cover
Contact Name
Nanang Hoesen
Contact Email
admin@esensijournal.com
Phone
+6221-47868800
Journal Mail Official
support@ibn.ac.id
Editorial Address
Jl. Pulomas Timur 3A, Blok A no 2, Kayu Putih, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, 13210
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 29641764     DOI : https://doi.org/10.56943
Core Subject : Education, Social,
Jurnal yang berfokus pada bidang komunikasi massa, komunikasi pemasaran, digital media serta bidang keilmuan lain yang terkait komunikasi. Menerbitkan hasil penelitian, komentar atau kritik terhadap fenomena sosial yang terjadi saat ini dan ulasan novel secara ilmiah.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023)" : 8 Documents clear
Pembingkaian Berita Media OnlineTerhadap Ulah Turis Asing Pintoko, Wahyu Wary
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembingkaian berita dalam media online terkait kasus turis asing yang berulahdi Bali. Pembingkaian berita dapat mempengaruhi persepsi,pemahaman, dan pandangan masyarakat terhadap suatu isu atau peristiwa. Metode penelitianyang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan analisis framing Zhong dang Pan dan Gerald Konsicki digunakan sebagai model analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik dan struktur retoris menunjuka adanya ajakan untuk pembaca agar memberi perhatian lebih terhadap sikap atau ulah negatif turis asing, membuat kebijakan taktis dan teknis, serta membuat langkah preventif agar citra baik Bali sebagai destinasi wisata internasional dapat pulih kembali. The purpose of this study is to analyze the framing of news in online media related to cases of misbehaving foreign tourists in Bali. The framing of news can influence the perception, understanding, and views of the public towards an issue or event. The research method used is qualitative method with a descriptive approach, and the framing analysis by Zhongdang Pan dan Gerald Konsicki is used as the analytical model. The results of the analysis indicate that the syntactic structure, script structure, thematic structure, and rhetorical structure show an urging for readers to pay more attention to the negative behavior of foreign tourists, formulate tactical and technical policies, and take preventive measures to restore Bali's positive image as an international tourist destination.
Penanganan Tindak Pidana Anak dan Remaja dalam Bingkai tvOne pada Program ‘Apa Kabar Indonesia Malam’ Berita Klithih Jogja Hutagalung, Maasyithah
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penanganan tindak pidana oleh anak dan remaja dalam bingkai tvOne pada program Apa Kabar Indonesia Malam pada berita-berita Klithih Jogja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis framing Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki. Objek penelitian ini ada program Apa Kabar Indonesia Malam pada berita Klithih Jogja tanggal 6 April 2022, 8 April 2022, 26 Juli 2022. Sumber data primer berupa video yang dibuat dalam transkrip. Sumber data sekunder adalah teori dan konsep terkait yang bersumber dari buku, jurnal, literatur, dan sumber internet. Tahapan metode penelitian diawali pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penyajian kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan penelitian ini menemukan tvOne program Apa Kabar Indonesia Malam pada berita Klithih Jogja 6 April 2022, 8 April 2022, 26 Juli 2022 mengarahkan dan menekankan pesan bahwa kepolisian telah berupaya maksimal dalam menangani tindak pidana oleh anak dan remaja pada klithih dengan sanksi proses hukum sebagaimana KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana). Jika sanksi terhadap tindak pidana oleh anak dan remaja pada klithih lebih diarahkan menggunakan UU SPPA(Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak) karena alasan kemanusian, sosial, kultural maka sebaiknya ada revisi pada UU SPPA demi mengakomodir keadilan. This research aims to understand the handling of crimes by children and adolescents within the framework of tvOne's program "Apa Kabar Indonesia Malam" in the news segment "Klithih Jogja." The research method used is qualitative with the framing analysis of Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki. The research object includes the episodes of "Apa Kabar Indonesia Malam" on the news segment "Klithih Jogja" dated April 6, 2022, April 8, 2022, and July 26, 2022. The primary data source consists of video transcripts, while secondary data sources include theories and concepts from books, journals, literature, and internet sources. The research methodology involves data collection, data reduction, data display, and drawing conclusions or verification. The research findings conclude that the tvOne program "Apa Kabar Indonesia Malam" on the news segment "Klithih Jogja" on April 6, 2022, April 8, 2022, and July 26, 2022, directs and emphasizes the message that the police have made maximum efforts in handling crimes committed by children and adolescents in "klithih" with legal sanctions according to the Indonesian Penal Code (KUHP). If the sanctions for crimes committed by children and adolescents in "klithih" are more directed towards the use of the Child Criminal Justice System Act (UU SPPA) due to humanitarian, social, and cultural reasons, it is advisable to revise the UU SPPA to accommodate justice.
