cover
Contact Name
Nanang Hoesen
Contact Email
admin@esensijournal.com
Phone
+6221-47868800
Journal Mail Official
support@ibn.ac.id
Editorial Address
Jl. Pulomas Timur 3A, Blok A no 2, Kayu Putih, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, 13210
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 29641764     DOI : https://doi.org/10.56943
Core Subject : Education, Social,
Jurnal yang berfokus pada bidang komunikasi massa, komunikasi pemasaran, digital media serta bidang keilmuan lain yang terkait komunikasi. Menerbitkan hasil penelitian, komentar atau kritik terhadap fenomena sosial yang terjadi saat ini dan ulasan novel secara ilmiah.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No 2. (2023)" : 8 Documents clear
Pengaruh Terpaan Media Pada Siaran Moto Gp 2022 di Trans 7 Terhadap Sikap Berkendara Anggota Asosiasi Honda Adv Indonesia Chapter Jakarta Sipayung, Elena Laurencia; Pintoko, Wahyu Wary
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No 2. (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56943/daruna.v2i2.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan media pada siaran Moto GP 2022 di Trans 7 terhadap sikap berkendara anggota Asosiasi Honda Adv Indonesia Chapter Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebesar 180 orang. Jumlah sample penelitian ini adalah 64 orang yang didapatkan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh terpaan media terhadap sikap berkendara terlihat dari hasil t-hitung (6,928) > t-tabel (1,669). Hasil uji korelasi menunjukan bahwa rhitung > rtabel = 0,661 > 0,2858 yang berarti bahwa terpaan media pada Siaran MotoGP 2022 di Trans 7 berpengaruh secara signifikan terhadap sikap berkendara Anggota Asosiasi Honda ADV Chapter Jakarta. Nilai koefisien regresi menunjukan angka 0,975 yang berarti bahwa berarti setiap kali ada terpaan media, maka sikap berkendara akan meningkat sebesar 0.805. Nilai determinasi menunjukan terpaan media(X) mempengaruhi sikap berkendara (Y) sebesar 43,6% sementara Sisanya 56,4%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. This research aims to determine the extent of the influence of media exposure on the broadcast of Moto GP 2022 on Trans 7 on the driving attitudes of members of the Honda Adv Indonesia Chapter Jakarta Association. This study uses a quantitative method with a population of 180 people. The sample size for this research is 64 people, obtained using the Slovin formula. The research results show the influence of media exposure on driving attitudes, as evidenced by the t-value (6.928) > the t-table value (1.669). The correlation test results indicate that the calculated correlation (r) is greater than the table value (r) = 0.661 > 0.2858, which means that media exposure in the broadcast of MotoGP 2022 on Trans 7 has a significant effect on the driving attitudes of the members of the Honda ADV Chapter Jakarta Association. The regression coefficient value is 0.975, which means that for each instance of media exposure, driving attitudes will increase by 0.805. The determination coefficient value indicates that media exposure (X) influences driving attitudes (Y) by 43.6%, while the remaining 56.4% is influenced by other unexamined factors.
Pelaksanaan Tata Ruang Wilayah Jakarta dalam Bingkai tvOne pada Program Catatan Demokrasi Episode ‘Tragedi Kebakaran Plumpang Kenapa Anies diserang?’ Hutagalung, Maasyithah
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No 2. (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56943/daruna.v2i2.100

