses sumber daya, adopsi teknologi, infrastruktur, dan dukungan pemerintah, yang menyebabkan perbedaan produktivitas pertanian dan menghambat pemerataan pembangunan ekonomi.
Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Mediator Dalam Hubungan Kepuasan Kerja Cahya, Nur
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 1 (2025): Februari 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i1.6073

Abstract

Many researchers in behavioural organizational science found that multidimensional effect of commitment variableseffective commitment; continuance commitment and normative commitmenthave different influence to turnover intention. This research aims to investigate influence multidimensional effect of commitment to turn over intention and to analyze multidimensional of commitment as mediator variables. Questionaires distribute among lectures and nurses of Sultan Agung Fondation amounting 59 respondents. The result using regression analysis find that all of multidimensional of commitment have no significance to turn over intention and discussed deeply in discussion session.
Membangun Loyalitas Pelanggan dan Citra Merek UMKM Melalui Optimalisasi Website di Era Digital Nugroho, Adi Sytio; Nalurita, Sari
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i2.6773

Abstract

Di era digital, website bukan hanya berfungsi sebagai sarana informasi, tetapi juga sebagai representasi identitas dan kekuatan merek sebuah usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh optimalisasi website terhadap citra merek dan loyalitas pelanggan UMKM dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (SmartPLS). Data diperoleh dari 430 responden yang pernah berinteraksi dengan website milik UMKM, dan dianalisis menggunakan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi website berpengaruh signifikan terhadap citra merek dan loyalitas pelanggan. Selain itu, citra merek juga terbukti memediasi secara parsial pengaruh optimalisasi website terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi digital berbasis website dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan UMKM. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya UMKM mengembangkan website yang informatif, interaktif, dan mudah diakses guna meningkatkan persepsi merek dan mempertahankan loyalitas konsumen.
Strategi Komunikasi Efektif pada Toko "Do Spices" untuk Menarik Minat Konsumen pada Platform Shopee Harmen, Hilma; Sitompul, Adnan Nirwanda; Badawi, Agil; Khairunnisa, Nabila; Sibuea, Novli; Susilo, Susilo
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i2.6197

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi efektif Toko "Do Spices" dalam meningkatkan minat konsumen di platform Shopee. Dengan fokus pada produk rempah-rempah organik dan bumbu kering, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kasus untuk mengevaluasi konten visual, narasi merek, dan interaksi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi storytelling transformasi personal pendiri, konsistensi klaim kesehatan (92% deskripsi produk), serta responsivitas tinggi (87% ulasan direspons 24 jam) berhasil meningkatkan konversi penjualan sebesar 32% dan repeat purchase rate 29%. Tantangan utamanya adalah harga yang tinggi membuat para konsumen ragu untuk membeli. Rekomendasi strategis mencakup optimalisasi konten video pendek, riset kata kunci spesifik, dan integrasi pesan lintas platform. Temuan ini memberikan panduan operasional bagi UMKM produk niche dalam membangun kepercayaan dan diferensiasi merek di pasar digital.
Analisis Efektivitas Kebijakan Moneter Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Indonesia Gultom, Cindi Anjuani; Harahap, Evi Syuriani; Sihombing, Octavianty; Simarmata, Sovia Elphani
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 2 (2025): Agustus 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i2.6426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas tiga instrumen utama kebijakan moneter suku bunga acuan, operasi pasar terbuka, dan cadangan minimumdalam menjaga stabilitas ekonomi Indonesia. Studi ini menggunakan metode literatur dengan mengkaji berbagai sumber akademik, dokumen resmi, dan publikasi ilmiah terkait implementasi kebijakan moneter oleh Bank Indonesia. Operasi pasar terbuka berperan penting dalam mengatur likuiditas pasar uang, sedangkan kebijakan cadangan minimum digunakan untuk mengendalikan jumlah uang yang dapat dipinjamkan oleh perbankan, sehingga berpengaruh langsung terhadap likuiditas dan stabilitas harga. Namun, efektivitas ketiga instrumen ini tidak terlepas dari tantangan eksternal seperti gejolak ekonomi global dan volatilitas aliran modal, yang dapat mengurangi daya kendali Bank Indonesia terhadap stabilitas ekonomi nasional. Penelitian ini memberikan wawasan bahwa sinergi antara suku bunga, operasi pasar terbuka, dan cadangan minimum sangat penting untuk menjaga inflasi tetap terkendali dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.
Dampak Keterlambatan Penyampaian Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Publik Sutrisno, Tri
Economic Management Business Research Journal Vol 1, No 1 (2025): Februari 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/ember.v1i1.6074

Abstract

The main objective of this study is to analyze timelines of financial statement reporting and financial performance in Indonesian Stock Exchange (IDX). Samples in this study are IDX public companies listed in 1999-2005. The research questions are tested by running ANOVA to analyze whether any differences in timelines of financial statement reporting and financial performance between years and between size and also independent t test to analyze whether any differences in timelines of financial statement and financial performance between industry. Timelines (KW) proxied by dummy variable, 1 if companies published financial reporting before 120 days after December 31 and 0 otherwise. Financial performance proxied by Sales, Asset, Earning After Tax (EAT), Return on Investment (ROI), Return on Equity (ROE), and Sales Growth. The results of between year comparisons show that there are differences (increasing) between years for EAT, ROI and KW. These suggest that firm performance and timelines of financial statement reporting are increasing over time. The results of between size comparisons show that there are differences between size for EAT, Sales and KW. The bigger the size, the higher the financial performance and the timelines. The results of between industry comparisons show that there are differences for Asset and EAT. Base on these variables, financial performance in service industry higher than manufacture industry.

Page 1 of 2 | Total Record : 16