Studi Deskriptif Jurnalisme Inklusi Pada Peliputan Putri Ariani di Detik.com Purba, Arta Elisabeth
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media menerapkan jurnalisme inklusif untuk meliput kelompok rentan. Difabel diliput media dan tidak jarang menjadi objek dalam pemberitaan. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan studi deskritif terhadap pemberitaan mengenai Putri Ariani yang terdapat di media daring Detik.com. Terdapat 184 berita yang dikumpulkan dari tanggal 7 Juni sampai 26 Juli 2023. Hasilnya adalah berita yang ditulis di Detik.com kurang mengobjekkan Putri Ariani sebagai Difabel. Terdapat 134 berita tidak berisi pernyataan tentang difabel dan hanya 50 berita yang mengungkapkan Putri Ariani adalah tunanetra. Terdapat 41 berita digambarkan dengan tema belas kasih dan 143 berita berisi tentang prestasi Putri Ariani. Umumnya informasi tentang Putri Ariani adalah informasi tentang kebudayaan yang terdiri dari 135 berita, 11 berita berkaitan dengan ekonomi, 35 berita berkaitan dengan pendidikan, 3 berita berkaitan dengan politik, dan 2 berita berkaitan dengan kehidupan sosial. Dengan demikian pemberitaan tentang Putri Ariani dalam media daring Detik.com telah menerapkan jurnalisme inklusi terhadap difabel. The media applies inclusive journalism to cover vulnerable groups. Disabled people are covered by the media and often become objects in the news. This research was conducted qualitatively using a descriptive study approach to the news about Putri Ariani in the online media Detik.com. There were 184 pieces of news collected from June 7 to July 26 2023. The result was that the news written on Detik.com did not objectify Putri Ariani as a disabled person. There were 134 news stories that did not contain statements about disabilities and only 50 news stories that revealed Princess Ariani was blind. There are 41 stories with the theme of compassion and 143 stories about Princess Ariani's achievements. Generally, information about Putri Ariani is information about culture which consists of 135 news, 11 news related to the economy, 35 news related to education, 3 news related to politics, and 2 news related to social life. Thus the news about Putri Ariani in the online media Detik.com has implemented inclusive journalism for people with disabilities.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service KSPPS BMT Masjid Al-Azhar Terhadap Kepuasan Nasabah di Jakarta Hasanah, Aulia
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan customer service KSPPS BMT Masjid Al-Azhar terhadap kepuasan nasabah di Jakarta. Penelitian ini menggunakan Behaviorism Theory dari John B. Watson sebagai Grand Theory dan Applied Theory yang digunakan berdasarkan pernyataan dari Bowen & Chen, 2001; Cronin & Taylor, 1992; Parasuraman, Zeithaml, & Berry, 1985). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah sampel sebesar 99 orang nasabah KSPPS BMT Masjid Al-Azhar di Jakarta berdasarkan Rumus Slovin dengan presisi 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah berdasarkan hasil uji hipotesis dengan membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel, yaitu nilai t-hitung (22.913) > t-tabel (1,290161). Di sisi lain, hail uji korelasi menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,919 > 0.1975. Hasil analisis tersebut menjelaskan bahwa Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat. Adapun nilai koefisien regresi sebesar 0.805, berarti setiap kali ada aktivitas kualitas pelayanan, maka kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 0.805. Nilai uji determinasi sebesar 84.4%, yang berarti bahwa kualitas pelayanan memiliki kontribusi sebesar 84.4% terhadap kepuasan nasabah dan sisanya 15.6% dipengaruhi oleh faktor lain. The purpose of the study is to get information is there any impact of service quality on KSPPS BMT Masjid Al-Azhar on customer satisfaction. The study uses Behaviorism Theory by John B. Watson, as Grand Theory and Applied Theory by Bowen & Chen, 2001; Cronin & Taylor, 1992; Parasuraman, Zeithaml, & Berry, 1985). The study uses quantitative method and based on Slovin Formula with 10% precision, the study has 99 samples, all the samples are the customers of KSPPS BMT Masjid Al-Azhar in Jakarta. This study uses nonprobability sampling with accidental sampling’s approach. The results show that service quality have an impact on customer satisfaction based on the results of hypothesis testing that compare between t-value with t-table. The hypothesis testing shows that t-value (22.913) > t-table (1,290161). Furthermore, the correlation test result is 0,919 > 0.1975, can be explained that Service Quality and Customer Satisfaction have very strong correlation. The regression coefficient result is 0.805, has the meaning that every one time of service quality activity, so the customer satisfaction score will increase 0.805 point. From the determination test, has 84.4%, and the meaning is service quality of customer service give 84.4% contribution toward customer satisfaction and the rests, 15.6% is influenced by others factors.