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan tata ruang wilayah Jakarta dalam bingkai tvOne pada program talkshow Catatan Demokrasi episode ’Tragedi Kebakaran Plumpang Kenapa Anies diserang?’. Metode penelitiannya adalah kualitatif dengan analisis framing Robert N. Entmant. Objek penelitian ini adalah talkshow Catatan Demokrasi episode ’Tragedi Kebakaran Plumpang Kenapa Anies diserang?’ tayang 7 Maret 2023. Sumber data primer berupa video yang dibuat dalam transkrip. Sumber data sekunder adalah teori dan konsep terkait dari buku, jurnal, literatur, dan sumber internet. Tahapan metode penelitian diawali pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penyajian kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan penelitian ini menemukan tvOne program Catatan Demokrasi episode ’Tragedi Kebakaran Plumpang Kenapa Anies diserang?’ mengarahkan dan menekankan pesan bahwa tragedi ledakan dan kebakaran depo Pertamina Plumpang dengan banyak korban jiwa terjadi karena kelalaian Pertamina dalam menjalankan Peraturan Tata Kota yang tidak membangun bufferzone sebagai jarak aman antara pemukiman dengan depo Pertamina Plumpang. Hal ini mendorong gubernur-gubernur terkait bertanggung jawab terhadap warga korban ledakan dan kebakaran depo Pertamina Plumpang dengan memberikan KTP dan IMB sementara sebagai salah satu dasar hukum untuk mendapatkan hak-haknya sebagai korban sehingga pemberian KTP dan IMB sementara lebih dipandang sebagai terobosan hukum, bukan melawan hukum This research aims to determine the implementation of Jakarta's regional spatial planning within the framework of tvOne’s talk show program Democracy Notes episode 'Plumpang Fire Tragedy Why was Anies Attacked?' The research method is qualitative with Robert N. Entmant's framing analysis. The research object is the talk show Democracy Notes episode 'Plumpang Fire Tragedy Why was Anies attacked?' aired March 7 2023. The primary data source is a video made in transcript. Secondary data sources are theories and related concepts from books, journals, literature and internet sources. The research method stages begin with data collection, data reduction, data display, and presentation of conclusions or verification. The conclusion of this research found that the tvOne program Democracy Notes episode 'Plumpang Fire Tragedy Why was Anies attacked?' directs and emphasizes the message that the tragedy of the explosion and fire at the Pertamina Plumpang depot with many fatalities occurred due to Pertamina's negligence in implementing the City Planning Regulations which did not build a buffer zone as a safe distance between residential areas and the Pertamina Plumpang depot. This encourages the relevant governors to take responsibility for the residents who were victims of the Pertamina Plumpang depot explosion and fire by providing temporary KTPs and IMBs as a legal basis for obtaining their rights as victims so that providing temporary KTPs and IMBs is seen as a legal breakthrough, not against law.
Propaganda Di Era Post-Truth Dalam Pemilu 2019 Dan Potensi Terjadinya Pada Pemilu 2024 Sudinta, Heru; Almarwan, Ahmad Usmar; Basuki, Mahtup
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No 2. (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56943/daruna.v2i2.102

Abstract

Proses dan hasil Pemilu tahun 2019, telah selesai. Semua anggota legislatif DPR, DPD, dan DPRD telah dilantik, termasuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Namun permasalahan mengenai Pemilu serentak 2019, masih menjadi keprihatinan publik, salah satunya adalah maraknya ketersebaran pesan post-truth selama pelaksanaan Pemilu 2019. Permasalahan serupa juga berpotensi untuk terjadi pada Pemilu tahun 2024. Tulisan ini, mencoba mengkaji terjadinya propaganda di era post-truth dalam Pemilu 2019 dan potensi terjadinya pada Pemilu 2024. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dan data yang diolah berupa hasil wawancara dengan informan terkait dan data yang berasal dari analisis media sosial Twitter dengan analisis jejaring sosial (SNA) dari 23 September 2018 hingga 13 April 2019 atau selama masa kampanye Pemilu 2019. Hasil studi memperlihatkan di era post-truth masyarakat lebih mempercayai sumber informasi dengan pertimbangan bukan lagi logis atau tidak, namun sesuai dengan apa yang diyakininya, maka informasi tersebut dianggap benar, tidak peduli bertentangan dengan fakta dan akal sehat, beredar secara massif untuk mempengaruhi opini publik berkaitan dengan kontestasi politik Pemilihan Presiden Tahun 2019. Pada Pilpres 2024, fenomena serupa diprediksi masih akan terjadi seiring meningkatnya aktivitas politik dan kontestasi antar pasangan calon presiden. The process and results of the 2019 election have been completed. All legislative members of the DPR, DPD and DPRD have been sworn in, including the elected President and Vice President. However, problems regarding the 2019 simultaneous elections are still a public concern, one of which is the widespread spread of post-truth messages during the implementation of the 2019 elections. Similar problems also have the potential to occur in the 2024 elections. This paper attempts to examine the occurrence of propaganda in the post-truth era in The 2019 election and the potential for it to occur in the 2024 election. The method used is descriptive qualitative, and the data processed is in the form of interviews with relevant informants and data originating from Twitter social media analysis with social network analysis (SNA) from 23 September 2018 to 13 April 2019 or during the 2019 election campaign period. The results of the study illustrate that in the post-truth era where people trust sources of information with considerations that are no longer logical or not, but according to what they believe, the information is considered correct, regardless of whether it contradicts facts and common sense, circulating massively to influence public opinion with regard to the political contestation of the 2019 Presidential Election. In the 2024 Presidential Election, a similar phenomenon is predicted to continue to occur as political activity increases and contestation between pairs of presidential candidates.
Pengaruh Penggunaan Media Sosial Di Instagram Terhadap Citra Merek Vanilla Hijab Bagi Followers Akun Instagram @vanillahijab Hasanah, Aulia
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No 2. (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56943/daruna.v2i2.107

