cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha
Published by Universitas Warmadewa
ISSN : 23554150     EISSN : 25798162     DOI : -
Core Subject : Economy,
JAGADITHA: Jurnal Ekonomi & Bisnis P-ISSN: 2355-4150, E-ISSN: 2579-8162 is a journal of economic and bussiness published by Management Deparment, Postgraduated Program, Warmadewa University, provides a forum for publishing research articles or review articles. This journal has been distributed by WARMADEWA PRESS started from Volume 1 Number 1 Year 2014 to present. The scope of journal is restricted to the fields of economic and business study. The journal is published twice a year every march and september.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2016): September" : 9 Documents clear
PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS WARMADEWA Ni Luh Putu Ayu Sari Dewi
Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA Vol. 3 No. 2 (2016): September
Publisher : Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (924.187 KB) | DOI: 10.22225/jj.3.2.127.1-12

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meneliti dan menganalisis signifikansi pengaruh teknologi informasi sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar. 2) Untuk meneliti dan menganalisis signifikansi pengaruh teknologi informasi sebagai sumber belajar terhadap manajemen pembelajaran. 3) Untuk meneliti dan menganalisis signifikansi pengaruh manajemen pembelajaran terhadap motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di FKIK Universitas Warmadewa, subyek penelitian adalah mahasiswa FKIK sedangkan obyeknya adalah teknologi informasi, manajemen pembelajaran dan motivasi belajar. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran angket. Jumlah populasi adalah sebesar 280 orang, sedangkan jumlah sample adalah 69 orang yang didekati dengan metode accidental sampling. Analisis menggunakan model SEM dibantu software PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Teknologi Informasi sebagai Sumber Belajar dengan motivasi belajar di FKIK Universitas Warmadewa, 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Teknologi Informasi sebagai Sumber Belajar dengan Manajemen Pembelajaran. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Manajemen Pembelajaran dengan Motivasi Belajar.
DETERMINASI PROFITABILITAS SEKTOR PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA I Ketut Sudarmanta
Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA Vol. 3 No. 2 (2016): September
Publisher : Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.748 KB) | DOI: 10.22225/jj.3.2.128.13-21

Abstract

Profitability is bank’s ability to get profit during certain period. In order to reach maximal profitability the bank should take attention and to manage the risk which able to have effect on profitability decrease.This study aims to examine the effect ofNet Interest Margin (NIM), BOPO (Operational cost), Loan to Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), andNon Performing Loan (NPL) towardReturn On Asset (ROA). Sampling issaturatedthen obtain 30 Bank listed in the Indonesia stock exchange. Data analysis technique applied with multiple regression analysis and hypotesis test by using t-testto examine coefficientregression partiallyand F-testto examine the effect simultaneouslyby significancy level of 5%. Beside that has been conducted assumption classic test covering normality test. During observation period shows that research data is normal distribution. Based on the normality test, multicolinearity test, heteroskedascity test, and autocorrelation test did not find deviate variable from assumption classic. Its shows that data has comply the conditions by using multiple regression analysis. The result shows that variable of NIM, CAR, have positive significant effect toward ROA, while variable of NPL and BOPO have negative effect toward ROA, and LDR don’t have effect toward ROA. Prediction contribution of the seventh varibles toward ROA is 91%, and the rest is 9% effected by other factor that not include in this model of research.
NILAI ANGGAPAN PELANGGAN SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN AUTO2000 DENPASAR I Ketut Dedy Darma Putra; Putu Ngurah Suyatna Yasa
Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA Vol. 3 No. 2 (2016): September
Publisher : Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.507 KB) | DOI: 10.22225/jj.3.2.129.76-84