Pola Komunikasi Organisasi Paguyuban Abang Mpok Kabupaten Bekasi Azahari, Helmi; Fantini, Endah; Mahesa, Muhamad Rifqi
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi di Paguyuban Abang Mpok Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam prosesnya. Dalam sebuah organisasi tidak terlepas dari komunikasi. Banyak fenomena yang terjadi dalam sebuah organisasi, salah satunya adalah mengalami masalah dalam penyampaian informasi. Fakta dalam proses pola komunikasi organisasi di Paguyuban Abang Mpok Kabupaten Bekasi, terdapat berbagai macam pola dan opini di dalam organisasi. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran dari data yang diperoleh dari lapangan. Paguyuban Abang Mpok Kabupaten Bekasi menggunakan pola komunikasi sirkular ketika melakukan rapat koordinasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah disepakati bersama sehingga pekerjaan dapat diselesaikan tanpa adanya kesalahan. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan rapat koordinasi setiap minggunya dan sesekali mengadakan penyuluhan dan silaturahmi kepada seluruh anggota dan pengurus. This research aims to determine the organizational communication pattern in Paguyuban Abang Mpok Bekasi Regency, West Java, and the supporting and inhibiting factors in the process. In an organization, communication is inseparable from communication. Many phenomena occur in an organization, one of which is experiencing problems conveying information. In the process of organizational communication patterns in the Bekasi Regency Abang Mpok Association, there are various organizational patterns and opinions. The research was conducted using a qualitative method to provide an overview of the data obtained from the field. The Bekasi Regency Abang Mpok Association uses circular communication patterns when conducting coordination meetings to achieve organizational goals that have been mutually agreed upon so that work can be completed without errors. The solution that can be done is to hold coordination meetings every week and occasionally hold counseling and friendship with all members and administrators.
Analisis Framing Robert Entman Tentang Kasus Kejahatan Anak Di Bawah Umur Gunarso, Sandy
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk menyelidiki cara media daring khususnya Liputan6.com dan Kompas.com dalam membingkai sebuah peristiwa dan menyajikannya dalam bentuk berita kepada masyarakat luas. Gaya penulisan dan pembingkaian kedua media daring tersebut mempunyai potensi untuk mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap isu atau peristiwa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan analisis framing model Robert Entman digunakan untuk menganalisis data. Temuan dari analisis menunjukkan bahwa setiap media daring mempunyai caranya sendiri saat mendefinisikan masalah, mendiagnosa penyebab terjadinya masalah, membuat penilaian moral, hingga menyarankan solusi. Cara-cara tersebut digunakan untuk mengajak pembaca supaya lebih memperhatikan perilaku anak-anak di bawah umur sehingga mereka tidak lagi melakukan tindakan negatif dan tidak kembali berurusan dengan hukum. This research is aimed at investigating how online media, especially Liputan6.com and Kompas.com, frame an event and present it in the form of news to the general public. The writing style and framing of these online media outlets have the potential to influence public perspectives on the issue or event. The research method employed is qualitative with a descriptive approach, and the framing analysis model by Robert Entman is used to analyze the data. Findings from the analysis indicate that each online media outlet has its own way of defining the problem, diagnosing the causes of the problem, making moral judgments, and suggesting solutions. These approaches are utilized to encourage readers to pay more attention to the behavior of minors so that they no longer engage in negative actions and avoid further legal complications.