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media sosial di Instagram terhadap citra merek Vanilla Hijab bagi followers akun instagram @vanillahijab terhadap citra merek. Penelitian ini menggunakan Teori Persepsi dari Deddy Mulyana sebagai Grand Theory dan Applied Theory yang digunakan berdasarkan pernyataan dari Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei eksplanatif yang bersifat asosiatif. Dari jumlah populasi sebesar 2.4 juta followers, dengan menggunakan rumus Yamane, presisi 10%, didapatkan jumlah sampel sebesar 100 orang sampel yang akan menjadi responden penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh terhadap citra merek berdasarkan hasil uji hipotesis dengan membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel, yaitu nilai t-hitung (34.653) > t-tabel (1.290). Di sisi lain, hail uji korelasi menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,924 > 0.1654. Hasil analisis tersebut menjelaskan bahwa penggunaan media sosial dan citra merek menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat. Adapun nilai koefisien regresi sebesar 0.836, berarti setiap kali ada aktivitas penggunaan media sosial, maka citra merek akan meningkat sebesar 0.836. Nilai uji determinasi sebesar 85.9%, yang berarti bahwa penggunaan media sosial memiliki kontribusi sebesar 85.9% terhadap citra merek dan sisanya 14.1% dipengaruhi oleh faktor lain. The purpose of the study is to get information is there any impact of social media usage with Instagram through brand image of Vanilla Hijab for followers @vanillahijab . The study uses Perception Theory by Deddy Mulyana, as Grand Theory and Applied Theory by Philip Kotler and Kevin Lane Keller. The study uses quantitative method with explanation and associative approach and based on Yamane Formula with 10% precision, the study has 100 samples, all the samples are the instagram’s followers of @vanillahijab. This study uses nonprobability sampling with purposive sampling’s approach. The results show that social media usage have an impact on brand image based on the results of hypothesis testing that compare between t-value with t-table. The hypothesis testing shows that t-value (34.653) > t-table (1.290). Furthermore, the correlation test result is 0,924 > 0.1654, can be explained that social media usage and brand image have very strong correlation. The regression coefficient result is 0.836, has the meaning that every one time of social media usage applied, so brand image score will increase 0.836 point. From the determination test, has 85.9%, and the meaning is social media usage gives 85.9% contribution toward brand image and the rests, 14.1% influenced by others factors.
Fenomena Aplikasi TikTok Shop Sebagai Alternatif Belanja Hemat Gunarso, Sandy
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No 2. (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56943/daruna.v2i2.114