Abstract

Tiga langkah dalam proses pemasaran yaitu memahami pasar dan kebutuhan pelanggan, merancang strategi pemasaran yang digerakkan pelanggan, dan membangun program pemasaran, kesemuanya mengarah ke langkah keempat yang merupakan langkah yang paling penting yaitu membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan yang dikenal dengan manajemen hubungan pelanggan atau customer relationship management dengan memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang tinggi yang akhirnya berdampak pada loyalitas pelanggan. AUTO2000 Denpasar berupaya membina hubungan baik dengan pelanggan, dengan cara memperlakukan pelanggan dengan hormat dan memberi mereka produk dan layanan sebaik mungkin. Dengan memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik selama konsumen memiliki kendaraan Toyota, mulai dari saat konsumen membeli, menggunakannya, serta nantinya menjual kembali, dengan berupaya memberikan “Best Total Ownership Experience” atau Pengalaman Kepemilikan Terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikansi manajemen hubungan pelanggan terhadap nilai anggapan pelanggan dan kepuasan pelanggan serta loyalitas pelanggan di AUTO2000 Denpasar. Untuk menjawab penelitian tersebut maka dilakukan penelitian dengan populasi penelitian 137 orang pelanggan di AUTO2000 Denpasar. Teknik sampling yang digunakan accidental sampling dan data dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SEM-PLSdan data diolah dengan program Smart-PLS Ver.2.0. M.3. Berdasarkan hasil analisis manajemen hubungan pelanggan berpengaruh pada nilai anggapan pelanggan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Nilai anggapan pelanggan berpengaruh pada kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh pada loyalitas pelanggan, sementara nilai anggapan pelanggan tidak berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas pelanggan. Nilai anggapan pelanggan tidak memiliki peran mediasi pada manajemen hubungan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan kecuali dimediasi kembali oleh kepuasan pelanggan. Implikasi penelitian ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. AUTO2000 hendaknya membangun manajemen hubungan pelanggan dengan baik sehingga nilai anggapan pelanggan terbentuk dan mencapai kepuasan yang akhirnya berdampak pada loyalitas pelanggan.
PENGARUH KEMAMPUAN KERJA,DISIPLIN KERJA, MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN ADMINISTRASI UNIVERSITAS WARMADEWA Ni Luh Sekartini
Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA Vol. 3 No. 2 (2016): September
Publisher : Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.066 KB) | DOI: 10.22225/jj.3.2.130.64-75

Abstract

Human resource is the executor of the various activities in an organization and have a very large role for the development of the organization. Employees of the University Warmadewa Denpasar guided to always be able to improve the performance, purpose of this study was to determine the significant influence of the ability to work on employee job satisfaction at the University Warmadewa, to determine the effect of work ability on the performance of employees at the University Warmadewa, to determine the effect of labor discipline on job satisfaction employees at the University Warmadewa, to determine the effect of labor discipline on the performance of employees at the University Warmadewa, to determine the effect of work motivation on employee job satisfaction at the University Warmadewa, to determine the effect of work motivation on employee performance at the University Warmadewa, and to determine the effect of job satisfaction on performance employees at the University Warmadewa. The research method is quantitative with a sample size of 62 people who are determined by the method of census data digunakanadalah primary data and secondary data both qualitative and quantitative. With SEM analysis, PLS-based research results are 1). The ability to work and no significant negative effect on job satisfaction; 2). The ability to work a significant negative effect on employee performance; 3). Labor discipline and no significant positive effect on job satisfaction; 4) Discipline of work and significant positive effect on employee performance; 5: Motivation of positive and significant effect on employee job satisfaction; 6) Work motivation positive and significant effect on employee performance; 7) Job satisfaction and no significant positive effect on employee performance.
ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN PROFESIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI SERTA KINERJA KARYAWAN DI HOTEL MERCURE RESORT SANUR Eflin Kurniawati Djari
Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA Vol. 3 No. 2 (2016): September
Publisher : Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.247 KB) | DOI: 10.22225/jj.3.2.131.55-63