Penyelewengan Dana Donasi ACT dalam Bingkai KompasTV Nurlaely, Nabilah; Rosalina, Indah Fajar
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang framing Kompas TV dalam Program Aiman episode Taktik ACT Meraup Donasi. Aksi Cepat Tanggap (ACT) merupakan lembaga filantropi terbesar di Indonesia, yang menjadi perbincangan khalayak pada awal Juli 2022 lalu karena dugaan penyelewengan dana donasi para jajaran direksinya yang bergaji ratusan per bulan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis framing model Robert N. Entman pada Kompas TV yang terdiri dari empat perangkat framing yaitu define problem, Diagnose causes, Make moral judgement dan Treatment recommendation. Hasil penelitian diperoleh bahwa framing Kompas TV, mendefinisikan masalah ini sebagai masalahlembaga filantropi yang meraup keuntangan dari belas kasihan masyarakat Indonesiayang penyebab masalahnya disebabkan untuk menggaji petinggi dan kepentingan internal ACT. Sehingga penekanan moral yang ditonjolkan dalam pandangan hukum, ACT melanggar ketentuan Peraturan Pemerintah No 29 Tahun 1980 Tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan pasal 6 ayat 1 dan UU Yayasan No 28 Tahun 2004 pasal 5 ayat 1, dan penyelesaian permasalahan yang ditonjolkan adalah masyarakat harus lebih hati-hati bila ingin berdonasi melalui lembaga filantropi dan niat baik masyarakat jangan sampai disalahgunakan, termasuk juga pengawasan pemerintah lebih ditegakkan. This study examines the framing of Kompas TV in the Aiman ​​Program episode, ACT's Tactics of Raising Donations. Aksi Cepat Tanggap (ACT) is the largest philanthropic institution in Indonesia, which became the talk of the public in early July 2022 because of allegations of misappropriation of donations from its board of directors who are paid hundreds per month. The research method uses descriptive qualitative using the Robert N. Entman framing analysis model on Kompas TV which consists of four framing tools, namely define problems, diagnose causes, make moral judgments and treatment recommendations. The research results show that Kompas TV's framing defines this problem as the problem of a philanthropic institution that benefits from the compassion of the Indonesian people whose cause of the problem is to pay for high-ranking officials and ACT's internal interests. So that the moral emphasis is highlighted from a legal point of view, ACT violates the provisions of Government Regulation No. 29 of 1980 Concerning the Implementation of Contribution Collection article 6 paragraph 1 and Foundation Law No. 28 of 2004 article 5 paragraph 1, and the solution to the problem that is highlighted is that the community must be more careful if you want to donate through philanthropic institutions and the good intentions of the community, don't abuse it, including that government supervision is more enforced.
Pengaruh Digital Marketing Melalui Instagram Akun @ortuseight Terhadap Brand Awareness Produk Olahraga Ortuseight Bagi Followers Instagram Official Account@idextratime Burhanuddin, Radyta Achmad; Amalia , Ayu; Fauzi , Apandi Achmad
Jurnal Esensi Komunikasi Daruna Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengenai Pengaruh Digital Marketing Melalui Instagram Akun @ortuseight Terhadap Brand awareness Produk Olahraga Ortuseight pada followers instagram extra time. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif diketahui hasil validitas dan reliabilitas baik, penyebaran kuesioner untuk penelitian yang sesunguhnya kepada 234 responden dari followers instagram extra time. Menujukkan pengaruh antara pengaruh digital marketing melalui instagram akun @ortuseight terhadap brand awareness merek ortuseight pada followers instagram extra time. Melalui uji determinasi sebesar 54% Brand awareness dipengaruhi digital marketing melalui instagram akun @ortuseight dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Koefisien korelasi menunjukkan hubungan antara digital marketing melalui instagram akun @ortuseight dengan brand awareness adalah tinggi atau kuat, yaitu 0,735, sedangkan koefisien regresi sebesar +0,804 diperoleh dari uji regresi linear sederhana dan uji t dengan nilai tabel hitung 16,506 lebih besar dari t tabel (1,651) membuktikan adanya pengaruh digital marketing melalui instagram akun @ortuseight terhadap brand awareness pada followers instagram extra time sifat positif satu arah This research concerns "The Influence of Digital Marketing Through the Instagram @ortuseight Account on Brand Awareness of Ortuseight Sports Products on Extra Time Instagram Followers. The purpose of this study is to determine the extent to which digital marketing influences the Instagram account @ortuseight on brand awareness of ortuseight sports products on Instagram follower’s @extra time. This study used a quantitative approach method by distributing questionnaires to followers of the @extra time Instagram account, knowing the validity and reliability results were good, the researchers returned to distributing questionnaires for the actual research to 234 respondents from extra time Instagram followers. Shows that there is an influence between the influences of digital marketing through the Instagram account @ortuseight on brand awareness of ortuseight sports products on extra time Instagram followers. Through a determination test of 54% Brand awareness is influenced by digital marketing through the Instagram account @ortuseight and the rest is influenced by other factors. The correlation coefficient shows the relationship between digital marketing through the Instagram account @ortuseight and brand awareness is high or strong, namely 0.735, while the regression coefficient of +0.804 is obtained from a simple linear regression test and t test with a calculated table value of 16.506 greater than t table (1.651) proves the influence of digital marketing via the Instagram account @ortuseight on brand awareness on extra time Instagram followers with a one-way positive attitude.

Page 1 of 1 | Total Record : 8