cover
Contact Name
-
Contact Email
islamicelementaryschool@iairm-ngabar.ac.id
Phone
+6281805793998
Journal Mail Official
iflahathul.chasanah10@gmail.com
Editorial Address
jl. Sunan Kalijaga dusun 1 ngabar siman ponorogo
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 28095537     EISSN : 28095499     DOI : 10.55380
Core Subject : Religion,
Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, Fiqh, Aqidah Akhlak, SKI, PKN)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022)" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK ERA PANDEMI COVID-19 DI SDN KUNTI SAMPUNG Ilfatun Khasanah, Linta
Islamic Elementary School (IES) Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/ies.v2i2.273

Abstract

Pengajaran menggunakan media elektronik merupakan kegiatan belajar yang menggunakan koneksi internet. Pada era pandemi pembelajaran banyak mengalami kendala salah satunya pada penggunaaan media berbasis internet karena terbatasnya tempat akses internet. Media yang digunakan bertujuan untuk mempermudah peserta didik, tetapi juga menemukan kendala dalam pembelajaran secara daring dan juga memberikan solusi pemecahan masalah agar pembelajaran daring dapat berjalan secara maksimal. Penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara yang hasilnya dipadukan untuk menilai efektivitas pembelajaran daring sehingga dimasa yang akan datang pembelajaran daring dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang permanen. Pembelajaran media elektronik untuk saat ini kurang efektif karena banyak sekali kendala salah satunya guru yang sudah memasuki usia pensiun akan kesusahan menyampaikan materi-materi, dan masih sering terjadi miss komunikasi antara yang disampaikan guru dan yang diterima oleh murid. Jika dalam pembelajaran daring yang akan datang tetap menghendaki dengan menggunakan system digital atau media Elektronik pemerintah harus meningkatkan kualitas Koneksi internet yang merata di seluruh wilayah, guru harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang teknologi atau sadar teknologi, dan memastikan seluruh siswa memiliki perangkat elektronik.
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MI/SD Putri Dewiyana, Safa
Islamic Elementary School (IES) Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/ies.v2i2.320

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk menganalisis peran guru dalam mengoptimalkan motivasi dan minat dalam pembelajaran peserta didik, dukungan dan faktor penghambat guru dalam mengoptimalkan motivasi dan minat belajar peserta didik, serta mendefinisikan solusi yang didapat guru dalam mengoptimalkan motivasi belajar pada peserta didik di MI/SD. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya motivasi dan minat belajar. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode kualitatif, melalui pendekatan deskriptif dengan studi literatur dari jurnal yang relevan. Kajian ini dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan minat belajar peserta didik, dilakukan dengan meningkatkan strategi pembelajaran dengan penggunaan metode yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan. Menurut hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai pendorong dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu: 1) Menggunakan metode yang beragam, 2) Menciptakan rivalitas, 3) Memberi tes/ujian, 4) Memberi penilaian, 5) Memberitahukan hasil belajar, 6) Memberi hadiah, dan 7) Memberi rewards dan punishment kepada peserta didik. Dengan mengimplementasikan cara-cara diatas, guru mampu mengoptimalkan minat belajar speserta didik. Strategi yang bervariasi dapat dilakukan oleh guru melalui pembelajaran di kelas sehingga peserta didik memiliki motivasi belajar.
Pengaruh Ekstarakulikuler Tari Terhadap Pendidikan Karakter Kerja Sama Siswa di SDIT AL Akbar Karanggayam Srengat Blitar Al Manik, Siti Khumairo'Yuli
Islamic Elementary School (IES) Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/ies.v2i2.359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membentuk nilai karakter kerja sama melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di SDIT Al Akbar Karanggayam Blitar. Proses penelitian yang digunakan adalah deskriptif naratif dengan menggunakan analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara membentuk nilai karakter kerja sama melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari SDIT Al Akbar Karanggayam Blitar. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan guru pelatih seni tari. Hasil dalam penelitian ini adalah peran aktif kegiatan ekstrakurikuler tari dalam membentuk nilai karakter kerja sama siswa sudah terbentuk dengan baik. Hal tersebut direalisasikan ketika anak dalam menari bisa membantu temannya ketika ada teman yang belum bisa menari, anak mengenal semua temannya dari jenjang kelas lain dalam menari dan anak tidak membeda – bedakan teman dalam menari.
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MATA PELAJARAN IPS DI MI SABILUL MUTTAQIN Muhammad Sajjad, Arsyad
Islamic Elementary School (IES) Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/ies.v2i2.367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi strategi pembelajaran outdoor learning dalam mata pelajaran IPS di MI Sabilul Muttaqin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Informan yaitu guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi strategi pembelajaran outdoor learning yang diintegrasikan dengan mata pelajaran IPS. Kedua, implementasi outdoor learning merupakan salah satu alternatif dalam mata pelajaran IPS yang sesuai dan cocok dengan materi IPS. Implementasi strategi pembelajaran outdoor learning dalam mata pelajaran IPS dilaksanakan di MI Sabilul Muttaqin diharapkan mampu bermanfaat sebagai upaya menyajikan mata pelajaran IPS dengan lingkungan belajar di luar kelas/ruangan.
INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN IPS DI MI TERHADAP NILAI- NILAI ISLAM Dewi Mawardini, Intan
Islamic Elementary School (IES) Vol. 2 No. 2 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar (IAIRM) Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55380/ies.v2i2.368

Abstract

Melihat saat ini negara Indonesia sedang mengalami krisis multidimensi, maka kemudian pendidikan karakter sangat ditekankan, dengan adanya pembelajaran IPS yang menjadi program bidang pendidikan juga pengetahuan, diharapkan mampu membina peserta didik agar menjadi warga masyarakat dan warga negara yang memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan penulisan ini adalah perlunya menerapkan integrasi ilmu pendidikan dasar, khususnya ilmu pengetahuan sosial dengan nilai- nilai agama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan studi kepustakaan. Adapun hasilnya yaitu penerapan integrasi pembelajaran IPS di MI dengan nilai- nilai islam dapat diberikan melalui materi-materi yang relevan, misalnya materi kenampakan alam yang mengajarkan siswa MI untuk selalu bersyukur, juga materi tentang kegiatan jual beli, yang dalam ketentuan agama Islam, bahwasanya harus memakan suatu makanan yang halal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5