Abstract

Penelitian ini untuk mencari tahu alasan dari fenomena belanja daring yang dilakukan oleh masyarakat, terutama mahasiswa melalui aplikasi digital bernama TikTok Shop. Fenomena ini muncul saat TikTok Shop menawarkan produk berkualitas dengan harga murah dibandingkan pasar fisik, sehingga Kementerian Perdagangan menutup TikTop Shop. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi karena penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami, sehingga tidak ada batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji. Teknik pengumpulan data menggunakan indepth interview (wawancara mendalam) kepada 18 mahasiswa kelas Penulisan Naskah Iklan, Institut Bisnis Nusantara. Hasil dari peneliti membuktikan mahasiswa mampu mengoperasikan telepon pintar dengan sangat baik karena mereka mendapatkan informasi tentang TikTok Shop dari iklan-iklan di media sosial. Mahasiswa juga terbukti memanfaatkan voucher gratis ongkos kirim yang diberikan TikTok Shop karena membuat harga lebih murah. Mahasiswa berhasrat menggunakan TikTok Shop karena saat ditutup pemerintah, sebagian dari mereka menghentikan kegiatan belanja di toko daring. This research aims to uncover the reasons behind the phenomenon of online shopping conducted by the community, especially students, through a digital application named TikTok Shop. This phenomenon emerged when TikTok Shop offered quality products at lower prices compared to physical markets, leading the Ministry of Trade to close down TikTok Shop. The research method employed is qualitative with a phenomenological approach since it was conducted in a natural setting, allowing an unrestricted interpretation and understanding of the studied phenomenon. Data collection utilized in-depth interviews with 18 students from the Advertising Script Writing class at the Nusantara Business Institute. The research findings prove that students proficiently operate smartphones as they obtain information about TikTok Shop from advertisements on social media. Students also demonstrated the effective use of free shipping vouchers provided by TikTok Shop, contributing to lower overall costs. The desire of students to utilize TikTok Shop was evident, especially when the government shutdown led some of them to discontinue their online shopping activities.
Pengaruh Digital Marketing Instagram Wulings Terhadap Brand Awareness Produk Air EV Aziz, Abdul; Rosalina, Indah Fajar
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No 2. (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56943/daruna.v2i2.119

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh digital marketing terhadap brand awareness Air Ev Wulings Indonesia melalui instagram. Digital marketing dipilih karena menjadi ajang kegiatan masif dan efektif dengan menggunakan internet/media digital guna mendukung modern marketing untuk. Melalui digital marketing sasaran bisnis menjadi lebih mudah dengan digunakannya media sosial, e-mail, SEO, website dan lain-lain. Salah satunya adalah instagram. Instagram saat ini merupakan media sosial yang kerap digunakan pebisnis dalam melakukan marketing. Untuk itu, penelitian ini berfokus pada bagaimana aktivitas digital marketing melalui Instagram yang dilakukan @Wulingmotorsid, Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif, dengan menelusuri pengaruh variabel X (Digital Marketing) dengan variabel Y (Brand Awareness). Peneliti menyebar kuesioner kepada 100 responden followers instagram @wulingsmotorid dari perhitungan rumus slovin dengan presisi 10%. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis korelasi antara Variabel X dan Variabel Y menunjukkan angka 0,912 yang berarti derajat korelasi Variabel X Digital Marketing dengan Variabel Y Brand Awareness masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat, dengan nilai analisis regresi diperoleh persamaan Y = 2,255 + 0,248 X. memiliki arti: jika konsep Digital Marketing adalah 0, maka Brand Awareness Wuling Air EV adalah 2,255. Namun jika ada Digital Marketing maka Brand Awareness Wuling Air EV akan mengalami peningkatan sebesar +0,248. Selain itu hasil dari uji determinasi menunjukkan bahwa nilai r² adalah 83,2%, dari perhitungan tersebut menunjukan bahwa Variabel X Digital Marketing memberi kontribusi sebesar 83,2% terhadap Variabel Y Brand Awareness This research examines the influence of digital marketing on brand awareness of Air Ev Wulings Indonesia via Instagram. Digital marketing was chosen because it is a venue for massive and effective activities using the internet/digital media to support modern marketing for. Through digital marketing, business targets become easier with the use of social media, e-mail, SEO, websites and others. One of them is Instagram. Instagram is currently a social media that is often used by business people for marketing. For this reason, this research focuses on how digital marketing activities via Instagram are carried out by @Wulingmotorsid. The research method used is quantitative, by exploring the influence of variable X (Digital Marketing) with variable Y (Brand Awareness). Researchers distributed questionnaires to 100 respondents following Instagram @wulingsmotorid using the Slovin formula calculation with a precision of 10%. The results of the research show that the correlation analysis between Variable X and Variable Y shows the number 0.912, which means that the degree of correlation between Variable meaning: if the Digital Marketing concept is 0, then Wuling Air EV Brand Awareness is 2.255. However, if there is Digital Marketing, Wuling Air EV Brand Awareness will increase by +0.248. Apart from that, the results of the determination test show that the r² value is 83.2%, this calculation shows that Variable X Digital Marketing contributes 83.2% to Variable Y Brand Awareness
Peran Media Massa Elektronik Televisi (Tvone) Dalam Publikasi Berita Tokoh Politik Jelang Pemilu Pada Program Kabar Utama Fantini, Endah; Sudinta, Heru; Hamdi, Fuadi
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No 2. (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56943/daruna.v2i2.120