Abstract

Dalam sebuah organisasi khususnya di bidang pariwisata sumber daya manusia memegang peran penting dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sangat tergantung pada kinerja dan kenyamanan sumber daya manusia (karyawan) itu sendiri dalam menjalankan tugas yang diberikan. Rendahnya kinerja karyawan dapat disebabkan oleh rendahnya komitmen profesional dan komitmen organisasi. Komitmen profesional dapat didefinisikan sebagai sebuah kepercayaan dan penerimaan terhadap tujuan-tujuan dan nilai-nilai dari profesi, memecahkan permasalahan yang timbul dengan menggunakan keahlian dan dedikasi mereka secara profesional. Komitmen organisasi sebagai kekuatan relatif dari identifikasi individual dan keterlibatan lainnya dalam organisasi. Kepuasan kerja juga mempunyai pengaruh pada kinerja dan komitmen organisasi. Orang yang mempunyai tingkat kepuasan kerja lebih tinggi cenderung mempunyai tingkat kinerja tugas lebih tinggi dan komitmen terhadap organisasi yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikansi kepuasan kerja terhadap komitmen profesional dan komitmen organisasi serta kinerja karyawan di Mercure resort Sanur. Untuk menjawab penelitian tersebut maka dilakukan penelitian dengan populasi penelitian 240 orang karyawan di Mercure Resort Sanur. Teknik sampling yang digunakan proportionate stratified sampling dan data dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SEM-PLSdan data diolah dengan program Smart-PLS Ver.2.0. M.3. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen profesional, komitmen organisasi, dan kinerja karyawan. Komitmen profesional tidak berpengaruh psoitifdan signifikan terhadap kinerja, sedangkan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan Mercure Resort Sanur. Implikasi penelitian agar Mercure Resort Sanur merumuskan kebijakan-kebijakan terkait dengan temuan bahwa kepuasan kerja memegang peranan penting dalam meningkatkan komitmen organisasi sehingga berdampak pada peningkatan kinerja karyawannya, sementara komitmen profesional tidak dapat berdiri sendiri dalam meningkatkan kinerja sehingga perlu adanya penguatan terhadap komitmen organisasi dalam diri karyawan yang akhirnya akan berdampak pada kinerja karyawan.
PERANAN MEDIASI DISIPLIN BERBASIS KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH/PASEDAHAN AGUNG KABUPATEN BADUNG Tjok Istri Laksmi Dewi Sukawati
Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA Vol. 3 No. 2 (2016): September
Publisher : Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.588 KB) | DOI: 10.22225/jj.3.2.132.45-54

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kualitas pelayanan, 2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan, 3) untuk mengeahui pengaruh kompensasi terhadap kualiatas pelayanan dengan mediasi disiplin, 4) untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan dengan mediasi disiplin. Subyek penelitian adalah Dinas Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung Kabupaten Badung, obyek penelitian adalah pegawai. Data yang dipergunakan adalah data primer dan sekunder baik kuantitatif maupun kualitatif, variabel yang diteliti adalah kompensasi, lingkungan kerja, disiplin dan kualitas pelayanan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 78 didekati dengan metode sensus. Instrumen penelitian adalah angket, skala data yang digunakan adalah likert dengan skala 5. Analisis penelitian adalah deskriptif dan inferensial analisis. Analisis inferensial dengan model SEM dibantu software PLS. Hasil analisis adalah 1) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, 2) Lingkungan kerja fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap kualitas pelayanan, 3) Disiplin tidak merupakan pemediasi antara kompensasi terhadap kualitas pelayanan, dan 4) Disiplin memiliki peran sebagai pemediasi penuh pada pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kualitas pelayanan di Kantor Dinas Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung Kabupaten Badung.
MEDIASI KOMITMEN BERBASIS KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BAGIAN UMUM SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BADUNG Ida Bagus Wisnawa Kesuma
Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA Vol. 3 No. 2 (2016): September
Publisher : Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.387 KB) | DOI: 10.22225/jj.3.2.133.35-44