Abstract

Program Kabar Utama merupakan program stasitun televisi tvOne yang menyajikan konten berita untuk masyarakat dengan tujuan agar masyarakat memperoleh informasi terkini. Salah satu berita yang dipublikasikan adalah berita berbagai kegiatan tokoh politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Media Massa Elektronik Televisi (Tvone) dalam publikasi berita tokoh politik jelang pemilu pada program Kabar Utama. Teori yang digunakan adalah peran media massa oleh Irene Silvia yaitu penyebar informasi yang objektif dan edukatif, melakukan kontrol sosial yang konstruktif, serta menyalurkan aspirasi rakyat dan memperluas komunikasi dan partisipasi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, peneliti mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara dan kajian pustaka untuk dianalisis dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media massa elektronik televisi (Tvone) dalam publikasi berita tokoh politik jelang pemilu dilakukan dengan pelaporan langsung, analisis dampak peristiwa dan selalu menyeimbangkan pro dan kontra. Melakukan validasi dengan pihak yang bersangkutan dan tidak mengungkapkan pendapat pribadi sebagai seorang jurnalis. Serta mengumpulkan informasi dari masyarakat, menjadi pembicara dan fasilitator informasi, dan mengajukan pertanyaan terbuka kepada masyarakat. The Main News Program is a program for the tvOne television station that provides news content for the public with the aim of making the public obtain the latest information. One of the news published is news about various activities of political figures. This study aims to determine the role of Television Electronic Mass Media (Tvone) in the publication of political figures' news ahead of elections in the Main News program. The theory used is the role of the mass media by Irene Silvia, namely disseminating information that is objective and educative, exercising constructive social control, as well as channeling people's aspirations and expanding communication and community participation. The research method used is a qualitative approach with a descriptive research type. The researcher collects data from observations, interviews and literature review to be analyzed and described. The results of the study show that the role of the electronic television mass media (Tvone) in the publication of political figures' news ahead of the election is carried out by direct reporting, analysis of the impact of events and always balancing the pros and cons. Validate with the parties concerned and not express personal opinions as a journalist. As well as collecting information from the community, becoming a speaker and information facilitator, and asking open questions to the community.
Isi Penyampaian Pesan Politik Najwa Shihab Dalam Acara Mata Najwa Trans7 Di Kanal Youtube Tayangan “KPK Riwayatmu Kini Dan Atas Nama Pancasila” Wijanarko, Bambang; Herlina , Rita
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No 2. (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56943/daruna.v2i2.124

Abstract

Penelitian ini berisi gaya komunikasi Najwa Shihab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gaya komunikasi Najwa Shihab secara verbal maupun non verbal. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui, analisis mendalam terhadap dua video Mata Najwa dengan melihat komunikasi verbal dan non verbal yang merujuk pada gaya komunikasi di kedua video yang diteliti kemudian menarik kesimpulan kecenderungan gaya komunikasi yang digunakan oleh Najwa Shihab serta mencari data dari berbagai tulisan artikel, buku-buku dan internet. Perbedaan gaya komunikasi yang di gunakan oleh Najwa Shihab pada video yang diteliti dikarenakan perbedaan komunikan yang dihadapi sehingga ia menyesuaikan dengan kondisi yang ada.Sesuai teori yang digunakan yaitu teori persentasi diri oleh Ervin Goffman dimana teori ini mengacu pada keinginan untuk menunjukkan image seseorang yang diinginkan baik kepada khalayak pribadi maupun umum. This study contains Najwa Shihab's communication style. The purpose of this study was to identify and analyze Najwa Shihab's verbal and non-verbal communication style. The data in this study were obtained through an in-depth analysis of the two videos of Mata Najwa by looking at verbal and non-verbal communication which refers to the communication style in the two videos studied and then drawing conclusions about the tendency of the communication style used by Najwa Shihab and looking for data from various articles, books and the internet. The difference in the communication style used by Najwa Shihab in the video under study is due to the differences in the communicant faced so that he adapts to the existing conditions. According to the theory used, the theory of self-presentation by Ervin Goffman where this theory refers to the desire to show the image of someone who is desired both to private and public audiences.

Page 1 of 1 | Total Record : 8