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh sifnifikansi kepemimpinan transaksional terhadap kinerja, 2) untuk mengetahui pengaruh signifikansi kepemimpinan transformasional terhadap kinerja, 3) untuk mengetahui pengaruh signifikansi kepemimpinan transaksional terhadap kinerja pegawai melalui mediasi komitmen, dan 4) untuk mengetahui pengaruh signifikansi kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai melalui mediasi komitmen. Subyek penelitian ini adalah Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Badung, sedangkan obyeknya adalah pegawai, variabel yang diteliti meliputi kepemimpinan transaksional, kepemimpinan transformasional, komitmen organisasi dan kinerja. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersifat kualitatif dan data sekunder kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dengan jumlah sampel penelitian sebesar 72 orang, metode dalam menentukan jumlah responden adalah sensus. Skala data yang dipergunakan dalam instrumen penelitian adalah likert dengan skala 5. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif dan inferensial, analisis inferensial dengan SEM dibantu siftware PLS. Hasil analisis adalah 1) Kepemimpinan transaksional berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja, 2) kepemimpinan Transformasional berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja, 3) komitmen merupakan pemediasi penuh pengaruh kepemimpinan transaksional terhadap kinerja pegawai, 4) komitmen merupakan pemediasi penuh pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai di bagian umum Setda Badung.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENJUALAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PT WAHANA WIRAWAN NISSAN Antok Setiawan Jodi
Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA Vol. 3 No. 2 (2016): September
Publisher : Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1021.686 KB) | DOI: 10.22225/jj.3.2.134.22-34

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja pemasaran, kebijakan penjualan terhadap kinerja pemasaran, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, kebijakan penjualan terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh kinerja pamasaran terhadap kepuasan konsumen pada PT. Wahana Wirawan Nissan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran; 2) kebijakan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran; 3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen; 4) kebijakan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen; 5) kinerja pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Desain penelitian adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 89 orang yang ditentukan dengan metode slovin dan menggunakan stratified proportional random sampling, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder baik kualitatif maupun kuantitatif. Dengan analisis regresi diperoleh hasil 1) Kualitas yang terdiri dari tangible, reliability, asurance, responsiveness, dan empathy tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran; 2) Kebijakan penjualan terdiri dari promotion, discount, hadiah, dan kupon hadiah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran; 3) Kualitas yang terdiri dari tangible, reliability, asurance, responsiveness, dan empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen; 4) Kebijakan penjualan terdiri dari promotion, discount, hadiah, dan kupon hadiah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen; dan 5) kinerja pemasaran tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. Wahana Wirawan Nissan Denpasar. Kata kunci: kualitas pelayanan, kebijakan penjualan, kinerja pemasaran, dan kepuasan konsumen
PERAN KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH Ni Luh Putu Indiani; I Putu Ngurah Suyatna Yasa; Ni Wayan Sitiari
Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA Vol. 3 No. 2 (2016): September
Publisher : Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.601 KB) | DOI: 10.22225/jj.3.2.233.85-95

Abstract

Perlambatan ekonomi beberapa tahun belakangan menurunkan kinerja industri perbankan Bali. Kontrasnya, persaingan justru semakin ketat dengan bertambahnya jumlah bank yang beroperasi di Bali. Dalam kondisi ini, bank perlu melakukan sejumlah upaya untuk memuaskan dan mempertahankan nasabah sehingga dapat bertahan di industri. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah pada industri perbankan di Bali. Pengumpulan data dilakukan melalui survey mempergunakan kuesioner. Model diuji mempergunakan Partial Least Square. Kepuasan nasabah dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, namun tidak demikian halnya dengan kualitas layanan. Kepuasan nasabah dipengaruhi lebih kuat oleh kualitas layanan dibandingkan kualitas produk, dan berlaku sebaliknya terhadap loyalitas. Ini menunjukkan bahwa aspek humanis dalam bentuk layanan berkualitas lebih berperan dalam memuaskan nasabah, sementara aspek rasional seperti kualitas produk lebih mampu meningkatkan loyalitas nasabah. Kepuasan nasabah memediasi pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap loyalitas, namun pengaruh tersebut bersifat parsial. Diduga terdapat faktor lain yang mampu menjelaskan hubungan tersebut, yaitu persepsi risiko dan trust. Kata kunci: kualitas layanan, kualitas produk, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah, perbankan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9